Cara Memilih Usaha Yang Tepat Untuk Wirasusaha atau Bisnis UKM

Poduk UKM

     UKM adalah usaha yang dapat dilakukan secara perorangan atau segelintir orang saja. Menjalankan usaha dapat dimulai bahkan tanpa memiliki modal sama sekali. Caranya adalah dengan menjual produk atau menjadi reseller. Ini adalah jenis UKM yang dapat dilakukan dengan benar-benar beranjak dari nol.

Memilih Produk UKM

     Peluang bisnis online sangat besar apalagi sekarang ini banyak orang menggunakan internet untuk kebutuhan sekedar saling tukar informasi sesama teman maupun untuk melakukan jual beli suatu barang.
Banyak sekarang ini orang yang menjual produknya secara online karena sekarang banyak masyarakat yang tertarik berbelanja online tidak susah susah pergi berbelanja keluar rumah ataupun ke mall mall tinggal menggunakan gadget anda tinggal beli barang yang anda inginkan.

     Untuk sekarang ini banyak juga para pelaku bisnis online yang mamasarkan produk dengan berbagai macam pilihan produk. Untuk itu kita harus selektif memilih produk apa yang akan kita pasarkan supaya produk kita laku dipasaran. Untuk itu yuk ikuti tips & cara memilih produk untuk memulai usaha online.

1. Pilih Produk Yang Tidak Banyak Di Pasaran Offline

     Dengan menjual produk yang tidak ada dipasar offline pelanggan akan lebih tertarik karena mereka dapat membeli produk dengan mudah tanpa harus pergi keluar untuk menacari produk yang susah di cari dipasar offline. Contohnya beberapa jenis barang elektronik dan juga beberapa jenis gadget.

2. Pilih Produk Dengan Style Yang Anda Minati

     Contohnya anda suka merakit komponen PC anda dapat menjual kebutuhan apa saja untuk merakit sebuah PC. Dengan begitu anda dapat mengenal produk apa saja yang anda jual dan jika anda masuk keforum forum sosial media mengenai pc, Anda juga dapat memasarkan produk tersebut.

3. Pilih Produk Yang Tidak Mudah Rusak/ Kadaluarsa

     Usahakan memilih produk yang akan anda jual itu bukan produk yang mudah rusak dan kadaluarsa contohnya makanan dan barang pecah beling. Anda dapat menjual produk yang tidak mudah rusak / rusak contoh smartphone dan juga barang furniture.

4. Pilih Produk Dengan Banyak Aksesoris

     Anda dapat menjual yang banyak aksesorisnya contohnya smartphone, kamera ataupun laptop. Anda dapat menambahkan aksesoris seperti power bank sebagai bonus supaya pelanggan menjadi lebih tertarik.

5. Pilih Produk Dengan Bobot Ringan

     Pilih produk dengan bobot yang ringan yang tidak membebankan biaya pengiriman konsumen. Hal ini menjadi pertimbangan untuk menentukan harga supaya produk yang kita jual tidak lebih mahal dari pasar offline.

Bisnis UKM Ini Bisa Dilakukan Kapan Aja, Dimana Saja, yang Penting Mau Usaha 

UKM seringkali menjadi usaha yang menyelamatkan perekonomian Indonesia. Ketika banyak sektor perekonomian yang menurun saat pandemic Covid-19 menyerang Indonesia, banyak penjualan dari usaha kecil menengah ini yang naik pesat. Terlebih, didukung pula oleh e-commerce yang sudah sangat mudah diakses. 

Mengenal Secara Singkat Tentang UKM

UKM yaitu kependekan dari Usaha Mikro Kecil Menengah. Bisnis usaha kecil menengah ini banyak diminati masyarakat Indonesia karena dapat dimulai dengan modal yang kecil dan risiko kerugian yang sangat kecil. 

Namun, Anda harus tetap mempersiapkan dengan baik ketika memutuskan ingin menjalankan UKM agar bisnis dapat terus berkembang. Inilah beberapa hal yang harus dipersiapkan.

