Brand Adalah Merk atau Brending Merupakan Identitas Perusahaan yang Membedakan Produk & Jasa pada Bisnis

DEFINISI BRANDING

     Kesuksesan berbisnis tentu diimpikan oleh banyak orang, terutama bagi mereka yang pernah jatuh bangun dan menghabiskan banyak modal untuk mencoba keberuntungan dalam bisnis. Meskipun untung dan rugi adalah risiko yang harus dijalani dalam dunia bisnis, namun tidak ada salahnya apabila sebelum memulai bisnis kita mempelajari apa saja faktor yang dapat membuat produk kita laku dan terkenal di pasaran. Brand atau Merek merupakan identitas bisnis yang membedakan produk maupun jasa yang dimiliki dengan produk kompetitor. Untuk itu keistimewaan brand menjadi peluang bagi pebisnis untuk mengungguli brand lawan. Salah satu keistimewaan brand adalah bilamana brand tersebut terkenal dan diingat konsumen.

Pengertian Branding     

     Branding merupakan nama, istilah, tanda, simbol, rancangan atau kombinasi dari semuanya yang dimaksudkan untuk mengidentifikasi barang atau jasa atau kelompok penjual dengan untuk membedakannya dari barang atau jasa pesaing.

Pengertian Branding Dalam Suatu Bisnis

Branding merupakan sebuah istilah, nama, simbol atau rancangan yang menggambarkan suatu jasa atau barang dan juga tempat usaha tersebut. Branding juga merupakan pembeda antara tempat usaha satu dengan yang lainnya.

Cara Branding yang Menarik dan Cepat Diingat Konsumen

1. Pilih nama brand yang singkat dan mudah diucapkan

     Cara branding paling penting yang dapat Anda persiapkan adalah memilih nama brand yang singkat dan mudah diucapkan. Menentukan nama brand bukanlah hal yang mudah, Anda dapat mengumpulkan dan menulis terlebih dahulu ide-ide nama brand yang Anda inginkan.

     Pastikan bahwa ide dari nama brand tersebut tidak lebih dari tiga konsonan/suku kata, artinya pilihlah nama yang tidak terlalu panjang. Nama yang singkat dan jelas akan lebih mudah diucapkan serta diingat oleh konsumen. Setelah Anda memiliki satu nama brand, pastikan orang lain tidak memakai nama brand yang sama dengan Anda melalui mesin pencari (search engine).

     Langkah terakhir untuk cara branding ini adalah dengan melegalkan nama brand Anda sebagai hak merek satu-satunya yang mana pemiliknya adalah Anda sendiri. Proses legalisasi ini dapat dilakukan pada Direktorat Jenderal Hak Kekayaan Intelektual (DJHKI). Lengkapi sejumlah dokumen sebagai syarat pengajuan hak merek yang harus dipenuhi. Hal ini adalah langkah hukum untuk menghindari copyright oleh pihak lain di kemudian hari.

2. Tentukan diferensiasi (ciri khas) produk

     Bila Anda menginginkan kesuksesan berbisnis, jadilah pebisnis yang berbeda dengan yang lain. Perbedaan ini maksudnya agar produk Anda memiliki ciri khas yang gampang diingat oleh konsumen. Bukan hanya sekedar perbedaan nama brand, namun rasa maupun kualitas dari produk yang Anda tawarkan. Cara branding ini terkesan mudah dilakukan, namun kenyataannya hal ini cukup sulit.

     Menentukan sentuhan yang berbeda dengan produk sejenis oleh brand kompetitor tentunya membutuhkan kreativitas dan ketelitian. Akan tetapi, diferensiasi/perbedaan antara produk Anda dengan produk kompetitor adalah keistimewaan yang akan diingat dan dicari oleh konsumen.

3. Brand dan Logo merupakan cerminan produk

     Desainlah logo yang memiliki makna/latar belakang serupa dengan jenis produk Anda. Dengan menyisipkan nama/singkatan brand pada logo akan menambah daya tarik dari produk Anda. Misalnya Anda memilih bisnis bakery/culinary, maka mendesain logo dan brand yang sesuai dengan dunia culinary.

4. Pasang iklan

     Iklan bisnis produk tidak melulu di baliho besar atau spanduk-spanduk yang ditempatkan di pinggir jalan, sebab butuh modal yang tidak sedikit untuk memasang iklan yang demikian. Zaman sekarang, pebisnis baik industri kecil sampai industri besar dapat menggunakan iklan digital yang jadi tren bisnis saat ini.

