Pengertian dan Contoh Akun-akun Transaksi Penjualan Pada Bisnis UKM

DEFINISI PENJUALAN

Perusahaan dagang – seiring dengan berjalannya waktu, suatu perusahaan selalu dituntut untuk terus mengembangkan usahanya dengan tujuan mendapatkan profit/laba. Dalam proses dan pencatatan ini akuntansi disini berfungsi sebagai suatu proses pencatatan yang relevan bagi perusahaan dangang. Dengan memiliki pencatatan yang detail, maka anda sebagai pemilik perusahaan dapat mengetahui sudah sejauh mana perkembangan usaha yang anda miliki. Anda bisa melihat progres kondisi bisnis, apakah sedang meningkat, menurun, maupun dalam kondisi yang stagnan.

PENGERTIAN PENJUALAN

Akun Penjualan adalah akun yang menyimpan segala kegiatan penjualan barang dagangan perusahaan kepada konsumen maupun perantara. Sedangkan Penjualan adalah kegiatan berfungsi untuk pencatatan transaksi “penjualan barang dagang” baik dalam tunai ataupun secara kredit. Pencatatan akun “beban angkut pembelian” yaitu disisi sebalah debet lalu piutang dan kas dicatat sisi sebelah kredit.

Apa itu transaksi penjualan?
Penjualan adalah transaksi antara penjual dan pembeli yang kemudian diikuti dengan proses menyerahkan produk yang berupa barang atau pun jasa. Dalam suatu bisnis, proses penjualan adalah kunci suksesnya suatu bisnis. Penjualan itu sama dengan darah yang mengalir di tubuh manusia, yang menjadi nadi kehidupan.

FUNGSI PENJUALAN

Penjualan berfungsi sebagai kegiatan utama bisnis perusahaan dagang dimana dengan sistem akuntansi menjadi kegiatan inti. Biasanya perusahaan akan memiliki staf khusus dalam menangani transaksi penjualan. Adapun analisis transaki penjualan secara tunai, dan kredit pada usaha dagang.

Jenis-Jenis Penjualan

Proses penjualan menjadi tolak ukur banyak aspek dalam suatu bisnis. Tetapi penjualan dalam bisnis tidak hanya ada satu jenis. Ada beberapa jenis penjualan yang perlu diketahui oleh pemilik bisnis agar tetap bisa mempertahankan bisnisnya. Berikut ini adalah jenis-jenis penjualan:

» Penjualan Tunai

Penjualan dengan jenis tunai adalah jenis penjualan yang dilaksanakan secara tunai. Pembayaran dilakukan oleh pembeli secara cash dan selesai dalam satu kali transaksi.

» Penjualan Kredit


Jenis penjualan kredit merupakan jenis penjualan yang pembayarannya dilakukan dengan cara dicicil dalam rentan waktu tertentu. Jumlah cicilannya disesuaikan dengan berapa lama kredit yang diambil. Biasanya, penjual akan menambahkan bunga untuk setiap cicilan. Tetapi ada juga yang tanpa bunga.

» Penjualan Tender

Penjualan tender dilakukan melalui proses tender. Untuk bisa mendapatkan tender, prosedur tender harus diikuti. Penjualan tender juga memiliki prosedur tersendiri. Ketentuannya dibuat sesuai dengan kebutuhan penjual dan pembeli.

» Penjualan Ekspor

Penjualan ekspor dilakukan dengan pembeli yang berasal dari luar negeri. Biasanya ini terjadi untuk bisnis yang sudah besar. Sehingga mudah bagi bisnis tersebut mendapatkan pembeli yang berasal dari luar negeri.

» Penjualan Konsinyasi

Jenis penjualan konsinyasi biasanya melalui pihak ketiga. Produk atau jasa yang dijual melewati reseller sebelum sampai kepada pembeli.

» Penjualan Grosir

Jenis penjualan grosir hampir mirip dengan penjualan konsinyasi. Hanya saja grosir dijual secara eceran melalui pedagang grosir.

» Penjualan Wesel

Wesel adalah janji tertulis yang tidak bersyarat dari satu pihak kepada pihak lain untuk membayar sejumlah uang tertentu pada tanggal tertentu di masa yang akan datang.
Piutang Wesel atau wesel tagih adalah janji tertulis yang dibuat pelanggan untuk membayar kepada perusahaan sejumlah tertentu dan bunga pada tingkat yang disepakati.

Menurut Kamus Bisnis dan Bank Pengertian Lain yang berhubungan dengan "Penjualan"

» PENJUALAN CURAHAN

Penjualan Curahan adalah bulk sale yaitu penjualan secara borongan untuk kepentingan kreditur, yang meliputi seluruh atau sebagian barang perusahaan milik debitur.

