Kunci Sukses Membentuk Pribadi Menjadi Pembisnis UKM, Wirausaha atau Entrepreneur

LANGKAH SMART “CERDAS” MENJADI PENGUSAHA SUKSES

Memiliki bisnis sendiri atau mencoba wirausaha membuat anda leluasa untuk dapat mengatur pemberdayaan dan mengembangkan perusahaan. Namun tidak sedikit orang yang telah berusaha untuk dapat mewujudkan impiannya, berikut beberapa cara menjadi pengusaha sukses yang bisa Anda terapkan.

Memulai sebuah bisnis mungkin memang membutuhkan modal dan biaya yang tidak sedikit, tapi sebenarnya untuk tetap bertahan dan berkembang dibutuhkan lebih dari kesadaran bukan saja sekedar kemampuan finansial.

Selain modal, jika Anda ingin memulai usaha UKM tentu perlu memanfaatkan kemudah yang diberikan teknologi. Kini Anda bisa menjalankan operasional usaha dengan beragam fitur yang ditawarkan oleh aplikasi novalio.id

Langkah Smart Menjadi Pengusaha UKM

Langkah yang bisa membantu Anda lebih mengerti dan memahami kinerja, tindakan serta kemampuan untuk dapat menjadi pengusaha yang sukses.

1. Pengusaha Sukses itu Kerja Keras & Tekun

Terdengar simpel namun butuh extra tenaga dan pikiran untuk tetap bisa tekun dalam menjalankan bisnis sendiri, sebenarnya sangat sulit untuk menghadapinya. Memerlukan kerja keras dan konsisten untuk menjalaninya sehingga tidak mudah menyerah ketika mendapat tantangan dalam menjalankan usaha.

Keras keras sendiri memiliki arti bahwa pekerjaan dikerjakan dengan sungguh-sungguh tanpa mengenal lelah atau berhenti sebelum target tercapai. Kini, terdapat istilah lain yang cukup populer juga yaitu kerja cerdas.

Ciri – ciri  kerja keras yaitu :

  • Pantang menyerah – Mungkin ini merupakan karakteristik yang paling mendukung dari pekerja keras.
  • Waktu ekstra Membutuhkan banyak waktu tambahan yang harus ada kuasai dalam bidang bisnis usaha.
  • Clear dan on the track (jelas dan lintasannya) Menentukan bidang apa yang ingin di jalani dan mempelajari cara-cara menjalankannya.
  • Tertarik pada challenge (tantangan) – Karena dengan adanya tantangan dapat mengukur serta kemampuan yang Anda miliki sekarang.
  • Memanfaatkan momen – Baik untuk melakukan promosi agar proses bisnis Anda baik itu barang atau jasa akan lebih dikenal serta lebih cepat berkembang.

Kesimpulan dari ciri-ciri kerja keras itu harus membentuk karakteristik yang memerlukan banyang waktu untuk mempelajari tantangan agar proses bisnis anda cepat berkembang

Pengertian Kerja Tekun (Ulet) – mengarahkan pemikiran dan perasaan pada kegiatan usaha yang dilakukan dengan sungguh-sungguh. Dalam wirausaha dan bisnis pun kita harus menekuni apa yang sedang dikerjakan. Dengan rajin bekerja dan tekun, kita dapat meraih sesuatu dengan kesuksesan.

Pentingnya Kerja Tekun – Anda tidak boleh memandang rendah diri Anda sendiri karena Anda selalu mampu untuk melakukan lebih. Dapatkan kepuasan diri Anda dengan bekerja keras. Ketika Anda telah mampu meraih kesuksesan dengan segala kerja keras Anda, maka anda akan merasa puas dan bangga pada diri sendiri.

Manfaat kita harus bekerja keras  & tekun – tujuan paling mendasar adalah untuk mencari nafkah, yaitu mendapatkan hal-hal mendasar yang kita butuhkan untuk bisa terus hidup, seperti makan, pakaian dan tempat tinggal. Untuk mendapatkan semua itu dibutuhkan biaya dan orang perlu bekerja keras untuk mendapatkan yang lebih serta membayar biaya tersebut.

Di dalam perjuangan harus melalui rintangan tentu tidak mudak seperti membalik telapak tangan. Karena kerja keras harus disertai langkah dan keputusan yang bijak serta tepat untuk mendapatkah hasil yang memuaskan.

Tidak sedikit orang yang mudah menyerah dan menghindar saat di hadapkan pada kehidupan yang sulit. Mereka menjauhi kesulitan dan menolak menjalani kesulitan tersebut yang terus menghadang mereka. Saat berada didepan masalah mereka malah menghindari, lari dari kenyataan serta mundur teratur.

mundur alon-alon ae ms, tarik sis semongko

"Jangan terlalu serius membaca nanti garing Gaes, rilex, yang penting Anda bisa dapat memahaminya. Ok, mari kita lanjut pembahasan"

Akan tetapi bagi Anda yang memilih untuk menghadapi kesulitan dalam hidup, maka patutlah Anda berbangga hati terhadap diri Anda. Dengan memilih menghadapi kesulitan dalam hidup maka itu akan menjadi bukti bahwa Anda sudah kerja keras.

Semua bukti diatas adalah langkah yang menuju kekayaan, kekuasaan, intelektualitas maupun lainnya. Dan itu akan terlihat saat Anda menjalani kehidupan, baik terlihat oleh Anda sendiri maupun orang lain di sekitar Anda.

Anda dan juga orang lain akan menghargai waktu atas kerja keras yang Anda keluarkan saat menghadapi kesulitan. Semuanya tidak akan terbuang sia-sia.

Kesimpulan

  • Kerja Keras - itu selalu berusaha dan pantang menyerah dalam mengerjakan sesuatu baik itu wirausaha, bisnis, dan belajar sekalipun.
  • Kerja Ulet itu tidak mudah putus asa dan tidak mudah pantang menyerah.
  • Kerja Tekun – itu gigih, disiplin, rajin, teliti.
  • Kerja teliti – itu selalu mengerjakan sesuatu dengan sangat hati-hati dan memperhatikan.

2. Berani Menantang Diri Sendiri

Seorang pengusaha harus siap menghadapi tantangan. Tantangan di dalam dirinya sendiri maupun di lingkunganya. Terlebih dahulu Anda harus menantang diri sendiri sehingga mendorong untuk tetap bersemangat dalam menghadapi perkembangan yang terjadi. Seorang pengusaha harus gesit dalam mencari tantanga berikutnya untuk menghadapi apa yang menjadi visi Anda.

