Semangat Baru Untuk Meningkatkan Inovasi Wirausaha, Perusahan & Bisnis UKM

Semangat Baru Untuk Meningkatkan Inovasi  Wirausaha, Perusahan & Bisnis UKM

 

Inovasi atau Reka baru (Innovation) dapat diartikan sebagai proses dan atau hasil pengembangan pemanfaatan mobilisasi pengetahuan, keterampilan (termasuk keterampilan teknologis) dan pengalaman untuk menciptakan atau memperbaiki produk (barang dan jasa), proses dan system yang baru, yang memberikan nilai yang berarti atau secara signifikan diartikan sebagai sesuatu yang penting dan tidak bisa lepas dari hal lain (terutama ekonomi dan social).

Setiap perusahaan dituntut untuk melakukan inovasi agar bisa mempertahankan maupun mengembangkan usaha. … Inovasi adalah penciptaan produk dan layanan baru yang bernilai bagi pelanggan dengan cara yang didukung oleh model bisnis yang berkelanjutan dan menguntungkan.

Inovasi menciptakan nilai baru dan / atau menangkap nilai dengan cara baru. Nilai adalah kata kuncinya , menekankan perbedaan antara inovasi dan penemuan. Definisinya sederhana , mudah diingat dan juga cukup baik untuk mencakup inovasi di semua rantai nilai Idealnya, inovasi membangun pasar baru.

” Inovasi adalah penciptaan, pengembangan, dan implementasi produk, proses, atau layanan baru, dengan tujuan meningkatkan efisiensi, efektivitas, atau keunggulan kompetitif.”

Contoh definisi lain tentang Inovasi ;

Inovasi (Reka baru) adalah ciptaan-ciptaan baru (dalam bentuk wujud ataupun tanwujud) yang memiliki nilai ekonomi yang berarti (signifikan ), yang umumnya dilakukan oleh perusahaan atau kadang-kadang oleh para individu.
Inovasi (Reka baru) adalah aplikasi komersial yang pertama kali dari suatu produk atau proses yang baru
Inovasi (Reka baru) merupakan suatu proses kreatif dan interaktif yang melibatkan kelembagaan pasar dan non-pasar
Inovasi (Reka baru) adalah transformasi pengetahuan kepada produk, proses dan jasa baru; tindakan menggunakan sesuatu yang baru
Inovasi (Reka baru) merupakan eksploitasi yang berhasil dari suatu gagasan baru (the successful exploitation of a new idea), atau dengan kata lain merupakan pemanfaatan/mobilisasi pengetahuan, keterampilan teknologis dan pengalaman untuk menciptakan produk, proses dan jasa baru;
Inovasi (Reka baru) adalah kegiatan penelitian, pengembangan, dan/atau perekayasaan yang bertujuan mengembangkan penerapan praktis nilai dan konteks ilmu pengetahuan yang baru, atau cara baru untuk menerapkan ilmu pengetahuan dan teknologi yang telah ada ke dalam produk atau proses produksi.

Inovasi merupakan bentuk perwujudan sesuatu yang baru atau membuat pembaruan terhadap sesuatu yang sudah ada Contoh inovasi yaitu penciptaan lampu, karena lampu menyelesaikan masalah ketiadaan sumber penerang di kala malam tiba.

Ada yang meraih kesuksesan karena produknya unik dan bermanfaat untuk banyak orang, menciptakan jasa atau layanan yang sangat dibutuhkan masyarakat, dan berbagai factor lainnya.

Dalam konteks bisnis, inovasi dapat berkaitan dengan memodifikasi model bisnis dan beradaptasi dengan perubahan untuk menciptakan produk atau layanan yang lebih baik. Bentuk inovasi dalam bisnis juga bermacam-macam. Tergantung pada tujuan apa yang ingin dicapai perusahaan. Bisa inovasi produk, system internal atau proses kerja, sehingga model bisnis.

