Pengertian Akun Beban Pemasaran Pada Bisnis UKM

BEBAN PEMASARAN

Pengertian Akun Beban Pemasaran Pada Bisnis UKM

DEFINISI BEBAN PEMASARAN

Dalam arti sempit beban pemasaran hanya meliputi biaya-biaya yang dikeluarkan untuk menjual produk ke pasar.

Akun Beban Pemasaran ini digunakan untuk menampung semua beban yang dikeluarkan oleh perusahaan dagang untuk mendistribusikan barang-barang dagangnya hingga sampai ke tangan konsumen. Contohnya: Gaji staf admin penjualan. Biaya pemasaran produk merupakan biaya untuk melaksanakan kegiatan pemasaran produk meliputi biaya iklan, biaya promosi, biaya angkut penjualan, gaji bagian pemasaran, dan lain sebagainya.

Pengertian Akun Beban Pemasaran Pada Bisnis UKM

PENGERTIAN BEBAN PEMASARAN

Beban Pemasaran atau biaya penjualan adalah biaya yang dikeluarkan apabila produk selesai dan siap dipasarkan ke konsumen. Dengan adanya marketing proses ini akan mempercepat perpindahan barang dan jasa dari produsen ke konsumen, yaitu semua yang berkaitan dengan iklan, distribusi, perdagangan, rencana produk, promosi penjualan, publisitas, penelitian dan pengembangan, penjualan, pengangkutan, serta penyimpanan barang, dan jasa dll.

Pengertian Akun Beban Pemasaran Pada Bisnis UKM

FUNGSI BEBAN PEMASARAN

Biaya pemasaran dalam operasi sehari-hari perusahaan memiliki fungsi yang bermacam-macam, tergantung dari sifat usaha dari perusahaan itu sendiri, ukuran serta metode operasi. Diantaranya adalah membantu meningkatkan kemampuan perusahaan untuk mendapatkan pendapatan terus pada periode mendatang dan memberi nilai tambah bagi perusahaan. Setiap fungsi merupakan unit dimana aktivitas dapat dihubungkan dengan bagian khusus dari biaya pemasaran.

Pengertian Akun Beban Pemasaran Pada Bisnis UKM

PENGGOLONGAN BIAYA PEMASARAN

Penggolongan Biaya Pemasaran Terbagi 2 bagian yaitu;

1. Biaya untuk mendapatkan pesanan (Order Getting Costs). Yaitu semua dikeluarkan dalam usaha untuk memperoleh pesanan. Contoh biaya yang termasuk dalam golongan ini adalah biaya wiraniaga (Salesperson),komisi penjualan, advertensi, dan promosi

2. Biaya untuk memenuhi pesanan ( order filling costs). Yaitu semua biaya yang dikeluarkan untuk mengusahakan agar supaya produk sampai ke tangan pembeli dan biaya-biaya untuk mengumpulkan piutang dari pembeli. Contoh biaya yang termasuk dalam golongan ini adalah biaya pergudangan, biaya pembungkusan dan pengiriman, biaya angkutan, dan biaya penagihan.

PROSES PERSIAPAN PEMASARAN

Proses Persiapan Pemasaran Terbagi 4 Langkah yaitu;

1 Penyimpanan produk di gudang

2 Penjualan

3 Packaging dan pengiriman

4 Pencatatan transaksi penjualan.

Dengan demikian, dalam arti luas, biaya pemasaran adalah tidak hanya meliputi biaya penjualan. Tapi termasuk di dalamnya biaya advertensi, biaya pergudangan, biaya packaging dan pengiriman, biaya kredit dan penagihan, dan biaya akuntansi pemasaran. Dan dalam pembahasan ini, pengertian biaya marketing yang dipakai adalah dalam arti luas.

