Skill Smart Menjadi Leadership Bisnis UKM dan Perusahaan

Leadership adalah salah satu fungsi manajemen untuk mempengaruhi, mengarahkan memotivasi dan mengawasi orang lain untuk menyelesaikan tugas-tugas yang telah direncanakan untuk mencapai tujuan dan sasaran organisasi. keterampilan Leadership akan sangat mempengaruhi kinerja organisasi, khususnya dalam hal mencapai tujuan organisasi.

Unsur-unsur Leadership

Leadership atau kepemimpinan memiliki tiga unsur utama, yaitu:

    1. Pengikut/followership – Adanya kepemimpinan ini disebabkan adanya pengikut atau followership. Seseorang menjadi pemimpin karena ada beberapa orang yang berkehendak untuk mengikuti yaitu bertindak sesuai dengan keinginan pemimpinnya.
    2. Tujuan – Kepemimpinan timbul karena adanya kepengikutan yang melakukan kerja sama dalam rangkai mencapai tujuan yang telah ditentukan bersama. Dengan adanya tujuan-tujuan tertentu timbul kerja sama dan timbul pula pemimpin untuk mengaturnya.
    3. Kegiatan mempengaruhi – Ini berarti bahwa seorang pimpinan dalam aktivitasnya membimbing. Mengontrol dan mengarahkan tindakan orang lain untuk menuju suatu sasaran tertentu.

Sikap Seorang Leader

Seseorang dapat dikatakan memiliki skill leadership yang baik jika memiliki beberapa kemampuan khusus dalam bersikap. Sikap yang diperlukan untuk skill leadership, antara lain :

  • Keterampilan social – Mampu memberikan inspirasi dan memberikan motivasi kepada orang lain misalnya kepada bawahan. Seorang individu harus mempunyai kepekaan terhadap situasi sosial dan dapat bertindak sesuai dengan situasi.
  • Kebijaksanaan – Memiliki kewibawaan dan kebijaksanaan sehingga selain mampu menyelesaikan masalah juga tetap disegani oleh para bawahan. Ada banyak orang yang terlibat dalam suatu tim. Semakin banyak orang, semakin banyak pemikiran dan perspektif yang ada. Oleh karena itu, diharapkan seorang yang leader harus terbuka untuk perspektif orang lain.
  • Keberanian – Sebuah tim dalam perusahaan akan menghadapi banyak masalah yang menghadang. Oleh karena itu, leader harus berani dan memahami kapan waktu untuk mempertahankan dan melakukan hal-hal yang dianggap benar serta mampu menghadapi permasalahan.
  • Mampu membuat keputusan – Memiliki kemampuan yang membuat orang lain merasa segan sehingga ketika berada dalam sebuah organisasi maupun perusahaan ia pun disegani baik oleh rekan kerja maupun rekan bisnis. Suatu permasalahan membutuhkan solusi yang harus diputuskan kemudian dieksekusi. Keputusan yang dibuat harus mempertimbangkan kebaikan bersama dan mengatasi masalah yang ada untuk memberi pengaruh yang besar dalam tim. 

 Mengapa Leadership Diperlukan dalam Perusahaan?

Leadership merupakan hal penting dalam suatu perusahaan atau organisasi sebab leadership adalah kunci keberhasilan tim tercapai dengan baik. Semua keputusan, gerakan dan laju pembangunan membutuhkan Leadership. Alasan penting mengapa Leadership penting adalah membangun tim yang kuat. Visi dan misi sebuah tim harus dicapai melalui kerja keras dan membutuhkan bimbingan dari orang yang memiliki kemampuan leadership sangat kuat.  Dengan kekuatan leadership yang baik dan kerja sama tim bentuk yang baik pula, hambatan dan rintangan dapat dihadapi oleh tim.

