Pengertian Laporan Keuangan
Setelah Transaksi dicatat dan dirangkum, laporan kemudian disiapkan bagi para pengguna. Laporan akuntansi yang menyediakan ini disebut Laporan Keuangan (Financial Statements).
Laporan keuangan (Financial Statements) adalah catatan informasi keuangan suatu perusahaan pada suatu periode akuntansi yang dapat digunakan untuk menggambarkan kinerja perusahaan tersebut.Laporan keuangan adalah bagian dari proses pelaporan keuangan.
Laporan keuangan yang lengkap biasanya meliputi :
Laporan Laba rugi (income statemens)
Laporan Laba Rugi Adalah Ringkasan dari pendapatan dan beban untuk suatu periode waktu tertentu, seperti satu bulan atau satu satu tahun. Berikut contoh akun yang terlibat dalam laporan laba rugi sebagai berikut.
Fungsi Laporan Laba Rugi
Fungsi Laporan Laba Rugi adalah menunjukkan performance atau kinerja keuangan perusahaan. Seluruh pendapatan dan biaya atau beban disajikan dalam laporan ini. Informasi yang disajikan tersebut dapat juga digunakan untuk mengevaluasi kinerja perusahaan pada masa sebelumnya.
Manfaat Membuat Laporan Laba Rugi
Laporan Perubahan Ekuitas (statement of changes in equity)
Laporan Perubahan Ekuitas adalah Ringkasan perubahan dalam ekuitas pemilik yang terjadi selama periode waktu tertentu, seperti satu tahun. Berikut contoh akun yang terlibat dalam laporan Ekuitas (Modal) sebagai berikut.
Fungsi Laporan Perubahan Modal (Ekuitas)
Fungsi laporan perubahan modal (Ekuitas) perusahaan atau bisnis adalah untuk menyedikan data yang berisi tentang kenaikan atau penurunan kekayaan perusahaan atau bisnis pada periode tertentu yang hasilnya dapat di lihat dari laporan ini.
Manfaat Membuat
Laporan perubahan modal ini sangat bermanfaat bagi laporan keuangan karena:
Laporan Posisi Keuangan (Statement If Financial Potition)
Laporan Posisi Keuangan adalahDaftar asset, liabilitas dan ekuitas pemilik pada waktu tertentu, biasanya pada tanggal terakhir dari bulan atau tahunan tertelntu. Berikut contoh akun yang terlibat dalam laporan posisi keuangan sebagai berikut.
Fungsi Laporan Posisi Keuangan
Laporan posisi keuangan atau neraca adalah salah satu laporan keuangan yang memberikan informasi tentang posisi aktiva, kewajiban, dan modal yang disajikan pada akhir periode. Oleh karena itu neraca bisa membantu untuk memprediksi waktu, jumlah dan ketidakpastian arus kas di masa depan.
Manfaat Laporan Posisi Keuangan
Laporan Arus Kas (statement of cash flows) – Ringkasan dari penerimaan dan pembayaran kas untuk periode tertentu, seperti satu bulan atau satu tahun. Berikut contoh akun yang terlibat dalam laporan arus kas sebagai berikut.
Keterkaintan Laporan Keuangan
Keterkaitan Laporan Keuangan adalah Ringkasan yang telah disebutkan sebelumnya, laporan keuanga disisipkan dengan urutan laporan laba rugi, laporan perubahan ekuitas, laporan posisi keuangan. Berikut contoh akun yang terlibat dalam keterkaitan laporan keuangan sebagai berikut.
Semua laporan keuangan perlu diidentifikasi dengan nama perusahaan atau bisnis usaha, judul laporan keuangan, dan tanggal atau priodie waktu. Data yang disajikan dalam laporan laba rugi, dan laporan arus kas adalah untuk periode waktu tertentu. Keterkaitan laporan ini sangatlah penting untuk menganalisis laporan keuangan dan pengaruh transaksi dalam bisnis sebagai mana tambahan, keterkaitan ini dapat menjadi alat periksa apakah laporan keuangan telah dibuat dengann benar.