Menantang diri sendiri merupakan suatu kunci kesuksesan yang paling penting. Dengan menantang diri sendiri sama artinya dengan menetapkan suatu target yang ingin di capai. Penetapan target sama saja dengan menetapkan batas waktu. Sehingga membuat Anda secara tidak langsung dapat mengukur seberapa kecepatan Anda dalam melakukan segala sesuatu. Dengan menetapkan target, otomatis rasa malas akan hilang karena Anda fokus pada pencapaian target yang telah anda buat. Dengan demikian motivasi akan tumbuh dengan sendirinya.

Hal-hal Yang Menarik Akan Anda Dapat Jika Anda Berani Menentang Diri Sendiri yaitu :

  • Tantangan membuat Anda jauh lebih dalam lagi untuk mengetahui batas kemampuan diri sendiri sehingga Anda bisa belajar untuk meningkatkan kapasitas diri Anda.
  • Anda Juga bisa lebih tahu tingkat emosional Anda sendiri, jadi Anda bisa mencari cara terbaik untuk mengontrol emosi Anda sendiri.
  • Dalam Hidup Anda jauh dari kata datar karena setiap harinya yang ada rasakan tertantang untuk memecahkan masalah baru.
  • Membantu Anda untuk menemukan hal-hal baru yang selama ini tidak pernah terpikirkan oleh diri Anda sendiri.
  • Untuk Mengahadapi tantangan Anda juga akan menyadari diri Anda bahwa segala sesuatunya gak ada yang mudah untuk di raih.
  • Tantangan ini secara tidak langsung juga membantu Anda lebih kuat dari pada sebelumnya.
  • Anda Dapat menghargai waktu karena menyelesaikan tantangan itu harus melalui proses yang panjang.
  • Lebih Menghargai hasilnya yang di dapat.
  • Waktu Untuk memperluas koneksi, membantu Anda untuk menyelesaikan tatangan karena beberapa tantangan yang akan ditemui tidak bisa diselesaikan sendiri.
  • Dalam Kunci Sukses juga melatih Anda untuk lebih mencintai diri sendiri karena Anda adalah salah satu kunci keberhasilan untuk melewati tantangan.

"Tantangan Anda Dalam Hidup Membantu Anda Mampu Untuk Menghadapi Rintangan, Anda juga Dapat Lebih Menghargai Waktu Dalam Kunci Sukses" 

3. Lakukan Karena Passion

Secara bahasa sederhana, arti passion adalah perasaan yang sangat kuat dan benar-benar bekerja sesuai dengan apa yang kita cintai. Passion sering menjadi akar dari berbagai hal sebelum seseorang melakukan sesuatu. Dengan passion yang benar, mereka bahkan seringkali tidak dapat mengontrol diri untuk melakukan sesuatu.

Banyak yang bermula dari hobi kini menjadi tempat usahanya. Inilah karena semua yang dilakukan berdasarkan kesenangan akan terasa lebih ringan dan bisa menjadi sebuah cara yang tepat untuk memulai bisnis Anda.

Pilihlah passion Anda, baik di bidang teknologi, fashion ataupun kuliner sehingga bisa mendalami bisnis yang Anda mulai. Contohnya, jika Anda menyukai kopi dan memiliki pengetahuan lebih, kenapa tidak mencoba untuk memulai bisnis kedai kopi sendiri.

Dengan passion pengusaha tidak akan pernah lelah untuk bekerja berjam-jam dan masih bersemangat untuk mendapatkan ide-ide bisnis kreatif baru yang tidak pernah Anda bayangkan sebelumnya.

Menemukan Passion Bisnis

Passion memang bisa menjadi penggerak Anda untuk melakukan sesuatu, termasuk halnya dengan mulai berbisnis. Namun, tidak semua orang bisa semudah itu menemukan passion-nya untuk berbisnis. Pada akhirnya, berbisnispun hanya menjadi wancana belaka karena tidak pernah terwujudkan.

Cara menemukan passion bisnis untuk diri kita :

A. Temukan minat akan sesuatu

Hal ini bisa diwujudkan dengan menelusuri hal-hal yang kiranya Anda sukai. Anda juga bisa menggali minat dari hobi yang Anda tekuni. Banyak bisnis yang berawal dari hobi tertentu. Walau demikian, tidak semua hobi berpotensi untuk menjadi passion Anda dalam berbisnis.

B. Kenali nilai plus diri

Cara lainnya untuk menemukan passion adalah dengan menggali kekuatan yang terdapat pada diri. Dengan mengenali kekuatan diri, Anda bisa lebih mudah menemukan kegiatan yang cocok, termasuk untuk berbisnis.

Kekuatan tersebut bisa muncul dalam berbagai bentuk. Ia bisa muncul dalam bentuk bakat, di mana seseorang bisa menjadi sangat mahir melakukan sesuatu. Ia juga bisa muncul berupa keunikan yang jarang ditemui pada orang lain.

C. Cari keahlian yang ingin dipelajari

Passion bisa hadir dalam bentuk keahlian tertentu. Adakah keahlian tertentu yang ingin sekali Anda kuasai? Atau, apakah Anda memiliki keahlian yang ingin dikembangkan?

Keahlian tersebut nantinya bisa menjadi aset untuk mendirikan bisnis. Anda bisa berbisnis jasa dengan mengandalkan keahlian tersebut, atau juga memberikan pelatihan berbayar dengan mengajarkan keahlian tersebut.

D. Kumpulkan ide sebanyak-banyaknya, kemudian lakukan eliminasi (Penyisihan)

Salah satu cara agar bisa menemukan passion adalah dengan mengumpulkan ide. Coba untuk mengumpulkan ide akan berbagai hal yang bisa Anda tekuni untuk dijadikan bisnis. Pokoknya, tulis sebanyak mungkin ide yang terlintas pada pikiran.

Langkah selanjutnya adalah mencoba mengerucutkan ide tersebut, hingga tersisa ide-ide yang potensinya sangat besar untuk dieksekusi. Kemudian, Anda bisa membuat tabel pembanding. Tabel tersebut hendaknya berisikan perbandingan beberapa aspek yang Anda anggap penting, Dengan demikian, Anda bisa melihat plus dan minus dari masing-masing ide.

