Pengertian Akun Beban Angkut Pembelian Pada Bisnis UKM

DEFINISI

Biaya merupakan pengorbanan atau pengeluaran yang dilakukan oleh suatu perusahaan atau perorangan yang bertujuan untuk memperoleh manfaat lebih dari aktivitas yang dilakukan tersebut.
Angkutan adalah sarana untuk memindahkan orang atau barang dari suatu tempat ke tempat lain. Tujuannya membantu orang atau kelompok orang menjangkau berbagai tempat yang dikehendaki, atau mengirimkan barangdari tenmpat asalnya ketempat tujuannya.
Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), arti biaya angkut masuk adalah biaya pengiriman barang masuk yang dibebankan kepada perusahaan yang dikirimi. Arti lainnya dari biaya angkut masuk adalah pos yang mencatat biaya pengiriman barang masuk.
Secara umum Beban Angkut Pembelian Barang yang Dibeli (Freight In) Beban angkut yang menjadi tanggungan pembeli akan dicatat pada akun beban angkut pembelian di sisi debit dan akun kas di sisi kredit. Akan tetapi, beban angkut yang menjadi tanggung jawab pembeli yang dibayar langsung kepada penjual, akan dimasukkan pada faktur pembelian.

PENGERTIAN

Beban angkut penjualan ialah akun yang berfungsi untuk mencatat besarnya beban angkut dan akan ditanggung oleh sipenjual. Akun pada “beban angkut penjualan”dicatat pada sisi sebelah debet dan “kas” disisi sebelah kredit.

FUNGSI

Akun Beban angkut yang berfungsi untuk pencatatan besarnya beban angkut yang menjadi tanggungan pembeli. Karena itu Akun “beban angkut pembelian” akan di lakukan pencatatannya di sisi sebelah debet serta “kas” sisi sebelah kredit. Sebagai contoh Akun beban angkut pembelian ini sering dilakukan pada saat kita melakukan pembelian barang di shopee, tokopedia, lazada dll, sehingga kita harus membayar lebih untuk biaya angkut pembelian karena sudah melewati batas biaya yang telah di tetapkan oleh distributor atau penjual. Beban angkut pembelian akan di bebankan kepada pembeli karena melebih ketentuan yang telah di tetapkan atau tidak mencapai ketentuan yang telah di tetapkan. Bagaimana Shobat Novalio!! Sudah mulai memahaminya🤗 ? Yuk simak Artikel sampai selesai agar pengetahuan shobat Novalio tidak setengah-setengah.👌💯

Perbedaan Beban Angkut Pembelian & Penjualan



Transaksi beban angkut pembelian ini berupa biaya beban angkut yang ditanggung pembeli. Sedangkan beban angkut penjualan adalah biaya angkut yang ditanggung oleh pihak penjual pada saat mengirimkan barang dagangannya.

Cara Menghitung Beban Angkut

Beban angkut pembelian = HPP - Persediaan awal - Pembelian + Retur pembelian + Pot. pembelian + Persediaan akhir.
Cara menghitung beban angkut pembelian jika diketahui HPP (harga pokok penjualan), persediaan awal, pembelian, retur pembelian dan potongan pembelian.
HPP = Persediaan awal + Pembelian + B.angkut pembelian – Retur pembelian- Pot pembelian – Persediaan akhir.
Beban angkut pembelian = HPP - Persediaan awal - Pembelian + Retur pembelian + Pot. pembelian + Persediaan akhir.

Siapa yang menanggung beban angkut pembelian?

Secara umum, syarat penyerahan barang menjelaskan tentang tanggung jawab baik pihak pembeli atau pihak penjual yang akan bertanggung jawab dalam menanggung beban angkut pembelian barang dan risiko terhadap barang yang akan diangkut dalam perjalanan dari gudang pihak penjual ke gudang pihak pembeli.

