Jenis-jenis Utang Dagang Pada Kamus Bisnis UKM

Seiring perkembangan zaman, pola kehidupan masyarakat juga makin berkembang. Dulu, manusia hidup dengan menggantungkan diri pada alam dengan berburu, meramu. Sebagai alat pembayaran, uang mengalami perjalanan yang panjang. Untuk mendapatkan barang yang dibutuhkan masyarakat dahulu menggunakan sistem barter.

Kini, kehidupan masyarakat semakin kompleks dengan muncul beragam keahlian dan profesi. Pola interaksi antar individu pun kini turut berubah dan berkembang. Bukan hanya kehidupan masyarakt yang berubah tetapi dalam perusahaan dagang serta bisnis juga terjadi perubahan yang sangat besar dan juga berkembang. Karena di Era Digital sekarang ini banyak sekali perubahaan yang terjadi. Terutama dengan Pembahasan Artikel NOVALIO kali ini tentang Jenis-jenis Utang Dagang Pada Kamus Bisnis UKM. Untuk mendapatkan penjelasan lebih lengkap, sahabat NOVALIO bisa menyimak pembahasan artikel di bawah ini.

Pengertian Utang Dagang

Utang Dagang adalah account payable yaitu daftar utang jangka pendek dari individu atau badan usaha yang terjadi sebagai akibat pembelian barang dan/atau jasa.

Fungsi Utang Dagang

Fungsi utang dagang adalah untuk mensahkan pembayaran hanya untuk barang dagangan yang dipesan dan benar – benar diterima. Hal ini membutuhkan informasi yang dihasilkan secara internal baik dari fungsi pembelian maupun dari penerimaan.

Jenis-Jenis Hutang

Dalam berhutang, perusahaan tidak akan secara langsung melunasinya, namun secara bertahap (angsur) untuk menjaga pengeluaran yang berlebihan. Atas tindakan ini, maka jenis hutang berdasarkan waktunya, yaitu hutang jangka panjang, hutang jangka menengah, dan hutang jangka pendek.

1. Hutang Jangka Panjang

Pengertian hutang jangka panjang adalah perjanjian yang menimbulkan kewajiban antara peminjam. Dengan syarat, antara peminjam dan kreditor bersepakat bahwa pihak kreditor bersedia memberi pinjaman dalam jumlah tertentu dan peminjam bersedia membayar hutang secara periodik (berjangka, kredit atau angsur).

Hutang jangka panjang perusahaan contohnya hutang pokok dan bunga yang harus dibayarkan oleh pihak peminjam. Hutang jenis ini biasanya dilakukan dalam jangka waktu yang sangat lama. Dengan jangka waktu peminjaman atau pengembalian hutang bisa mencapai lebih dari 10 tahun. Selain itu, hutang jangka panjang perusahaan bisa berupa Hutang Hipotek, obligasi, hutang sewa guna usaha, dan lain-lain.

2. Hutang Jangka Menengah

Pengertian hutang jangka menengah merupakan hutang yang memiliki jangka waktu lama lebih dari hutang jangka pendek dan lebih singkat dari hutang jangka panjang. Biasanya, hutang jangka menengah dilakukan dalam jangka waktu lebih dari satu tahun dan kurang dari sepuluh tahun. Contoh hutang jangka menengah antara lain term loan dan leasing.

3. Hutang Jangka Pendek

Pengertian hutang jangka pendek merupakan sebuah kewajiban keuangan suatu perusahaan yang harus dibayarkan dalam jangka waktu yang relatif singkat, umumnya kurang dari satu tahun dari tanggal neraca. Pihak perusahaan yang menerima hutang dari kreditur. Baik pihak bank maupun pihak lainnya wajib memenuhi kesepakatan hutang jangka pendek semaksimal mungkin.

Kesepakatan ini harus dilakukan secara profesional sesuai dengan kesepakatan yang sudah dibuat satu sama lain. Contoh hutang jangka pendek yaitu kredit rekening koran, kredit dari penjual, kredit dari pembeli, kredit wesel, dan utang pajak.

Pengertian utang pajak hutang jangka pendek yaitu kewajiban pajak yang masih harus dibayar beserta dengan seluruh sanksi administrasi (bunga, denda, atau kenaikan) yang tercantum dalam surat ketetapan pajak berdasarkan peraturan perundang-undangan perpajakan.

Sebagaimana telah disinggung di atas, hutang merupakan bagian yang selalu ada dalam laporan keuangan perusahaan. Untuk itulah, Anda perlu melakukan pencatatan keuangan dengan metode terbaik dan modern.

