Afiliasi adalah Definisi, Pengertian, Contoh, Manfaat dalam Bisnis

Definisi Perusahaan Afiliasi

Afiliasi yaitu bentuk kerja sama antara dua lembaga, biasanya yang satu lebih besar dari pada yang lain, tetapi masing-masing berdiri sendiri. Afiliasi bisa juga disebut sebagai hubungan atau pertalian sebagai anggota atau cabang.

Di indonesia biasanya hubungan antar lembaga yang berbentuk Afiliasi dilakukan oleh lembaga pendidikan, contohnya beberapa universitas di negeri ini mempunyai Afiliasi dengan universitas atau perguruan tinggi di luar negeri. Sebagai lembaga Afiliasi, bantuan yang diberikan oleh lembaga yang lebih besar biasanya dalam bentuk personel, peralatan, atau fasilitas pendidikan.

Apa sih sebenarnya Afiliasi itu? Afiliasi adalah Perusahaan (Afiliasi affiliated company) yang secara efektif dikendalikan oleh perusahaan lain, atau tergabung dengan perusahaan atau beberapa perusahaan lain karena kepentingan atau pemilikan atau pengurus yang sama. Afiliasi juga bisa berupa keanggotaan atau cabang suatu lembaga yang kedudukan nya masih di bawah lembaga induk namun masing-masing nya tetap berdiri sendiri.

Jika diibaratkan sebagai dua orang, maka Afiliasi adalah hubugan antara orang satu dengan orang lainnya yang didasari keadaan saling membutuhkan untuk mencapai suatu tujuan. Sekadar informasi, bila di luar negeri, pengertian Afiliasi erat kaitannya dengan pekerjaan seperti broker atau perantara yang menerapkan cara kerja yang sama dengan prinsip Afiliasi.

Pengertian Afiliasi Pada Berbagai Bidang

Pengertian Afiliasi pada pembahasan ini terdapat 3 bagian yaitu:

1. Pemasaran, Affiliate Marketing

2. Pasar Modal, Afiliasi Pemilik Saham

3. Akuntansi, Afiliasi Perusahaan

"Lebih banyak Anda membaca artiker ini sampai selesai, lebih banyak hal yang Anda ketahui. Lebih banyak hal yang Anda pelajari, lebih banyak informasi yang ada ketahui." 

Mari kita lanjut pembahasan pengertian afiliasi pada berbagai bidang satu per satu agar tidak salah mengartikan atau menganalisa pengertian dari afiliasi pada berbagai bidang ini.

1. Pemasaran, Affiliate Marketing

Perusahaan Afiliasi adalah affiliated company yaitu perusahaan yang secara efektif dikendalikan oleh perusahaan lain, atau tergabung dengan perusahaan atau beberapa perusahaan lain karena kepentingan atau pemilikan atau pengurus yang sama.

Dalam bidang pemasaran, Afiliasi adalah metode pemasaran online menggunakan mitra penjual (affiliate marketer) pada saluran (channel) yang mitra miliki.

Singkatnya, affiliate marketing merupakan suatu sistem bisnis yang menggunakan internet sebagai media utamanya dengan melibatkan pihak ketiga, yakni mitra pemasar. Nantinya, mitra akan mendapat komisi atau bayaran untuk setiap hitungan penjualan atau pemasaran suatu produk dengan skema perhitungan yang beragam.

Contoh Program Affiliate Marketing di Indonesia

A. Marketplace (Lazada, Zalora, Blibli, Shopee, Bukalapak, Tokopedia)

Perkembangan marketplace di Indonesia sangat pesat. Orang-orang udah pada milih belanja secara online melalui marketplace seperti Lazada, Tokopedia, Zalora, Blibli, Shopee, dll,

Komisinya beragam, untuk marketplace biasanya paling tinggi 10%. Kamu bisa daftar lewat affiliate network seperti Accesstrade dan Involve Asia atau melalui situs marketplace langsung.

