Leadership adalah salah satu fungsi manajemen untuk mempengaruhi, mengarahkan memotivasi dan mengawasi orang lain untuk menyelesaikan tugas-tugas yang telah direncanakan untuk mencapai tujuan dan sasaran organisasi. keterampilan Leadership akan sangat mempengaruhi kinerja organisasi, khususnya dalam hal mencapai tujuan organisasi.
Leadership atau kepemimpinan memiliki tiga unsur utama, yaitu:
Seseorang dapat dikatakan memiliki skill leadership yang baik jika memiliki beberapa kemampuan khusus dalam bersikap. Sikap yang diperlukan untuk skill leadership, antara lain :
Leadership merupakan hal penting dalam suatu perusahaan atau organisasi sebab leadership adalah kunci keberhasilan tim tercapai dengan baik. Semua keputusan, gerakan dan laju pembangunan membutuhkan Leadership. Alasan penting mengapa Leadership penting adalah membangun tim yang kuat. Visi dan misi sebuah tim harus dicapai melalui kerja keras dan membutuhkan bimbingan dari orang yang memiliki kemampuan leadership sangat kuat. Dengan kekuatan leadership yang baik dan kerja sama tim bentuk yang baik pula, hambatan dan rintangan dapat dihadapi oleh tim.
Keberadaan leadership juga memiliki manfaat yang besar untuk sebuah tim dalam perusahaan, yaitu:
Karena dianggap sangat penting, sebaiknya setiap individu terutama pihak Manajer berusaha untuk menumbuhkan skill leadership dalam diri masing-masing. Selain akan menguntungkan perusahaan dalam mencapai tujuan, memiliki skill leadership juga menguntungkan bagi individu. Skill leadership yang kuat dalam individu akan membuat seorang individu tegar dan lihai dalam mengatasi masalah di hidupnya.
Adapun cara untuk menumbuhkan skill leadership antara lain:
Merumuskan rencana yang tepat dan menetapkan tolak ukur yang realistis akan memberi jalan untuk memandu proses bisnis dari waktu ke waktu. Setelah mencapai tujuan tertentu tetapkan tujuan lain. Ketika berhasil terhadap tujuan tertentu, sebuah tim akan memiliki rasa bangga dan kepemilikan yang tinggi terhadap perusahaan. Kemajuan tim dalam mencapai tujuan juga akan membawa tim lebih tangguh untuk mencapai tujuan lain yang lebih besar.
Setiap individu dilahirkan memiliki keunikan dan kekuatan yang berbeda-beda. Kekuatan pada setiap individu akan bermanfaat besar ketika dimanfaatkan dengan cara yang baik. Salah satu cara terbaik untuk melakukannya adalah benar-benar menguji kekuatan dan kelemahan. Setelah individu menyadari bakat tersembunyi, individu tersebut akan menikmati kekuatan dari dirinya sendiri.
Selain mengevaluasi diri dengan cara konvensional, individu juga dapat mengevaluasi diri mereka menggunakan alat bantu. Salah satu alat bantu yang dapat digunakan adalah Metode SWOT. Metode SWOT akan mempermudah dalam mengelompokkan kekuatan dan potensi yang jika digabungkan akan menjadi manfaat besar.
Semua manusia di dunia pasti pernah membuat kesalahan. Mengakui kesalahan dan bergerak maju untuk memperbaikinya adalah cara efektif untuk memperbaiki diri. Kesalahan yang ada dapat menjadi pembelajaran untuk tidak jatuh ke lobang yang sama. Proses arah tim pun akan semakin terarah karena sudah memahami titik mana yang akan membawa tim pada kegagalan.
Harap diingat, setiap orang memiliki tempo dan waktu yang berbeda. Begitu pula dalam mengembangkan atau menumbuhkan skill baru. Jadi, tetaplah gigih dalam berusaha mengembangkan diri karena tidak ada skill atau sesuatu yang dapat dimiliki secara instan! Beberapa cara di atas dapat kembali dieksplorasi demi mengembangan skill leadership yang lebih baik. Semoga panduan di atas dapat bermanfaat bagi Anda yang ingin mengembangkan skill leadership.
Penerapan Leadership Dalam Perusahaan
Setelah anda memahami lebih lanjut terkait leadership maka sekarang pengaplikasikannya terhadap perusahaan. Harapannya adalah penggunaan leadership ini akan mendorong kemanjuan perusahaan dengan lebih cepat lagi. Inilah hal-hal yang bisa Anda gunakan ketika mengaplikasikan sebagai pemahaman leadershop adalah kunci keuntungan.