E. Berkaca dari role model (Panutan)

Kita juga bisa mencoba menemukan passion lewat orang lain, lebih tepatnya lewat role model (Panutan) alias figur yang dijadikan panutan. Coba pikirkan lagi, siapa sajakah figur yang Anda anggap sebagai role model (Panutan)?

Kemudian, coba pikirkan hal-hal apa terkait role model tersebut yang membuat Anda terinspirasi? Siapa tahu, Anda ingin melakukan sesuatu seperti yang dilakukan role model (Panutan) Anda. Atau bisa saja, Anda ingin menguasai suatu keahlian seperti yang dimiliki oleh  role model (Panutan) Anda.

Masih banyak cara yang bisa Anda lakukan untuk menemukan passion diri. Salah satu caranya adalah dengan memperbanyak informasi dan wawasan seputar bisnis.

4. Berani Mengambil Risiko

Seorang pengusaha harus berani mengambil resiko sehiggga berkeinginan untuk mendapatkan hal-hal baru di dalam hidupnya. Mengambil keputusan dengan mempertimbangkan resiko terkecil dari pilihannya adalah hal yang perlu Anda biasakan dan ini merupakan salah satu cara menjadi pengusaha sukses. Sehingga calon pengusaha dapat ditentukan dari cara pandangnya menyelesaikan masalah.

Berani mengambil resiko adalah salah satu kunci dalam memulai usaha, karena dalam komponen ini banyak sekali item yang mengikutinya, yaitu berani rugi, berani mengambil keputusan, berani menghadapi masalah, berani menahan diri untuk tidak menggunakan uang perusahaan untuk bersenang-senang, serta berani untuk bangkrut.

Manfaat Keberanian Mengambil Risiko

Anda berharap usaha yang Anda rintis terus berkembang pesat maka wajib mengetahui manfaat sebuah risiko dalam mengambil keputusan. Semakin Anda berani mengambil lebih banyak risiko inilah manfaat keberanian yang bakal Anda dapatkan.

A. Membawa Perubahan Yang Variatif Dalam Kehidupan Seseorang

Keberanian Anda mengambil sebuah risiko akan membuat seorang pengusaha bersiap menghadapi kemungkinan terburuk gagal dan lainnya. Tentu saja hal yang bakal terjadi tersebut akan memberikan perubahan yang variatif (kemampuan) dari skala kecil hingga besar. Setidaknya hal itu pula yang membuat pebisnis mempersiapkan diri secara maksimal sebelum mengambil keputusan.

B. Membuat Kehidupan Lebih Berwarna

Pasang surut sebuah usaha juga ditentukan oleh sikap berani mengambil risiko. Memang terkadang risiko bisa saja membuat banyak pelaku usaha terkena dan stress jika tidak sesuai hasil yang didambakan. Namun, anda harus bisa mmerasakan dampak positif dengan menjadi pribadi yang tidak gampang serta menyerah begitu saja pada kegagalan.

C. Risiko Bisnis Mengajari Seseorang Pengusaha Sejati Pentingnya Sebuah Proses

Pernahkah anda melihat seorang jutawan mendadak dalam merintis sebuah usaha? Mungkin ada segelintir orang yang mengalami hal tersebut namun banyak pula yang harus melalui banyak hal.

Dari berbagai hal berisiko yang dijalani, banyak pemula menajdi pengusaha sejati. Mereka memiliki sikap berani mengambil risiko terburuk sekalian pun. Tak heran jika pengusaha model seperti ini lebih tahan banting terhadap perubahan tren pasar. Mereka lebih terbuka dan berani tanpa harus meninggalkan sikap hati-hati. Ciri-ciri inilah yang akan membuat Anda sukses mengembangkan semuah usaha.

Itulah sebagian kecil manfaat berani mengambil sebuah risiko karena Anda bisa jadikan acuan dalam membangun sebuah bisnis. Jadi seseorang yang bisa menganalisa pasar, menciptakan peluang dan berani mengambil keputusan yang berisiko.

Cara Mengurangi Resiko Gagal Saat Memulai Usaha

  • Cari Tau Resiko Yang Mungkin Di Hadapi Usaha Anda.
  • Lakukan Riset Pada Usaha Anda.
  • Buat Daftar Resiko Sesuai Dampaknya.
  • Pertimbangkan Ulang Resiko Dengan Kesempatan.
  • Jangan mudah menyerah.
  • Cari informasi tentang prospek bisnis yang kita jalani.
  • Cerdas Melihat Peluang.

5. Pengusaha Sukses itu Percaya Diri

Percaya diri adalah suatu keadaan dimana seseorang merasa percaya dan dan mengakui akan kemampuan pribadinya dalam melakukan atau menyelesaikan sesuatu. Jika hasil penilaian orang lain terhadap diri Anda positif, maka orang tersebut memiliki kecenderungan untuk pecaya diri

Apa itu percaya diri dan contohnya?

Percaya Diri (Self Confidence) adalah meyakinkan pada kemampuan dan penilaian (judgementdiri sendiri dalam melakukan tugas dan memilih pendekatan yang efektif. Hal ini termasuk kepercayaan atas kemampuannya menghadapi lingkungan yang semakin menantang dan kepercayaan atas keputusan atau pendapatnya.

Pentingnya Percaya diri – keyakinan membantu kita merasa siap untuk pengalaman hidup. Ketika Anda percaya diri, Anda akan lebih cenderung untuk bergerak maju dengan orang dan peluang – bukan menjauh dari mereka. Dan jika hal-hal pada awalnya tidak berhasil, kepercayaan diri membantu kita mencoba lagi.

Sebaliknya ketika kepercayaan diri rendah. Orang yang kurang percaya diri mungkin cenderung tidak mencoba hal baru atau menjangkau orang baru. Jika mereka gagal pada sesuatu yang pertama kali, mereka mungkin tidak akan mencoba lagi. Kurangnya kepercayaan diri dapat menahan orang untuk mencapai potensi penuh pada dirinya.

