Contoh Analisis Transaksi Laporan Keuangan untuk Bisnis UKM

Pengertian Laporan Keuangan

Setelah Transaksi dicatat dan dirangkum, laporan kemudian disiapkan bagi para pengguna. Laporan akuntansi yang menyediakan ini disebut Laporan Keuangan (Financial Statements).

Laporan keuangan (Financial Statements) adalah catatan informasi keuangan suatu perusahaan pada suatu periode akuntansi yang dapat digunakan untuk menggambarkan kinerja perusahaan tersebut.Laporan keuangan adalah bagian dari proses pelaporan keuangan.

Laporan keuangan yang lengkap biasanya meliputi :

Laporan Laba rugi (income statemens)

Laporan Laba Rugi Adalah Ringkasan dari pendapatan dan beban untuk suatu periode waktu tertentu, seperti satu bulan atau satu satu tahun. Berikut contoh akun yang terlibat dalam laporan laba rugi sebagai berikut.

Fungsi Laporan Laba Rugi

Fungsi Laporan Laba Rugi adalah menunjukkan performance atau kinerja keuangan perusahaan. Seluruh pendapatan dan biaya atau beban disajikan dalam laporan ini. Informasi yang disajikan tersebut dapat juga digunakan untuk mengevaluasi kinerja perusahaan pada masa sebelumnya.

Manfaat Membuat Laporan Laba Rugi

» Mengevaluasi Kinerja Perusahaan
» Memajukan dan Meningkatkan Hasil Perusahan
» Dapat Melihat Risiko
» Menjadi Tolak Ukur Bagi Perusahaan
» Dapat Menganalisa Kemanjuan Perusahaan

Laporan Perubahan Ekuitas (statement of changes in equity)

Laporan Perubahan Ekuitas adalah Ringkasan perubahan dalam ekuitas pemilik yang terjadi selama periode waktu tertentu, seperti satu tahun. Berikut contoh akun yang terlibat dalam laporan Ekuitas (Modal) sebagai berikut.

Fungsi Laporan Perubahan Modal (Ekuitas)

Fungsi laporan perubahan modal (Ekuitas) perusahaan atau bisnis adalah untuk menyedikan data yang berisi tentang kenaikan atau penurunan kekayaan perusahaan atau bisnis pada periode tertentu yang hasilnya dapat di lihat dari laporan ini.

Manfaat Membuat

Laporan perubahan modal ini sangat bermanfaat bagi laporan keuangan karena:

» Memungkinkan analis untuk permodalan.
» Membantu para pemengang kepentingan baik internal dan eksternal untuk melihat faktor-faktor apa yang menyebabkan perubahan dalam ekuitas pemilik selama periode akuntansi.
» Dapat mempersiapkan strategi.
» Mengetahui seberapa banyak modal yang harus diputar kembali

Laporan Posisi Keuangan (Statement If Financial Potition)

Laporan Posisi Keuangan adalahDaftar asset, liabilitas dan ekuitas pemilik pada waktu tertentu, biasanya pada tanggal terakhir dari bulan atau tahunan tertelntu. Berikut contoh akun yang terlibat dalam laporan posisi keuangan sebagai berikut.

Fungsi Laporan Posisi Keuangan

Laporan posisi keuangan atau neraca adalah salah satu laporan keuangan yang memberikan informasi tentang posisi aktiva, kewajiban, dan modal yang disajikan pada akhir periode. Oleh karena itu neraca bisa membantu untuk memprediksi waktu, jumlah dan ketidakpastian arus kas di masa depan.

