Mau Profit UKM ? Cara Smart Menghitung Profit UKM dan Perusahaan
Kebanyakan UKM gagal karena tidak menerapkan konsep pengelolaan keuangan yang baik. Salah satunya yang sering diabaikan adalah menghitung berapa keuntungan atau profit yang sebenarnya didapatkan. Padahal dengan mengetahui profit, UKM bisa tahu seberapa sehat keuanganya. Strategi untuk meningkatkan keuntungan pun bisa dilakukan setelah mengetahui profit yang didapat. Selain itu, juga menjadi bekal ketika mengenalkan […]
Skill Smart Menjadi Leadership Bisnis UKM dan Perusahaan
Leadership adalah salah satu fungsi manajemen untuk mempengaruhi, mengarahkan memotivasi dan mengawasi orang lain untuk menyelesaikan tugas-tugas yang telah direncanakan untuk mencapai tujuan dan sasaran organisasi. keterampilan Leadership akan sangat mempengaruhi kinerja organisasi, khususnya dalam hal mencapai tujuan organisasi. Unsur-unsur Leadership Leadership atau kepemimpinan memiliki tiga unsur utama, yaitu: Pengikut/followership – Adanya kepemimpinan ini […]
Standar Akuntansi Keuangan di Indonesia
Standar Akuntansi Keuangan (SAK) Standar Akuntansi Keuangan di Indonesia adalah (PSAK) Pernyataan Standar Akuntansi Keuangan dan (ISAK) Insterpretasi Standar Akuntansi Keuangan yang diterbitkan oleh pemimpin (DSAK IAI) Dewan Standar Ikatan Akuntansi Indonesia dan pemimpin (DSAS IAI) Dewan Standar Syariah Ikatan Akuntansi Indonesia serta rangkaian regulasi peraturan pasar modal untuk entitas yang berada dibawah pengawasannya. Standar […]
Strategi Smart Usaha Mencapai Keuntungan Sesuai Harapan
Menjalankan sebuah bisnis, menyusun strategi bisnis itu hal penting yang diperlukan serta dilakukan sejak awal. Strategi bisnis adalah upaya perusahaan dalam mengambil kebijakan dan pedoman yang memiliki komitmen dan tindakan yang terintegrasi serta dirancang untuk membangun keunggulan dalam persaingan bisnis untuk memenuhi dan mencapai tujuan bisnis. Dengan adanya strategi bisnis, perusahaan mampu menentukan arah […]
Membangun Motivasi Diri Untuk Bisnis UKM dan Perusahaan
Motivasi berasal dari bahasa Latin “movere“, yang berarti menggerakkan. Menurut Weiner (1990) motivasi didefenisikan sebagai kondisi internal yang membangkitkan kita untuk bertindak, mendorong kita mencapai tujuan tertentu, dan membuat kita tetap tertarik dalam kegiatan tertentu. Menurut Uno (2007) motivasi didefenisikan sebagai dorongan internal dan eksternal dalam diri seseorang yang diindikasikan dengan adanya hasrat dan […]
Membangun Team Work Bisnis UKM dan Perusahaan Yang Solid
Bahwa membangun sebuah bisnis, sama halnya dengan membangun rumah. Untuk membangun rumah yang kokoh dibutuhkan pondasi bangunan yang kuat serta tiang-tiang yang tegak. Begitu pula dalam membangun bisnis, dibutuhkan visi yang kuat sebagai pondasi dasar dan team wrok yang solid sebagai tiang penyangga untuk mencapai kesuksesan bisnis yang telah ditargetkannya. Tidak bisa dipungkiri bila keberadaan […]
Strategi Smart Bisnis Usaha UKM dan Perusahaan
Strategi adalah aksi potensial yang membutuhkan keputusan manajemen puncak dan sumber daya perusahaan dalam jumlah besar. Jadi strategi adalah sebuah tindakan aksi atau kegiatan yang dilakukan oleh seseorang atau perusahaan untuk mencapai sasaran atau tujuan yang telah di tetapkan. Itulah mengapa para ahli mendefinisikan strategi bisnis yang baik adalah rencana aksi jangka panjang yang dirancang untuk […]
Akuntansi Smart Bisnis UKM dan Perusahaan
Seiring dengan berkembangnya teknologi dan dunia bisnis, maka kebutuhan akan tenaga professional akuntan yang juga memiliki kompetensi dalam pengembangan bisnis juga meningkat. Hal ini merupakan upgrade dari akuntansi konvensional. Menjadi seorang akuntan tidak hanya mampu mengolah dan mengelolah informasi keuangan saja, tetapi juga dapat berkontribusi dalam kegiatan strategi organisasi atau perusahaan. Peran seorang akuntan lebih […]
Semangat Baru Untuk Meningkatkan Inovasi Wirausaha, Perusahan & Bisnis UKM
Inovasi atau Reka baru (Innovation) dapat diartikan sebagai proses dan atau hasil pengembangan pemanfaatan mobilisasi pengetahuan, keterampilan (termasuk keterampilan teknologis) dan pengalaman untuk menciptakan atau memperbaiki produk (barang dan jasa), proses dan system yang baru, yang memberikan nilai yang berarti atau secara signifikan diartikan sebagai sesuatu yang penting dan tidak bisa lepas dari hal lain (terutama ekonomi dan social). Setiap […]
Cara Stock Opname Persediaan Degan Mudah
Definis Stock Opname Persediaan Tentunya tidak asing lagi mendengar namanya Stock Opname Persediaan, terutama orang yang bekerja di Indomaret, Alfamart, Minimarket, Apotik, Warung kelontong dan sebagainya. Stock Opname Persediaan merupakan salah satu kegiatan menghitung kembali persediaan stock barang sebelum dijual. Apa itu Stock Opname? Stock Opname adalah penghitungan kembali persediaan barang yang di gudang atau […]