Akuntansi Smart Bisnis UKM dan Perusahaan

AKUNTANSI

Seiring dengan berkembangnya teknologi dan dunia bisnis, maka kebutuhan akan tenaga professional akuntan yang juga memiliki kompetensi dalam pengembangan bisnis juga meningkat. Hal ini merupakan upgrade dari akuntansi konvensional. Menjadi seorang akuntan tidak hanya mampu mengolah dan mengelolah informasi keuangan saja, tetapi juga dapat berkontribusi dalam kegiatan strategi organisasi atau perusahaan. Peran seorang akuntan lebih luas hingga pada perencanaan strategi untuk meningkatkan profit dan kualitas. Berikut penjelasan tentang akutansi Bisnis di Indonesia.

Pengertian Akuntansi


Secara umum Akuntansi adalah merupakan kegiatan mencatat, meringkas, mengklarifikasi, mengolah, dan menyajikan data transaksi.

Bukan hanya itu, Akuntansi juga mencatat semua aktivitas terkait dengen keuangan. Kegiatan akuntansi adalah suatu kegitan jasa yang fungsinya menyediakan informasi. Informasi ini dalam bentuk kuantitatif, terutama yang bersifat keuangan.

Terdapat perbedaan antara Akuntansi Bisnis dan Akuntansi Pemerintah diantara lain yaitu :

1.Akuntansi Bisnis

Akuntansi bisnis adalah perpaduan antara bisnis dan akuntansi. Merupakan upgrade dari akuntansi konvensional. Tidak hanya mampu mengolah dan mengelola informasi keuangan, tapi juga dapat berkontribusi dalam kegiatan strategis organisasi atau perusahaan.

2. Akuntansi Pemerintah

Akuntansi pemerintah adalah merupakan jenis akuntansi yang dilaksanakan oleh organisasi pemerintah. Standar Akuntansi Pemerintahan (SAP) adalah prinsip-prinsip akuntansi yang diterapkan dalam menyusun dan menyajikan Laporan Keuangan Pemerintah yang terdiri atas Laporan Keuangan Pemerintah Pusat (LKPP) dan Laporan Keuangan Permerintah Daerah (LKPD).

Perbedaan antara akutansi  bisnis dan akuntansi pemerintah dapat dilihat dari Perbedaannya Nilai uang di sisi kiri (Debit) dan sisi kanan (Kredit) harus seimbang setiap dilakukan pencatatan (penjurnalan). Dalam hal ini, tidak ada perbedaan antara akuntansi bisnis dan pemerintahan. Dalam bisnis tidak digunakan istilah ekuitas dana, tetapi modal pemilik (owner's equity).

Tujuan Akuntansi 


Ada beberapa tujuan akutansi di buat, di antaranya :

1. Akuntansi secara umum

Tujuan Akuntansi secara umum untuk memberikan informasi mengenai keuangan, baik aktiva maupun passiva perusahaan.

Selain itu menyediakan informasi mengenai perubahan pada sumber ekonomi perusahaan. Akuntansi mampu memberikan informasi mengenai perubahan pada sumber ekonomi perusahaan, baik itu asset, utang, serta modal.

2. Akuntansi secara khusus

Tujuan akutansi adalah menyediakan informasi dalam bentuk laporan mengenai posisi keuangan, hasil usaha, dan perubahan posisi keuangan sesuai Generally Accepted Accountung Principles (GAAP).

3. Akuntansi secara kualitatif

Tujuan Akuntansi secara kualitatif adalah untuk memberikan informasi secara relevan, menyampaikan informasi yang telah teruji kebenarannya, dan menyampaikan laporan keuangan untuk kepentingan semua pihak yang terkait dengan aktivitas perusahaan.

Bidang Akuntansi


Ada beberapa bidang akuntansi yang harus Anda pahami untuk lebih mengerti tentang akuntansi yaitu :

1. Akuntansi keuangan

Bidang akuntansi yang menyangkut pencatatan transaksi keuangan perusahaan secara berkala sebagai sumber informasi untuk manajemen, pemilik perusahaan, dan kreditor.

2. Pemeriksaan akuntansi

Akuntansi yang menyangkut pemeriksaan laporan keuangan, apakah laporan yang dibuat jujur dan benar atau tidak.

3. Akuntansi perpajakan

Akuntansi yang menyangkut pelaporan pajak dari keuangan perusahaan. Akuntansi perpajakan penting sebagai pertimbangan terkait konsekuensi dari transaksi perusahaan.

4. Akuntansi biaya

Akuntansi digunakan untuk mengendalikan budget dan anggaran perusahaan.