Pengertian Akun Beban Pemasaran Pada Bisnis UKM

KARAKTERISTIK BIAYA PEMASARAN

Karakteristik Biaya Pemasaran 4 Jenis yaitu;

1. Aktivitas Beragam

2. Perubahan Cepat

3. Berhadapan Dengan Konsumen

4. Jenis Biaya

Biaya pemasaran memiliki karakteristik yang berbeda dengan biaya produksi. Berikut ini penjelasan tentang beberapa jenis karakteristik biaya pemasaran pada bisnis ukm yaitu;

1. Aktivitas Beragam

Pengertian Akun Beban Pemasaran Pada Bisnis UKM

Banyak ragam kegiatan pemasaran ditempuh oleh perusahaan dalam memasarkan produknya, sehingga perusahaan yang sejenis produknya, belum tentu menempuh cara pemasaran yang sama. Hal ini sangat berlainan dengan aktivitas produksi, dalam memproduksi produk, pada umumnya digunakan bahan baku, mesin dan cara produksi yang sama dari waktu ke waktu. Hal ini memungkinkan diadakannya pembandingan biaya produksi antara perusahaan yang sejenis. Berbeda halnya dengan kegiatan pemasaran produk, yang sangat bervariasi meskipun dalam perusahaan yang sejenis. Sehingga relatif sulit diadakan perbandingan biaya marketing antara perusahaan yang satu dengan yang lain.

2. Perubahan Cepat

Pengertian Akun Beban Pemasaran Pada Bisnis UKM

Kegiatan pemasaran seringkali mengalami perubahan sesuai dengan tuntutan perubahan kondisi pasar. Di samping terdapat berbagai macam metode pemasaran, seringkali terjadi perubahan metode pemasaran untuk menyesuaikan perubahan kondisi pasar. Karena kebutuhan perubahan konsumen yang menghendaki pelayanan cepat, maka suatu perusahaan mungkin akan mengganti saluran distribusi bisnis yang selama ini digunakan. Begitu juga kegiatan perusahaan pesaing akan mempunyai pengaruh terhadap metode pemasaran yang digunakan oleh suatu perusahaan. Sehingga metode pemasaran produk sangat bersifat fleksibel. Hal ini menimbulkan masalah dan interpretasi biaya pemasaran.

3. Berhadapan Dengan Konsumen

Pengertian Akun Beban Pemasaran Pada Bisnis UKM

Kegiatan pemasaran berhadapan dengan konsumen yang merupakan variabel yang tidak dapat dikendalikan oleh perusahaan. Manajemen perusahaan dapat mengendalikan biaya tenaga kerja, biaya bahan baku, jam kerja dan jumlah mesin yang digunakan. Tapi tidak seorang pun dapat mengatakan apa yang akan dilakukan oleh konsumen. Dalam kegiatan produksi, efisiensi diukur dengan melihat jumlah biaya yang dapat dihemat untuk setiap satuan produk yang diproduksi. Sebaliknya dalam kegiatan pemasaran distribusi kenaikan volume penjualan adalah ukuran efisiensi. Meskipun tidak setiap kenaikan volume penjualan diikuti dengan kenaikan laba.

4. Jenis Biaya

Pengertian Akun Beban Pemasaran Pada Bisnis UKM

Dalam biaya pemasaran terdapat biaya tidak langsung dan biaya bersama (joint costs) yang lebih sulit pemecahannya, bila dibandingkan dengan yang terdapat dalam biaya produksi. Jika suatu perusahaan menjual berbagai macam produk dengan cara distribusi yang berbeda-beda di berbagai daerah pemasaran, maka akan menimbulkan masalah biaya bersama yang kompleks.

Pengertian Akun Beban Pemasaran Pada Bisnis UKM

MENGHITUNG BIAYA PEMASARAN

Cara Mengetahui Biaya Pemasaran

Langkah-langkah Yang Harus Dilakukan Untuk Mengetahui Biaya Pemasaran;

1. Lihat Semua Pengeluaran Bahan

Perusahaan manufaktur pertama-tama menentukan berapa banyak bahan langsung yang digunakan untuk memproduksi barang untuk dijual. Pengecer menentukan berapa biaya untuk membeli produk untuk dijual kembali dan termasuk biaya titik pengiriman FOB.

2. Lihat Semua Pengeluaran Tenaga Kerja

Perusahaan harus memasukkan semua gaji, komisi, dan bonus yang dibayarkan kepada karyawan yang bertanggung jawab  langsung untuk menjual produk dan mengirimkannya ke pelanggan.

3. Catat Semua Penjualan

Perusahaan harus melacak semua penjualan yang mereka lakukan selama periode tertentu untuk memastikan pelaporan keuangan yang akurat.

4. Hitung Penjualan Bersih

Jika ada pengembalian, perusahaan harus menguranginya dari jumlah total penjualan untuk menghitung penjualan bersih.

