Strategi Smart Usaha Mencapai Keuntungan Sesuai Harapan

Menjalankan sebuah bisnis, menyusun strategi bisnis itu hal penting yang diperlukan serta dilakukan sejak awal. Strategi bisnis adalah upaya perusahaan dalam mengambil kebijakan dan pedoman yang memiliki komitmen dan tindakan yang terintegrasi serta dirancang untuk membangun keunggulan dalam persaingan bisnis untuk memenuhi dan mencapai tujuan bisnis. Dengan adanya strategi bisnis, perusahaan mampu menentukan arah dan juga tujuan perusahaan dengan menentukan dari segi pasar, pesaingan, pelanggan dan lainnya. Untuk mencapai keuntungan bisnis yang maksimal.

Strategi yang dapat dipersiapkan yaitu ;

  1. Perhatikan Kualitas

Semakin banyak bisnis baru yang bermunculan dengan produk beraneka ragam. Namun, bisnis yang benar-benar memperhatikan kualitas dapat dibilang hanya sedikit. Kualitas dalam bisnis adalah hal penting yang perlu ditingkatkan untuk menarik banyak konsumen. Perhatian kualitas dari beberapa unsur yang Anda jual dalam bisnis tersebut. Mulai dari Kualitas, Kemasan, Kualitas rasa, (jika menjual produk makan), kualitas isi produk. Kualitas bahan baku hingga kualitas layanan yang terbaik. Kualitas yang lebih baik dari pesaing tentu akan membuat bisnis Anda lebih maju dan dapat di percaya oleh konsumen.

  1. Kenali Target Pasar

Sebelum menjual sebuah produk secara professional, dengan menjadi pemakai produk yang Anda jual, maka Anda dapat mengetahui siapa target pasar Anda dan apa yang mereka inginkan dari produk yang Anda jual tersebut agar di terima oleh konsumen. Hal ini akan membuat Anda lebih mengerti kebutuhan pasar dan apa yang diinginkan pembeli atau penggunga dari bisnis Anda.

  1. Kreativitas dan Invosi

Peluang untuk berinovasi merupakan salah satu hal yang kita inginkan dalam kehidupan kerja kita sehari-hari. Namun seringkali, kita merasa bahwa kita tidak bisa menjadi lebih kreatif di tempat kerja karena faktor-faktor di luar kendali. Entah itu karena perusahaan yang enggan mengambil risiko dan suka bermain aman, mungkin karena target yang sangat agresif, atau mungkin banyaknya daftar pekerjaan yang harus dilakukan sehingga rasanya mustahil untuk menambahkan sesuatu yang baru.

Merupakan modal penting dalam menjalankan bisnis. Karena itu, setiap pengusaha atau pelaku bisnis harus membekali diri dengan ilmu pengetahuan dan wacana lainnya sebagai sumper inspirasi. Inovasi dan inovatif adalah dua hal yang selalu dikaitkan bersama-sama. Pengertian inovatif menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI) adalah mengenalkan suatu yang bersifat baru. Lalu, apa yang di maksud dengan inovasi? Menurut KBBI, inovasi adalah pemasukan atau pengenalan hal-hal yang baru atau pembaharuan. Pengertian dari inovasi lainnya adalah usaha yang dilakukan oleh seseorang dengan menggunakan pemikiran, kemampuan imajinasi, berbagai stimulant, dan individu yang mengelilinginya. Tujuannya adalah menghasilkan produk baru, baik bagi dirinya sendiri maupun lingkungannya. Seseorang yang berhasil melakukan sebuah inovasi adalah seseorang yang inovatif. Secara tidak langsung, manfaat inovatif adalah membawa seluatu hal yang baru yang dapat memudahkan kehidupan manusia dan membawa manusia ke dalam kondisi kehidupan yang lebih baik.

  1. Promosi Efektif

Melakukan promosi yang efektif kepada calon konsumen merupakan strategi yang wajib dilakukan oleh pebisnis. Melakukan promosi sangatlah mudah. Anda dapat menggunakan sosial media atau mendia online lainnya untuk memperkenalkan produk dan melakukan promosi pada banyak orang yang lebih spesifik dan menyukai produk ANda. Saat melakukan promosi, sebaiknya gunakan visual yang berkualitas, serta informasi yang detail untuk menjelaskan tentang produk yang Anda jual. Lakukan promosi secara berkala, dengan begitu calon konsumen akan lebih mudah terjaring.

