Strategi Menghadapi Persaingan Pada Bisnis UKM Dengan Memanfaatkan Data Analisis

Strategi Menghadapi Persaingan Pada Bisnis UKM Dengan Memanfaatkan Data Analisis

 

Strategi dan Analisis persaingan merupakan riset strategis, secara khusus mengumpulkan dan menganalisis data tentang bisnis kompetitor. Dapat dikatakan, hal ini merupakan taktik esensial untuk mengetahui apa yang dilakukan oleh pesaing.

Analisis Industri ini memiliki Kekuatan yang Mempengaruhi Persaingan

» Salah satu cara untuk memahami persaingan adalah lewat analisis industri.

» Industri adalah suatu kelompok perusahaan permbuat produk yang mirip satu dengan yang lain dan dapat saling dipertukarkan.

Mengapa perlu dilakukan analisis persaingan?
Untuk memberikan gambaran mengenai target dari pemasaran suatu produk yang dijual. Selanjutnya perusahaan dapat melakukan pengembangan posisi produk dan strategi pemasaran marketing untuk setiap produk yang bersangkutan.
Cara melakukan analisis pesaing yang tepat
» Kenali para pesaingmu, seperti apa mereka?
Hal pertama yang harus dilakukan adalah mengenali terlebih dahulu tipe pesaing atau kompetitor kamu.
» Pesaing langsung.
» Pesaing tidak langsung.
» Analisis juga paid marketing channels yang digunakan pesaing.
» Mengetahui harga produk pesaing.

Lima Kekuatan yang Mempengaruhi Persaingan dalam Suatu Industri

1» Pendatang Baru

Pendatang baru dapat membahayakan perusahaan-perusahaan yang telah ada, karena menghasilkan kapasitas produksi tambahan, dimana kapasitas tambahan ini akan menekan agar biaya bagi pembeli rendah, yang mengakibatkan turunnya penjualan dan laba bagi perusahaan yang ada dalam industri tersebut.

Keputusan menjadi pendatang baru seringkali disertai komitmen besar yang menyangkut sumberdaya.

Perlawanan yang lamban atau tidak efektif

» Membuka Harga serendah mungkin

Situasi yang lebih lazim dan kurang resikonya dimana kekuatan-kekuatan pasar tidak menghilangkan ketertarikan usaha masuk bisnis industri dimana tidak semua perusahaan menghadapi biaya masuk yang sangat besar. Jika suatu perusahaan dapat mengatasi hambatan masuk struktural ke dalam bisnis secara lebih murah dibandingkan dengan perusahaan pendatang lainnya, atau perusahaan tersebut daat mengharapkan perlawanan yang tidak keras, maka perusahaan tersebut dapat meraih laba diatas rata-rata dari masuknya kedalam bisnis.

» Kemampuan yang menonjol untuk mempengaruhi industri

Memasuki bisnis secara intern dapat menguntungkan meskipun ada kekuatan-kekuatan pasar jika perusahaan mempunyai kemampuan tertentu yang besar untuk mengubah keseimbangan struktural dan Industri sasaran.

» Pengaruh positif terhadap bisnis lama

Memasuki bisnis secara intern akan menguntung, meskipun kondisi-kondisi yang diuraikan diatas tidak ada, jika tindakan ini mempunyai dampak menguntungkan bagi bisnis lama perusahaan pendatang. Dampak yang terjadi melalui erbaikan hubungan dengan distributor.

» Konsep- Konsep Generik untuk memasuki pasar

Berbeda pada pendekatan yng lazim untuk memasuki suatu bisnis, yang didasrkan atas berbagai konsep guna mengatasi hambatan masuk secara lebih murah dari pada perusahaan lain, adalah sebagai berikut:

1. Menekan Biaya Produk

2. Memasuki pasar dengan harga rendah

3. Menawarkan produk yang Unggul

4. Menemukan celah

5. Memperkenalkan inivasi pemasaran

6. Menggunakan Distribusi boncengan

Pendatang baru sering terhambat dengan sumber-sumber utama untuk masuk dalam industri:

Skala ekonomi : Biaya produksi per unit menurun saat volume produksi meningkat per periode.

Konsep ini juga berlaku untuk penelitian dan pengembangan, administrasi umum, pemasaran dan fungsi bisnis lainnya.

Penting untuk disadari bahwa sampai batas-batas tertentu kekuatan-kekuatan pasar akan bekerja melawan keberhasilan perusahaan yang masuk. Bila prospek masuk bisnis adalah baik karena adanya ketidakseimbangan, pasar akan mengirikan isyarat yang sama kepada pihak lain, yang tentunya cenderung masuk juga. Dengan demikian keputusan untuk masuk harus memperhitungkan pula pertimbangan mengapa hanya perusahaan pendatang dan bukan perusahaan lain yang akan meraih manfaat ketidakseimbangan tersebut. Sering kali kemampuan untuk meramalkan hal ini tergantung pada keunggulan karena lebih dahulu mengenali adanya ketidakseimbangan.

