Cara Meningkatkan Keuntungan (Laba) dan Profit Perusahaan dalam Bisnis UKM

Strategi Meningkatkan Profit UKM adalah Tujuan utama bisnis ukm atau perusahaan mendapatkan keuntungan. Bisnis UKM dan perusahaan yang sudah mendapatkan profit juga akan tetap mencari cara untuk meningkatkan profitnya terus menerus. Bukan hal mudah untuk meningkatkan profit usaha, Anda harus memikirkan dan mempersiapkan strategi yang tepat dan akurat serta melihat risiko apa yang Anda terima setelah menjalankan strategi yang Anda terapkan. Berikut ini adalah cara smart meningkatkan keuntungan, laba, atau profit anda.

Menganalias Margin

Langkah pertama yang bisa Anda lakukan demi meningkatkan profit dan omzet bisnis Anda adalah dengan terlebih dahulu memahami keuntungan Anda. Anda harus tahu gross profit margin yang Anda hasilkan baik dari setiap klien, produk, iklan, dan layanan Anda. Cari tahu mana margin yang tinggi dan mana yang rendah.

Jika sudah tahu margin Anda maka Anda dapat dengan mudah mengeliminasi bagian-bagian yang tidak terlalu menguntungkan Anda dan lebih fokus pada aktivitas bisnis yang memberikan lebih banyak profit untuk Anda.

Menambah Produk atau Layanan

Salah satu strategi untuk meningkatkan profit atau keuntungan adalah dengan cara menambah produk atau layanan dari bisnis. Jika Anda sudah memiliki bisnis yang berjalan dengan baik, menambah produk atau layanan merupakan cara yang cukup mudah untuk meningkatkan profit. Namun, sebelum memutuskan untuk menambah produk, sebaiknya Anda melakukan riset terlebih dahulu. Cari tahu produk atau layanan yang paling disukai atau memiliki banyak permintaan oleh konsumen-konsumen Anda sehingga tambahan produk atau layanan akan tetap laku.

Jika Anda salah dalam memutuskan produk atau layanan yang akan ditambah, Anda akan memiliki risiko untuk merugi. Hal ini karena produk atau layanan yang ditambah tentu saja akan mengeluarkan biaya. Jika biaya tersebut sudah dikeluarkan tetapi penjualan Anda tidak meningkat berarti beban periode tersebut lebih besar, akibatnya profit akan berkurang. Oleh karena itu, untuk menambahkan produk atau layanan, tidak dapat dilakukan dengan sembarangan.

Tingkat Nilai Jual

Cara lain meningkatkan profit adalah dengan meningkatkan nilai jual bisnis Anda kepada pelanggan sehingga konsumen atau pelanggan merasa mendapatkan nilai lebih jika membeli pada toko Anda. Dengan kata lain, pelanggan akan loyal dan lebih sering melakukan pembelian. Untuk meningkatkan nilai jual, Anda dapat memperpendek siklus penjualan, di mana pembeli merasa mudah, sederhana dan tidak mengalami banyak kesulitan untuk melakukan pembelian.

Pastikan berkompetisi pada kualitas produk Anda dari pada berkompetisi dengan harga jual. Kualitas produk yang baik berpotensi mendatangkan lebih banyak penjualan. Selain itu, dengan meningkatnya kualitas produk Anda, konsumen Anda tidak akan terkejut bila harga produk Anda juga naik.

Jika kesulitan dalam meningkatkan kualitas produk Anda, coba pikirkan cara lain agar membuat produk Anda memiliki nilai lebih di mata konsumen. Anda bisa melihat ide bisnis kosmetik. Bisnis kosmetik selalu memiliki margin terbaik, sebab pengelola bisnis ini sangat lihai dalam menciptakan koneksi pribadi dan emosional dengan pelanggan mereka. Jadi, cobalah untuk fokus pada nilai-nilai emosional dan gaya hidup yang dapat Anda tawarkan melalui produk Anda.

Peluas Pasar Industri

Cara berikutnya untuk meningkatkan profit dan pendapatan dalam memperluas bidang industri yang telah Anda kuasai sehingga Anda dapat meminimalisasi risiko gagal. Sebagai contoh, Anda sudah berhasil membangun bisnis penginapan atau hotel. Dari bisnis tersebut dapat Anda kembangkan industri yang masih berhubungan seperti kuliner, cafe atau agen perjalanan wisata.

Teliti Pada Supplier

Profit atau keuntungan akan sulit naik jika Anda tidak mampu mengurangi biaya pembelanjaan Anda. Cobalah untuk lebih tahu seberapa banyak barang yang sebaiknya Anda beli dari supplier Anda. Lakukan forecasting untuk menghindari pembelian barang yang berlebihan atau tidak perlu. Pertimbangkan untuk mengimplementasikan sistem manajemen pembelian agar pembelian dan pengadaan barang Anda selalu terkendali.

Selain itu ada cara lain yang bisa dilakukan yaitu dengan meminta harga diskon dari supplier Anda. Cobalah melakukan negosiasi dengan supplier sehingga para supplier bersedia memberikan harga spesial atau penawaran yang lebih baik untuk Anda. Untuk bisa mendapatkan kesepakatan yang ideal, coba beri supplier Anda tawaran yang juga bagus untuk pihak supplier sendiri. Jangan lupa untuk memeriksa tagihan dari supplier Anda secara teliti agar tidak sampai kecolongan.