Menentukan Lokasi Bisnis UKM

Memilih lokasi yang tepat menjadi elemen penting agar usaha UKM terus berjalan dan memiliki banyak pelanggan. Berikut 4 tips memilih lokasi usaha UKM yang strategis.

1. Lokasi Mudah Terlihat Orang Banyak (Strategis)

     Lokasi yang mudah terlihat jelas oleh banyak orang menjadi salah satu kriteria lokasi yang strategis. Lokasi yang mudah terlihat akan memudahkan para pelanggan untuk menemukan toko Anda dan menengok langsung produk yang tersedia. Terutama bisnis dalam bidang fashion, kuliner, atau toko barang serba ada.

2. Akses Ke Lokasi Mudah Dijangkau (Dikunjungi)

     Aksesibilitas menuju tempat bisnis harus diperhatikan. Jika akses menuju tempat usaha susah dijangkau, banyak orang yang akan berpikir dua kali untuk mengunjunginya. Tentu saja karena banyak orang tidak mau kerepotan. Sebaiknya pilih lokasi yang didukung dengan jalan yang mulus dan pelayanan transportasi publik.

3. Dekat Dengan Target Pasar 

     Kriteria lainnya dalam memilih lokasi strategis untuk bisnis UKM yaitu lokasi yang dekat dengan target pasar. Contohnya Anda harus memilih lokasi dekat dengan sekolah, kampus, atau kantor ketika memilih membuka toko alat tulis dan jasa fotokopi. Memilih lokasi dekat perumahan atau kos-kosan jika akan membuka jasa laundry.

4. Lokasi Dengan Perizinan yang Jelas (Menghindari Pengggusuran)

     Perizinan lokasi sering kali diremehkan oleh para pengusaha pemula. Padahal sangat penting untuk memastikan lokasi tersebut memiliki izin buka usaha dan bukan tanah yang memiliki problematik. Hal ini untuk menghindari jika di kemudian hari saat bisnis UKM sedang berkembang besar terpaksa pindah karena tersandung masalah perizinan tempat.

5. Lokasi Berada Di Lingkungan Yang Kondusif

     Lingkungan di sekitar tempat usaha pun harus dipertimbangkan. Lingkungan yang tepat akan mempengaruhi minat orang-orang untuk berkunjung ke tempat usaha Anda. Contohnya jika gerai Anda buka sampai malam hari, apakah tempat tersebut aman saat malam hari atau lokasi yang termasuk daerah macet.

Memilih Daftar Bidang Usaha UKM yang Memiliki Prospek Bagus

Setelah beberapa kali menjadi “penyelamat” perekonomian Indonesia membuat bisnis UKM menjadi perhatian pemerintah. Hal itu karena bisnis UKM terbukti bisa memberikan dampak yang besar untuk perekonomian Indonesia. 

Banyak jenis UKM yang bisa dipilih sesuai dengan fashion dan keahlian. Inilah beberapa jenis UKM dengan prospek yang bagus.

1. Bidang Pengantaran Barang Atau Kurir

     Di zaman digital ini, bisnis online semakin berkembang dan banyak diminati orang. Apalagi selama pandemi berlangsung penjualan melalui e-commerce meningkat pesat. Peningkatan jual beli online juga akan meningkatkan pemakaian layanan kurir. 

2. Bisnis UKM Bidang Fashion

     Bisnis di bidang fashion menjadi salah satu contoh usaha kecil menengah yang sukses jika Anda bisa terus update tentang trend fashion yang sedang ramai diminati atau bahkan Anda sendiri yang menciptakan trend fashion tersebut. Di samping itu, pakaian merupakan kebutuhan primer manusia yang akan selalu memiliki peminatnya.

3. Bisnis UKM Bidang Kulinet

     Contoh usaha kecil menengah yang sukses lainnya yaitu bisnis makanan atau biasa disebut kuliner. Makanan juga termasuk kebutuhan primer manusia yang akan selalu dicari. Namun, Anda harus pintar berinovasi jika memilih untuk berbisnis kuliner karena banyak orang akan merasa tertarik kepada hal yang baru dan tidak membosankan.