Berikut tiga alas an tentang pentingya inovasi dalam bisnis ;

Mendorong pertumbuan bisnis. Setiap perusahaan mempunyai cara dan jalan tersendiri untuk tumbuh, mencapai tujuan serta kesuksesan. Misalnya, meskipun pertumbuhannya lebih lambat, ada perusahaan yang memilih menjalankan model bisnis yang telah dirancang sebelumnya secara bertahap. Ada pula yang mengambil langkah cepat dengan mengakusisi atau bergabung dengan bisnis lain, yang biasanya menghabiskan lebih banyak dana. Jika ingin mengembangkan skala bisnis dengan cepat dan luas, cara yang paling tepat adalah dengan melakukan inovasi pada model bisnis atau produk. Hal tersebut pun diakui oleh para pelaku bisnis.

Inovasi membuat bisnis tetap relevan. Dunia selalu mengalami perubahan setiap saat. Begitu juga dengan bisnis. Agar bisnis yang dimiliki tetap relevan, kemampuan beradaptasi mutlak diperlukan. Terlebih di tengah Disrupsi teknologi saat ini. Faktanya, hingga kini teknologi menjadikan salah satu faktor terbesar pendorong perubahan. Perkembangan teknologi pun telah menciptakan era baru inovasi di seluruh model bisnis dan industry. Kondisi tersebut membuat banyak bisnis-bisnis baru (startup) bermunculan dengan berbagai inovasi yang mendobrak industry. Bukan tidak mungkin, startup tersebut menjadi pesaing baru bagi perusahaan yang sudah lebih dulu eksis. Untuk itu, inovasi sangat diperlukan bagi semua perusahaan, baik persahaan besar maupun yang sedang merintis. Tujuannya, agar bisa bersaing dan tetap relevan dalam menghadapi lingkungan yang terusah berubah. Disrupsi adalah gangguan yang mengakibatkan industri tidak berjalan seperti biasanya karena bermunculannya kompetitor baru yang jauh lebih efisien dan efektif, serta penemuan teknologi baru yang mengubah peta bisnis.

Sebagai pembeda atau ciri khas perusahaan. Salah satu tujuan inovasi adalah melakukan atau menciptakan sesuatu yang berbeda dari para competitor di bidang sama. Jika ingin berinovasi pada produk, maka kembangkan produk itu hingga memiliki keunggulan atau spesifikasi khusus yang tidak ada dipasaran. Bisa juga dengan melakukan inovasi pada cara atau system kerja perusahaan. Inovasi ini tidak hanya dapat menghemat sumber daya perusahaan, tetapi juga membuat bisnis lebih unggul. Dengan begitu suatu persahaan bisa memiliki pembeda atau ciri khas tersendiri, baik dalam hal produk maupun identitas.

Adapun contoh sukses penerapan inovasi teknologi dalam bisnis adalah inovasi yang dilakukan Alibaba Group pada gelaran pesta belanja Daring (dalam Jaringan) pada 2018 lalu. Saat itu Alibaba meluncurkan setidaknya 10 produk inovasi untuk mendukung acara 11.11 Global Shopping Festival. Salah satu inovasinya, melengkapi fitur obrolan di website-nya dengan alat penerjemah berbasis teknologi kecerdasan buatan (AI) yang bisa menerjemahkan 21 bahasa. Teknologi ini mampu memfasilitasi dialog antara penjual dan pembeli selama festival berlansung.

Selain ketiga faktor di atas, perlu dihapami pula bahwa melakukan inovasi belum tentu cukup untuk mencapai kesuksesan. Lebih dari itu, perusahaan harus mampu membawa dan menerapkan inovasi tersebut ke dalam setiap bisnis dan kehidupan.

Manfaat Inovasi bagi Bisnis

Hampir dari kita semua sepakat bahwa inovasi secara umum akan membawa manfaat banyak bagi kehidupan manusia. Salah satunya adalah mempermudah urusan dan pekerjaan manusia. Namun, bagaimana dengan manfaat inovasi bagi bisnis?