Cara Agar Menjadi Lebih Percaya Diri

  • Bangun pola pikir percaya diri. Saat suara hati adna mengatakan “Saya tidak bisa” latih kembali untuk mengatakan “Saya bisa”. Atau anda juga bisa berkata, “Saya tahu Saya bisa belajar (atau melakukan) ini jika saya memikirkannya.”
  • Bandingkan diri dengan baik. Wajar jika membandingakn diri kita dengan orang lain. Ini adalah cara untuk memahami diri sendiri dan mengembangkan kualitas yang kita kagumi. Tetapi jika perbandingan sering kali membuat Anda merasa buruk tentang diri, itu bertanda untuk meningkatkan kepercayaan diri dan harga diri Anda.
  • Singkirkan keraguan diri. Ketika kita meragukan kemampuan kita, kita merasa rendah diri, tidak berharga, atau tidak siap. Itu dapat membuat kita menghindari orang dan situasi yang mungkin kita nikmati dan tumbuhkan.
  • Tantang diri Anda untuk melakukan sesuatu yang berada di luar zona normal Anda. Pilihlah sesuatu yang ingin Anda lakukan biar Anda lebih percara diri. Beri diri Anda sedikit dorongan dan lakukanlah. Sekarang setelah Anda selesai melakukannya.
  • Berani menjadi Anda yang sebenarnya.

6. Kurangi Rasa Takut

Penguasaha harus memiliki cara yang tepat dan cepat ketika bertindak. Anda harus cepat membaca perubahan dan peluang yang terjadi. Ketakutan hanya akan membuat Anda tidak mendapatkan apa-apa. Bahkan Anda tidak dapat melangkah sesuai intuisi karena selalu dihantui ketakutan. Sebaiknya Anda mengelola diri untuk bisa menghindari rasa takut yang berlebih ketika memulai dan mengelola bisnis Anda. 

Jangan Pernah Takut Mengambil Tindakan Atau Risiko Karena Tanpa Risiko Anda Tidak Akan Bertemu Dengan Kesuksesan. Berikut ini alasannya ;

Semua orang pasti setuju bahwa menggapai sebuah kesuksesan diperlukan kerja keras yang diiringi dengan sikap pantang menyerah. Namun terkadang banyak orang yang hanya bermain aman agar tidak mendapatkan risiko kegagalan.

Padahal semakin banyak mengambil risiko maka Anda semakin berani untuk melawan rasa takut Anda dalam kegagalan. Yuk lanjutkan agar lebih tau melawan rasa takut pada diri sendiri.

A. Anda Tidak Akan Tahu Hasil Yang Akan Dicapai Jika Tak Berani Memulainya

Tidak peduli baik atau buruk, sebuah hasil pasti akan didapatkan jika Anda berani memulai mengerjakan sesuatu untuk Anda capai. Memilih jalan hidup memang penuh risiko yang harus ditanggung, apalagi tentang wirausaha. Kamu harus membuang jauh rasa takut dan mengambil risiko agar rasa takut Anda dapat menghadapi pekerjaan atau bisnis anda tersebut dapat meraih sesuai keinginan atau sebaliknya Anda gagal dalam berbisnis.

Seiring waktu, kegagalan serta rasa takut Anda pasti akan terus mengikuti karena hal itu merupakan bagian dari proses menuju kesuksesan berbisnis. Berani mengambil risiko juga akan menambah pengalam Anda menajadi semakin banyak dan semakin baik.

B. Risiko Tinggi Pengembalian Tinggi

Jika Anda pernah berkecimpungan di dunia investasi saham, pasti Anda tidak akan sing dengan istilah ini (High risk high return). Maksudnya adalah ketika Anda berani mengambil risiko tinggi, maka hasilnya Anda akan mendapatkan yang sangat besar pula.

Contoh adalah ketika Anda berani mengambil keputusan untuk berbisnis maka Anda bekerja keras untuk underp pressure (dibawah tekanan), maka Anda pasti akan mendapatkan hasil yang besar pula karena usaha yang anda lakukan untuk kesuksesan.

C. Terkadang Hidup Itu Perlu Pengorbanan

Dalam sebuah perjuangan pasti diperlukan pengorbanan yang harus dilakukan. Tidak hanya melawan rasa takut, korban materi, terkadang Anda juga harus mengorbankan hati dan mental untuk melewatinya. Makan hati pasti akan didapatkan jika Anda ternyata gagal dalam meraih impian dan keinginan.

Namun ingatlah bahwa kegagalan adalah sebua awal dari sukses. Membuang rasa takut untuk mencoba mengambil risiko memang akan lebih mendorongmu untuk bisa meraih kegagalan, namun semua itu pasti mendapatkan hasil yang setimpal. Lakukanlah dengan baik selama Anda Mampu.

D. Kegagalan Adalah Hal Yang Bisa Tetapi Membantu Anda Untuk Melawan Rasa Takut Untuk Berusaha

Mengambil risiko pasti akan menambahkan potensimu untuk hatah dalam lubang kegagalan serta di hantui dengan rasa takut. Namun ingatlah bahwa sebuah keberahsilan tidak akan terlepas dari namanya kegagalan. Maka dari itu jgn pernah berhenti meski kegagalan itu menghampiri Anda.

Tidak ada kesuksesan yang bersifat instan. Kamu perlu merasakan kegagalan serta ketakutan, jika ingin merealisasikan mimpi yang ada di tanganmu harus berjuang keras untuk mengapainya.

E. Hidup itu memang perlu tantangan. Tidak ada artinya jika hidup tidak dipenuhi dengan tantangan

Salah satu tantangan yang bisa kamu dapatkan adalah dengan cara mengambil risiko singkirkan rasa takut. Anda pasti akan merasakan kebingungan yang menjadi-jadi karena hal tersebut sangat menentukan masa depanmu.

Namun kembali lagi pada prinsip ketakutan serta kegagalan merupakan sebuah keberhasilan yang tertunda. Semakin banyak tantangan yang dihadapi dalam hidup, maka kamu pasti akan menjadi manusia yang lebih tangguh dari sebelumnya. Jagan pernah berhenti untuk mencari petualangan baru karena hal itu bisa menunjang hidupmu.

7. Visualisasikan Keinginan Anda

Cara termudah adalah dengan memvisualisasikan keinginan Anda. Hal ini akan memudahkan Anda untuk memulai dan memperhatikan hal detail yang mungkin akan terlewatkan. Anda juga akan merencanakan beberapa cara untuk bisa mencapai tujuan usaha. Sehingga visualisasi ini membantu Anda dalam mengoptimalkan dan mengukur kemampuan untuk menghadapi permasalahan yang akan terjadi dalam bisnis Anda.