4. Bisnis UKM Bidang Kecantikan 

     Bisnis kecantikan merupakan salah satu contoh UKM dengan prospek menjanjikan. Produk kecantikan berupa make up atau skincare sangat diminati oleh banyak orang, terutama perempuan. Keinginan untuk tampil cantik dan memiliki kulit yang sehat menjadi alasan produk kecantikan selalu laris manis di pasaran. 

     Terlebih jika produk kecantikan tersebut memiliki kandungan yang bagus dan aman untuk kulit. Namun, bukan hanya membuat produk saja, bisnis yang bisa menjadi pilihan lainnya yaitu membuka salon, SPA, menjadi penata rias, dan sebagainya.

5. Usaha Produk Kerajinan Tangan

     Produk kerajinan tangan masih memiliki banyak peminat karena selain memiliki nilai fungsi dan ekonomis, produknya juga memiliki nilai estetik. Anda bisa memanfaatkan kekayaan alam Indonesia untuk berbisnis. Contoh produk yang bisa dijadikan bisnis yaitu tas dari anyaman bambu, boneka, sarung, tempat serbaguna, dan lain-lain.

Mempelajari Jenis Usaha yang Telah Dipilih

     Langkah selanjutnya setelah menemukan lokasi yang strategis dan jenis usaha yang dipilih yaitu mempelajari lebih dalam mengenai jenis usaha tersebut. Anda harus mengetahui dan memahami segala hal tentang usaha yang dipilih dari A sampai Z. Anda juga harus mengetahui apakah mampu untuk menjalani usaha tersebut atau tidak. 

Setelah mengetahui langkah-langkah untuk menjalankan bisnis UKM yang sukses, kini saatnya Anda mempraktekannya.

Cara Meningkatkan Penjualan Produk UKM

1. Promosi

     Promosi adalah kegiatan yang dilakukan untuk menyampaikan suatu pesan tertentu tentang produk baik barang atau jasa, merek dagang atau perusahaan dan lain sebagainya kepada konsumen sehingga dapat membantu pemasaran meningkatkan penjualan.

Tujuan promosi tentu saja untuk penjualan. Bisa dikatakan, tanpa promosi, suatu produk tidak akan pernah dikenal masyarakat luas.

2. Kenali Kompetitor

     Kompetitor adalah pesaing usaha dan merupakan hal yang paling lumrah terjadi.

     Dengan hadirnya kompetitor, Anda akan tergerak untuk meningkatkan mutu layanan bisnis. Anda juga akan memiliki rasa khawatir bahwa konsumen Anda akan beralih ke kompetitor lain. Oleh sebab itu, perbaikan mutu harus tetap rutin dilakukan untuk mempertahankan konsumen Anda.

3. Memperluas Jaringan Pasar

     Memperluas Jaringan Pasar adalah strategi pertumbuhan dengan menarik lebih banyak pelanggan baru untuk produk yang sudah ada. Dalam hal ini, pengusaha harus mencari segmen pasar baru untuk produknya

     Tujuan Memperluas Jaringan Pasar akan banyak konsumen yang kita dapatkan, dan secara tidak langsung hal ini akan memperluas pasar kita.

4. Peningkatan Sumber Daya

     Pengembangan SDM (Sumber Daya Manusia) adalah proses di mana karyawan dalam sebuah perusahaan dibantu secara terencana untuk meningkatkan kemampuan sehingga bisa menyelesaikan berbagai macam tugas yang berhubungan dengan peran mereka di masa depan.

     Tujuan Pengembangan SDM (Sumber Daya Manusia) secara umum adalah untuk meningkatkan kualitas para pekerja atau manusia melalui program pendidikan dan pelatihan agar menciptakan sebuah produk yang berkualitas dan mampu memajukan perusahaan atau organisasi.