Manfaat Leadership dalam Perusahaan

Keberadaan leadership juga memiliki manfaat yang besar untuk sebuah tim dalam perusahaan, yaitu: 

  1. Peningkatan produktivitas tenaga kerja. 
  2. Peningkatan kemampuan untuk berhasil di bawah tekanan. 
  3. Meningkatkan kecerdasan emosional. 
  4. Meningkatkan karisma dan keseriusan dalam operasi bisnis. 
  5. Menumbuhkan rasa percaya diri dalam tim Anda. 
  6. Peningkatan keterampilan mendengarkan dan komunikasi. 
  7. Meningkatnya kesadaran akan keberagaman di dunia kerja.

 Cara Menumbuhkan Skill Leadership di Perusahaan

Karena dianggap sangat penting, sebaiknya setiap individu terutama pihak Manajer berusaha untuk menumbuhkan skill leadership dalam diri masing-masing. Selain akan menguntungkan perusahaan dalam mencapai tujuan, memiliki skill leadership juga menguntungkan bagi individu. Skill leadership yang kuat dalam individu akan membuat seorang individu tegar dan lihai dalam mengatasi masalah di hidupnya.

Adapun cara untuk menumbuhkan skill leadership antara lain: 

  1. Berlatih Disiplin Mengembangkan disiplin dalam kehidupan profesional dan pribadi Anda adalah suatu keharusan untuk memiliki skill leadership yang efektif sekaligus  untuk menginspirasi orang lain turut menjadi disiplin. Orang akan menilai kemampuan dan kredibilitas dengan sikap disiplin yang diperlihatkan di tempat kerja.---Tunjukkan disiplin di tempat kerja dengan selalu memenuhi tenggat waktu, menepati janji, dan mengakhiri pertemuan tepat waktu. Jika merasa kesulitan untuk disiplin, cobalah dari hal yang kecil seperti; bangun pagi dan berolahraga setiap hari,rutin membersihkan rumah, dan sebagainya. Ketika sudah terbiasa untuk mengerjakan dan disiplin terhadap hal kecil, maka seorang individu akan terbiasa untuk mengerjakan hal besar lainnya. 
  2. Menginspirasi Orang Lain Menjadi seorang leader berarti secara tidak langsung membuat seorang individu menjadi bagian suatu tim.  Seorang yang ditunjuk sebagai leader atau leader harus dapat memotivasi dan menginspirasi orang-orang yang bekerja untuk berkolaborasi sebaik mungkin. Ketika seorang anggota tim membutuhkan dorongan atau bimbingan, tawarkan itu. Terkadang, yang dibutuhkan seseorang hanyalah seseorang untuk mendengarkan dan bersimpati.
  3. Terus Belajar Jalan terbaik untuk menjadi leader yang baik adalah selalu belajar hal-hal baru. Hal itu membuat pikiran semakin tajam dan peka terhadap situasi yang ada.  Dengan pikiran yang tajam dan peka, individu akan semakin tertantang untuk menghadapi tantangan baru yang mungkin menghadang ketika berada dalam suatu perusahaan atau organisasi.
  4. Berdayakan Rekan Tim Memberdayakan tim bisa melalui memberikan kepercayaan atau delegasi tugas kepada individu yang lain. Tidak mungkin suatu pekerjaan mampu dihadapi sendiri. Mendelegasikan tugas kepada orang lain tidak hanya membantu pekerjaan untuk cepat selesai, tetapi juga memberdayakan orang lain di tim dan melatih skill orang lain tersebut.
  5. Tetapkan Tujuan yang Kuat Visi dan misi termegah tidak akan pernah berhasil jika tidak adanya tujuan yang kuat untuk merencanakan jalan untuk sampai ke sana. Saat seorang individu mengembangkan keterampilan leadership, investasikan waktu untuk mengklarifikasi tujuan dan memperkuatnya. 

Merumuskan rencana yang tepat dan menetapkan tolak ukur yang realistis akan memberi jalan untuk memandu proses bisnis dari waktu ke waktu.  Setelah mencapai tujuan tertentu tetapkan tujuan lain. Ketika berhasil terhadap tujuan tertentu, sebuah tim akan memiliki rasa bangga dan kepemilikan yang tinggi terhadap perusahaan.  Kemajuan tim dalam mencapai tujuan juga akan membawa tim lebih tangguh untuk mencapai tujuan lain yang lebih besar.