 Tentunya para pebisnis dan pengusaha akan selalu berusaha untuk mencari cara-cara baru dalam meningkatkan bisnis mereka. Mereka harus menemukan cara baru untuk menyelesaikan masalah, meningkatkan produktivitas karyawan, dan menyaingi para kompetitor dengan sangat baik. 

Solusi terbaik untuk menyelesaikan semua masalah tersebut adalah mendorong kreativitas yang kita miliki dan berusaha mewujudkan inovasi-inovasi baru. Singkatnya, tanpa kedua hal tersebut kita akan selalu terjebak dengan metode lama yang tidak akan menghasilkan inovasi apapun. 

Pada artikel kali ini, selain membahas tentang pengertian inovasi, kita juga akan membahas tentang beberapa manfaat inovasi, tujuan inovasi, serta 5 mitos yang sering melekat pada inovasi. Menurut website all business dot com, ada 4 manfaat inovasi paling utama yang pasti akan dirasakan oleh setiap bisnis, jika mereka terus mendorong diri untuk berinovasi. Yuk, simak penjelasannya berikut ini.

1. Inovasi dapat Memecahkan Permasalahan yang Terlihat Tidak Mungkin untuk Diselesaikan.

Kebanyakan bisnis selalu berputar-putar dalam putaran yang sama. Maksudnya, ketika suatu permasalahan besar datang, mereka hanya berusaha untuk menggunakan solusi lama yang dulunya sudah pernah dicoba. Padahal, jelas bahwa semua solusi lama tersebut tidak memberikan hasil yang efektif. Sehingga, semua usaha sebenarnya hanya akan sia-sia saja.

Jadi, apabila bisnis kita memiliki masalah yang sepertinya tidak pernah hilang karena sangat sulit untuk diselesaikan, mungkin salah satu penyebab utamanya adalah kita selalu mengandalkan solusi lama yang tidak efektif. Solusi ampuhnya adalah kita perlu mendorong diri dan seluruh anggota tim untuk berpikir kreatif dan membangun inovasi baru dalam menyelesaikan masalah yang ada. Solusi yang inovatif akan menyelesaikan permasalahan bisnis yang sangat rumit.

2. Inovasi dapat Meningkatkan Produktivitas Diri dan Karyawan di Tempat Kerja.

Hebatnya lagi, inovasi bisa membantu kita dalam meningkatkan produktivitas diri dan karyawan di tempat kerja. Misalnya, ketika kita melakukan observasi selama beberapa kali, kita menemukan banyak karyawan yang tidak bersemangat dalam menyelesaikan pekerjaan mereka. Mereka suka mengundur-undur pekerjaan dan seringkali lewat dari tenggat waktu. Jika memang ini yang terjadi pada diri sendiri atau karyawan di kantor, maka inovasi dapat menjadi solusi yang terbaik. Coba gunakan ide-ide kreativitas kita untuk memikirkan hal-hal apa saja yang sebenarnya dapat disederhanakan, misalnya kebijakan kantor yang terlalu mengikat dan menyusahkan karyawan membuat mereka menjadi merasa semakin tertekan.

Kira-kita bagian kebijakan mana yang bisa kita sederhanakan? Atau mungkin ruangan kerja terlihat sangat gelap dan membosankan, lantas inovasi apa yang bisa kita lakukan untuk menyulap ruangan kerja menjadi lebih menarik dan menyenangkan? Jangan remehkan suatu inovasi ya, karena inovasi yang kuat di dalam perusahaan akan membuat para karyawannya menjadi lebih “hidup” kembali.