5. Akuntansi budget

Akuntansi digunakan untuk membuat anggaran perusahaan tentang rencana penggunaan uang dalam periode tertentu.

Fungsi Akuntansi


Berikut beberapa fungsi dari akuntansi yaitu:

1. Rekaman laporan

Akuntansi menjadi sebuah rekaman laporan yang mencatat atau merekam transaksi secara sistemasis dan kronologis.

2. Menjaga dan melindungi property

Akuntansi untuk menghitung jumlah realitas dari penyusutan asset yang dimiliki secara real.

3. Meeting legal

Akuntansi berfungsi untuk merancang dan mengembangkan system seperti menjaga catatan dan pelaporan hasil yang nantinya akan selalu memenuhi persyaratan hukum.

4. Klasifikasi

Akuntansi sebagai klasifikasi yang berhubungan dengan analisis secara tersistematis dari data yang sudah tercatat.

5. Meringkas

Penyajian data rahasia dengan cara yang dimengerti dan berguna untuk internal maupun eksternal dari laporan akuntansi. Proses ini fokus pada pelapor neraca saldo, laporan laba rugi, dan neraca.

Setelah Anda mengetahui singkat pengertian, fungsi, dan manfaat dari Akuntansi sebaiknya Anda juga harus memahami ilmu Akutansi untuk jadi pengusaha.

Pengusaha Wajib Memahami Ilmu Akuntansi – Karena Dalam menjalankan usaha or bisnis, Anda banyak melakukan perhitungan. Mulai dari modal usaha, produksi, hingga distribusi dan penjualan lainnya. Semua itu memerlukan perhitungan yang akurat. Supaya Anda dapat mengelola keuangan dalam bisnis di perusahaan Anda. Para pengusaha wajib mengetahui dan memahami dasar ilmu akuntansi dalam menjalankan bisnis sebagai berikut :

1. Sebagai Perencana Anggaran

Mengapa pengusaha wajib untuk mengetahui dan memahami ilmu akuntansi? Karena akuntansi akan membantu Anda dalam merencanakan anggaran. Berbagai anggaran harian, mingguan, bulanan hingga tahunan, pastinya harus direncanakan dengan baik. Misalny, Anda akan memulai proses produksi, dengan membuat anggaran terlebih dulu, maka Anda akan mengetahui dengan tepat berapa uang yang harus dikeluarkan untuk menggaji karyawan, bahan baku dan kebutuhan operasional.

2. Sebagai Perencana Laba Rugi

Laba rugi merupakan suatu aktifitas akhir dari ilmu akuntansi yang wajib diketahui, dimana selama jangka waktu satu tahun harus ada laporan keuangan laba rugi dari usaha yang dijalankan. Dengan laporan ini, anda juga dapat mengidentifikasi rencana penjualan. Jika ada masalah dalam keuangan, maka titik masalahnya mudah ditemukan dalam laporan laba rugi tersebut.

3. Sebagai System Pembukuan

System pembukuan ini maksudnya adalah supaya Anda dapat melihat transaksi dari arus kas masuk maupun kas keluar. Karena dari sana akan dapat mengetahu kelancaran proses kegiatan bisnis, perusahaan anda.

4. Sebagai Alat kontrol

Sebagai alat kontrol karena berperan sebagai kegiatan pembukuan hingga lapran keuangan. Dengan begitu Anda bisa mengambil keputusan jika memang hasil dari usaha Anda tidak sesuai dengan tujuan awal dan bisa mengembangkan bisnis dengan lebih baik lagi.

5. Mengelola Arus Kas

Dalam menjalankan bisnis atau usaha, arus kas memiliki tujuan untuk mengetahui berapa pengeluaran dan pemasukan yang didapatkan dalam priode tertentu. Jika arus kas untuk pengeluaran lebih banyak, maka Anda harus bisa mengendalikannya. Dengan adanya arus kas, Anda juga bisa mengetahui apakah bisnis yang Anda jalankan sudah meningkat atau hanya jalan ditempat.

Kesimpulan

Sebagai pengusaha terkadang kita memiliki fokus yang terbagi-bagi, terlebih jika usaha tersebut baru saja dijalankan. Mempelajari dan memahami ilmu akuntansi sangatlah penting agar  Anda tidak kesulitan. Di zaman sekarang kesulitan sudah bisa diatasi dengan aplikasi Novalio dimana, Novalio dapat membantu Anda melihat secara langsung bagai mana proses arus kas masuk dan arus kas keluar serta memudahkan anda untuk membuat laporan, neraca, dll.