» Lazada: Komisi hingga 10% LAZADA AFFILIATE PROGRAM
» Zalora: Komisi 4-6% ZALORA AFFILIATE PROGRAM
» Blibli: Komisi 4% BLIBLI AFFILIATE PROGRAM
» Shopee: Komisi 5-10% | SHOPEE AFFILIATE PROGRAM
» Bukalapak: Komisi hingga 5% | BUKALAPAK AFFILIATE PROGRAM

B. Hosting (Niagahoster, Hostinger, Exabytes)

» Niagahoster: Komisi 70% NIAGAHOSTER AFFILIATE PROGRAM
» Hostinger: Komisi 60% HOSTINGER AFFILIATE PROGRAM
» Exabytes: Komisi 25% EXABYTES AFFILIATE PROGRAM

C. Online Travel Agent (Tiket.com, Booking.com, Agoda, Klook)

» Booking.com: Komisi hingga 25% BOKING AFFILIATE PROGRAM
» Agoda: Komisi hingga 5% AGODA AFFILIATE PROGRAM
» Klook: Komisi hingga 5% KLOOK AFFILIATE PROGRAM

D. VPN (AstrillVPN, ExpressVPN)

» Rata-rata semua VPN memiliki program affiliate marketing. Yang saya gunakan pribadi adalah AstrillVPN dan ExpressVPN. Komisinya juga lumayan gede, ada yang sampai 50%. Kamu bisa baca lebih lengkap blog ini untuk program afiliasi VPN.

E. Aplikasi (Bibit, Shopback)

F. Produk Digital (Google, Shopify, Online Course) 

Itulah beberapa contoh Program Affiliate Marketing pada pembahasan di artikel ini. Semoga dapat menambah informasi buat Anda dan juga menjadi peluang untuk Anda yang ingin mencoba. 

2. Pasar Modal, Afiliasi Pemilik Saham

Lain halnya pada pasar modal, merujuk pasal 1 Undang-Undang Nomor 8 Tahun 1995 tentang Pasar Modal, Afiliasi adalah:

1. Hubungan keluarga karena perkawinan dan keturunan sampai derajat kedua, baik secara horizontal maupun vertical.

2. Hubungan antara pihak dengan pegawai, direktur, atau komisaris dari pihak tersebut.

3. Hubungan antara 2 (dua) perusahaan di mana terdapat 1 (satu) atau lebih anggota direksi atau dewan komisaris yang sama.

4. Hubungan antara perusahaan dan pihak, baik langsung maupun tidak langsung, mengendalikan atau dikendalikan oleh perusahaan tersebut.

5. Hubungan antara 2 (dua) perusahaan yang dikendalikan, baik langsung maupun tidak langsung, oleh pihak yang sama;. atau

6. Hubungan antara perusahaan dan pemegang saham utama.

3. Akuntansi, Afiliasi Perusahaan

Di sisi lain, dalam bidang akuntansi ada istilah perusahaan Afiliasi (affiliated company). Dalam konteks perusahaan, Afiliasi adalah satu atau lebih perusahaan yang berbeda dalam suatu sistem perusahaan induk. Atau perusahaan Afiliasi bisa juga merupakan anak perusahaan yang berada dalam suatu sistem perusahaan induk.

Sebuah perusahaan dapat dikatakan sebagai perusahaan Afiliasi dengan perusahaan lain apabila:

1. Komisaris atau direktur suatu perusahaan, ternyata juga menjabat sebagai komisaris atau direktur di perusahaan lain.

2. Direktur atau komisaris suatu perusahaan mempunyai hubungan keluarga dengan direktur atau komisaris perusahaan lain.

3. Salah satu pihak perusahaan dapat memberhentikan direktur atau komisaris suatu perusahaan lain.

4. Salah satu pihak perusahaan dapat mengendalikan perusahaan lainnya.

Apa yang dimaksud dengan program Afiliasi pemasaran?

Afiliasi Pemasaran adalah program antara Merchant / Pengiklan dan Afiliasi. Konsep penjualan ini ditandai dengan komisi berbasis sukses yang dibayar oleh Merchant. Jumlah komisi disepakati antara Merchant dan rekannya.

Bentuk Pemasaran Bisnis Dalam Perusahaan Afiliasi

Pemasaran Afiliasi bekerja dengan menyebarkan link pemasaran dan produk ke berbagai pihak melalui website, media sosial, dan liannya. Pemasaran Afiliasi memanfaatkan kemampuan individu atau organisasi untuk meningkatkan keberhasilan pemasaran.

Ada tiga pihak utama yang terlibat dan dilibatkan dalam pemasaran Afiliasi, antara lain:

» Penjual dan pencipta produk.

» Afiliator atau pengiklan.

» Konsumen.