3. Inovasi dapat Menampilkan Kualitas-Kualitas yang Unik.

Kami yakin hampir semua pebisnis setuju bahwa bisnis mereka bisa menjadi lebih “menonjol” daripada kompetitor lainnya karena kualitas unik yang berhasil mereka ciptakan, sehingga dapat membedakan bisnis mereka dengan para kompetitor. Konsumen memang suka segala sesuatu yang berbeda, unik, namun kualitasnya tidak lebih rendah dari produk-produk sebelumnya. Dengan kualitas yang unik, bisnis kita akan semakin spesifik dan mengerucut. Sehingga, kita memiliki target pelanggan khusus untuk bisnis kita sendiri.

Kita tidak perlu khawatir jika kompetitor akan berusaha untuk menarik perhatian pelanggan kita, karena pelanggan kita tahu keunikan dan kepuasan yang mereka mau hanya bisa didapatkan dari bisnis kita.

4. Inovasi dapat Membantu Bisnis Kita Mengalahkan Para Pesaing Bisnis yang Tangguh.

Ketika kita adalah seorang pemikir inovatif dalam bisnis, maka secara otomatis kita dapat mengalahkan para pesaing terberat kita dalam bisnis. Kita akan lebih lihai dalam mencari cara untuk merancang produk-produk baru, terhubung dan meningkatkan customer service dengan kualitas yang dapat diandalkan, mempromosikan bisnis kita secara efektif, meningkatkan penjualan, mengembangkan strategi periklanan produk, dan lain sebagainya.

Tujuan Inovasi yang Perlu Kita Ketahui

Sekarang kita sudah mengenal dan memahami manfaat apa saja yang bisa diberikan oleh inovasi dalam bisnis kita. Lantas, apa yang sebenarnya menjadi tujuan inovasi? Tujuan inovasi adalah tujuan untuk memperbaiki berbagai hal yang sebelumnya sudah ada. Kebanyakan inovasi yang telah tercipta pastinya membutuhkan eksperimen, pengambilan risiko yang besar, dan kreativitas yang tinggi. Oleh karena itu untuk meraih tujuan inovasi, kita akan melibatkan banyak ketidakpastian demi bisa mendapatkan perbaikan yang tepat dan cepat. Yuk, sekarang kita simak 13 tujuan inovasi berikut ini.

1. Menghemat Waktu

Inovasi membuat waktu seakan-akan mudah untuk kita kendalikan. Inovasi bertujuan untuk membantu manusia agar kita dapat menggunakan waktu secara lebih efektif dan efisien. Misalnya, produsen alat-alat masak berhasil menciptakan oven atau alat pemanggang yang dapat membantu makanan kita matang dalam waktu 10 menit. Padahal sebelumnya, kita perlu waktu 30 menit untuk melakukannya. Dengan begini, kita sudah menggunakan waktu dengan sangat efektif.

2. Meningkatkan Produktivitas

Inovasi bertujuan untuk meningkatkan produktivitas, karena dengan menerapkan inovasi kita bisa mengerjakan banyak hal atau menghasilkan output dalam waktu yang singkat. Misalnya, dengan hadirnya mesin fotocopy, kita tidak perlu menyalin catatan berlembar-lembar, kita hanya perlu meletakkannya di mesin fotocopy dan menggandakannya dengan jumlah yang banyak.

3. Meningkatkan Efisiensi

Tentu saja, inovasi juga membantu kita untuk lebih efisien dalam bekerja. Efisien yang tinggi akan semakin memperbanyak output yang kita hasilkan, namun tanpa ongkos atau biaya yang berlebihan.

4. Memperbaiki dan Meningkatkan Kualitas Produk atau Layanan Jasa

Kehidupan bisnis akan terus berubah seiring berjalannya waktu. Dalam hal ini, inovasi bertujuan untuk membantu manusia dalam terus meningkatkan kualitas produk dan layanan jasa agar sesuai dengan kebutuhan zaman.

5. Menciptakan Kenyamanan

Inovasi bertujuan untuk membuat segalanya menjadi lebih mudah bagi pelanggan. Sebagai contoh, untuk membuat passport, kita tidak perlu datang mengantri pagi-pagi di depan kantor imigrasi, namun inovasi telah membantu kita untuk menciptakan suatu software yang memudahkan publik dalam mengisi formulir dan mendapat nomor antrian melalui internet.