Cara Mewujudkan Visualisasi Keinginan

         Anda bisa mewujudkan Visualisasikan Keinginan dalam menentukan tujuan yang spesifik, pikiran positif, dan sedikit keberuntungan. Alih – alih sekedar merumuskan apa yang Anda visualisasikan keinginan dan berharap impian terwujud dengan sendirinya, Anda perlu memvisualisasikan keinginan benar-benar menjadi nyata, berpikir positif, dan tetap optimis. Adapun cara mewujudkan visualisasi sebagai berikut ;

  • Tentukan keinginan yang realistis – Inatlah bahwa visualisasi keinginan tidak bisa terwujud hanya dengan menulisnya. Namun, jangan menyimpulkan bahwa merumuskan keinginan bukan aktivitas yang bermanfaat atau produktif. Dengan merumuskan dan memfokuskan pikiran pada sesuatu yang diinginkan, Anda mengetahui dengan jelas tujuan yang ingin di capai, mengapa Anda ingin mencapainya, dan tindakan yang perlu di lakukan. Anda menjadi lebih siap jika memahami bahwa merumuskan keinginan merupakan salah satu teknik visualisasi yang tidak berkaitan dengan kekuatan lebih banyak.
  • Tentukan apa yang ingin Anda wujudkan – Pertama tanyakan kepada diri sendiri, “Apa yang aku inginkan?” nyatakan secara spesifik dan akurat sesuatu yang ingin Anda alami. Jika keinginan Anda tidak bisa terwujud dalam kategorikan sebagai tujuan jangka panjang.
  • Rumuskan keinginan setepat mungkin – setelah menetukan apa yang Anda inginkan, pertimbangkan perlu tidaknya menentu kriteria agar keinginan Anda lebih spesifik. Contohnya, Anda ingin memilih bidang usaha untuk berbisnis, Anda harus memilih dengan kriterianya secara mendetail. Apakah bidang usahanya dapat Anda kuasai dengan model strategi yang Anda ciptakan.

Cara Melakukan Visualisasi

Visualisasi merupakan cara memotivasi diri untuk mencapai tujuan. Manfaatkan kemampuan berimajinasi agar apa yang sangat Anda impikan bisa terwujud, misalnya dengan membayangkan Anda sudah memperoleh hasil yang diinginkan, memenangkan pertandingan yang akan berlangsung, atau mengikuti acara wisuda di kampus. Satu-satunya yang bisa membatasi imajinasi adalah pikiran Anda sendiri. Selain itu, visualisasi juga merupakan kemampuan mental yang bisa digunakan untuk membayangkan kejadian atau keadaan yang Anda impikan di masa depan.

  • Memvisualisasikan Tercapainya Tujuan.
  • Lakukan visualisasi sambil berpikir positif penuh optimisme.
  • Arahkan visualisasi ke kehidupan nyata.
  • Pikirkan rangkaian kejadian yang dibutuhkan untuk mencapai tujuan.
  • Visualisasikan personalitas yang dibutuhkan untuk menjadi pribadi yang Anda inginkan. 
  • Gunakan kalimat afirmasi untuk memotivasi diri.
  • Lakukan visualisasi saat Anda merasa tenang, terfokus, dan nyaman.
  • Visualisasikan Anda mampu mengatasi kegagalan. 

Cara Memperbaiki Visualisasi 

  • Lakukan visualisasi sampai hal ini terasa wajar dan membawa hasil.
  • Berfokuslah pada tujuan jangka panjang.
  • Buatlah papan visi sebagai sarana untuk mengingat kehidupan yang Anda impikan.
  • Tentukan aspek afirmatif (yang menguatkan) dari tujuan Anda. 
  • Visualisasikan tujuan yang realistis.
  • Lakukan visualisasi sesuai perspektif Anda sendiri.

8. Pengusaha Sukses Memerlukan Rekan

Mustahil bisnis dapat berjalan sendiri, setidaknya Anda membutuhkan rekan bisnis yang bisa diajak berdiskusi. Bahkan penguasaha yang sukses mereka dikelilingi oleh tim yang hebat. Mulailah mencari tim yang solid yang dapat membantu mendukung Anda dalam mencapai tujuan usaha. Sebuah bonus bagi Anda mendapatkan teman atau pasangan yang bisa satu passion dengan Anda untuk dapat menjadi rekan dalam berwirausaha.

Manfaat Pentingnya Memiliki Rekan Bisnis

Disaat Anda membangun bisnis, ada beberapa hal yang harus kamu punya, salah satunya pertner atau rekan bisnis. Berbisnis terasa tak lengkap tanpa adanya rekan. Apapun bisnismu, dimanapun Anda membangun bisnis, dan siapapun targetnya. Rekan bisnis berperan penting dalam setiap perjalanan bisnismu.

1. Rekan Bisnis Membuat Anda Tak Merasakan Kesepian

Dalam menjalankan bisnis kamu tak akan merasa sendiri atau kesepian. Anda bisa berkaloborasi dengan rekan bisnis Anda. Kemungkinan besar menghasilkan ide-ide bisnis baru bertambah. kegiatan bisnis semakin meningkat, sehingga semakin rame dan Anda tak merasa kesepian dibandingkan menjalankan satu bisnis saja tanpa partner.

2. Menambah Client Bersama Rekan Bisnis

Saat memiliki rekan bisnis memungkinkan Anda dapat penambahan client. Karena kerjasama dengan rekan bisnis terjalin dalam jaringan sosial. dari jaringan sosial yang terbentuk ada kemungkinan membutuhkan produk/barang ataupun jasa yang menjadi peluang bagi bisnis yang sedang Anda jalankan.

3. Bisa Saling Melengkapi

Jika Anda merupakan pemula dalam berbisnis menjalin kerjasama sangat dianjurkan karena Anda bisa memiliki rekan bisnis. Dengan memiliki rekan bisnis Anda akan dimudahkan dengan saling melengkapi. Tentu dengan perjanjian kerjasama yang jelas. Tetap jalani erjasama dengan rekan bisnis Anda.