Pahami Kekuatan dan Cara Menggunakannya 

Setiap individu dilahirkan memiliki keunikan dan kekuatan yang berbeda-beda. Kekuatan pada setiap individu akan bermanfaat besar ketika dimanfaatkan dengan cara yang baik. Salah satu cara terbaik untuk melakukannya adalah benar-benar menguji kekuatan dan kelemahan. Setelah individu menyadari bakat tersembunyi, individu tersebut akan menikmati kekuatan dari dirinya sendiri. 

Selain mengevaluasi diri dengan cara konvensional, individu juga dapat mengevaluasi diri mereka menggunakan alat bantu. Salah satu alat bantu yang dapat digunakan adalah Metode SWOT. Metode SWOT akan mempermudah dalam mengelompokkan kekuatan dan potensi yang jika digabungkan akan menjadi manfaat besar. 

Berani Mengakui Kesalahan dan Terus Melangkah

Semua manusia di dunia pasti pernah membuat kesalahan. Mengakui kesalahan dan bergerak maju untuk memperbaikinya adalah cara efektif untuk memperbaiki diri. Kesalahan yang ada dapat menjadi pembelajaran untuk tidak jatuh ke lobang yang sama. Proses arah tim pun akan semakin terarah karena sudah memahami titik mana yang akan membawa tim pada kegagalan.

Harap diingat, setiap orang memiliki tempo dan waktu yang berbeda. Begitu pula dalam mengembangkan atau menumbuhkan skill baru. Jadi, tetaplah gigih dalam berusaha mengembangkan diri karena tidak ada skill atau sesuatu yang  dapat dimiliki secara instan! Beberapa cara di atas dapat kembali dieksplorasi demi mengembangan skill leadership yang lebih baik. Semoga panduan di atas dapat bermanfaat bagi Anda yang ingin mengembangkan skill leadership.

Penerapan Leadership Dalam Perusahaan

Setelah anda memahami lebih lanjut terkait leadership maka sekarang pengaplikasikannya terhadap perusahaan. Harapannya adalah penggunaan leadership ini akan mendorong kemanjuan perusahaan dengan lebih cepat lagi. Inilah hal-hal yang bisa Anda gunakan ketika mengaplikasikan sebagai pemahaman leadershop adalah kunci keuntungan.

Hal-hal penerrapan leadershop dalam persuahaan sebagai berikut :

  1. Pacu perkembangan setiap karyawan

Persuasive dalam inovatif itulah kedua hal utama didalam sebuah kemampuan leadership. Anda harus bisa meningkatkan perkembangan yang dimiliki oleh masing-masing pegawai. Tentu saja dengan menerapkan system reward and punishment. Tetapi harus diingat punishment yang diberikan tidak boleh merugikan karyawan, hukuman harus bersifat merubah mental mereka dalam artian kebiasaan.

  1. Kembangkan networking skill

Sosialisasi merupakan bagian dari leadership. Leadership adalah tindakan persuasive untuk mengajak setiap orang untuk melakukan hal yang kita kehendaki. Kemampuan sosialisasi dari Anda harus tinggi kepada team, anggota, karyawan. Setidaknya bisa menjelaskan dengan baik dan benar. Contoh : didalam perusahaan adalah ketika presentasi.

Semakin baik presentasi yang Anda miliki, maka ini menandakan kemampuan leadership yang baik. Jadi sudah sewajarnya kemampuan leadership ini dimiliki oleh setiap orang. Khususnya yang memiliki pekerjaan berfokus kepada kantoran dan hubungan dengan masyarakat atau suatu kelompok.

  1. Praktek bukan hanya omongan doing

Ironisnya kepemimpinan dengan cara pemimpinnya lebih banyak menunjukkan omongan atau ipini dari pada bertindak. Tentu ini akan sangat absurd, sedangkan para bawahan atau pekerja harus melihat praktek atau contoh dari ide yang diberikan pimpinan. Berikanlah contoh yang baik dari diri Anda sendiri sabagai pimpinan.

