Pengertian Akun Beban Pemasaran Pada Bisnis UKM
BEBAN PEMASARAN
DEFINISI BEBAN PEMASARAN
Dalam arti sempit beban pemasaran hanya meliputi biaya-biaya yang dikeluarkan untuk menjual produk ke pasar.
Akun Beban Pemasaran ini digunakan untuk menampung semua beban yang dikeluarkan oleh perusahaan dagang untuk mendistribusikan barang-barang dagangnya hingga sampai ke tangan konsumen. Contohnya: Gaji staf admin penjualan. Biaya pemasaran produk merupakan biaya untuk melaksanakan kegiatan pemasaran produk meliputi biaya iklan, biaya promosi, biaya angkut penjualan, gaji bagian pemasaran, dan lain sebagainya.
PENGERTIAN BEBAN PEMASARAN
FUNGSI BEBAN PEMASARAN
Biaya pemasaran dalam operasi sehari-hari perusahaan memiliki fungsi yang bermacam-macam, tergantung dari sifat usaha dari perusahaan itu sendiri, ukuran serta metode operasi. Diantaranya adalah membantu meningkatkan kemampuan perusahaan untuk mendapatkan pendapatan terus pada periode mendatang dan memberi nilai tambah bagi perusahaan. Setiap fungsi merupakan unit dimana aktivitas dapat dihubungkan dengan bagian khusus dari biaya pemasaran.
PENGGOLONGAN BIAYA PEMASARAN
Penggolongan Biaya Pemasaran Terbagi 2 bagian yaitu;
1. Biaya untuk mendapatkan pesanan (Order Getting Costs). Yaitu semua dikeluarkan dalam usaha untuk memperoleh pesanan. Contoh biaya yang termasuk dalam golongan ini adalah biaya wiraniaga (Salesperson),komisi penjualan, advertensi, dan promosi
2. Biaya untuk memenuhi pesanan ( order filling costs). Yaitu semua biaya yang dikeluarkan untuk mengusahakan agar supaya produk sampai ke tangan pembeli dan biaya-biaya untuk mengumpulkan piutang dari pembeli. Contoh biaya yang termasuk dalam golongan ini adalah biaya pergudangan, biaya pembungkusan dan pengiriman, biaya angkutan, dan biaya penagihan.
PROSES PERSIAPAN PEMASARAN
Proses Persiapan Pemasaran Terbagi 4 Langkah yaitu;
1 Penyimpanan produk di gudang
2 Penjualan
3 Packaging dan pengiriman
4 Pencatatan transaksi penjualan.
Dengan demikian, dalam arti luas, biaya pemasaran adalah tidak hanya meliputi biaya penjualan. Tapi termasuk di dalamnya biaya advertensi, biaya pergudangan, biaya packaging dan pengiriman, biaya kredit dan penagihan, dan biaya akuntansi pemasaran. Dan dalam pembahasan ini, pengertian biaya marketing yang dipakai adalah dalam arti luas.
KARAKTERISTIK BIAYA PEMASARAN
Karakteristik Biaya Pemasaran 4 Jenis yaitu;
1. Aktivitas Beragam
2. Perubahan Cepat
3. Berhadapan Dengan Konsumen
4. Jenis Biaya
Biaya pemasaran memiliki karakteristik yang berbeda dengan biaya produksi. Berikut ini penjelasan tentang beberapa jenis karakteristik biaya pemasaran pada bisnis ukm yaitu;
1. Aktivitas Beragam
2. Perubahan Cepat
3. Berhadapan Dengan Konsumen
4. Jenis Biaya
MENGHITUNG BIAYA PEMASARAN
Cara Mengetahui Biaya Pemasaran
Langkah-langkah Yang Harus Dilakukan Untuk Mengetahui Biaya Pemasaran;
1. Lihat Semua Pengeluaran Bahan
Perusahaan manufaktur pertama-tama menentukan berapa banyak bahan langsung yang digunakan untuk memproduksi barang untuk dijual. Pengecer menentukan berapa biaya untuk membeli produk untuk dijual kembali dan termasuk biaya titik pengiriman FOB.
2. Lihat Semua Pengeluaran Tenaga Kerja
Perusahaan harus memasukkan semua gaji, komisi, dan bonus yang dibayarkan kepada karyawan yang bertanggung jawab langsung untuk menjual produk dan mengirimkannya ke pelanggan.
3. Catat Semua Penjualan
Perusahaan harus melacak semua penjualan yang mereka lakukan selama periode tertentu untuk memastikan pelaporan keuangan yang akurat.
4. Hitung Penjualan Bersih
Jika ada pengembalian, perusahaan harus menguranginya dari jumlah total penjualan untuk menghitung penjualan bersih.