5. Pelayanan Konsumen Dengan Baik

     Pelayanan Konsumen Dengan Baik adalah aktifitas seseorang, sekelompok atau organisasi baik langsung maupun tidak langsung untuk memenuhi kebutuhan. Proses pemenuhan kebutuhan melalui aktivitas orang lain secara langsung.

     Tujuan Memberikan Pelayanan adalah supaya bisa memenuhi dan memuaskan para pelanggan sehingga perusahaan ataupun pengusaha mendapatkan keuntungan yang lebih  maksimal.

PENUTUP

     Anda harus menyelesaikan dan membantu pelanggan dengan secara aktif menyarankan langkah berikutnya. Jika mereka siap melakukan pembelian pada saat ini, mengantar atau mengarahkan pelanggan untuk bantuan order dan informasikan tagihanya dan cara pembayarannya. Semoga dengan strategi ini dapat membantu Anda untuk memilih dan mendapatkan pilihan produk untuk usaha atau bisnis usaha yang Anda inginkan sesuai dengan keinginan Anda. Demikianlah Pembahasan Tentang.

Lebih banyak Anda MEMBACA , Lebih banyak hal yang Anda KETAHUI,Lebih banyak hal yang Anda PELAJARI, Lebih banyak Informasi yang ada DAPATI.

Demikian uraian singkat mengenai apa yang dimaksud dengan Cara Memilih Usaha Yang Tepat Untuk Wirasusaha atau Bisnis UKM. Informasi di atas hanya secuil dari kegiatan Cara Memilih Usaha yang sebenarnya. Semoga bermanfaat dan meningkatkan minat Anda untuk jadi lebih produktif.

Terima Kasih telah berkunjung, semoga apa yang anda simak di artikel ini dapat menambah wawasan dan juga pengetahuan yang lebih bermanfaat. 🙏"Terima Kasih"🙏

 

 

Penulis : Rudi

Tags Artikel :

#Akuntansi Dagang

#Akuntansi Keuangan

#Jurnal Umum

Artikel Terkait Lainnya

# Wirausaha

# Bisnis

Semangat Baru Untuk Meningkatkan Inovasi Wirausaha, Perusahan & Bisnis UKM

Salah satu tujuan utama dari inovasi adalah melakukan atau menciptakan sesuatu yang berbeda dari para kompetitor di bidang sama.

Baca Selengkapnya

Admin

# Bisnis

# Wirausaha

Strategi Smart Bisnis Usaha UKM dan Perusahaan

Strategi Bisnis adalah suatu cara yang digunakan perusahaan untuk menghadapi persaingan di dalam dunia bisnisT bertujuan untuk, analisa, integrasi, dan implementasi.

Baca Selengkapnya

Admin

# Marketing

# Wirausaha

# Bisnis

Membangun Team Work Bisnis UKM dan Perusahaan Yang Solid

Team Work adalah kemampuan individu dalam melakukan kerjasama dengan baik untuk mencapai tujuan bersama di dalam tim yang saling percaya dan mendukung serta bertanggung jawab.

Baca Selengkapnya

Admin

# Wirausaha

Membangun Motivasi Diri Untuk Bisnis UKM dan Perusahaan

Motivasi adalah sesuatu alasan yang mendorong seseorang untuk melakukan, menyelesaikan, menghentikan suatu aktivitas guna mencapai tujuan tertentu yang diinginkan dari motivasi tersebut.

Baca Selengkapnya

Admin

# Bisnis

# Wirausaha

Skill Smart Menjadi Leadership Bisnis UKM dan Perusahaan

Leadership adalah salah satu fungsi manajemen untuk mempengaruhi, mengarahkan memotivasi dan mengawasi orang lain untuk menyelesaikan tugas-tugas yang telah direncanakan untuk mencapai tujuan dan sasaran organisasi.

Baca Selengkapnya

Admin

# Wirausaha

# Bisnis

# Keuangan

Cara Stock Opname Persediaan Degan Mudah

Stock opname adalah salah satu bentuk kegiatan perhitungan persediaan stok barang di gudang sebelum dijual dan juga dapat merapikan persediaan barang digudang.

Baca Selengkapnya

Admin