Leadership adalah sebuah kemampuan yang cukup kompleks namun sangatlah penting. Salah pemahaman dalam konteks kepemimpinan mungkin hanya menghasilkan sikap pemimpin yang sangat dibenci oleh setiap pegawai.

  1. Meringankan tapi hasil efektif

Penerapan dari segi inovasi yang harus dimiliki oleh setiap pemimpin adalah meeringankan tapi mengefektifkan pekerjaan. Contoh saja dalam perusahaan akan memesan berbagai mesin produksi untuk mengefektifkan kinerja setiap pegawai. Inilah inovasi yang dapat meringankan sekaligus sangat efektif asal sesuai dengan kebutuhan.

Meningkatkan leadership adalah suatu perkebangan yang harus dilalui sebelum kesuksesan. Maka perusahaan harus menyadari berbagai peluang didalam memanfaatkan perangkat lunak.

Setelah mengetahui semua tujuan, manfaat, serta apa saja harus dilakukan leadership. Maka ada hal-hal yang harus Anda sadari dan pahami dalam leadership Anda juga harus Memperhatikan komunikasi, membangun koneksi, serta menghargai sesorang serta mengendalikan suasana perusahaan dengan baik.

Hal-hal yang harus Anda pahami sebagai leadership yaitu ;

  1. Melihat orang-orang dalam tim sebagai kesuksesan terbesar Anda.

Pemimpin yang baik akan mendukung orang-orang di sekitar mereka. Anda harus fokus pada pengembangan mereka. Membantu mereka sukses, dan menonton mereka tumbuh menjadi orang yang mereka inginkan. Ketika mereka berhasil mencapai kesuksesan, itu mencerminkan anda sebagai seorang leader. Cobalah bekerja keras untuk mereka, karena mereka adalah asset terbesar Anda. Tanpa Merea, Tim Anda Bisa Gagal.

  1. Mengakui dan menghargai orang.

Semua orang ingin dihargai. Sebagai seorang leader, sangatlah penting untuk memberikan penghargaan dan pengakuan kepada orang-orang dalam tim atas hal-hal luar biasa yang mereka lakukan. Salah satu alas an orang meninggalkan pekerjaan adalah karena mereka merasa kurang dihargai. Seorang leader hendaknya tidak pernah mengambil pujian atas pekerjaan yang dilakukan orang-orang. Leader yang baik adalah leader yang dermawan yang mau mengakui orang lain. Pengakuan kerja ke dalam budaya tim Anda adalah satu kunci membuat orang merasa nyaman untuk bekerja. Setiap orang akan bekerja keras untuk mencapai suatu keberhasilan yang menjadikan prioritas utama untuk kesuksesan suapaya kerja kerasnya dapat diakui.

  1. Kenali orang-orang dalam tim.

Anda mungkin tahu nama dan posisi mereka dan yang sedang mereka kerjakan, tetapi apakah Anda benar-benar mengenal mereka? Apakan mereka punya ank? Apakah Anda tahu dari mana mereka berasal? Apakah anda tahu apa yang teah mereka lakukan dalam hidup mereka sebelum mereka mulai bekerja dengan Anda? Yang Paling Penting apakah Anda tahu harapan dan impian mereka ? Mengenal mereka dengan cara yang lebih pribadi akan membuat mereka merasa dihargai dan meningkatkan rasa hormat mereka kepada Anda sebagai sesorang leader.

  1. Tinggalkan egomu.

orang akan melakukan lebih baik dari pada Anda ketika Anda melakukan hal baik kepada mereka. Anda akan memiliki orang-orang didalam tim yang memiliki prestasi signifikan (seseorang yang dianggap penting atau berarti karena dapat memberikan pengaruh atau dampak, dan tidak bisa lepas dari suatu persoalan). Mereka mungkin mendapatkan gelar lain, mendapatkan sertifikasi, atau pindah ke posisi baru. Salah satu pujian terbesar yang dapat Anda terima sebagai leader adalah meminta salah satu karyawan Anda untuk pindah ke peluang yang lebih baik. Berbanggalah, jangan cemburu. Kesampingkanlah ego yang Anda miliki. Ketahuilah bahwa setiap orang berhak menerima sesuatu yang baik atas kerja kerasnya, bahkan sekalipun itu harus melebihi Anda. Ikutlah bangga dengan hal tersebut. 

