Cara Smart Mengusir Rasa Takut Mulai Berbisnis UKM

Rasa takut sering kali membayangi saat seseorang berencana untuk terjun ke dunia bisnis. Ketakutan dalam berwirausaha adalah hal yang normal. Namun, jangan jadikan itu sebagai halangan untuk maju. Karena justru saat dijalani, ketakutan sering kali hanya di dalam pikiran saja dan berbeda dengan kenyataan. Sebelum Anda benar yakin menjalankan bisnis Anda berpikirlah dengan tenang dengan strategi yang Anda siapkan.

Untuk itu, jalan biarkan kekhawatiran anda sampai berlebihan. Anda harus melawan setiap rasa khawatir serta ketakutan yang membuat Anda cepas dan akhirinya tidak berani memulai usaha. Singkirkan setiap hal negatif yang menghancurkan keberanian Anda untuk berbisnis.

Hal yang perlu Anda lawan dari raasa takut dalam berbinis yaitu ;

1. Kehabisan Uang (Modal)

Modal Usaha yang tak cukup menjadi salah satu kekhawatiran terbesar sebagai pebisnis pemula. Memulai bisnis membutuhkan banyak uang dan biasanya menggunakan tabungan pebisnis. Jika Anda terus merasakan ketakutan tersebut, maka Anda jadi tidak tenang dalam berbisnis. Ini tidak baik, karena seorang pebisnis harus yakin dengan model bisnisnya dan optimis bahwa bisnisnya memiliki prospek, sehingga tidak akan kehabisan uang.

2. Merasa Tidak Cukup Baik

Tidak percayaan diri dapat melemahkan semangat juang Anda. Jika Anda merasa tidak cukup baik, bagaimana orang lain akan percaya dengan bisnis Anda?

Ingat bahwa butuh proses untuk menjadi lebih baik. Bisnis Anda pasti punya kelemahan. Anda juga masih perlu banyak belajar agar bisa menjadi pebisnis yang lebih andal. Seiring berjalannya waktu, pengalaman akan mengajarkan Anda banyak hal untuk memperbaiki diri sendiri dan juga bisnis Anda. Anda harus melewati proses dan tak bisa langsung menjadi yang terbaik sejak awal.

3. Ditipu Orang

Penipuan adalah sebuah kebohongan yang dibuat untuk keuntungan pribadi yang merugikan orang lain. Meskipun memiliki arti hukum yang lebih dalam, detail tentang penipuan bervariasi di berbagai wilayah hukum.

Memang susah untuk percaya sama orang lain. Ada banyak kasus pengusaha yang tertipu oleh rekan bisnis. Akibatnya, mereka kehilangan banyak uang dan harus menempuh jalur hukum yang rumit untuk menyelesaikan masalahnya. Saat bekerja sama, buatlah surat perjanjian secara tertulis sebagai bukti hitam di atas putih. Ini demi keamanan, meski belum menjamin 100 persen bahwa kerja sama akan berjalan dengan lancar.

Namun, itulah risiko sebagai pebisnis. Bisa dibilang, setiap orang yang sukses pernah dikhianati dan dirugikan orang lain. Akan tetapi, memiliki surat perjanjian dapat mengurangi risiko ditipu oleh rekan bisnis Anda. Sebagian besar manusia mengambil keputusan berdasarkan emosi, bukan logika. Karena itu, orang gampang ditipu. Karena itu yang dimainkan oleh semua penipu, emosi.

Tetap Waspada, suapaya terhindar dari penipuan Ada kalanya Anda jangan terburu tetap tenang serta jangan cepat memutuskan mengambil keputusan. Caranya Agar terhidar dari Penipuan yaitu :

  1. Pikirkan sebelum Anda mengambil kebijakan & keputusan dalam bertindak.
  2. Perlambat Gerak untuk memberikan keputusan suapaya Anda bisa melihat itu peluang apa jurang.
  3. Berbicaralah kepada orang terdekat Anda supaya mendapat pandangan lebih baik dari apa yang Anda pikirkan.
  4. Pikirkan dengan baik di rumah atau di tempat yang menurut Anda nyaman supaya tidak terjadi hal yang tidak Anda inginkan.
  5. Jaga Informasi pribadi.

Begitulah cara menghindari diri agar tidak gampang or tidak muda di tipu. Masih banyak lagi hal-hal yang harus di perhatikan supaya tidak tertipu.