5. Bandingkan Biaya Penjualan Dengan Penjualan Bersih

Bisnis mengurangi jumlah dolar dari biaya penjualan dari penjualan bersihnya untuk menemukan margin laba kotornya.

Menurut Kamus Bisnis dan Bank Pengertian Lain yang berhubungan dengan "Beban Pemasaran"

Pengertian Akun Beban Pemasaran Pada Bisnis UKM

1. AUDIT PEMASARAN

Audit Pemasaran adalah marketing audit yaitu evaluasi atas operasi pemasaran suatu perusahaan untuk menemukan kemungkinan memperbaiki efektivitas kegiatan pemasaran.

2. PERANTARA PEMASARAN

Perantara Pemasaran adalah middleman yaitu perantara yang menghubungkan produsen dan konsumen, atau pedagang besar dan konsumen; seringkali perantara tersebut mengambil risiko besar dengan memesan dan menyimpan barang sebelum mereka memperoleh kontrak penjualan, biasanya mereka membeli dengan jumlah besar dan menjual secara eceran; mereka juga menyetujui biaya distribusi dan laba antara harga pembelian dan penjualan, biasanya sampai dengan 5 %.

3. RISET PEMASARAN

Riset Pemasaran adalah marketing research yaitu proses mengumpulkan, mencatat, menganalisis data tentang potensi pasar, produk, atau jasa perbankan

4. SALURAN PEMASARAN

Saluran Pemasaran adalah marketing channels yaitu orang atau badan yang menjadi penghubung dalam proses pengalihan, pemilikan, dan penyampaian barang dari produsen kepada konsumen.

5. STRATEGI PEMASARAN

Strategi Pemasaran adalah marketing strategy yaitu penetapan kebijakan pemasaran dengan mengendalikan faktor yang dapat dikuasai serta faktor di luar kekuasan perusahaan untuk mencapai tujuan perusahaan melalui pemuasan konsumen. Lihat pula merek perusahaan

6. AKUN BIAYA

Akun Biaya adalah cost accounting yaitu cabang ilmu akuntansi yang berhubungan dengan metode dan sistem pencatatan / catatan (informasi) biaya langsung dan tidak langsung yang timbul dari jasa layanan bank pada berbagai unit dalam bank tersebut; perakunan biaya juga mencatat seluruh pengeluaran yang meliputi berbagai jenis biaya, seperti biaya overhead yang mencakup sewa gedung, peralatan dan biaya penunjang administrasi, gaji pimpinan, biaya pemasaran termasuk pemasangan iklan dan promosi penjualan.

7. ANALIS KREDIT

Analis Kredit adalah credit analyst yaitu orang yang menganalisis permohonan kredit dari berbagai aspek yang terkait untuk melakukan penilaian kelayakan usaha yang akan dibiayai dengan kredit; analisis tersebut meliputi, antara lain, aspek hukum, lingkungan, keuangan, pemasaran, produksi, manajemen, ekonomi, dan tersedianya jaminan yang cukup.

8. BAGIAN KREDIT

Bagian Kredit adalah credit deportment yaitu bagian pada bank yang melakukan evaluasi kondisi usaha pemohon kredit, misalnya aspek keuangan, pemasaran, produksi, dan jaminan; bagian ini juga menatalaksanakan pembayaran kredit yang telah diberikan.

9. DUMPING

Dumping adalah penjualan barang secara besar-besaran di daerah pemasaran lain, biasanya di luar negeri dengan harga lebih rendah jika dibandingkan dengan harga penjualan di dalam negeri

Jenis-jenis Beban Pemasaran Yang Dikeluarkan Oleh Perusahaan

Pengertian Akun Beban Pemasaran Pada Bisnis UKM

Beban Pemasaran digunakan untuk menampung keseluruhan beban yang dikeluarkan oleh perusahaan untuk menjual dan mendistribusikan barang hingga sampai ke tangan konsumen. berikut ini adalah beberapa jenis beban yang dikeluarkan oleh perusahaan yaitu;
 
01. Gaji staf administrasi penjualan.
02. Gaji dan komisi wiraniaga.
03. Gaji manajer pemasaran
04. Beban iklan
05. Beban pelatihan wiraniaga.
06. Beban telepon kantor pemasaran
07. Beban listrik kantor pemasaran
08. Beban depresiasi kantor pemasaran.
09. Beban depresiasi kendaraan pemasaran.
10. Beban alat tulis dan cetak kantor pemasaran
11. Beban korespondensi
12. Beban angkut
13. Contoh barang gratis
14. Beban gudang
15. Beban pengepakan dan pengiriman
16. Beban penagihan
17. Macam-macam Beban pemasaran

Itulah beberapa jenis beban yang dikeluarkan perusahaan untuk menjual dan mendistribusikan barang hingga sampai ke tangan konsumen.