  1. Berdayakan orang-orang Anda. 

Semua orang ingin dipercaya untuk membuat keputusan. Berdayakan karyawan Anda untuk membuat keputusan tertentu. Jangan mengubahnya. Berikan mereka kesempatan untuk tampil. Jangan mengabaikan kemampuan mereka dan melakukannya sendiri. Apakah Anda akan memiliki presentasi besar di waktu mendatang dengan tim eksekutif Anda? Izinkan salah satu dari tim yang memiliki kinerja terbaik untuk memberikan presentasi sebagai gantinya. Pemberdayaan akan membuat mereka tampil percaya diri dan membantu mereka berjuang untuk tujuan yang lebih besar dari kehidupan.

Kesimpulan

Leadership adalah hadiah dan hak istimewa. Tidak semua orang dapat menjadi seorang leader yang benar-benar baik. Dan leadership adalah hasil dari setiap usaha keras yang Anda lakukan dalam mengubah diri Anda menjadi orang yang lebih baik setiap harinya. Anda dapat menghancurkan tim jika Anda gagal menilai mereka. Semua orang di tim pantas dihargai. Tiap-tiap anggota tim memiliki bagian penting untuk menjaga mesin perusahaan Anda berjalan. Sebagai leader, Anda mengedepankan kebutuhan dan minat orang-orang dalam tim di atas kebutuhan Anda. Ini yang akan membuat Anda menjadi pemimpin yang lebih sukses. Pastinya, Anda akan jauh lebih dihargai.

 

Penulis : Adinata

Tags Artikel :

#Akuntansi Dagang

Artikel Terkait Lainnya

# Wirausaha

# Bisnis

Semangat Baru Untuk Meningkatkan Inovasi Wirausaha, Perusahan & Bisnis UKM

Salah satu tujuan utama dari inovasi adalah melakukan atau menciptakan sesuatu yang berbeda dari para kompetitor di bidang sama.

Baca Selengkapnya

Admin

# Bisnis

# Wirausaha

Strategi Smart Bisnis Usaha UKM dan Perusahaan

Strategi Bisnis adalah suatu cara yang digunakan perusahaan untuk menghadapi persaingan di dalam dunia bisnisT bertujuan untuk, analisa, integrasi, dan implementasi.

Baca Selengkapnya

Admin

# Marketing

# Wirausaha

# Bisnis

Membangun Team Work Bisnis UKM dan Perusahaan Yang Solid

Team Work adalah kemampuan individu dalam melakukan kerjasama dengan baik untuk mencapai tujuan bersama di dalam tim yang saling percaya dan mendukung serta bertanggung jawab.

Baca Selengkapnya

Admin

# Wirausaha

Membangun Motivasi Diri Untuk Bisnis UKM dan Perusahaan

Motivasi adalah sesuatu alasan yang mendorong seseorang untuk melakukan, menyelesaikan, menghentikan suatu aktivitas guna mencapai tujuan tertentu yang diinginkan dari motivasi tersebut.

Baca Selengkapnya

Admin

# Wirausaha

# Bisnis

# Keuangan

Cara Stock Opname Persediaan Degan Mudah

Stock opname adalah salah satu bentuk kegiatan perhitungan persediaan stok barang di gudang sebelum dijual dan juga dapat merapikan persediaan barang digudang.

Baca Selengkapnya

Admin

# Wirausaha

Cara Smat Menulis Untuk Memperluas Pertemanan, Kosakata, dan Menambah Pergaulan

Istilah menulis adalah pengarang, penggubah, prosais, pujangga, sastrawan yang mampu menciptakan karya tulis.

Baca Selengkapnya

Admin