Analisis Data Transaksi Keuangan Agar Profit Tetap Terjaga

DEFINISI ANALISIS TRANSAKSI

Untuk menganalisis dan mencatat transaksi keuangan, artikel ini menyajikan metode pencatatan yang lebih praktis dan efisien yang dipakai oleh banyak usaha ukm dan perusahaan. Selain itu artikel ini juga membahas mengenai kemungkinan kesalahan akuntansi yang bisa erjadi, bersama dengan metode mendeteksi dan memperbaiki kesalahan dengan baik.

Manakah penulisan kata yang benar antara analisa dan analisis? Kata analisa adalah bentuk tidak baku dari kata analisis sehingga penulisan yang benar adalah analisis. Penulisan kata yang benar disebut juga dengan kata baku yaitu kata yang penulisannya sesuai dengan Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI).

PENGERTIAN ANISIS

Pengertian analisis adalah proses atau aktifitas yang terdiri dari kegiatan seperti, mengurai, membedakan, memilah sesuatu untuk dikelompokkan kembali menurut kriteria tertentu dan kemudian dicari kaitannya lalu ditafsirkan.

Analisis data adalah suatu proses atau upaya mengolah data menjadi informasi baru. Proses ini diperlukan agar karakteristik data menjadi lebih mudah dimengerti dan berguna sebagai solusi bagi suatu permasalahan, khususnya yang berkaitan dengan penelitian.

Untuk menganalisis dan mencatat transaksi keuangan, artikel ini menyajikan metode pencatatan yang lebih praktis dan efisien yang dipakai oleh banyak usaha ukm dan perusahaan. Selain itu artikel ini juga membahas mengenai kemungkinan kesalahan akuntansi yang bisa erjadi, bersama dengan metode mendeteksi dan memperbaiki kesalahan dengan baik.

Menggunakan Akun untuk Mencatat Transaksi

Pada transaksi bulan desember dibawah untuk NOVALIO dicatat menggunakan persamaan akuntansi. Namun, bentuk ini tidak efisien atau tidak praktis untuk perusahaan yang harus mencatat dan merangkum ribuan jugaan transaksi setiap hari. Oleh karena itu, sistem akuntansi dirancang untuk menunjukkan Kenaikan dan penurunan setiap elemen persamaan akuntansi catatan sendiri. catatan ini disebut akun (account).

 

Sebagai Ilustrasi, Kolom Kas diatas mencatat kenaikan dan penurunan dalam kas. Sama halnya menunjukkan kenaikan dan penurunan dalam elemen persamaan akuntansi lainnya. Setiap kolom diatas dapat diatur ke dalam akun terpisah.

Suatu akun, dalam bentuk yang paling sederhana, memiliki tiga bagian.

» Setiap akun memiliki judul, yaitu nama pos yang dicatat dalam akun.

» Setiap akun memiliki tempat untuk mencatat jumlah kenaikan pos.

» Setiap akun memiliki tempat untuk mencatat jumlah penurunan pos.

Jumlah yang ditampilkan pada kolom di atas akan dicatat ke dalam akun kas sebagai contoh seperti berikut.

"Bentuk akun ini disebut dengan Akun T karena bentuknya mirip dengan huruf T. Sisi kiri akun disebut sisi DEBIT dan sisi kanan akun di sebut KREDIT"

Mencatat transaksi dalam akun harus mengikuti aturan tertentu. Sebagai contoh, kenaikan aset dicatat di sebelah debit (sisi kiri) dari sebuah akun. Sama halnya, penurunan aset dicatat di sebelah kredit (sisi kanan) dari sebuah akun. Selisih nilai debit suatu akun di atas kreditnya di sebut saldo akun

sebagai contoh, penerimaan (meningkatkan kas) Rp. 25.000.000 di transaksi (a) dimasukkan ke sisi debit (kiri) akun Kas seperti diatas. Huruf atau tanggal transaksi juga dicatat di akun. Hal ini perlu dilakukan suapaya jika ada pertanyaan yang muncul kemudian yang terkait dengan ayat jurnal, ayat jurnall ini dapat diurutkan sampai ke data transaksinya. Sebaliknya pembayaran (penurunan kas) Rp. 20.000.000 untuk membeli tanah di transaksi (b) dimasukkan ke sisi kredit (kanan) akun. Saldo akun kas Rp. 5.900.000 adalah selisih lebih dari jumlah debit dengan kredit sebagai berikut.