» PENJUALAN LANGSUNG

Penjualan Langsung adalah direct selling yaitu sistem penjualan dengan cara menjual hasil produksinya secara langsung kepada konsumen tanpa melalui pedagang atau perdagangan besar, distributor, ataupun pedagang eceran

» PENJUALAN SILANG

Penjualan Silang adalah cross selling yaitu cara memasarkan jasa keuangan lainnya suatu bank kepada nasabah mereka yang telah menggunakan jasa keuangan bank tersebut.

» BUKU BESAR PENJUALAN

Buku Besar Penjualan adalah sales ledger yaitu buku besar yang memuat akun-akun langganan yang membeli barang dengan kredit dan mencatat setiap transaksi.

» LABA KOTOR PENJUALAN

Laba Kotor Penjualan adalah gross profit on sales - GPS yaitu laba yang diperoleh dari penjualan dikurangi harga pokok barang penjualan.

» PAJAK PENJUALAN

Pajak Penjualan adalah sales tax yaitu pajak tidak langsung yang dikenakan oleh pengusaha atas penyerahan barang oleh pabrik atau atas barang-barang impor.

» PIUTANG PENJUALAN

Piutang Penjualan adalah sales draft yaitu piutang yang timbul dalam kaitan dengan penggunaan kartu bank yang memberikan kewajiban pemegang kartu untuk membayar kepada bank penerbit kartu; pemegang kartu akan diberikan daftar atas setiap penggunaan kartunya yang dijadikan dasar penagihan oleh bank penerbit kartu.

» PROMOSI PENJUALAN

Promosi Penjualan adalah sales promotion yatu semua cara yang digunakan oleh agen pemasaran untuk menginformasikan, membujuk atau mempengaruhi pengguna akhir produk, tidak termasuk iklan, penjualan pribadi, dan publisitas; promosi penjualan merupakan alat bantu penjualan, termasuk pameran, bonus, kupon dan hadiah.

»  RASIO BEBAN TETAP TERHADAP PENJUALAN

Rasio Beban Tetap Terhadap Penjualan adalah period costs to sales ratio yaitu perbandingan antara beban tetap dan penjualan untuk menilai pengaruh beban terhadap rasio laba modal.

Manfaat dan Tujuan Penjualan

Tujuan utama penjualan adalah mendapatkan laba atau keuntungan dari produk yang dijual. Dengan pengelolaan yang baik, perusahaan atau usaha Anda akan mendapatkan laba yang besar dan mendapatkan pelanggan tetap (loyal customers).

Demikianlah pembahasan tentang Pengertian Akun Penjualan Pada Bisnis UKM. Terima Kasih telah berkunjung, semoga apa yang anda simak di artikel ini dapat menambah wawasan dan juga pengetahuan yang lebih bermanfaat. 🙏"Terima Kasih"🙏

 

Penulis : Rudi

Tags Artikel :

#Akuntansi Jasa

#Akuntansi Dagang

#Akuntansi Keuangan

#Jurnal Umum

#Akuntansi Management

#Analisis Transaksi

#Analisis Biaya

Artikel Terkait Lainnya

# Wirausaha

# Bisnis

# Keuangan

Cara Stock Opname Persediaan Degan Mudah

Stock opname adalah salah satu bentuk kegiatan perhitungan persediaan stok barang di gudang sebelum dijual dan juga dapat merapikan persediaan barang digudang.

Baca Selengkapnya

Admin

# Wirausaha

# Bisnis

Semangat Baru Untuk Meningkatkan Inovasi Wirausaha, Perusahan & Bisnis UKM

Salah satu tujuan utama dari inovasi adalah melakukan atau menciptakan sesuatu yang berbeda dari para kompetitor di bidang sama.

Baca Selengkapnya

Admin

# Keuangan

# Bisnis

# Wirausaha

Akuntansi Smart Bisnis UKM dan Perusahaan

Akuntansi adalah merupakan kegiatan mencatat, meringkas, mengklarifikasi, mengolah, dan menyajikan data transaksi.

Baca Selengkapnya

Admin

# Bisnis

# Wirausaha

Strategi Smart Bisnis Usaha UKM dan Perusahaan

Strategi Bisnis adalah suatu cara yang digunakan perusahaan untuk menghadapi persaingan di dalam dunia bisnisT bertujuan untuk, analisa, integrasi, dan implementasi.

Baca Selengkapnya

Admin

# Marketing

# Wirausaha

# Bisnis

Membangun Team Work Bisnis UKM dan Perusahaan Yang Solid

Team Work adalah kemampuan individu dalam melakukan kerjasama dengan baik untuk mencapai tujuan bersama di dalam tim yang saling percaya dan mendukung serta bertanggung jawab.

Baca Selengkapnya

Admin

# Wirausaha

Membangun Motivasi Diri Untuk Bisnis UKM dan Perusahaan

Motivasi adalah sesuatu alasan yang mendorong seseorang untuk melakukan, menyelesaikan, menghentikan suatu aktivitas guna mencapai tujuan tertentu yang diinginkan dari motivasi tersebut.

Baca Selengkapnya

Admin