Sampai kapan takut menjalankan bisnis karena ditipu ? Hal yang terpenting itu adalah jalani semua kegiatan bisnis Anda sebaik mungkin. Serta cari cara melewati masa sulit dan jagan terlalu percaya kepada manusia karena manusia adalah ladang kesalahan karena rambut sama hitam kalau hati siapa yang tahu. 

4. Kewalahan Menangani Bisnis

Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), arti kata kewalahan adalah menderita putus asa karena tidak sanggup lagi menjalankan tugas dan sebagainya. Arti lainnya dari kewalahan adalah tidak sanggup lagi memenuhi tugas, pekerjaan, wirausaha dan sebagainya.

Kehidupan wirausaha penuh tantangan, stres, dan kerja keras, membuat Anda mungkin ketakutan dalam berbisnis. Sebagai pemilik usaha, Anda akan bertanggung jawab terhadap keseluruhan proses bisnis dan ini bisa membuat Anda kewalahan.

Anda mungkin khawatir jika Anda tak sanggup menanganinya dengan baik. Ya, pada saat-saat tertentu Anda pasti akan kewalahan. Namun, lama-lama Anda juga terbiasa. Jadi, jangan terlalu khawatir akan hal ini.

5. Bangkrut atau Gagal

Siapa yang tidak takut jika bisnis terus merugi dan akhirnya gagal atau bangkrut? Semua pebisnis juga merasakan ketakutan yang sama. Namun, Anda harus melawannya. Jangan sampai membuat Anda paranoid sebelum bisnis dimulai.

Ingat bahwa orang-orang sukses saat ini pernah mengalami kegagalan. Mereka jatuh berkali-kali, tapi kembali bangkit untuk terus mencoba dan akhirnya berhasil.

Jadi, Anda jangan takut bangkrut. Jika nanti Anda gagal, maka jadikan sebagai pelajaran berharga. Jangan biarkan kebangkrutan menghentikan Anda. Sebab pengalaman dapat mengajarkan Anda untuk tidak jatuh ke lubang yang sama.

Penulis : Adinata

Tags Artikel :

#Akuntansi Dagang

Artikel Terkait Lainnya

# Wirausaha

# Bisnis

Semangat Baru Untuk Meningkatkan Inovasi Wirausaha, Perusahan & Bisnis UKM

Salah satu tujuan utama dari inovasi adalah melakukan atau menciptakan sesuatu yang berbeda dari para kompetitor di bidang sama.

Baca Selengkapnya

Admin

# Bisnis

# Wirausaha

Strategi Smart Bisnis Usaha UKM dan Perusahaan

Strategi Bisnis adalah suatu cara yang digunakan perusahaan untuk menghadapi persaingan di dalam dunia bisnisT bertujuan untuk, analisa, integrasi, dan implementasi.

Baca Selengkapnya

Admin

# Marketing

# Wirausaha

# Bisnis

Membangun Team Work Bisnis UKM dan Perusahaan Yang Solid

Team Work adalah kemampuan individu dalam melakukan kerjasama dengan baik untuk mencapai tujuan bersama di dalam tim yang saling percaya dan mendukung serta bertanggung jawab.

Baca Selengkapnya

Admin

# Wirausaha

Membangun Motivasi Diri Untuk Bisnis UKM dan Perusahaan

Motivasi adalah sesuatu alasan yang mendorong seseorang untuk melakukan, menyelesaikan, menghentikan suatu aktivitas guna mencapai tujuan tertentu yang diinginkan dari motivasi tersebut.

Baca Selengkapnya

Admin

# Bisnis

# Wirausaha

Skill Smart Menjadi Leadership Bisnis UKM dan Perusahaan

Leadership adalah salah satu fungsi manajemen untuk mempengaruhi, mengarahkan memotivasi dan mengawasi orang lain untuk menyelesaikan tugas-tugas yang telah direncanakan untuk mencapai tujuan dan sasaran organisasi.

Baca Selengkapnya

Admin

# Wirausaha

# Bisnis

# Keuangan

Cara Stock Opname Persediaan Degan Mudah

Stock opname adalah salah satu bentuk kegiatan perhitungan persediaan stok barang di gudang sebelum dijual dan juga dapat merapikan persediaan barang digudang.

Baca Selengkapnya

Admin