Menurut Kamus Bisnis dan Bank Pengertian Lain yang berhubungan dengan "Utang Dagang"

1. UTANG BERSIH

Utang Bersih adalah net debt yaitu jumlah utang tetap dan lancar dikurangi dana pelunasan dan uang kas atau harta lain yang khusus disiapkan untuk pembayaran; sebagaimana diterapkan pada keuangan daerah atau pemerintah, istilah tersebut berarti jumlah yang dibiayai dan saldo utang mengambang (floating debt) dikurangi dana pelunasan yang ada.

RUMUS
Jumlah utang tetap & lancar - dana pelunasan dan uang kas atau harta lain yang khusus disiapkan untuk Pembayaran

Sebagaimana diterapkan pada keuangan daerah atau pemerintah, istilah tersebut berarti jumlah yang dibiayai dan saldo utang mengambang (floating debt) dikurangi dana pelunasan yang ada.

2. UTANG DANA

Utang Dana adalah funded debt yaitu utang yang jatuh temponya lebih dari satu tahun yang terjadi karena penerbitan obligasi atau surat-surat berharga jangka panjang lainnya.

3. UTANG DIVIDEN

Utang Dividen adalah dividend payable yaitu bagian dari laba perusahaan yang diputuskan untuk dibagikan kepada pemegang saham dalam bentuk dividen.

4. UTANG INTERN

Utang Intern adalah internal debt yaitu kewajiban pemerintah atau swasta kepada pihak lain yang ada dalam negara tersebut.

5. UTANG ISTIMEWA

Utang Istimewa adalah preferred debt yaitu utang yang pembayaran pelunasan yang diakukan harus didahulukan atau diutamakan daripada utang lainnya.

6. UTANG PEMERINTAH

Utang Pemerintah adalah public debt / national debt yaitu pinjaman yang dilakukan, baik oleh pemerintah pusat maupun pemerintah daerah.

7. UTANG SAH

Utang Sah adalah legal debt yaitu utang yang dapat diterima pelunasannya melalui tuntutan hukum.

8. UTANG SWASTA

Utang Swasta adalah private debt yaitu pinjaman pihak swasta, baik perusahaan perseorangan maupun perseroan.

9. UTANG TAK BERJAMIN

Utang Tak Berjamin adalah unsecured debt yaitu penawaran pinjaman yang hanya dijamin dengan kepercayaan dan reputasi dari penerbit (yang meminjam) dan tidak didukung oleh jaminan barang; lihat juga surat berharga komersial dan debitur.

Demikianlah pembahasan tentang Jenis-jenis Utang Dagang Pada Kamus Bisnis UKM. Terima Kasih telah berkunjung, semoga apa yang anda simak di artikel ini dapat menambah wawasan dan juga pengetahuan yang lebih bermanfaat. 🙏"Terima Kasih"🙏

 

Penulis : Rudi

Tags Artikel :

#Akuntansi Jasa

#Akuntansi Dagang

Artikel Terkait Lainnya

# Keuangan

# Bisnis

# Wirausaha

Akuntansi Smart Bisnis UKM dan Perusahaan

Akuntansi adalah merupakan kegiatan mencatat, meringkas, mengklarifikasi, mengolah, dan menyajikan data transaksi.

Baca Selengkapnya

Admin

# Bisnis

# Marketing

# Wirausaha

Strategi Smart Usaha Mencapai Keuntungan Sesuai Harapan

Persiapan strategi adalah dorongan agar bisnis Anda dapat mendapatkan hasil serta pendapatan yang lebih baik dari pada sebelumnya.

Baca Selengkapnya

Admin

# Keuangan

# Wirausaha

# Bisnis

Standar Akuntansi Keuangan di Indonesia

Fungsi Standar Akuntansi Keuangan adalah untuk keseragaman laporan keuangan untuk menyusun laporan keuangan serta auditor dan pembaca laporan.

Baca Selengkapnya

Admin

# Wirausaha

# Bisnis

Semangat Baru Untuk Meningkatkan Inovasi Wirausaha, Perusahan & Bisnis UKM

Salah satu tujuan utama dari inovasi adalah melakukan atau menciptakan sesuatu yang berbeda dari para kompetitor di bidang sama.

Baca Selengkapnya

Admin

# Bisnis

# Wirausaha

Strategi Smart Bisnis Usaha UKM dan Perusahaan

Strategi Bisnis adalah suatu cara yang digunakan perusahaan untuk menghadapi persaingan di dalam dunia bisnisT bertujuan untuk, analisa, integrasi, dan implementasi.

Baca Selengkapnya

Admin

# Marketing

# Wirausaha

# Bisnis

Membangun Team Work Bisnis UKM dan Perusahaan Yang Solid

Team Work adalah kemampuan individu dalam melakukan kerjasama dengan baik untuk mencapai tujuan bersama di dalam tim yang saling percaya dan mendukung serta bertanggung jawab.

Baca Selengkapnya

Admin