4. Informasi Bisnis

Selain bisa melengkapi satu sama lain dengan rekan bisnis Anda, Anda akan mendapatkan informasi-informasi baru terkait denan bisnis. Hal ini biasanya terjadi karena informasi bisnis yang di dapat dari rekan bisnis ataupun sebaliknya. Sehingga saling bertukar informasi dan info bisnis yang sedang Anda Jalani ataupun bisnis yang baru.

Cara Memilih Rekan Bisnis Yang Tepat

  1. Passion yang Sama
  2. Memiliki Integritas
  3. Kejujuran yang Tinggi
  4. Kapabilitas yang Mumpuni
  5. Mau Bekerja Sama
  6. Siap Tempur Sampai Akhir
  7. Mau Berbagi
  8. Mau Memberi dan Menerima
  9. Saling Mendukung
  10. Siap untuk Tumbuh Bersama
  11. Bersedia Menyelesaikan Masalah
  12. Tidak Lepas dari Tanggung Jawab
  13. Punya Target Tujuan Jelas
  14. Saling Memiliki
  15. Saling Berbagi Tugas

Carilah partner atau rekan bisnis yang jelas sehingga Anda bisa lebih banyak kesempatan untuk menambah klien ataupun membuka peluang bisnis baru. Karena dengan adanya partner anda akan jauh lebih baik dari pada anda memikirkan bisnis Anda sendirian. "Ingat Jangan Asal Pilih" Hati-hati kalau ketemu Partner Bisnis Baperan Sangat WARNING.

9. Cepat Bertindak

Cara menjadi pengusaha sukses lainnya adalah harus cepat bertindak. Setelah melakukan perencanaan, menimbang resiko dari segala pilihan, pendanaan dan mengondisikan tim maka hal yang harus dilakukan adalah bertindak. Eksekusi inilah yang terkadang tidak diselesaikan sehingga seringkali bisnis tidak mendapatkan apa-apa. Mulailah untuk bertindak.

 

"Kata entrepreneur berasal dari bahasa Perancis:  entre berarti antara dan prendre berarti mengambil, secara harfiah dapat diartikan sebagai orang yang berani mengambil risiko dan memulai sesuatu yang baru. Entrepreneurship sendiri bukanlah merupakan sebuah  profesi, melainkan sebuah pola pikir atau mindset yang diimplementasikan dengan kerja keras, sikap hidup optimis, inovatif dan kreatif, serta memiliki jiwa"

10. Menghabiskan Waktu

Anda jangan berpikir jika menjadi pengusaha sukses hanya membutuhkan waktu dalam satu malam saja. Pengusaha merelakan waktunya untuk dapat mengerjakan beberapa hal yang sangat berguna untuk mengembangan usahanya. Bahkan banyak diantara mereka untuk mencoba lagi dan lagi karena belum berhasil dengan langkah pertamanya. Sehingga jika Anda ingin menjadi pengusaha sukses siapkan waktu Anda untuk dihabiskan dalam segala hal yang berhubungan dengan bisnis Anda.

Melakukan hal ini tidak akan mudah, harus banyak melakukan langkah-langkah agar dapat meluangkan cukup waktu agar usaha Anda berjalan sesuai dengan keinginan

Berikut langkah-langkah memanfaatkan waktu yang harus anda hargai untuk mengatur bisnis anda

1. Audit Jadwal Anda Untuk Beraktifitas
2. Jadwalkan Sasaran-Sasaran Kecil Untuk Motivasi diri Anda
3. Maksimalkan Motivasi diri Anda Agar Lebih Bersemangat
4. Gunakan Perjalanan Rutin Biar Anda Dapat Melihat Bagaimana Perjalanan Bisnis Anda 
5. Rencanakan Liburan Supaya Anda dapat Melihat dan Mendapatkan Ide Baru Untuk Mualai Bisnis Atau Meningkatkan Cara Bekerja di Bisnis Anda
6. Manfaatkan Akhir Pekan Supaya Bisnis Anda Tetap Berjalan Sesuai Dengan Keinginan Anda
7. Otomatisasi Apa Yang Bisa Anda Lakukan Agar Bisnis Anda Berjalan Dengan Lancar

Secara spesifik tentang komitmen dan seberapa banyak waktu dan energi yang dapat Anda curahkan padanya. Maka Semakin besar pula peluang Anda melakukan bagian ini dengan benar, kamu akan dapat menjalankan bisnis Anda secara percaya diri, tanpa mengkhawatirkan penundaan, gangguan, dan peluang yang terlewatkan.

11. Mengatur Keuangan Anda

Hal yang harus Anda pertimbangkan adalah keuangan Anda Penting merencanakan dengan matang detail-detail apa saja yang diperlukan, bagaimana pengelolaannya dan seberapa lama Anda akan mendapatkan keuntungan. Hal yang harus diperhatikan adalah bagaimana Anda dapat mendapatkan modal pertama. Jangan sampai Anda mencampurkan keungan pribadi dengan perusahaan, usahakan untuk memisahkannya.

Langkah Rencana Keuangan yang Cerdas

  1. Tanyakan pada diri sendiri: Apa tujuan masa depan Anda? “Ke mana Anda ingin membawa diri Anda dalam 5, 10, 20 tahun mendatang?” dan “Apa yang sebenarnya Anda inginkan dalam kehidupan ini?” Anda yang bisa menentukannya sendiri
  2. Ketahui nilai Anda saat ini, Semua hasil pendapatan dan investasi. Jangan lupa bahwa Anda juga perlu memeriksa pengeluaran. Menghitung semua ini akan membuat Anda mengetahui sesungguhnya berapakah nilai yang Anda miliki saat ini.
  3. Periksa Biaya Anda saat ini, merinci pengeluaran Anda, dari dasar seperti makanan, tempat berlindung, dan biaya transportasi. kebiasaan dalam setiap bulannya. Melalui tindakan yang Anda lakukan seperti ini, maka Anda akan mengetahui apakah Anda telah secara bijak menggunakannya.
  4. Mulai Hemat, Mulailah untuk memangkas beberapa pengeluaran, tanpa membunuh semua kesenangan Anda. Pastikan Anda menabung sebanyak yang Anda bisa.
  5. Bayar Hutang Anda, Apabila saat ini Anda memiliki hutang dengan bunga yang tinggi, Anda harus segera mengatur keuangan Anda untuk melunasinya.
  6. Bangun Portofolio Investasi Anda, Selalu lakukan penelitian sebelum terjun. Pahami peraturan risiko dan hasil yang ada: semakin tinggi risikonya, semakin tinggi potensi keuntungan- dan sebaliknya.
  7. Asuransikan Diri Anda, Membeli asuransi jiwa paling baik dilakukan lebih awal daripada nanti. Asuransi jiwa akan memastikan rencana keuangan yang telah Anda bangun dengan cerdas tidak akan habis dalam sekejap.
  8. Monitor Rencana Keuangan, Meninjau rencana keuangan setiap tahunnya akan membuat Anda bertahan dalam kondisi yang lebih baik di jangka panjang.