Pengertian Transaksi Dalam Perusahaan Afiliasi 

Transaksi Afiliasi adalah setiap aktivitas dan/atau transaksi yang dilakukan oleh perusahaan terbuka atau perusahaan terkendali dengan Afiliasi dari perusahaan terbuka atau Afiliasi dari anggota direksi, anggota dewan komisaris, pemegang saham utama, atau Pengendali, termasuk setiap aktivitas dan/atau transaksi yang dilakukan oleh perusahaan terbuka atau perusahaan terkendali untuk kepentingan Afiliasi dari perusahaan terbuka atau Afiliasi dari anggota direksi, anggota dewan komisaris, pemegang saham utama, atau Pengendali. 

Berikut ini adalah sebagian contoh Transaksi pada perusahaan Afiliasi di Indonesia;

Yang dimaksud dengan “tanggal Transaksi Afiliasi” adalah tanggal pada saat penandatanganan perjanjian, perjanjian tersebut memenuhi kondisi sebagai berikut:

1. Bersifat final dan mengikat; dan

2. Menimbulkan hak dan kewajiban dari pihak yang bertransaksi.

Contoh tanggal Transaksi Afiliasi:

A. PT A Tbk menjual tanah kepada PT B, dimana PT A Tbk dan PT B merupakan entitas yang dikendalikan oleh pihak yang sama. Dalam perjanjian terdapat persyaratan tangguh bahwa transaksi jual beli menjadi efektif berlaku apabila PT B telah mendapatkan persetujuan terlebih dahulu dari RUPS atas transaksi dimaksud. Dengan demikian, tanggal Transaksi Afiliasi adalah tanggal pelaksanaan RUPS PT B yang menyetujui transaksi dimaksud.

B. PT A Tbk membeli saham PT X yang memiliki kesamaan direksi dengan PT A Tbk. Dalam perjanjian terdapat persyaratan tangguh bahwa penjualan saham PT X menjadi efektif berlaku apabila PT X telah melepas seluruh penyertaan sahamnya (divestasi) pada PT Z. Dengan demikian, tanggal Transaksi Afiliasi adalah tanggal divestasi seluruh saham PT Z oleh PT X.

Contoh transaksi yang merupakan 1 (satu) rangkaian:

A. Perusahaan Terbuka membeli saham PT A dari pihak X, Y, dan Z. Transaksi ini dipandang sebagai saling terkait karena objek saham yang dibeli sama yaitu saham PT A dan mengindikasikan adanya tujuan Perusahaan Terbuka untuk mengambil alih PT A.

B. Perusahaan Terbuka membeli saham PT X, PT Y, PT Z dari PT A. Pembelian tersebut tidak dapat dilakukan secara terpisah karena PT A bermaksud menjual PT X, PT Y, PT Z secara satu paket dan kegiatan usaha PT X, PT Y, PT Z saling berkaitan. PT A menetapkan satu harga untuk paket tersebut.

Contoh transaksi yang bukan merupakan suatu rangkaian transaksi:

A. Perusahaan Terbuka membeli saham PT A, PT B, dan PT C dari pihak X (pihak yang sama), dimana pembelian masing[1]masing saham PT A, PT B, dan PT C dilakukan secara terpisah.

B. Perusahaan Terbuka membeli saham PT A dari X, saham PT B dari Y, dan saham PT C dari Z dalam waktu yang bersamaan. Kedua transaksi tersebut bukan merupakan suatu rangkaian transaksi karena objek transaksi merupakan saham yang berbeda.

Contoh transaksi yang dapat mengakibatkan terganggunya kelangsungan usaha Perusahaan Terbuka, antara lain:

A. Transaksi yang dapat menyebabkan berkurangnya pendapatan usaha Perusahaan Terbuka sebesar 80% (delapan puluh persen) atau lebih; atau

B. Transaksi yang dapat menyebabkan Perusahaan Terbuka mengalami rugi tahun berjalan.

Metode Pembayaran

Pasti timbul pertanyaan lalu bagaimana seorang afiliator mendapatkan bayaran dari hasil kerjanya? Berikut ada tiga penjelasan mengenai pembayaran yang akan diterima seorang afiliator.

1. Mendapatkan Bayaran per Penjualan

Afiliator akan mendapatkan komisi ketika bisnis Afiliasinya berhasil mendapatkan pembeli atau barang yang dijualnya dibeli. Dalam program ini, pedagang membayar afiliator sekian persen dari harga jual produk setelah konsumen membeli produk.