KESIMPULAN

Pengertian Akun Beban Pemasaran Pada Bisnis UKM

Perusahaan dapat meningkatkan beban pemasaran sebagai salah satu strategi untuk meningkatkan profitabilitas perusahaan. Untuk menyajikan informasi biaya bagi kepentingan manajemen, akuntansi biaya menggolongkan biaya marketing menurut kegiatan pokok pemasaran dan fungsi pemasaran, pergudangan, advertensi (iklan/promosi), penjualan, pembungkusan dan pengiriman, kredit dan penagihan, serta fungsi akuntansi pemasaran yang sangat penting untuk mendorong profitabilitas suatu perusahaan.

Demikianlah pembahasan tentang Pengertian Akun Beban Pemasaran Pada Bisnis UKM. Terima Kasih telah berkunjung, semoga apa yang anda simak di artikel ini dapat menambah wawasan dan juga pengetahuan yang lebih bermanfaat. 🙏"Terima Kasih"🙏

Pengertian Akun Beban Pemasaran Pada Bisnis UKM

Baca Juga Kelompok Akun Khusus Pada Perusahaan Dagang Bisnis UKM »

Penulis : Rudi

Tags Artikel :

#Akuntansi Jasa

#Akuntansi Dagang

#Akuntansi Management

#Analisis Transaksi

#Akuntansi Keuangan

#Akuntansi Usaha Jasa

#Akuntansi Usaha Dagang

#Transaksi

#Analisis

#Analisis Biaya

#Accounting

#Perorangan

#Perusahaan

#Perusahaan Jasa

#Perusahaan Dagang

#Biaya

#Beban

Artikel Terkait Lainnya

# Wirausaha

# Bisnis

# Keuangan

Cara Stock Opname Persediaan Degan Mudah

Stock opname adalah salah satu bentuk kegiatan perhitungan persediaan stok barang di gudang sebelum dijual dan juga dapat merapikan persediaan barang digudang.

Baca Selengkapnya

Admin

# Wirausaha

# Bisnis

Semangat Baru Untuk Meningkatkan Inovasi Wirausaha, Perusahan & Bisnis UKM

Salah satu tujuan utama dari inovasi adalah melakukan atau menciptakan sesuatu yang berbeda dari para kompetitor di bidang sama.

Baca Selengkapnya

Admin

# Keuangan

# Bisnis

# Wirausaha

Akuntansi Smart Bisnis UKM dan Perusahaan

Akuntansi adalah merupakan kegiatan mencatat, meringkas, mengklarifikasi, mengolah, dan menyajikan data transaksi.

Baca Selengkapnya

Admin

# Bisnis

# Wirausaha

Strategi Smart Bisnis Usaha UKM dan Perusahaan

Strategi Bisnis adalah suatu cara yang digunakan perusahaan untuk menghadapi persaingan di dalam dunia bisnisT bertujuan untuk, analisa, integrasi, dan implementasi.

Baca Selengkapnya

Admin

# Marketing

# Wirausaha

# Bisnis

Membangun Team Work Bisnis UKM dan Perusahaan Yang Solid

Team Work adalah kemampuan individu dalam melakukan kerjasama dengan baik untuk mencapai tujuan bersama di dalam tim yang saling percaya dan mendukung serta bertanggung jawab.

Baca Selengkapnya

Admin

# Wirausaha

Membangun Motivasi Diri Untuk Bisnis UKM dan Perusahaan

Motivasi adalah sesuatu alasan yang mendorong seseorang untuk melakukan, menyelesaikan, menghentikan suatu aktivitas guna mencapai tujuan tertentu yang diinginkan dari motivasi tersebut.

Baca Selengkapnya

Admin