     Dengan memanfaatkan layanan iklan digital, Anda dapat meminimalisir biaya pemasaran. Iklan digital yang dapat Anda manfaatkan bisa melalui display ads, Search Engine Marketing (SEM), dan sejenisnya. Cara branding seperti ini dianggap lebih efektif bila dihubungkan dengan kebutuhan manusia menggunakan internet untuk berbagai jenis kebutuhan.

5. Ikut serta dalam pameran, bazaar, atau event lainnya

     Salah satu peluang untuk memperkenalkan produk Anda kepada khalayak ramai yakni dengan ikut serta event bisnis seperti pameran atau bazaar. Pilihlah stand atau lokasi yang strategis yang memungkinkan pengunjung untuk datang, melihat dan membeli produk Anda.

     Selain itu, usahakan mendekor stand Anda dengan ornamen yang menarik dan rapi, sehingga pengunjung ingin tahu tentang manfaat dan kelebihan produk Anda. Dengan demikian, produk Anda semakin dikenal dan diminati banyak orang.

6. Manfaatkan media sosial

     Media sosial adalah salah satu ruang yang tidak lepas dari kebanyakan orang di zaman milenial ini. Hampir setiap orang dari segala usia menggunakan media sosial untuk sekedar mengisi waktu luang maupun untuk kebutuhan pekerjaan.

     Momen seperti inilah yang harus dimaksimalkan oleh pebisnis yang merintis atau mengembangkan usahanya. Media sosial merupakan sarana paling cepat dan efektif untuk melakukan branding. Cara branding melalui media sosial dapat dengan memanfaatkan Facebook, Instagram, maupun jenis media sosial lainnya.

 Dalam Sebuah Bisnis apakah Harus Memiliki Brand/ Merek yang Kuat?

   Produk yang punya brand kuat menjadi daya tarik konsumen dan akan lebih mudah dipromosikan kepada masyarakat luas. Fungsi branding adalah Untuk membentuk citra sebuah merek sehingga membuat sebuah produk mudah diingat oleh orang lain.

     Citra merek sangat penting bagi kesuksesan pemasaran dan penjualan produk dan sumber keunggulan kompetitif. Jika perusahaan memiliki citra merek positif yang kuat, pelanggan akan loyal terhadap berbagai lini produk perusahaan. Mereka bersedia membeli tanpa keraguan. Dengan begitu, uang pelanggan terus mengalir ke perusahaan.

     Merek meningkatkan efisiensi pembeli. Dengan adanya nama/merek maka akan memudahkan pembeli menemukan produk yang dicari/diminati. Hal ini tentunya lebih efisien dan efektif. Membantu menarik perhatian konsumen atas suatu produk baru yang mungkin memberikan keuntungan bagi mereka.

Mengapa MEREK harus dipatenkan atau segera didaftarkan?

Karena Menjaga hak Eksklusifitas; mendaftarkan merek berarti upaya tepat dan efektif untuk memastikan eksklusivitas hukum atas penggunaan nama atau logo dan lain lain.

Ada beberapa poin yang perlu Anda ketahui, Merek digunakan untuk:
» Meningkatkan nilai jual aset perusahaan.
» Sebagai jaminan atas mutu produk atau jasa.
» Sebagai alat promosi, sehingga mempromosikan produk atau jasa
» Tanda pengenal untuk membedakan barang atau jasa yang dihasilkan oleh masing-masing pebisnis.

Tujuan Pemberian Merek

     Tujuan Pemberian Merek ini adalah untuk meyakinkan pihak konsumen membeli suatu barang dari merek dan perusahaan yang dikehendakinya,yang cocok dengan seleranya,keinginan dan juga kemampuannya. · Persahaan menjamin mutu barang,dengan adanya merek ini perusahaan menjamin mutu bahwa mutu barang tersebut berkualitas.

Brand Sukses itu Mudah Dikenali dan Tahan Lama

Berikut ini adalah cara brand sukses yang mudah dikenali dan tahan lama;

1. Pilih Partner Desain dengan Hati-Hati.
2. Sesuaikan Nama Brand dengan Target Pasar.
3. Hindari Penggunaan Singkatan yang Rumit.
4. Buat Nama yang Unik.
5. Mudah Diucap & Diingat.
6. Buat Diferensiasi Produk.
7. Menjaga Kualitas Produk.
8. Merespon Masukan dari Konsumen.
 
