Mau Menjadi SEO? Handal Harus Tahu Ini

Mau Menjadi SEO? Handal Harus Tahu Ini

 

Search Engine Optimization (SEO) merupakan suatu teknik untuk optimasi dan memaksimalkan nilai relevan halaman website agar meningkatnya ranking kata kunci yang diiringi dengan meningkatnya pengunjung dari Search Engine Google.

SEO adalah singkatan dari “search engine optimization” (pengoptimalan mesin telusur) atau “search engine optimizer”. Penggunaan jasa SEO adalah keputusan besar yang dapat meningkatkan peringkat situs Anda dan menghemat waktu, tapi juga berisiko tinggi terhadap situs dan reputasi.

SEO dilakukan melalui proses yang sistematis (analisa, implementasi, report) yang artinya melakukan Teknik SEO yang masuk dalam kategori Blackhat SEO / Whitehat SEO / Greyhat SEO.

  • Blackhat SEO: Teknik yang digunakan untuk melakukan SEO dengan cara negative yaitu melakukan link farming, keyword stuffing, cloaking page doorway, invisible text, iteration title.
  • White SEO: Teknik yang digunakan untuk melakukan SEO dengan cara positif yaitu direkomendasikan oleh mesin pencari.
  • Gray Hat SEO: Merupakan teknik gabungan dari Blackhat SEO dan White SEO.

Tujuan dari SEO

SEO bertujuan untuk menempatkan sebuah situs pada posisi teratas pada sebuah mesin pencari berdasarkan kata kunci tertentu. Dengan demikian bila suatu situs atau blog berada posisi teratas dalam hasil pencarian maka memiliki peluang yang besar untuk didatangi pengunjung. Sebagai contoh saat anda mengetik pada mesin pencariaan misalnya Google, biasanya yang pertama kali anda liat dan anda kunjungi pasti hasil pencarian yang teratas atau paling tidak urutan nomor dua atau ke tiga dari pencarian. Maka dari itu yang empunyai blog dengan list postnya berada diantara tiga teratas hasil pencarian akan memiliki peluang besar untuk dikunjungi.

Fungsi SEO

Fungsi SEO bertujuan untuk menempatkan sebuah situs pada posisi teratas pada sebuah mesin pencari berdasarkan kata kunci tertentu. Dengan demikian bila suatu situs atau blog berada posisi teratas dalam hasil pencarian maka memiliki peluang yang besar untuk didatangi pengunjung.

  • Menaikan ranking sebuah website agar selalu terindeks pada search engine sehingga dapat tampil dapa halaman utama.
  • Mendatangkan pengunjung ke website melalui search engine.
  • Membantu menaikkan target penjualan.
  • Meminimalkan biaya pemasaran.

Manfaat SEO

  • Dengan cara optimasi SEO yang baik, maka web atau blog anda akan menduduki peringkat pertama pada mesin pencarian.
  • Jika anda seorang internet marketing, maka bisnis anda sangat berpeluang mraih kesuksesan.
  • Jika pengunjung website atau blog sudah banyak secara tidak langsung akan berpengaruh pada penghasilan anda yang berasal dari web atau blog.

Cara Kerja SEO

  • Crawling atau Perayapan adalah suatu proses mengambil semua halaman web yang terhubung pada situs web tersebut. Tugas ini dilakukan oleh perangkat lunak yang disebut crawler/spider atau Googlebot dalam mesin pencarian Google.
  • Indexing merupakan proses pembuatan indeks untuk semua halaman web yang telah diambil dan disimpan ke dalam database mesin pencari. Pada dasarnya, proses pengindeksan adalah identifikasi dari kata-kata dan tulisan atau deskripsi yang menjadikan halaman tersebut masuk dalam database mesin pencari dengan kata kunci tertentu.
  • Processing Ketika mesin pencarian menerima request dari user sebagai contoh dengan mengetikkan kata kunci “cara kerja seo” pada mesin pencari, maka mesin pencari tersebut melakukan proses dengan membandingkan kata kunci “cara kerja seo” kedalam request pencarian dengan halaman lainnya dari berbagai situs web yang telah terindeks pada database mesin pencari.
  • Calculating Relevancy Dalam satu halaman web pastinya memiliki jumlah lebih dari kata kunci yang diinputkan ke dalam mesin pencari contoh pada kata kunci “pengertian seo”, sehingga mesin pencari melakukan proses dengan menghitung relevansi dari setiap halaman yang telah terindeks untuk setiap kata kunci yang diterima.
  • Retrieving Result Langkah terakhir dalam sistem mesin pencarian adalah mengambil hasil yang sangat relevan dari kata kunci yang telah di proses sebelumnya lalu menampilkan ke dalam daftar hasil mesin pencarian yang ada di browser.

Setiap bulannya, mesin pencarian seperti Google dan Yahoo! sering melakukan pembaharuan terhadap puluhan algoritma yang berhubungan dengan teknik relevansi dalam menampilkan hasil pencarian. Hal itu dilakukan agar hasil pencarian yang ditampilkan benar-benar menampilkan hasil yang tepat dan sesuai dengan kata kunci yang diinputkan.

You might also like