Catatan : "Jumlah yang dimasukkan ke sisi kiri suatu akun disebut debit, dan jumlah yang dimasukkan ke sisi kanan suatu akun disebut kredit"


Jumlah saldo akun kas dimasukkan dalam akun di kolom debit. dengan demikian saldo disebut sebagai sald debit. Saldo ini menunjukkan kas di tangan NOVALIO pada 30 Desember 2020. Saldo Rp. 5.900.000 kemudian dilaporkan di laporan posisi keuangan NOVALIO pada 30 Desember 2020 seperti contoh ilustrasi di atas.

Fungsi Analisis

Adapun fungsi dari analisis sendiri yaitu untuk mengumpulkan data-data yang terdapat pada suatu lingkungan tertentu. Yang mana dapat diterapkan diberbagai jenis lingkungan dan juga keadaan. Analisis akan lebih optimal dipergunakan dalam keadaan kritis serta juga untuk keadaan yang membutuhkan strategi. Karena analisis dapat mengetahui keadaan mengenai lingkungan secara mendetail.

Tujuan Analisis 

Sementara tujuan dari analisis yaitu untuk mengumpulkan data yang kemudian dapat digunakan untuk berbagai keperluan pelaku analisis. Biasanya akan digunakan dalam menyelesaikan krisis atau juga konflik, atau dapat saja hanya digunakan sebagai arsip. Analisis di dalam bidang pendidikan digunakan untuk melakukan sebuah penelitian dalam berbagai subjek keilmuan.


Lebih banyak Anda MEMBACA , Lebih banyak hal yang Anda KETAHUI,Lebih banyak hal yang Anda PELAJARI, Lebih banyak Informasi yang ada DAPATI.

Demikian uraian singkat mengenai apa yang dimaksud dengan Analisis Data Transaksi Keuangan Agar Profit Tetap Terjaga. Informasi di atas hanya secuil dari kegiatan Perusahaan Analisis Transaksi yang sebenarnya. Semoga bermanfaat dan meningkatkan minat Anda untuk jadi lebih produktif.

Terima Kasih telah berkunjung, semoga apa yang anda simak di artikel ini dapat menambah wawasan dan juga pengetahuan yang lebih bermanfaat. 🙏"Terima Kasih"🙏

 

Penulis : Rudi

Tags Artikel :

#Akuntansi Jasa

#Akuntansi Dagang

#Akuntansi Keuangan

#Akuntansi Management

#Transaksi

#Analisis

#Analisis Transaksi

#Analisis Biaya

#Jurnal Umum

Artikel Terkait Lainnya

# Wirausaha

# Bisnis

# Keuangan

Cara Stock Opname Persediaan Degan Mudah

Stock opname adalah salah satu bentuk kegiatan perhitungan persediaan stok barang di gudang sebelum dijual dan juga dapat merapikan persediaan barang digudang.

Baca Selengkapnya

Admin

# Wirausaha

# Bisnis

Semangat Baru Untuk Meningkatkan Inovasi Wirausaha, Perusahan & Bisnis UKM

Salah satu tujuan utama dari inovasi adalah melakukan atau menciptakan sesuatu yang berbeda dari para kompetitor di bidang sama.

Baca Selengkapnya

Admin

# Keuangan

# Bisnis

# Wirausaha

Akuntansi Smart Bisnis UKM dan Perusahaan

Akuntansi adalah merupakan kegiatan mencatat, meringkas, mengklarifikasi, mengolah, dan menyajikan data transaksi.

Baca Selengkapnya

Admin

# Bisnis

# Wirausaha

Strategi Smart Bisnis Usaha UKM dan Perusahaan

Strategi Bisnis adalah suatu cara yang digunakan perusahaan untuk menghadapi persaingan di dalam dunia bisnisT bertujuan untuk, analisa, integrasi, dan implementasi.

Baca Selengkapnya

Admin

# Marketing

# Wirausaha

# Bisnis

Membangun Team Work Bisnis UKM dan Perusahaan Yang Solid

Team Work adalah kemampuan individu dalam melakukan kerjasama dengan baik untuk mencapai tujuan bersama di dalam tim yang saling percaya dan mendukung serta bertanggung jawab.

Baca Selengkapnya

Admin

# Wirausaha

Membangun Motivasi Diri Untuk Bisnis UKM dan Perusahaan

Motivasi adalah sesuatu alasan yang mendorong seseorang untuk melakukan, menyelesaikan, menghentikan suatu aktivitas guna mencapai tujuan tertentu yang diinginkan dari motivasi tersebut.

Baca Selengkapnya

Admin