2. Bayar per lead/prospek

Sistem yang lebih kompleks, program Afiliasi membayar komisi berdasarkan konversi prospek. Afiliator harus membujuk konsumen untuk mengunjungi situs web pedagang dan melakukan serangkaian prosedur misalnya mengisi formulir kontak, mendaftar uji coba produk, berlangganan buletin, atau mengunduh perangkat lunak atau file.

3. Bayar per klik

Program komisi per klik ini berfokus pada pemberian insentif kepada afiliator yang berhasil mengarahkan konsumen dari platform pemasaran mereka ke situs web pedagang/perusahaan induk. Artinya, afiliator harus melibatkan konsumen sampai ke situs web perusahaan. Afiliator akan dibayar berdasarkan peningkatan lalu lintas web.

Apa manfaat Afiliasi?

Promosi Produk Lebih Luas

Penggunaan sistem Afiliasi mempermudah kita untuk mempromosikan barang karena dengan menggunakan sistem Afiliasi, kita akan memperoleh jaringan promosi yang luas.
Dalam bisnis Afiliasi tentu saja ada manfaatnya khususnya di bidang pemasaran. Berikut beberapa manfaat yang dapat disebutkan dari melakukan bisnis Afiliasi.

» Memangkas ongkos promosi perusahaan karena promosi akan dilakukan oleh afiliator yang bekerjasama dengan perusahaan

» Afiliasi membantu memperluas audiens

» Program Afiliasi dapat meningkatkan reputasi perusahaan melalui strategi pemasaran yang dilakukan afiliator

» Afiliasi dapat meningkatkan potensi penjualan dan pendapatan perusahaan

» Afiliasi dapat meningkatkan potensi traffic website penjualan perusahaan

Demikian uraian singkat mengenai apa yang dimaksud dengan Perusahaan Afiliasi adalah Definisi, Pengertian, Contoh Pemasaran, Metode Pembayaran, Contoh Transaksi, manfaat dalam Bisnis. Informasi di atas hanya secuil dari kegiatan Afiliasi yang sebenarnya. Semoga bermanfaat dan meningkatkan minat Anda untuk jadi lebih produktif.

Terima Kasih telah berkunjung, semoga apa yang anda simak di artikel ini dapat menambah wawasan dan juga pengetahuan yang lebih bermanfaat. 🙏"Terima Kasih"🙏

Penulis : Adinata

Tags Artikel :

#Akuntansi Dagang

#Perusahaan

Artikel Terkait Lainnya

# Wirausaha

# Bisnis

Semangat Baru Untuk Meningkatkan Inovasi Wirausaha, Perusahan & Bisnis UKM

Salah satu tujuan utama dari inovasi adalah melakukan atau menciptakan sesuatu yang berbeda dari para kompetitor di bidang sama.

Baca Selengkapnya

Admin

# Bisnis

# Wirausaha

Strategi Smart Bisnis Usaha UKM dan Perusahaan

Strategi Bisnis adalah suatu cara yang digunakan perusahaan untuk menghadapi persaingan di dalam dunia bisnisT bertujuan untuk, analisa, integrasi, dan implementasi.

Baca Selengkapnya

Admin

# Marketing

# Wirausaha

# Bisnis

Membangun Team Work Bisnis UKM dan Perusahaan Yang Solid

Team Work adalah kemampuan individu dalam melakukan kerjasama dengan baik untuk mencapai tujuan bersama di dalam tim yang saling percaya dan mendukung serta bertanggung jawab.

Baca Selengkapnya

Admin

# Wirausaha

Membangun Motivasi Diri Untuk Bisnis UKM dan Perusahaan

Motivasi adalah sesuatu alasan yang mendorong seseorang untuk melakukan, menyelesaikan, menghentikan suatu aktivitas guna mencapai tujuan tertentu yang diinginkan dari motivasi tersebut.

Baca Selengkapnya

Admin

# Bisnis

# Wirausaha

Skill Smart Menjadi Leadership Bisnis UKM dan Perusahaan

Leadership adalah salah satu fungsi manajemen untuk mempengaruhi, mengarahkan memotivasi dan mengawasi orang lain untuk menyelesaikan tugas-tugas yang telah direncanakan untuk mencapai tujuan dan sasaran organisasi.

Baca Selengkapnya

Admin

# Wirausaha

# Bisnis

# Keuangan

Cara Stock Opname Persediaan Degan Mudah

Stock opname adalah salah satu bentuk kegiatan perhitungan persediaan stok barang di gudang sebelum dijual dan juga dapat merapikan persediaan barang digudang.

Baca Selengkapnya

Admin