  1. Manfaatkan Teknologi

Di zaman Teknologi ini Anda harus memanfaatkan keunggulan aplikasi untuk menganalisa bisnis agar dapat memotong biaya produksi yang harus di keluarkan. Contohnya jiga sebuah pekerjaan dapat dilakukan dengan teknilogi mesin maupun robot, maka otomatis biaya operasional karyawan juga dapat dikurangkan. Terlebih jika bisnis digital, Anda dapat menjalankan bisnis secara otomatis dengan memanfaatkan platform yang ada.

  1. Manajemen Bisnis

Manajemen merupakan hal yang tidak kalah penting dalam menjalankan suatu bisnis. Salah satu hal penting yang berkaitan dengan manajemen ini adalah manajemen keuangan. Ingat, keuangan merupakan nyawa dari setiap bisnis yang Anda jalankan. Salah satu manajemen keuangan yang penting untuk dilakukan adalah melakukan proses akutansi secara tepat dan akurat. Selain itu mengandalkan teknologi dalam proses akuntasi juga salah satu strategi untuk mendapatkan keuntungan maksimal pada bisnis.

Kesimpulan

Dari semua persiapan strategi di atas adalah dorongan agar bisnis Anda dapat mendapatkan hasil serta pendapatan yang lebih baik dari pada sebelumnya karnea semua usaha akan terlihat menghasilkan sesuatu sesuai dengan tingakat usaha Anda bangun sendiri.

Penulis : Adinata

Tags Artikel :

#Akuntansi Jasa

Artikel Terkait Lainnya

# Keuangan

# Bisnis

# Wirausaha

Akuntansi Smart Bisnis UKM dan Perusahaan

Akuntansi adalah merupakan kegiatan mencatat, meringkas, mengklarifikasi, mengolah, dan menyajikan data transaksi.

Baca Selengkapnya

Admin

# Keuangan

# Wirausaha

# Bisnis

Standar Akuntansi Keuangan di Indonesia

Fungsi Standar Akuntansi Keuangan adalah untuk keseragaman laporan keuangan untuk menyusun laporan keuangan serta auditor dan pembaca laporan.

Baca Selengkapnya

Admin

# Keuangan

# Bisnis

# Wirausaha

Mau Profit UKM ? Cara Smart Menghitung Profit UKM dan Perusahaan

Anda mungkin akan berpikir bahwa bisnis baik-baik saja dengan pendapatan yang terus mengalir setiap hari. Tetapi tanpa memperhitungkan faktor lain seperti biaya overhead, kartu kredit, tanggungan pinjaman, dll, maka profitabilitas tidak akan bisa diukur.

Baca Selengkapnya

Admin

# Keuangan

# Bisnis

Cara Smart Mendapat Keuntungan, Laba atau Profit untuk Bisnis UKM

Keuntungan adalah hasil penjualan suatu barang/jasa yang didapat melebihi modal. sehingga perusahaan dapat memperoleh laba.

Baca Selengkapnya

Admin

# Keuangan

# Bisnis

Cara Meningkatkan Keuntungan (Laba) dan Profit Perusahaan dalam Bisnis UKM

Profit selalu menjadi tolak ukur bagi pemilik usaha atau perusahaan apakah usaha atau perusahaan yang dijalankan mengalami kerugian atau malah sebaliknya. Untuk itu mengetahui rumus-rumus penghitungan profit memang sangat perlu.

Baca Selengkapnya

Admin

# Keuangan

Cara Smart Membuat Laporan Laba Rugi Untuk UKM dan Perusahaan di bidang Produk or Jasa

Jika pendapatan lebih besar dari pada beban biaya, selisihnya disebut laba bersih (net income atau net profit). Jika beban biaya melebihi pendapatan, selisihnya disebut rugi bersih (net loss).

Baca Selengkapnya

Admin