Hal-hal penerrapan leadershop dalam persuahaan sebagai berikut :
Persuasive dalam inovatif itulah kedua hal utama didalam sebuah kemampuan leadership. Anda harus bisa meningkatkan perkembangan yang dimiliki oleh masing-masing pegawai. Tentu saja dengan menerapkan system reward and punishment. Tetapi harus diingat punishment yang diberikan tidak boleh merugikan karyawan, hukuman harus bersifat merubah mental mereka dalam artian kebiasaan.
Sosialisasi merupakan bagian dari leadership. Leadership adalah tindakan persuasive untuk mengajak setiap orang untuk melakukan hal yang kita kehendaki. Kemampuan sosialisasi dari Anda harus tinggi kepada team, anggota, karyawan. Setidaknya bisa menjelaskan dengan baik dan benar. Contoh : didalam perusahaan adalah ketika presentasi.
Semakin baik presentasi yang Anda miliki, maka ini menandakan kemampuan leadership yang baik. Jadi sudah sewajarnya kemampuan leadership ini dimiliki oleh setiap orang. Khususnya yang memiliki pekerjaan berfokus kepada kantoran dan hubungan dengan masyarakat atau suatu kelompok.
Ironisnya kepemimpinan dengan cara pemimpinnya lebih banyak menunjukkan omongan atau ipini dari pada bertindak. Tentu ini akan sangat absurd, sedangkan para bawahan atau pekerja harus melihat praktek atau contoh dari ide yang diberikan pimpinan. Berikanlah contoh yang baik dari diri Anda sendiri sabagai pimpinan.
Leadership adalah sebuah kemampuan yang cukup kompleks namun sangatlah penting. Salah pemahaman dalam konteks kepemimpinan mungkin hanya menghasilkan sikap pemimpin yang sangat dibenci oleh setiap pegawai.
Penerapan dari segi inovasi yang harus dimiliki oleh setiap pemimpin adalah meeringankan tapi mengefektifkan pekerjaan. Contoh saja dalam perusahaan akan memesan berbagai mesin produksi untuk mengefektifkan kinerja setiap pegawai. Inilah inovasi yang dapat meringankan sekaligus sangat efektif asal sesuai dengan kebutuhan.
Meningkatkan leadership adalah suatu perkebangan yang harus dilalui sebelum kesuksesan. Maka perusahaan harus menyadari berbagai peluang didalam memanfaatkan perangkat lunak.
Setelah mengetahui semua tujuan, manfaat, serta apa saja harus dilakukan leadership. Maka ada hal-hal yang harus Anda sadari dan pahami dalam leadership Anda juga harus Memperhatikan komunikasi, membangun koneksi, serta menghargai sesorang serta mengendalikan suasana perusahaan dengan baik.
Hal-hal yang harus Anda pahami sebagai leadership yaitu ;
Pemimpin yang baik akan mendukung orang-orang di sekitar mereka. Anda harus fokus pada pengembangan mereka. Membantu mereka sukses, dan menonton mereka tumbuh menjadi orang yang mereka inginkan. Ketika mereka berhasil mencapai kesuksesan, itu mencerminkan anda sebagai seorang leader. Cobalah bekerja keras untuk mereka, karena mereka adalah asset terbesar Anda. Tanpa Merea, Tim Anda Bisa Gagal.
Semua orang ingin dihargai. Sebagai seorang leader, sangatlah penting untuk memberikan penghargaan dan pengakuan kepada orang-orang dalam tim atas hal-hal luar biasa yang mereka lakukan. Salah satu alas an orang meninggalkan pekerjaan adalah karena mereka merasa kurang dihargai. Seorang leader hendaknya tidak pernah mengambil pujian atas pekerjaan yang dilakukan orang-orang. Leader yang baik adalah leader yang dermawan yang mau mengakui orang lain. Pengakuan kerja ke dalam budaya tim Anda adalah satu kunci membuat orang merasa nyaman untuk bekerja. Setiap orang akan bekerja keras untuk mencapai suatu keberhasilan yang menjadikan prioritas utama untuk kesuksesan suapaya kerja kerasnya dapat diakui.
