Definisi Desain Pro Skill Harus Tahu Ini

Coba Anda bayangkan, apa yang Anda lakukan sebelum mendesain ???  

Sudah !!!???

Sudah-sudah !!!??? dari pada Anda berpikir mendingan yuk simak artikel tentang Desain Secara Umum dulu. Bagaimana cara mengembangkan dasar-dasar pola pikir kreatif dan menciptakan hal-hal baru dengan Desain dapat menghasilkan ragam produk mulai dari benda fisik atau benda pakai seperti baju, peralatan rumah tangga, kriya, ukiran kayu, lukisan dll. Desain juga memiliki kelompok yang berbeda seperti Desain Grafis, Desain Produk, Desai Interior, dan Desain Arsitektur. berikut penjelasan lengkapnya disini.

Desain

Sebagai kata kerja, "desain" memiliki arti "proses untuk membuat dan menciptakan objek baru". Sebagai kata benda, "desain" digunakan untuk menyebut hasil akhir dari sebuah proses kreatif, baik itu berwujud sebuah rencana, proposal, atau berbentuk benda nyata.

Fungsi Desain

Adapun fungsi dari desain adalah sebagai berikut:

  • Merupakan sebuah proses untuk membuat atau menciptakan obyek baru.
  • Merupakan sebuah alat untuk mengkomunikasikan suatu karya cipta baru seorang desainer kepada masyarakat umum.
  • Merupakan sebuah wadah untuk menampilkan objek-objek kepada masyarakat dengan suatu gambaran ataupun nyata
  • Merupakan sebuah ilmu pengetahuan dan wawasan kepada manusia, supaya bisa mengerti bentuk dalam bentuk penggambaran bidang, ruang, susunan, konfigurasi, komposisi, nilai dan sebagainya.

Tujuan Desain

Menurut berbagai teori mengenai desain, terdapat beberapa tujuan yang hendak dicapai dari pembuatan desain.

Beberapa tujuan itu diantaranya adalah sebagai berikut:

  • Desain memiliki tujuan untuk menyesuaikan antara hasil desain dengan manusia sebagai penggunanya dengan menyadari tentang kelebihan keterbatasan dan juga kemampuan yang dimilikinya.
  • Desain yang dipadu padankan dengan unsur-unsur seni dan teknologi yang bertujuan untuk meraih keamanan, kenyamanan dan keindahan
  • Desain dibuat dengan bertujuan supaya bisa meningkatkan efisiensi, produktivitas dan kualitas hidup manusia.
  • Desain struktur yang berwujud dari sebuah benda yang terdiri dari unsur-unsur desain antara susunana garis, bentuk, ukuran, warna tekstur dan nilai gelap terangnya.
  • Desain hiasan yang memiliki tujuan untuk menghias desain struktur sebuah benda atau busana.

Manfaat Desain

Terdapat manfaat desain dalam kehidupan sehari-hari yakni:

  • Mempercepat Proses Pekerjaan
    Sebuah pekerjaan akan bisa dipersingkat dengan memakai desain grafis, contoh sebuah proposal yang harus memaparkan setiap detail perusahaan tetapi dengan memakai desain grafis maka akan lebih dipersingkat dengan membuatnya dalam bentuk gambar atau kurva.
  • Dapat Menyampaikan Pesan Dalam Bentuk Grafis
    Untuk membuat pesan berupa suatu karya seni desain grafis tidaklah mudah, hal ini bisa dilakukan dengan mengikuti kursus desain grafis yang terpercaya agar pesan yang dibuat bisa tersampaikan kepada masyarakat.
  • Menjadi Tempat Pengungkapan Perasaan
    Setiap orang pasti mempunyai perasaan yang terkadang sulit untuk diungkapkan, sesudah belajar desain grafis di dumet school dengan suatu aplikasi photoshop atau adobe lainya bisa mengungkapkan perasaan dalam bentuk grafis.
  • Memberikan Hasil Gambar Yang Lebih Menarik Dan Indah
    Gambar yang dihasilkan dengan baik melalui jepretan kamera maupun karya tangan tidak selalu menghasilkan gambar yang diinginkan, dengan sentuhan desain grafis gambar tersebut akan lebih menarik dan indah di lihat.
  • Dapat Menghasillkan Uang
    Dengan suatu hasil desain yang sudah dibuat akan mempunyai nilai yang berharga, bayangkan saja logo-logo perusahaan yang dibuat dari aplikasi desain bukan sekedar bernilai ratusan ribu saja, bahkan ada yang nilainya milyaran.

Bukan hanya memahami mengenai pengertian desain saja, Anda juga harus mengerti apa saja metode di dalam menciptakan sebuah desain. Metode desain ini adalah cara-cara yang dilakukan seorang desainer di dalam menciptakan suatu objek desainnya.