2» Produk Pengganti

Barang substitusi adalah barang pemuas kebutuhan yang dapat menggantikan peran benda pemuas kebutuhan lainnya. Namun hal ini tidak menghilangkan nilai kegunaan dengan barang yang diganti. Contohnya detikers dapat memiliki pengganti barang dengan barang yang punya merk berbeda namun fungsi barangnya tetap sama.

» Sejauh mana suatu produk dianggap unik

» Diferensiasi produk dapat merupakan hasil dari atribut fisik produk atau komunikasi pemasaran yang efektif seperti:

Atribut fisik produk adalah kemasan yang paling baik

Komunikasi pemasaran yang efektif adalah iklan dengan endoser bintang ternama.

Kebutuhan Modal

Modal diperlukan tidak hanya untuk biaya manufaktur, tetapi juga penelitian dan pengembangan pasar, periklananm penjualan dan servis di lapangan, dll.

Modal besar diperlukan dalam industri industri-industri farmasi, komputer mainframe, kimia, dll.

Biaya Peralihan Pada Pembelian Untuk Perubahan Produk

Biaya yang dirasakan oleh pelanggan untuk beralih ke produk pesaing yang baru mungkn menghadirkan hambatan yang sulit diatasi sehingga mencegah pendatang baru.

Saluran Distribusi

Jika saluran distribus sudah penuh, maka biaya untuk masuk market pasar akan mahal, atau tidak terseda.

Pendatang baru harus menciptakan dan mendirikan saluran distribusi yang baru untuk pemasaran.

Kebijakan Pemerintah

Kebijakan pemerintah sering menghambat masuknya pendatang baru

Kebijakan pemerintah umumnya terjadi dalam industri Noasional masing-masing negara.

Contohnya masyarakat RRC sebagai investor asing banyak industri untuk bergabung dengan mitra lokal dalam investasinya. 

Keunggulan Biaya Yang Tidak Tergantung Pada Skala Ekonomi

Akses bahan baku

Lokasi yang menguntungkan

Subsidi oleh pemerintah

Ancaman Produk Pengganti

Ketersediaan produk pengganti memberi batas pada harga yang ditentukan oleh pemimpin pasar

Harga yang tinggi dapat memicu pembeli beralih ke produk pengganti

3» Tawar Menawar Pemasok

Beberapa faktor mempengaruhi daya tawar pemasok :

Pemasok akan mempunyai keunggulan bila mereka besar dan jumlahnya relatif sedikit

Kalau produk atau jasa pemasok merupakan masukan penting bagi perusahaan industri, atau terdiferensiasi

Bisnis pemasok tidak terancam oleh produk alternatif

Kemauan dalam kemampuan pemasok untuk dan mengembangkan produk dan merek mereka sediri.

4» Tawar Menawar Pembeli

Beberapa faktor yang mempengaruhi daya tawar pembeli yaitu:

Membeli dalam jumlah besar sehingga perusahaan pemasok tergantung pada bisnis pembeli agar tetap dapat bertahan.

Ketika produknya dipandang sebagai komoditi (produk standar dan tidak terdiferensiasi).

5» Rivalitas antar Pesaing

Persaingan harga, pertempuran iklan, penetapan posisi produk dan usaha melakukan diferensiasi.

Beberapa faktor yang dapat menciptakan persaingan yang ketat:

Industri sudah memasuki fase dewasa

Perusahaan dengan kepentingan strategi yang tinggi untuk meraih sukses.

Kurangnya diferensiasi produk

Strategi Bersaing Generik

Strategi generik merupakan salah satu strategi yang sering digunakan oleh perusahaan untuk bersaing dalam industri sejenis maupun berbeda jenis. Generic strategy atau strategi generik ini juga sering mengejar keunggulan kompetitif di seluruh ruang lingkup pasar yang dipilihnyaStrategi bersaing generik bertujuan untuk menciptakan posisi yang menguntungkan dan kekuatan pada persaingan industri.

Ada beberapa Strategi Generik yang sering terkait dalam proses berjalannya Strategi tersebut, yaitu:  
Keunggulan Kompetitif
Keunggulan kompetitif menggambarkan situasi usaha memiliki kemampuan untuk mencapai keinginan konsumen dibanding pesaingnya. Proses keunggulan persaingan sangat sensitif karena sifatnya yang cepat dan berubah-ubah. Para pelaku dalam persaingan bisnis akan selalu berlomba-lomba untuk meningkatkan keunggulan kompetitif. Selain itu keunggulan kompetitif dikatakan sensitif karena jika Anda salah menerapkan strategi, keunggulan kompetitif bisa jadi mimpi buruk bagi bisnis Anda. Berikut betuk keunggulan dari Kompetitif dari produk.
Biaya Rendah
» Diferensiasi
» Melibatkan 
   1 Kepemimpinan Biaya
   2 Diferensiasi
   3 Fokus Biaya
   4 Diferensiasi Terfokus
Cakupan Kompetitif
» Target Luas
» Target Sempit
Kepemimpinan Biaya
» Didasarkan pada biaya rendah dalam pasar yang ditentukan secara luas
» Produk-produk buatan Jepang pada umumnya menerapkan sistem kepemimpinan biaya
Diferensiasi
» Jika suatu produk mempunyai nilai yang dianggap unuk dalam pasar yang luas, produk tersebut dikatan memiliki keunggulan diferensiasi
» Nike membedakan dengan sepatu lainnya sebagai perbandingan.
Difensiasi Terfokus
Keunggulan yang didasarkan pada kemampuan untuk menciptakan lebih banyak nilai pelanggan untuk segmen yang sempit
Fokus Biasa
» Sebuah perusahaan menawarkan harga rendah pada pasar yang sempit
» RRC menawarkan tipe kapal standar yang sederhana dengan harga rendah ditawarkan hanya untuk satu negara saja.