Perlukah suatu branding di dalam suatu penjualan?
Alasan paling penting dari branding adalah membuat masyarakat menjadi sadar akan kehadiran brand tersebut serta pada produk dan jasa yang ditawarkan. Dengan begitu, penting bagi brand untuk membuat desain logo yang powerful dan mudah diingat sehingga dapat memberikan first impression yang positif kepada masyarakat.

Fungsi dan Tujuan Branding

» Sebagai pembeda, di mana perusahaan yang memiliki brand kuat akan mudah dibedakan dengan kompetitor.
» Promosi dan daya tarik, jika Anda memiliki brand yang kuat maka promosi akan lebih mudah dilakukan. Pelanggan cenderung memilih brand yang kuat dan loyal terhadap brand yang sama.
» Membangun citra, keyakinan, jaminan kualitas dan prestise , beberapa hal ini akan membuat bisnis Anda menjadi mudah diingat.
» Pengendali pasar: brand yang kuat dapat mengendalikan pasar karena masyarakat telah mengenalnya.

Manfaat Branding

     Seperti yang disebutkan di atas bahwa branding merupakan hal penting bagi perusahaan terlebih di era sekarang. Salah satu alasannya yaitu karena akan ada banyaknya manfaat yang dapat diperoleh perusahaan. adapun manfaat lainya yaitu:

» Memberikan daya tarik bagi konsumen.
» Memudahkan perusahaan mendapatkan loyalitas pelanggan terhadap produk atau jasa Anda.
» Membuka peluang perusahaan untuk menetapkan harga jual yang tinggi.
» Peluang bagi Anda sebagai pelaku usaha untuk melakukan diferensiasi produk
» Menjadi pembeda atau ciri tertentu yang membedakan produk perusahaan dengan produk milik kompetitor.

     Itulah penjelasan mengenai branding, selanjutnya Anda dapat melakukan branding baik untuk produk maupun usaha bisnis Anda. Sehingga kinerja bisnis Anda akan terus berkembang. Beberapa perusahaan, rela membangun branding dari prusahaan mereka selama bertahun-taun. Tentu saja branding perusahaan ini menghabiskan dana yang tidak sedikit. Branding perusahaan juga memerlukan riset agar perusahaan tidak salah sasaran dengan branding yang diinginkan.

Penulis : Rudi

Tags Artikel :

#Akuntansi Dagang

#Akuntansi Keuangan

#Akuntansi Usaha Jasa

#Akuntansi Usaha Dagang

#Jurnal Umum

#Jurnal Umum Perusahaan Jasa

Artikel Terkait Lainnya

# Wirausaha

# Bisnis

# Keuangan

Cara Stock Opname Persediaan Degan Mudah

Stock opname adalah salah satu bentuk kegiatan perhitungan persediaan stok barang di gudang sebelum dijual dan juga dapat merapikan persediaan barang digudang.

Baca Selengkapnya

Admin

# Wirausaha

# Bisnis

Semangat Baru Untuk Meningkatkan Inovasi Wirausaha, Perusahan & Bisnis UKM

Salah satu tujuan utama dari inovasi adalah melakukan atau menciptakan sesuatu yang berbeda dari para kompetitor di bidang sama.

Baca Selengkapnya

Admin

# Keuangan

# Bisnis

# Wirausaha

Akuntansi Smart Bisnis UKM dan Perusahaan

Akuntansi adalah merupakan kegiatan mencatat, meringkas, mengklarifikasi, mengolah, dan menyajikan data transaksi.

Baca Selengkapnya

Admin

# Bisnis

# Wirausaha

Strategi Smart Bisnis Usaha UKM dan Perusahaan

Strategi Bisnis adalah suatu cara yang digunakan perusahaan untuk menghadapi persaingan di dalam dunia bisnisT bertujuan untuk, analisa, integrasi, dan implementasi.

Baca Selengkapnya

Admin

# Marketing

# Wirausaha

# Bisnis

Membangun Team Work Bisnis UKM dan Perusahaan Yang Solid

Team Work adalah kemampuan individu dalam melakukan kerjasama dengan baik untuk mencapai tujuan bersama di dalam tim yang saling percaya dan mendukung serta bertanggung jawab.

Baca Selengkapnya

Admin

# Wirausaha

Membangun Motivasi Diri Untuk Bisnis UKM dan Perusahaan

Motivasi adalah sesuatu alasan yang mendorong seseorang untuk melakukan, menyelesaikan, menghentikan suatu aktivitas guna mencapai tujuan tertentu yang diinginkan dari motivasi tersebut.

Baca Selengkapnya

Admin