12. Terget Pasar Anda

Pengusaha sukses mengetahui siapa target pasar untuk produknya. Anda harus dapat menentukan sigementasi pasar terhadap produk Anda. Mulailah dengan membuat tabel, siapa pengguna produk Anda? Berapa usia pengguna? Dan masih banyak lagi pertanyaan yang bisa Anda munculkan untuk mendapatkan pelanggan Anda.

Target pasar adalah suatu kelompok konsumen yang menjadi sasaran pendekatan perusahaan untuk membeli produk yang dijual. Singkatnya target pasar adalah kelompok yang akan dilayani sebagai konsumen. Target pasar biasanya mempunyai rentan umur, sifat dan karakter yang hampir sama.

Secara umum target pasar didefinisikan sebagai calon pembeli potensial. Setiap pengusaha yang memproduksi sebuah produk pastinya memiliki bayangan atas siapa yang akan menjadi konsumen yang dibuat. Sekelompok orang atau konsumen yang menjadi sasaran dari produk tersebut disebut sebagai target pasar.

Apa itu menentukan target pasar?
Target pasar adalah sekumpulan konsumen yang menjadi sasaran perusahaan untuk membeli produk yang dijual. Menentukan target pasar bertujuan untuk mengelompokkan konsumen ke dalam kelompok dengan ciri-ciri (sifat) tertentu yang hampir sama.

13. Cepat Menangani Keluhan

Anda dapat mengembangakan perusahaan dengan menjaga pelanggan. Utamakan mereka yang menginginkan perbaikan produk Anda. Banyak hal yang membuat mereka mengeluhkan produk kepada Anda. Pentingnya untuk menanggapi keluhan untuk mendapatkan kedekataan dengan pelanggan Anda. Posisikan mereka sebagai teman Anda yang berhak mendapatkan produk terbaik dari bisnis Anda.

Cara Menangani Masalah Pada Pelanggan

1. Terima Keluhan dengan Baik

Biarkan pelanggan tahu bahwa Anda memerhatikan apa yang mereka sampaikan. Akuilah jika Anda memang melakukan kesalahan. Jangan lupa untuk segera meminta maaf atas ketidaknyamanan yang telah disebabkan oleh kesalahan tersebut. Katakanlah pula bahwa Anda akan mengatasi kesalahan tersebut pada waktu yang ditentukan. Namun, jika ternyata keluhan yang disampaikan pelanggan bukan disebabkan oleh kesalahan Anda dan telah terjadi kesalahpahaman, katakan saja kepada pelanggan bahwa Anda paham bagaimana masalah tersebut bisa membuat mereka kecewa. Anda tidak setuju begitu saja terhadap apa yang dikatakan pelanggan, tetapi tetap bisa menghargai perasaan mereka.

2. Tunjukkan Empati dan Komunikasi yang Baik

Menunjukkan rasa empati kepada konsumen memberikan dua hal manfaat dalam menangani keluhan pelanggan. Pertama, sebagai standar tindakan Anda dalam membangun persepsi kepada diri Anda sendiri terhadap keluhan, Sehingga Anda akan memiliki rasa bagaimana jika Anda diposisi mereka. Kedua, sebagai persepsi diri Anda kepada konsumen. Rasa empati juga dapat memberikan cara komunikasi yang baik.

Contoh Empati dan Komunikasi yang baik :

    1. Mohon maaf atas keterlambatan barang yang diterima.
    2. karena dari ekspedisi ada masalah terkait loading out barang disebabkan penumpukan, statement
    3. Lain kali  akan Kami pastikan barang yang diterima akan cepat dan baik, jika ke depannya ada keterlambatan lagi, maka akan kami garansikan dengan memberikan voucher diskon.

3. Gambarkan Masalah Keluhan Pelanggan

Begitu mendengarkan keluhan yang disampaikan pelanggan, Anda pun bisa memahami dengan baik masalah apa yang sebetulnya dihadapi. Setelah itu, lakukan analisis secara cepat, apakah sebelumnya Anda juga pernah mendapat keluhan serupa? Jika iya, solusi apa yang dulu Anda tawarkan dan terapkan? Apakah solusi tersebut berhasil mengatasi keluhan pelanggan? Apabila berhasil, Anda bisa kembali menggunakan solusi tersebut untuk menangani keluhan yang kali ini disampaikan pelanggan. Itulah mengapa penting bagi Anda untuk mencatat setiap komplain yang masuk dan cara-cara yang Anda lakukan untuk menanganinya. Jika ada satu komplain yang terus menerus disampaikan pelanggan, jadikan hal tersebut sebagai peringatan keras bahwa Anda harus mengambil tindakan serius.

4. Segera Tangani Komplain dengan Cepat

Setelah Anda paham inti keluhan yang dihadapi pelanggan dan meminta maaf karenanya, kini Anda bisa menawarkan solusi yang tepat untuk mengatasinya. Jelaskan solusinya kepada pelanggan dan konfirmasikan apakah solusi tersebut dapat menyelesaikan masalah mereka. Sebagai contoh, Anda bisa mengajukan pertanyaan seperti ini, “Jika kamu melakukan langkah XYZ, apakah hal itu dapat menangani masalah Anda?” Dalam hal ini, terkadang Anda harus melakukan langkah ekstra seperti mengirim surat permohonan maaf kepada pelanggan untuk mendapatkan kepercayaan mereka kembali. Apabila hal tersebut memang satu-satunya cara untuk menangani keluhan pelanggan, maka lakukanlah.