Anda mungkin tahu nama dan posisi mereka dan yang sedang mereka kerjakan, tetapi apakah Anda benar-benar mengenal mereka? Apakan mereka punya ank? Apakah Anda tahu dari mana mereka berasal? Apakah anda tahu apa yang teah mereka lakukan dalam hidup mereka sebelum mereka mulai bekerja dengan Anda? Yang Paling Penting apakah Anda tahu harapan dan impian mereka ? Mengenal mereka dengan cara yang lebih pribadi akan membuat mereka merasa dihargai dan meningkatkan rasa hormat mereka kepada Anda sebagai sesorang leader.
orang akan melakukan lebih baik dari pada Anda ketika Anda melakukan hal baik kepada mereka. Anda akan memiliki orang-orang didalam tim yang memiliki prestasi signifikan (seseorang yang dianggap penting atau berarti karena dapat memberikan pengaruh atau dampak, dan tidak bisa lepas dari suatu persoalan). Mereka mungkin mendapatkan gelar lain, mendapatkan sertifikasi, atau pindah ke posisi baru. Salah satu pujian terbesar yang dapat Anda terima sebagai leader adalah meminta salah satu karyawan Anda untuk pindah ke peluang yang lebih baik. Berbanggalah, jangan cemburu. Kesampingkanlah ego yang Anda miliki. Ketahuilah bahwa setiap orang berhak menerima sesuatu yang baik atas kerja kerasnya, bahkan sekalipun itu harus melebihi Anda. Ikutlah bangga dengan hal tersebut.
Semua orang ingin dipercaya untuk membuat keputusan. Berdayakan karyawan Anda untuk membuat keputusan tertentu. Jangan mengubahnya. Berikan mereka kesempatan untuk tampil. Jangan mengabaikan kemampuan mereka dan melakukannya sendiri. Apakah Anda akan memiliki presentasi besar di waktu mendatang dengan tim eksekutif Anda? Izinkan salah satu dari tim yang memiliki kinerja terbaik untuk memberikan presentasi sebagai gantinya. Pemberdayaan akan membuat mereka tampil percaya diri dan membantu mereka berjuang untuk tujuan yang lebih besar dari kehidupan.
Leadership adalah hadiah dan hak istimewa. Tidak semua orang dapat menjadi seorang leader yang benar-benar baik. Dan leadership adalah hasil dari setiap usaha keras yang Anda lakukan dalam mengubah diri Anda menjadi orang yang lebih baik setiap harinya. Anda dapat menghancurkan tim jika Anda gagal menilai mereka. Semua orang di tim pantas dihargai. Tiap-tiap anggota tim memiliki bagian penting untuk menjaga mesin perusahaan Anda berjalan. Sebagai leader, Anda mengedepankan kebutuhan dan minat orang-orang dalam tim di atas kebutuhan Anda. Ini yang akan membuat Anda menjadi pemimpin yang lebih sukses. Pastinya, Anda akan jauh lebih dihargai.
Penulis : Adinata
#Akuntansi Dagang
# Bisnis
Semangat Baru Untuk Meningkatkan Inovasi Wirausaha, Perusahan & Bisnis UKM
Salah satu tujuan utama dari inovasi adalah melakukan atau menciptakan sesuatu yang berbeda dari para kompetitor di bidang sama.
Baca Selengkapnya# Bisnis
Strategi Smart Bisnis Usaha UKM dan Perusahaan
Strategi Bisnis adalah suatu cara yang digunakan perusahaan untuk menghadapi persaingan di dalam dunia bisnisT bertujuan untuk, analisa, integrasi, dan implementasi.
Baca Selengkapnya# Bisnis
Membangun Team Work Bisnis UKM dan Perusahaan Yang Solid
Team Work adalah kemampuan individu dalam melakukan kerjasama dengan baik untuk mencapai tujuan bersama di dalam tim yang saling percaya dan mendukung serta bertanggung jawab.
Baca SelengkapnyaMembangun Motivasi Diri Untuk Bisnis UKM dan Perusahaan
Motivasi adalah sesuatu alasan yang mendorong seseorang untuk melakukan, menyelesaikan, menghentikan suatu aktivitas guna mencapai tujuan tertentu yang diinginkan dari motivasi tersebut.
Baca Selengkapnya# Bisnis
# Keuangan
Cara Stock Opname Persediaan Degan Mudah
Stock opname adalah salah satu bentuk kegiatan perhitungan persediaan stok barang di gudang sebelum dijual dan juga dapat merapikan persediaan barang digudang.
Baca SelengkapnyaCara Smat Menulis Untuk Memperluas Pertemanan, Kosakata, dan Menambah Pergaulan
Istilah menulis adalah pengarang, penggubah, prosais, pujangga, sastrawan yang mampu menciptakan karya tulis.
Baca Selengkapnya