Manfaat Laporan Posisi Keuangan

» Bisa Mengetahui Pergerakan Aktiva Lancar (Current Assets)
» Bisa Mengetahui Pergerakan Aktiva Tetap (Fixed Assets)
» Bisa Mengetahui Pergerakan Aktiva Lain – Lain (Other Assets)
» Bisa Mengontrol Kewajiban Lancar (Current Liability)
» Bisa Mengontrol Kewajiban Jangaka Panjang (Long Term Liability)
» Bisa Mengontrol Modal (Equity) yang di setor dan modal lama yang ditahan

Laporan Arus Kas (statement of cash flows) - Ringkasan dari penerimaan dan pembayaran kas untuk periode tertentu, seperti satu bulan atau satu tahun. Berikut contoh akun yang terlibat dalam laporan arus kas sebagai berikut.

Keterkaintan Laporan Keuangan

Keterkaitan Laporan Keuangan adalah Ringkasan yang telah disebutkan sebelumnya, laporan keuanga disisipkan dengan urutan laporan laba rugi, laporan perubahan ekuitas, laporan posisi keuangan. Berikut contoh akun yang terlibat dalam keterkaitan laporan keuangan sebagai berikut.

Semua laporan keuangan perlu diidentifikasi dengan nama perusahaan atau  bisnis usaha, judul laporan keuangan, dan tanggal atau priodie waktu. Data yang disajikan dalam laporan laba rugi, dan laporan arus kas adalah untuk periode waktu tertentu. Keterkaitan laporan ini sangatlah penting untuk menganalisis laporan keuangan dan pengaruh transaksi dalam bisnis sebagai mana tambahan, keterkaitan ini dapat menjadi alat periksa apakah laporan keuangan telah dibuat dengann benar.

"Sebagai contoh, jika saldo akhir kas di laporan arus kas tidak sama dengan kas di laporan pisisi keuangan, berarti telah terjadi kesalahan"


 

Penulis : Rudi

Tags Artikel :

#Akuntansi Jasa

#Akuntansi Dagang

#Akuntansi Keuangan

#Akuntansi Management

#Analisis Transaksi

#Analisis Biaya

#Jurnal Umum

#Jurnal Umum Perusahaan Jasa

Artikel Terkait Lainnya

# Wirausaha

# Bisnis

# Keuangan

Cara Stock Opname Persediaan Degan Mudah

Stock opname adalah salah satu bentuk kegiatan perhitungan persediaan stok barang di gudang sebelum dijual dan juga dapat merapikan persediaan barang digudang.

Baca Selengkapnya

Admin

# Wirausaha

# Bisnis

Semangat Baru Untuk Meningkatkan Inovasi Wirausaha, Perusahan & Bisnis UKM

Salah satu tujuan utama dari inovasi adalah melakukan atau menciptakan sesuatu yang berbeda dari para kompetitor di bidang sama.

Baca Selengkapnya

Admin

# Keuangan

# Bisnis

# Wirausaha

Akuntansi Smart Bisnis UKM dan Perusahaan

Akuntansi adalah merupakan kegiatan mencatat, meringkas, mengklarifikasi, mengolah, dan menyajikan data transaksi.

Baca Selengkapnya

Admin

# Bisnis

# Wirausaha

Strategi Smart Bisnis Usaha UKM dan Perusahaan

Strategi Bisnis adalah suatu cara yang digunakan perusahaan untuk menghadapi persaingan di dalam dunia bisnisT bertujuan untuk, analisa, integrasi, dan implementasi.

Baca Selengkapnya

Admin

# Marketing

# Wirausaha

# Bisnis

Membangun Team Work Bisnis UKM dan Perusahaan Yang Solid

Team Work adalah kemampuan individu dalam melakukan kerjasama dengan baik untuk mencapai tujuan bersama di dalam tim yang saling percaya dan mendukung serta bertanggung jawab.

Baca Selengkapnya

Admin

# Wirausaha

Membangun Motivasi Diri Untuk Bisnis UKM dan Perusahaan

Motivasi adalah sesuatu alasan yang mendorong seseorang untuk melakukan, menyelesaikan, menghentikan suatu aktivitas guna mencapai tujuan tertentu yang diinginkan dari motivasi tersebut.

Baca Selengkapnya

Admin