Pembahasan Selanjutnya 👉Cara Membuat Jurnal Beserta Menyusun Transaksi «

Penulis : Rudi

Tags Artikel :

#Akuntansi Jasa

#Akuntansi Dagang

#Akuntansi Keuangan

#Akuntansi Usaha Jasa

#Akuntansi Usaha Dagang

#Akuntansi Management

#Transaksi

#Analisis

#Analisis Transaksi

#Analisis Biaya

#Jurnal

#Jurnal Umum

#Jurnal Umum Perusahaan Jasa

#Jurnal Umum Perusahaan Dagang

#Jurnal Khusus

#Jurnal Khusus Perusahaan Jasa

#Jurnal Khusus Perusahaan Dagang

#Jurnal Kas Keluar

#Jurnal Kas Masuk

#Jurnal Penjualan

#Jurnal Pembelian

#Buku Besar

#Buku Besar Pembantu Piutang

#Buku Besar Pembantu Utang

#Neraca Saldo

#Neraca Saldo Perusahaan Dagang

#Neraca Saldo Perusahaan Jasa

#Neraca Saldo Sebelum Disesuaikan

#Neraca Saldo Setelah Penyesuaian

#Neraca Saldo Penutup

#Jurnal Penyesuaian

#Jurnal Penyesuaian Perusahaan Jasa

#Jurnal Penyesuaian Perusahaan Dagang

#Kertas Kerja

#Kertas Kerja Perusahaan Jasa

#Kertas Kerja Perusahaan Dagang

#Neraca Lajur

#Neraca Lajur Perusahaan Jasa

#Neraca Lajur Perusahaan Dagang

#Work Sheet

#Work Sheet Perusahaan Jasa

#Work Sheet Perusahaan Dagang

#Laporan Keuangan

#Laporan Laba Rugi

#Laporan Perubahan Ekuitas

#Laporan Posisi Keuangan

#Laporan Neraca

#Laporan Arus Kas

#Jurnal Penutup

#Jurnal Penutup Perusahaan Jasa

#Jurnal Penutup Perusahaan Dagang

#Jurnal Pembalik

#Accounting

#Perorangan

#Perusahaan

#Perusahaan Jasa

#Perusahaan Dagang

#Menyusun atau Membuat

#UKM dan UMKM

#Laproan Perusahaan Jasa

#Laporan Perusahaan Dagang

#Biaya

#Beban

#Aktiva

#Pasiva

Artikel Terkait Lainnya

# Wirausaha

# Bisnis

# Keuangan

Cara Stock Opname Persediaan Degan Mudah

Stock opname adalah salah satu bentuk kegiatan perhitungan persediaan stok barang di gudang sebelum dijual dan juga dapat merapikan persediaan barang digudang.

Baca Selengkapnya

Admin

# Wirausaha

# Bisnis

Semangat Baru Untuk Meningkatkan Inovasi Wirausaha, Perusahan & Bisnis UKM

Salah satu tujuan utama dari inovasi adalah melakukan atau menciptakan sesuatu yang berbeda dari para kompetitor di bidang sama.

Baca Selengkapnya

Admin

# Bisnis

# Wirausaha

Strategi Smart Bisnis Usaha UKM dan Perusahaan

Strategi Bisnis adalah suatu cara yang digunakan perusahaan untuk menghadapi persaingan di dalam dunia bisnisT bertujuan untuk, analisa, integrasi, dan implementasi.

Baca Selengkapnya

Admin

# Marketing

# Wirausaha

# Bisnis

Membangun Team Work Bisnis UKM dan Perusahaan Yang Solid

Team Work adalah kemampuan individu dalam melakukan kerjasama dengan baik untuk mencapai tujuan bersama di dalam tim yang saling percaya dan mendukung serta bertanggung jawab.

Baca Selengkapnya

Admin

# Wirausaha

Membangun Motivasi Diri Untuk Bisnis UKM dan Perusahaan

Motivasi adalah sesuatu alasan yang mendorong seseorang untuk melakukan, menyelesaikan, menghentikan suatu aktivitas guna mencapai tujuan tertentu yang diinginkan dari motivasi tersebut.

Baca Selengkapnya

Admin

# Bisnis

# Marketing

# Wirausaha

Strategi Smart Usaha Mencapai Keuntungan Sesuai Harapan

Persiapan strategi adalah dorongan agar bisnis Anda dapat mendapatkan hasil serta pendapatan yang lebih baik dari pada sebelumnya.

Baca Selengkapnya

Admin