Tujuan Analisis pesaing

Membantu Anda mengidentifikasi semua pesaing langsung dan tidak langsung saat ini dan potensial, yang dapat menghambat masuk atau pertumbuhan Anda di pasar.
Dalam dunia usahapersaingan usaha sangatlah wajar. Persaingan usaha juga dapat memberikan stimulus produktifitas dan inovasi, harga yang tercipta juga semakin kompetitif dan puncaknya dapat mendorong daya saing yang lebih kokoh.

Manfaat Persaingan Usaha

Manfaat Analisis Pesaingan Usaha Menghadirkan motivasi tinggi bagi pelaku bisnis diantara lain yaitu:

      » Membantu pelaku bisnis untuk keluar dari zona nyaman.
      » Mencoba hal baru agar tidak ketinggalan ditengah persaingan yang ketat.
      » Membantu meningkatkan kinerja berbisnis. Menciptakan konsumen yang loyal.
      » Pesaing akan terus berusaha untuk menjadi yang terdepan, berusaha menghasilkan suatu nilai/produk yang lebih baik dari yang lain.
      » Maka pemenang dari kompetisi adalah sah dan adil, karena dipilih dari yang pemenang (terbaik).
      » Mencetak pribadi yang berani untuk bersaing dengan orang lain.
      » Dalam persaingan, pasti pernah ada kegagalan, maka mencetak pribadi yang tidak takut gagal.

Dengan melakukan analisis pasar, diharapkan dapat meningkatkan omzet penjualan dan keuntungan perusahaan. Secara lebih jauh lagi, analisis pasar perlu dilakukan untuk menemukan peluang bisnis dan potensi yang bisa dimanfaatkan.

Bagaimana langkah langkah menganalisis pesaing?

Agar Anda lebih mengenali siapa pesaing Anda

Ada beberapa langkah-langkah dalam menganalisis pesaing bisnis berikut ini:
      » Menganalisis Produk atau Jasa yang Ditawarkan.
      » Melihat Besaran Pasar yang Dikuasai.
      » Peluang dan Ancaman.
      » Keunggulan dan Kelemahan.
      » Sasaran Pesaing.
      » Memenangkan Persaingan.
Setelah beberapa langkah dalam menganalisis pesaing perlu kita lakukan untuk perencanaan pemasaran karena dengan market pasar kita lebih dapat leluasa untuk meningkatkan penjualan produk atau jasa.
Mengapa perlu dilakukan perencanaan pemasaran?
Adapun perencanaan pemasaran adalah Mencapai koordinasi aktivitas pemasaran yang lebih baik. Mengidentifikasi sejauh mana perkembangan perusahaan. Menjadi acuan bagaimana perusahaan harus berubah.

Analisis Kompetitor

Analisis kompetitor adalah penelitian strategis yang berfokus pada pengumpulan dan peninjauan informasi tentang perusahaan pesaing. Ini adalah strategi yang sangat penting untuk mengetahui apa yang dilakukan pesaing Anda dan jenis ancaman seperti apa yang dapat mereka berikan terhadap bisnis Anda.
Hal Penting yang Perlu Diperhatikan dalam Memetakan Kompetitor
      » Mengetahui kelebihan yang dimiliki brand.
      » Mengidentifikasi kekurangan produk atau jasa.
      » Mempelajari competitive landscape.
      » Melihat bagaimana brand kita dibandingkan dengan para kompetitor.

Kesimpulan

Dalam memasuki bisnis baru ada beberapa cara yang dapat ditempuh yaitu melalui pengembangan intern, akusisi dan secara bertahap. Ketiga hal ini tentu mempunyai karakteristik yang berbeda. Oleh karena itu cara mana yang akan ditempuh dapat dilihat baik dari segi biaya atau besarnya investasi, kondisi industri, kemampuan perusahaan, kondisi persaingan dan sebagainya. Selanjutnya perlu dikaji terlebih dahulu mana yang akan dipilih sehingga perusaan nantinya dapat lebih berkembang pada industri yang ingin dimasuki.

Demikianlah artikel tentang Strategi & Analisis Persaingan dalam bisnis, semoga artikel ini dapat bermanfaat dan juga menambah wawasan kita untuk lebih mengetahui strategi yang harus kita lakukan untuk mendapatkan apa yang di inginkan. Sekian dan “Terima Kasih“.

Baca Juga Artikel : Semangat Baru Untuk Meningkatkan Inovasi

You might also like