Menurut Kamus Bisnis dan Bank 9 Istilah Pengertian Lain yang berhubungan dengan "Biaya Angkut"

1. BIAYA ADMINISTRASI

Biaya Administrasi adalah maintenance fee yaitu biaya yang dibebarkan secara berkala kepada pemegang rekening pada suatu bank, misalnya biaya administrasi rekening koran, iuran tahunan kartu kredit; nasabah mungkin tidak dikenai biaya tersebut jika dapat memelihara saldo minimum tertentu. 

2. BIAYA BUKAN BIAYA BUNGA

Biaya Bukan Biaya Bunga adalah noninterest expense yaitu biaya operasional tetap bank yang dapat diperhitungkan dengan pendapatan dari pinjaman, denda keterlambatan, iuran tahunan dan biaya atas fasilitas kredit atau pemberian jasa di luar kredit, misalnya biaya gaji, biaya peralatan, biaya sewa gedung dan perlengkapannya, pajak, dan biaya lain termasuk cadangan penghapusan kredit macet.

3. BIAYA BUNGA BAYAR DI MUKA

Biaya Bunga Bayar Di Muka adalah prepaid interest expense yaitu beban bunga yang sebenamya belum menjadi kewajiban yang harus dibayar oleh perusahaan pada periode yang bersangkutan, tetapi telah dibayarkan lebih dulu.

4. BIAYA DANA

Biaya Dana adalah cost of funds yaitu biaya yang harus dibayar oleh suatu lembaga keuangan atau bank atas penggunaan uang yang sumbernya dari pihak lain (nasabah dan/atau bank); biaya dana dalam suatu bank merupakan dasar penetapan suku bunga kredit setelah memperhitungkan keuntungan atau laba yang diharapkan termasuk biaya administrasi dan biaya-biaya lain.

5. BIAYA DIBAYAR DI MUKA

Biaya Dibayar Di Muka adalah prepaid expenses yaitu pengeluaran yang dibayarkan untuk keperluan dalam tahun buku mendatang, seperti pembayaran sewa, royalti, dan premi asuransi; pengeluaran tersebut belum merupakan biaya dalam tahun buku berjalan.

6. BIAYA GABUNG

Biaya Gabung adalah joint cost yaitu biaya yang dikeluarkan untuk memproduksi dua atau lebih produk yang berlainan sehingga akan terdapat beberapa macam produk dari suatu proses produksi yang sama dengan menggunakan bahan baku yang sama pula.

7. BIAYA IKAT JANJI

Biaya Ikat Janji adalah commitment fee yaitu biaya yang akan dibebankan kepada debitur sehubungan dengan kesanggupan kreditur untuk meminjamkan sejumlah uang dengan suku bunga dan dalam waktu yang disepakati; sin. biaya komitmen.

8. BIAYA KOMITMEN

Biaya Komitmen adalah commitment fee yaitu biaya ikat janji.

9. BIAYA KREDIT

Biaya Kredit adalah charge account bonking yaitu fasilitas kredit kepada konsumen untuk dapat melakukan pembelian saat ini tanpa harus membayar uang tunai; pembayaran kredit tersebut dapat dilakukan dalam jangka waktu tertentu (misalnya tiga puluh hari) atau secara angsuran.

3 Jenis Angkutan Yang Sering Digunakan Oleh Pengusahaa Dagang

 

1. ANGKUTAN DARAT

Angkutan Darat adalah land transportation yaitu jenis kegiatan ekonomi berupa pemberian / bisnis jasa angkutan / transportasi barang atau orang di darat, seperti yang dilakukan oleh perusahaan bus dan taksi.

2. ANGKUTAN LAUT

Angkutan Laut adalah freight forwarder yaitu jasa / transportasi angkutan barang untuk memenuhi kebutuhan pihak yang menyerahkan barang atas dasar konsinyasi atau penerima konsinyasi untuk melakukan pengapalan dan pengangkutan, pengurusan bea cukai, dan lain-lain kegiatan umum dilakukan oleh perusahaan / bisnis jasa angkutan laut.