Mencari Target Konsumen Baru

Setiap bisnis umumnya memiliki konsumen atau pangsa pasar yang berbeda-beda. Biasanya mereka dibedakan berdasarkan jenis kelamin, usia, demografi, lokasi dan lain sebagainya. Dari bisnis Anda yang saat ini coba cari target konsumen yang berbeda. Untuk melakukan hal ini, Anda dapat memanfaatkan teknologi yang ada. Mengingat internet memiliki kemampuan untuk menyebarkan keseluruhan dunia dengan cepat dan masyarakat kini memiliki akses internet maka membidik konsumen melalui internet dan social media  merupakan hal yang mudah.

Jual Produk dalam Ukuran Lebih Besar

Meningkatkan keuntungan atau profit juga dapat Anda lakukan dengan cara menjual produk atau layanan dalam ukuran pembelian yang lebih besar. Caranya Anda dapat meningkatkan jumlah atau kuantitas per produknya, mengganti ukuran packaging yang lebih besar atau membuat paket-paket dari produk atau layanan sehingga Anda dapat meningkatkan harga rata-rata dari setiap penjualan.

Mengatur Sistem dan Struktur Operasional

Cobalah untuk memperbaiki lagi sistem operasional dengan memberikan staf Anda gambaran yang lebih jelas tentang masing-masing fungsi dan kontribusi setiap staf terhadap profitabilitas perusahaan. Setiap anggota tim merupakan agen perusahaan untuk meningkatkan profitabilitas. Agar efisiensi alur kerja dan sistem operasional lebih baik Anda juga bisa melakukan penyusunan ulang pada proses produksi dan juga pemasaran. Cobalah untuk menghilangkan tugas atau kegiatan yang sekiranya tidak menambah nilai bagi perusahaan atau pelanggan Anda.

Hindari Kompetisi Harga

Untuk meningkatkan profit, hindarilah persaingan atau kompetisi harga. Anda dapat mencari cara lain seperti mengurangi biaya-biaya operasional yang kurang efektif. Jika Anda menerapkan cara ini, maka tinjaulah pengeluaran-pengeluaran bisnis Anda, seleksilah biaya atau pengeluaran yang tidak memberikan nilai tambah pada produk, layanan atau perusahaan Anda.

Anda dapat berfokus pada penyederhaan proses bisnis Anda dan mengurangi biaya operasional. Carilah proses bisnis yang memakan banyak waktu, tenaga dan biaya operasional. Kemudian temukan cara agar membuat proses tersebut lebih sederhana dan efisien. Anda dapat menggunakan aplikasi yang membantu Anda mempercepat dan menyederhanakan proses yang kompleks dan berulang.

Kesimpulan

Profit selalu menjadi tolak ukur bagi pemilik usaha atau perusahaan apakah usaha atau perusahaan yang dijalankan mengalami kerugian atau malah sebaliknya. Untuk itu mengetahui rumus-rumus penghitungan profit memang sangat perlu.

Jika usaha yang dimiliki memang sudah mengalami keuntungan, sebagai pemiliki usaha Anda tidak boleh merasa tenang dan puas dengan keuntungan yang ada tersebut untuk mempertahankan usaha yang Anda jalankan.

Dengan terus mencari cara bagaimana meningkatkan lagi profit perusahaan atau usaha Anda maka itu adalah cara yang benar dalam menjalankan sebuah usaha atau perusahaan.

Penulis : Rudi

Tags Artikel :

#Akuntansi Jasa

#Akuntansi Dagang

#Akuntansi Keuangan

#Akuntansi Usaha Jasa

#Akuntansi Usaha Dagang

#Akuntansi Management

#Analisis Biaya

#Jurnal Umum

#Jurnal Umum Perusahaan Jasa

Artikel Terkait Lainnya

# Wirausaha

# Bisnis

# Keuangan

Cara Stock Opname Persediaan Degan Mudah

Stock opname adalah salah satu bentuk kegiatan perhitungan persediaan stok barang di gudang sebelum dijual dan juga dapat merapikan persediaan barang digudang.

Baca Selengkapnya

Admin

# Wirausaha

# Bisnis

Semangat Baru Untuk Meningkatkan Inovasi Wirausaha, Perusahan & Bisnis UKM

Salah satu tujuan utama dari inovasi adalah melakukan atau menciptakan sesuatu yang berbeda dari para kompetitor di bidang sama.

Baca Selengkapnya

Admin

# Keuangan

# Bisnis

# Wirausaha

Akuntansi Smart Bisnis UKM dan Perusahaan

Akuntansi adalah merupakan kegiatan mencatat, meringkas, mengklarifikasi, mengolah, dan menyajikan data transaksi.

Baca Selengkapnya

Admin

# Bisnis

# Wirausaha

Strategi Smart Bisnis Usaha UKM dan Perusahaan

Strategi Bisnis adalah suatu cara yang digunakan perusahaan untuk menghadapi persaingan di dalam dunia bisnisT bertujuan untuk, analisa, integrasi, dan implementasi.

Baca Selengkapnya

Admin

# Marketing

# Wirausaha

# Bisnis

Membangun Team Work Bisnis UKM dan Perusahaan Yang Solid

Team Work adalah kemampuan individu dalam melakukan kerjasama dengan baik untuk mencapai tujuan bersama di dalam tim yang saling percaya dan mendukung serta bertanggung jawab.

Baca Selengkapnya

Admin

# Wirausaha

Membangun Motivasi Diri Untuk Bisnis UKM dan Perusahaan

Motivasi adalah sesuatu alasan yang mendorong seseorang untuk melakukan, menyelesaikan, menghentikan suatu aktivitas guna mencapai tujuan tertentu yang diinginkan dari motivasi tersebut.

Baca Selengkapnya

Admin