6. Memenuhi Kebutuhan Pelanggan

Kebutuhan manusia memang tidak terbatas, namun inovasi akan membantu kita dalam memenuhi kebutuhan manusia secara perlahan-lahan, namun pasti. Misalnya, para ahli berusaha untuk menemukan obat kanker yang ampuh untuk para penderita kanker saat ini.

7. Pengalaman Pelanggan yang Memuaskan

Ketika pelanggan memiliki pengalaman yang memuaskan atau customer experience yang baik terhadap produk atau layanan jasa kita, maka mereka cenderung loyal dengan bisnis kita. Inovasi dapat mempermudah kita dalam menciptakan customer experience yang menyenangkan melalui perkembangan teknologi.

8. Mengurangi Risiko

Inovasi juga bertujuan untuk mengurangi risiko bisnis yang sebelumnya sering kita hadapi. Misalnya, risiko tabrakan yang sering terjadi ketika memarkir mobil. Inovasi membantu manusia untuk menciptakan alarm parkir yang berguna untuk menghindari kecelakaan atau risiko lain di tempat parkir.

9. Mempercepat Kinerja Diri dan Karyawan

Inovasi juga bertujuan untuk membantu percepatan kinerja kerja kita sehari-hari. Dengan inovasi, kita akan lebih cepat dalam menyelesaikan pekerjaan.

10. Mengembangkan Wawasan atau Pengetahuan yang Kita Miliki

Semakin berkembangnya inovasi, maka semakin berkembang ilmu pengetahuan yang kita miliki. Misalnya, dulu kita mungkin akan kesulitan untuk belajar bahasa asing. Namun, inovasi dalam perkembangan teknologi telah membantu kita untuk belajar secara online.

11. Bisnis Kita akan Semakin Kompetitif

Tidak dapat disangkal lagi bahwa dengan bantuan inovasi, maka bisnis kita akan semakin kompetitif dan hebat.

12. Menjamin Keberlanjutan Hidup di Masa Depan

Dengan adanya inovasi, manusia yang hidup di zaman sekarang dapat berusaha dan bekerja keras untuk menjamin keberlanjutan kehidupan anak cucu mereka di masa mendatang. Misalnya, inovasi membantu para peneliti untuk mencari pengganti bahan bakar yang dapat digunakan di masa depan.

13. Meningkatkan Kualitas Hidup

Tujuan inovasi yang terakhir dan tidak kalah penting adalah membuat kehidupan kita menjadi lebih baik seperti, membuat desain tata kota yang ramah lingkungan dimana kehidupan manusia dan alam akan lebih seimbang di masa depan.

Kesimpulan

Salah satu tujuan utama dari inovasi adalah melakukan atau menciptakan sesuatu yang berbeda dari para kompetitor di bidang sama. Bisa juga dengan melakukan inovasi pada cara atau sistem kerja perusahaan. Inovasi ini tidak hanya dapat menghemat sumber daya perusahaan, tetapi juga membuat bisnis lebih unggul.

Lebih banyak Anda MEMBACA , Lebih banyak hal yang Anda KETAHUI,Lebih banyak hal yang Anda PELAJARI, Lebih banyak Informasi yang ada DAPATI.

Demikian uraian singkat mengenai apa yang dimaksud dengan Semangat Baru Untuk Meningkatkan Inovasi  Wirausaha, Perusahan & Bisnis UKM. Informasi di atas hanya secuil dari kegiatan Meningkatkan Inovasi dan Semangat yang sebenarnya. Semoga bermanfaat dan meningkatkan minat Anda untuk jadi lebih produktif.

Terima Kasih telah berkunjung, semoga apa yang anda simak di artikel ini dapat menambah wawasan dan juga pengetahuan yang lebih bermanfaat. 🙏”Terima Kasih“🙏

You might also like