5. Bandingkan Biaya Penjualan Dengan Penjualan Bersih
Bisnis mengurangi jumlah dolar dari biaya penjualan dari penjualan bersihnya untuk menemukan margin laba kotornya.
Menurut Kamus Bisnis dan Bank Pengertian Lain yang berhubungan dengan “Beban Pemasaran“
1. AUDIT PEMASARAN
Audit Pemasaran adalah marketing audit yaitu evaluasi atas operasi pemasaran suatu perusahaan untuk menemukan kemungkinan memperbaiki efektivitas kegiatan pemasaran.
2. PERANTARA PEMASARAN
Perantara Pemasaran adalah middleman yaitu perantara yang menghubungkan produsen dan konsumen, atau pedagang besar dan konsumen; seringkali perantara tersebut mengambil risiko besar dengan memesan dan menyimpan barang sebelum mereka memperoleh kontrak penjualan, biasanya mereka membeli dengan jumlah besar dan menjual secara eceran; mereka juga menyetujui biaya distribusi dan laba antara harga pembelian dan penjualan, biasanya sampai dengan 5 %.
3. RISET PEMASARAN
Riset Pemasaran adalah marketing research yaitu proses mengumpulkan, mencatat, menganalisis data tentang potensi pasar, produk, atau jasa perbankan
4. SALURAN PEMASARAN
Saluran Pemasaran adalah marketing channels yaitu orang atau badan yang menjadi penghubung dalam proses pengalihan, pemilikan, dan penyampaian barang dari produsen kepada konsumen.
5. STRATEGI PEMASARAN
Strategi Pemasaran adalah marketing strategy yaitu penetapan kebijakan pemasaran dengan mengendalikan faktor yang dapat dikuasai serta faktor di luar kekuasan perusahaan untuk mencapai tujuan perusahaan melalui pemuasan konsumen. Lihat pula merek perusahaan
6. AKUN BIAYA
Akun Biaya adalah cost accounting yaitu cabang ilmu akuntansi yang berhubungan dengan metode dan sistem pencatatan / catatan (informasi) biaya langsung dan tidak langsung yang timbul dari jasa layanan bank pada berbagai unit dalam bank tersebut; perakunan biaya juga mencatat seluruh pengeluaran yang meliputi berbagai jenis biaya, seperti biaya overhead yang mencakup sewa gedung, peralatan dan biaya penunjang administrasi, gaji pimpinan, biaya pemasaran termasuk pemasangan iklan dan promosi penjualan.
7. ANALIS KREDIT
Analis Kredit adalah credit analyst yaitu orang yang menganalisis permohonan kredit dari berbagai aspek yang terkait untuk melakukan penilaian kelayakan usaha yang akan dibiayai dengan kredit; analisis tersebut meliputi, antara lain, aspek hukum, lingkungan, keuangan, pemasaran, produksi, manajemen, ekonomi, dan tersedianya jaminan yang cukup.
8. BAGIAN KREDIT
Bagian Kredit adalah credit deportment yaitu bagian pada bank yang melakukan evaluasi kondisi usaha pemohon kredit, misalnya aspek keuangan, pemasaran, produksi, dan jaminan; bagian ini juga menatalaksanakan pembayaran kredit yang telah diberikan.
9. DUMPING
Dumping adalah penjualan barang secara besar-besaran di daerah pemasaran lain, biasanya di luar negeri dengan harga lebih rendah jika dibandingkan dengan harga penjualan di dalam negeri
Jenis-jenis Beban Pemasaran Yang Dikeluarkan Oleh Perusahaan
Itulah beberapa jenis beban yang dikeluarkan perusahaan untuk menjual dan mendistribusikan barang hingga sampai ke tangan konsumen.
KESIMPULAN
Perusahaan dapat meningkatkan beban pemasaran sebagai salah satu strategi untuk meningkatkan profitabilitas perusahaan. Untuk menyajikan informasi biaya bagi kepentingan manajemen, akuntansi biaya menggolongkan biaya marketing menurut kegiatan pokok pemasaran dan fungsi pemasaran, pergudangan, advertensi (iklan/promosi), penjualan, pembungkusan dan pengiriman, kredit dan penagihan, serta fungsi akuntansi pemasaran yang sangat penting untuk mendorong profitabilitas suatu perusahaan.
Demikianlah pembahasan tentang Pengertian Akun Beban Pemasaran Pada Bisnis UKM. Terima Kasih telah berkunjung, semoga apa yang anda simak di artikel ini dapat menambah wawasan dan juga pengetahuan yang lebih bermanfaat. 🙏”Terima Kasih“🙏