3. ANGKUTAN UDARA

Angkutan Udara adalah jenis transportasi / angkutan yang menggunakan pesawat terbang sipil maupun militer.

KESIMPULAN

Untuk memahami masing-masing jenis transaksi tersebut dan menghindari adanya kesalahan penulisan dalam kolom debit dan kredit. Transaksi yang sering di gunakan dalam perusahaan dagang yang terjadi sebab perusahaan menggunakan jasa angkut barang atas barang dagangannya yang dipasarkan. Karena itu Beban angkut pembelian akan menambah nilai pembelian yang dilakukan. Pencatatan pengeluaran untuk beban angkut tergantung pada syarat penyerahan barang yang telah disepakati. Syarat penyerahan Barang yang biasa di gunakan yaitu FOB Shipping point dan FOB Destination Point
Free On Board (FOB) Shipping Point - Berdasarkan syarat ini, pihak pembeli menanggung biaya angkut atas pengiriman barang yang dibeli.
Free On Board Destination Point (FOB) Destination Point - Berdasarkan syarat ini, pihak penjual menanggung biaya angkut atas pengiriman barang yang dibeli.
 
Demikianlah pembahasan tentang Pengertian Akun Beban Angkut Pembelian Pada Bisnis UKM. Terima Kasih telah berkunjung, semoga apa yang anda simak di artikel ini dapat menambah wawasan dan juga pengetahuan yang lebih bermanfaat. 🙏"Terima Kasih"🙏

Baca Juga Kelompok Akun Khusus Pada Perusahaan Dagang Bisnis UKM »

Penulis : Rudi

Tags Artikel :

#Akuntansi Jasa

Artikel Terkait Lainnya

# Keuangan

# Bisnis

# Wirausaha

Akuntansi Smart Bisnis UKM dan Perusahaan

Akuntansi adalah merupakan kegiatan mencatat, meringkas, mengklarifikasi, mengolah, dan menyajikan data transaksi.

Baca Selengkapnya

Admin

# Bisnis

# Marketing

# Wirausaha

Strategi Smart Usaha Mencapai Keuntungan Sesuai Harapan

Persiapan strategi adalah dorongan agar bisnis Anda dapat mendapatkan hasil serta pendapatan yang lebih baik dari pada sebelumnya.

Baca Selengkapnya

Admin

# Keuangan

# Wirausaha

# Bisnis

Standar Akuntansi Keuangan di Indonesia

Fungsi Standar Akuntansi Keuangan adalah untuk keseragaman laporan keuangan untuk menyusun laporan keuangan serta auditor dan pembaca laporan.

Baca Selengkapnya

Admin

# Keuangan

# Bisnis

# Wirausaha

Mau Profit UKM ? Cara Smart Menghitung Profit UKM dan Perusahaan

Anda mungkin akan berpikir bahwa bisnis baik-baik saja dengan pendapatan yang terus mengalir setiap hari. Tetapi tanpa memperhitungkan faktor lain seperti biaya overhead, kartu kredit, tanggungan pinjaman, dll, maka profitabilitas tidak akan bisa diukur.

Baca Selengkapnya

Admin

# Keuangan

# Bisnis

Cara Smart Mendapat Keuntungan, Laba atau Profit untuk Bisnis UKM

Keuntungan adalah hasil penjualan suatu barang/jasa yang didapat melebihi modal. sehingga perusahaan dapat memperoleh laba.

Baca Selengkapnya

Admin

# Keuangan

# Bisnis

Cara Meningkatkan Keuntungan (Laba) dan Profit Perusahaan dalam Bisnis UKM

Profit selalu menjadi tolak ukur bagi pemilik usaha atau perusahaan apakah usaha atau perusahaan yang dijalankan mengalami kerugian atau malah sebaliknya. Untuk itu mengetahui rumus-rumus penghitungan profit memang sangat perlu.

Baca Selengkapnya

Admin