5. Berikan Solusi Terbaik

Menangani keluhan pelanggan belumlah selesai sampai Anda benar-benar menerapkan solusi yang telah Anda tawarkan. Penerapan solusi harus menjadi pengalaman yang efisien bagi pelanggan. Misalnya, pelanggan Anda menyampaikan keluhan karena server jaringan website Anda mendadak down. Pastikan pelanggan tahu bahwa Anda memahami betapa mendesaknya masalah tersebut dan Anda akan segera memperbaikinya dalam beberapa jam. Ingatlah bahwa jika sistem IT perusahaan down, bukan hanya pelanggan yang merasakan dampaknya, tetapi juga Anda. Produktivitas karyawan akan berkurang dan berpengaruh pada performa kinerja. Dalam hal ini, komplain dari pelanggan pun dapat berfungsi sebagai “alarm” bagi bisnis Anda.

Komplain dari pelanggan merupakan hal yang wajar terjadi pada setiap bisnis. Satu hal terpenting adalah kesungguhan Anda dalam menangani komplain tersebut dan memastikan bahwa komplain serupa tak terjadi lagi.

14. Keinginan Lebih Dari Harpan

Keinginan adalah segala kebutuhan lebih terhadap barang ataupun jasa yang ingin dipenuhi setiap manusia pada sesuatu hal yang dianggap kurang. Keinginan tidak bersifat mengikat dan tidak memiliki keharusan untuk segera terpenuhi. Keinginan lebih bersifat tambahan, ketika kebutuhan pokok telah terpenuhi.

Harapan  adalah  keseluruhan  dari  kemampuan  yang dimiliki  individu  untuk  menghasilkan  jalur  mencapai  tujuan  yang  diinginkan, bersamaan dengan motivasi yang dimiliki untuk menggunakan jalur-jalur tersebut.

Keinginan Lebih dari Harapan adalah segala kebutuhan terhadap barang atau pun jasa yang ingin dipenuhi untuk menghasilkan jalur tujuan yg dinginkan.

Utamakan untuk memberikan kepuasaan konsumen Anda. Berilah mereka kepuasaan diatas harapan mereka. Semakin Anda memberikan kepuasaan kepada konsuman maka kemugkinan untuk mendapatkan kepercayaan dan promosi dari konsumen semakin tinggi. Tidak hanya dari produk akan tetapi memperhatikan pelayanan yang diberikan kepada mereka.

15. Jangan Berhenti Belajar

Di waktu luang Anda usahakan untuk tetap mengingat bisnis Anda. Seperti kegemaraan Anda membaca buku fiksi kini bisa diganti dengan tips dan trik mengembangan bisnis yang sedang Anda kelola. Dengan sering membaca studi kasus maka banyak pengalaman berharga yang didapatkan Anda untuk mengembangkan bisnis Anda.

Seorang milyarder mampu melihat dunia dan memiliki pola pikirnya sendiri. Dan pola pikir inilah yang mampu menjadi pembeda dari seorang milyarder dengan jutaan orang yang lainnya. Dimana ketika jutaan orang pada umumnya melihat masalah, namun seorang milyarder justru akan melihat sebuah peluang.

Saat jutaan orang memilih untuk mengakui sebuah kegagalan dan menyerah. Seorang milyarder justru menilai sebuah kegagalan sebagai tantangan untuk menjadi lebih baik. 

Lantas bagaimana strategi dan kiat-kiat khusus untuk mencapai puncak karir menurut Anda?

Langkah-langkah kecil yang Anda putuskan dan terapkan pada saat ini tentu saja sangat menentukan nasib karir Anda di masa depan. Akankah Anda hanya berjalan di tempat ataukah melalui berbagai progress sehingga mencapai puncak kejayaan, semua di tangan Anda. Tuliskan opini ada di kolom komentar untuk berbagi tips bersama kami dan para pembaca lainnya. Itulah tips yang bisa Anda lakukan untuk dapat menjadi pengusaha yang sukses. Semua tergantung pada diri Anda sendiri, ingin segera memulai kesuksesan atau hanya menyaksikan kesuksesan di sekitar Anda bermunculan.

 

Itulah tips yang bisa Anda lakukan untuk dapat menjadi pengusaha yang sukses. Semua tergantung pada diri Anda sendiri, ingin segera memulai kesuksesan atau hanya menyaksikan kesuksesan di sekitar Anda bermunculan.

 

Penulis : Rudi

Tags Artikel :

#Akuntansi Dagang

Artikel Terkait Lainnya

# Wirausaha

# Bisnis

Semangat Baru Untuk Meningkatkan Inovasi Wirausaha, Perusahan & Bisnis UKM

Salah satu tujuan utama dari inovasi adalah melakukan atau menciptakan sesuatu yang berbeda dari para kompetitor di bidang sama.

Baca Selengkapnya

Admin

# Bisnis

# Wirausaha

Strategi Smart Bisnis Usaha UKM dan Perusahaan

Strategi Bisnis adalah suatu cara yang digunakan perusahaan untuk menghadapi persaingan di dalam dunia bisnisT bertujuan untuk, analisa, integrasi, dan implementasi.

Baca Selengkapnya

Admin

# Marketing

# Wirausaha

# Bisnis

Membangun Team Work Bisnis UKM dan Perusahaan Yang Solid

Team Work adalah kemampuan individu dalam melakukan kerjasama dengan baik untuk mencapai tujuan bersama di dalam tim yang saling percaya dan mendukung serta bertanggung jawab.

Baca Selengkapnya

Admin

# Wirausaha

Membangun Motivasi Diri Untuk Bisnis UKM dan Perusahaan

Motivasi adalah sesuatu alasan yang mendorong seseorang untuk melakukan, menyelesaikan, menghentikan suatu aktivitas guna mencapai tujuan tertentu yang diinginkan dari motivasi tersebut.

Baca Selengkapnya

Admin

# Bisnis

# Wirausaha

Skill Smart Menjadi Leadership Bisnis UKM dan Perusahaan

Leadership adalah salah satu fungsi manajemen untuk mempengaruhi, mengarahkan memotivasi dan mengawasi orang lain untuk menyelesaikan tugas-tugas yang telah direncanakan untuk mencapai tujuan dan sasaran organisasi.

Baca Selengkapnya

Admin

# Wirausaha

# Bisnis

# Keuangan

Cara Stock Opname Persediaan Degan Mudah

Stock opname adalah salah satu bentuk kegiatan perhitungan persediaan stok barang di gudang sebelum dijual dan juga dapat merapikan persediaan barang digudang.

Baca Selengkapnya

Admin