Metode Desain

Terdapat beberapa metode yang kemudian bisa atau dapat dilakukan yaitu :

  1. Explosing - Ini merupakan metode desain dengan cara mencari inspirasi dengan melalui pemikiran yang kritis untuk menghasilkan suatu desain yang tentu belum pernah ada sebelumnya.
  2. Trendspotting - Ini merupakan suatu metode desain dengan cara membuat suatu desain dengan berdasarkan tren yang sedang berkembang saat itu.
  3. Phototyping - Ini merupakan metode desain dengan cara memodifikasi atau juga memperbaiki desain nenek moyang yang telah atau sudah diwariskan.
  4. Managing - Ini merupakan suatu desain dengan cara menciptakan desain dengan secara berkelanjutan serta terus-menerus.
  5. Refreding - Ini merupakan suatu metode desain dengan cara mengolah kembali sebuah desain yang sudah atau telah ada supaya menjadi sesuatu yang berbeda serta juga lebih baik dari sebelumnya.

Desain juga digunakan untuk membuat hal yang lebih psikis seperti menghasilkan kenyamanan visual pada tampilan antarmuka website, aplikasi ponsel, dsb. Karena banyaknya arti luas, maka desain dapat dikelompokkan ke beberapa cabang ilmunya masing-masing.

Berikut adalah pembagian beberapa kelompok desain yaitu :

1. Desain Grafis

Desain grafis atau rancang grafis adalah proses komunikasi menggunakan elemen visual, seperti tipografi, fotografi, serta ilustrasi yang dimaksudkan untuk menciptakan persepsi akan suatu pesan yang disampaikan.

2. Desain Produk

Desain produk menggambarkan proses membayangkan, menciptakan, dan mengulangi produk yang memecahkan masalah pengguna atau memenuhi kebutuhan spesifik di pasar tertentu. Kunci dari desain produk yang sukses adalah pemahaman tentang pelanggan pengguna akhir, target kenapa produk tersebut dibuat.

3. Desain Interior

Desain interior adalah proses penyusunan dan penciptaan elemen-elemen interior agar menjadi suatu kesatuan yang saling berkaitan untuk mencapai tujuan tertentu pada aspek estetis, keamanan dan kenyamanan ruangan.

4. Desain Arsitektur

Desain arsitektur adalah seni yang dilakukan oleh setiap individu untuk menyatakan imajinasi dan ilmu mereka ke dalam suatu rancangan bangunan. Dalam artian yang lebih luas, arsitektur mencakup perancangan dan pembangunan di suatu lingkungan.

Apakah Anda sudah selesai membaca ? apa masih mau tau lagi ? yuk cari tau Novalio
Silahkan Anda pikirkan sekarang apa yang Anda inginkan lakukan untuk menambah dan mengasah bakat Anda menjadi Desainer !!!

Kesimpulan

Demikianlah penjelasan sederhana tentang Desain mulai dari pengertian, fungsi, tujuan, manfaat, metode Desain, dan kelompok Desain dll. Masih banyak lagi tentang desain ini, karena makna keahlian Desain sangat luas dan masih banyak lagi arti dari Desain ini.

Semoga Artikel ini bermanfaat bagi anda yang telah membaca atau melihat. 

 

Penulis : Adinata

Tags Artikel :

#Akuntansi Dagang

Artikel Terkait Lainnya

# Wirausaha

# Bisnis

Semangat Baru Untuk Meningkatkan Inovasi Wirausaha, Perusahan & Bisnis UKM

Salah satu tujuan utama dari inovasi adalah melakukan atau menciptakan sesuatu yang berbeda dari para kompetitor di bidang sama.

Baca Selengkapnya

Admin

# Bisnis

# Wirausaha

Strategi Smart Bisnis Usaha UKM dan Perusahaan

Strategi Bisnis adalah suatu cara yang digunakan perusahaan untuk menghadapi persaingan di dalam dunia bisnisT bertujuan untuk, analisa, integrasi, dan implementasi.

Baca Selengkapnya

Admin

# Marketing

# Wirausaha

# Bisnis

Membangun Team Work Bisnis UKM dan Perusahaan Yang Solid

Team Work adalah kemampuan individu dalam melakukan kerjasama dengan baik untuk mencapai tujuan bersama di dalam tim yang saling percaya dan mendukung serta bertanggung jawab.

Baca Selengkapnya

Admin

# Wirausaha

Membangun Motivasi Diri Untuk Bisnis UKM dan Perusahaan

Motivasi adalah sesuatu alasan yang mendorong seseorang untuk melakukan, menyelesaikan, menghentikan suatu aktivitas guna mencapai tujuan tertentu yang diinginkan dari motivasi tersebut.

Baca Selengkapnya

Admin

# Bisnis

# Wirausaha

Skill Smart Menjadi Leadership Bisnis UKM dan Perusahaan

Leadership adalah salah satu fungsi manajemen untuk mempengaruhi, mengarahkan memotivasi dan mengawasi orang lain untuk menyelesaikan tugas-tugas yang telah direncanakan untuk mencapai tujuan dan sasaran organisasi.

Baca Selengkapnya

Admin

# Wirausaha

# Bisnis

# Keuangan

Cara Stock Opname Persediaan Degan Mudah

Stock opname adalah salah satu bentuk kegiatan perhitungan persediaan stok barang di gudang sebelum dijual dan juga dapat merapikan persediaan barang digudang.

Baca Selengkapnya

Admin