Jasa Konsultasi – Pengertian, Contoh, Manfaat dan Tujuan (Consultant)

Jasa Konsultasi – Pengertian, Contoh, Manfaat dan Tujuan (Consultant)

PENGERTIAN CONSULTASI

 

Pengertian Konsultansi adalah jasa layanan profesional yang membutuhkan keahlian tertentu diberbagai bidang keilmuan yang mengutamakan adanya olah pikir. Konsultan merupakan sebutan untuk orang yang menekuni bidang ini.

Pada Artikel ini menguraikan tata cara pelaksanaan sistem pengadaan (metode pemilihan penyedia, metode kualifikasi, metode penyampaian dokumen dan metode evaluasi penawaran) yang digunakan untuk proses pemilihan penyedia, khusus untuk penyedia jasa konsultansi. Pada Modul Persiapan sudah dijelaskan bagaimana memilih dan menetapkan sistem pengadaan melalui penyedia barang/jasa. Untuk mengingatkan kembali bahwa JASA KONSULTANSI adalah jasa layanan profesional yang membutuhkan keahlian tertentu di berbagai bidang keilmuan yang mengutamakan adanya olah pikir (brainware).

CONTOH KONSULTASI

Contoh-contoh yang termasuk Jasa Konsultansi adalah sebagai berikut :

1. Jasa rekayasa (engineering).
2. Jasa perencanaan (planning), perancangan (design) dan pengawasan (supervision) untuk Pekerjaan Konstruksi.
3. Jasa perencanaan (planning), perancangan (design) dan pengawasan (supervision) untuk pekerjaan selain Pekerjaan Konstruksi, seperti transportasi, pendidikan, kesehatan, kehutanan, perikanan, kelautan, lingkungan hidup, kedirgantaraan, pengembangan usaha, perdagangan, pengembangan SDM, pariwisata, pos dan telekomunikasi, pertanian, perindustrian, pertambangan, energi.
4. Jasa keahlian profesi, seperti jasa penasehatan, jasa penilaian, jasa pendampingan, bantuan teknis, konsultan manajemen, konsultan hukum.

MANFAAT KONSULTASI

Manfaat Menggunakan Jasa Konsultan

» Konsultan mengetahui manajemen yang efektif yang dapat diterapkan kedalam Industri ataupun Organisasi, Konsultan adalah solusi yang tepat yang mencerminkan keadaan dan aspirasi Klien.

» Konsultan selalu fokus pada pekerjaan dan tidak terganggu oleh tugas-tugas lainnya.

» Konsultan memilki keahlian yang berasal dari industri dan sektor lainnya.

» Konsultan memberi keterampilan teknis tertentu yang tidak ada di kantor, seorang Konsultan dapat mentransfer keterampilan tersebut kepada staf di kantor.

» Konsultan memberi keterampilan manajemen yang setara dengan posisi seorang tenaga ahli.

JENIS-JENIS KONSULTASI

Jasa konsultasi ada beberapa jenis layanan yaitu :

» Konsultasi (consultation) – memberikan konsultasi atau saran profesional (profesional advise) berdasarkan pada kesepakatan bersama dengan klien. Contoh jenis jasa ini adalah review dan komentar terhadap rencana bisnis buatan klien

» Jasa pemberian saran profesional (advisory services) – mengembangkan temuan, kesimpulan, dan rekomendasi untuk dipertimbangkan dan diputuskan oleh klien. Contoh jenis jasa ini adalah pemberian bantuan dalam proses perencanaan strategik

» Jasa implementasi – mewujudkan rencana kegiatan menjadi kenyataan. Sumber daya dan personel klien digabung dengan sumber daya dan personel praktisi untuk mencapai tujuan implementasi. Contoh jenis jasa ini adalah penyediaan jasa instalasi sistem komputer dan jasa pendukung yang berkaitan.

» Jasa transaksi – menyediakan jasa yang berhubungan dengan beberapa transaksi khusus klien yang umumnya dengan pihak ketiga. Contoh jenis jasa adalah jasa pengurusan kepailitan. Jasa penyediaan staf dan jasa pendukung lainnya – menyediakan staf yang memadai (dalam hal kompetensi dan jumlah) dan kemungkinan jasa pendukung lain untuk melaksanakan tugas yang ditentukan oleh klien. Staf tersebut akan bekerja di bawah pengarahan klien sepanjang keadaan mengharuskan demikian. Contoh jenis jasa ini adalah menajemen fasilitas pemrosesan data.

» Jasa produk – menyediakan bagi klien suatu produk dan jasa profesional sebagai pendukung atas instalasi, penggunaan, atau pemeliharaan produk tertentu. Contoh jenis jasa ini adalah penjualan dan penyerahan paket program pelatihan, penjualan dan implementasi perangkat lunak komputer.

TUJUAN KONSULTASI

Tujuan Jasa Konsultasi yaitu;

1. Memahami proses pelaksanaan pemilihan jasa konsultansi badan usaha dengan seleksi umum.
2. Memahami proses pelaksanaan pengadaan jasa konsultansi perorangan dengan seleksi umum.
3. Memahami proses pelaksanaan pemilihan jasa konsultansi dengan seleksi sederhana.
4. Memahami proses pelaksanaan pemilihan jasa konsultansi dengan penunjukkan/pengadaan langsung.
5. Memahami proses pemilihan jasa konsultansi dengan sayembara.
6. Melaksanakan tata cara pemeriksaan kualifikasi TA dan pengalaman perusahaan.

Lebih banyak Anda MEMBACA , Lebih banyak hal yang Anda KETAHUI,Lebih banyak hal yang Anda PELAJARI, Lebih banyak Informasi yang ada DAPATI.

Demikian uraian singkat mengenai apa yang dimaksud dengan Jasa Konsultasi – Pengertian, Contoh, Manfaat dan Tujuan (Consultant). Informasi di atas hanya secuil dari kegiatan Perusahaan Multinasional yang sebenarnya. Semoga bermanfaat dan meningkatkan minat Anda untuk jadi lebih produktif.

Terima Kasih telah berkunjung, semoga apa yang anda simak di artikel ini dapat menambah wawasan dan juga pengetahuan yang lebih bermanfaat. 🙏”Terima Kasih“🙏

You might also like