Pengertian dan Contoh Akun-akun Transaksi Penjualan Pada Bisnis UKM

Perusahaan dagang adalah perusahaan yang kegiatan utamanya membeli, menyimpan dan menjual kembali barang dagang tanpa memberikan nilai tambah. Nilai tambah di sini maksudnya mengolah kembali atau mengubah bentuk sifat barang, sehingga mempunyai nilai jual yang tinggi. Pastinya kita sudah sering berjumpa dan sering mendengar namanya Potongan Penjualan atau biasanya disebut dengan Diskon. Diartikel kali ini Novalio akan membahas tentang Akun Potongan Penjualan Pada Perusahaan Dagang

DEFINISI

Potongan penjualan merupakan pengurangan harga secara tunai yg diberikan penjual kepada pembeli jika pembeli melunasi utangnya dalam jangka waktu tertentu. Misalnya jika termin penjualannya 2/10, n/30, maka jika pembeli melunasi utangnya dalam 10 hari sejak terjadinya transaksi, maka penjual memberikan potongan sebesar 2% dari jumlah yang hendak dibayar pembeli. Akun Potongan Penjualan ini digunakan untuk mencatat potongan yang diberikan oleh penjual karena menerima pelunasan piutang dalam masa potongan.

PENGERTIAN

Potongan Penjualan adalah diskon yang telah ditetapkan sebelumnya. Ada atau tidak ada transaksi, pihak penjual sudah menyatakan bahwa barang yang dijual pasti akan dikenakan potongan harga. Sedangkan Potongan pembelian adalah diskon yang diberikan pada saat atau setelah terjadi transaksi dan biasanya muncul saat terjadi tawar menawar harga dengan alasan kedekatan personal, volume pembelian, atau jenis/kualitas barang. 

Menurut Kamus Bisnis dan Bank  Pengertian Lain yang berhubungan dengan "Potongan Penjualan"

1. POTONGAN BUNGA

Potongan Bunga adalah pendapatan bunga yang tidak jadi diterima atau yang dikembalikan kepada debitur apabila debitur mengembalikan kredit sebelum jatuh waktu;

2. POTONGAN DAGANG

Potongan Dagang adalah trade discount yaitu pengurangan atas harga yang tercantum dalam daftar hanga.

3. POTONGAN PEMBAYARAN OBLIGASI

Potongan Pembayaran Obligasi adalah discount on bond yaitu potongan pembayaran yang disebabkan harga kurs dan meterial serta provisi lebih rendah daripada nilai nominal obligasi; dengan adanya diskon obligasi, perusahaan yang membeli obligasi akan memperoleh laba.

4. POTONGAN TUNAI

Potongan Tunai adalah cash discount yaitu potongan harga untuk merangsang pembayaran tunai atau pembayaran sebelum waktu yang ditetapkan

5. BUKU BESAR PENJUALAN

Buku Besar Penjualan adalah sales ledger yaitu buku besar yang memuat akun-akun langganan yang membeli barang dengan kredit dan mencatat setiap transaksi.

6. LABA KOTOR PENJUALAN

Laba Kotor Penjualan adalah gross profit on sales - GPS yaitu laba yang diperoleh dari penjualan dikurangi harga pokok barang penjualan.

7. PAJAK PENJUALAN

Pajak Penjualan adalah sales tax yaitu pajak tidak langsung yang dikenakan oleh pengusaha atas penyerahan barang oleh pabrik atau atas barang-barang impor.

8. PIUTANG PENJUALAN

Piutang Penjualan adalah sales draft yaitu piutang yang timbul dalam kaitan dengan penggunaan kartu bank yang memberikan kewajiban pemegang kartu untuk membayar kepada bank penerbit kartu; pemegang kartu akan diberikan daftar atas setiap penggunaan kartunya yang dijadikan dasar penagihan oleh bank penerbit kartu.

9. PROMOSI PENJUALAN

Promosi Penjualan adalah sales promotion yatu semua cara yang digunakan oleh agen pemasaran untuk menginformasikan, membujuk atau mempengaruhi pengguna akhir produk, tidak termasuk iklan, penjualan pribadi, dan publisitas; promosi penjualan merupakan alat bantu penjualan, termasuk pameran, bonus, kupon dan hadiah.

Jenis-Jenis Potongan Harga

Dalam dunia bisnis usaha, terdapat berbagai macam potongan penjualan atau potongan harga yang digunakan oleh perusahaan untuk menarik minat pelanggan dan merangsang adanya pembelian dan pembayaran dengan segera. 

» Potongan harga tunai
Adalah pengurangan harga untuk pembeli yang segera membayar tagihannya.

» Potongan Kuantitas
Adalah pengurangan harga untuk pembeli yang membeli dalam jumlah besar (harga group)

» Potongan Harga Fungsional
Disebut juga sebagai potogan harga perdagangan, ditawarkan oleh produsen kepada para anggota saluran perdagangan jika mereka melakukan fungsi-fungsi tertentu.

» Potongan Harga Musiman
Pengurangan harga untuk pembeli yang membeli barang di luar musim.

» Potongan Harga
Adalah pengurangan dari daftar harga.

Faktor–Faktor Pemberian Potongan Harga (Discount)

Discount diberikan dengan tujuan tertentu baik hal tersebut menguntungkan bagi perusahaan maupun konsumen. Ada beberapa pendapat yang mengatakan mengapa discount diberikan dan faktor-faktor yang menyebabkan supermarket dan departement store memberikan discount kepada konsumen.

» Barang akan segera digantikan oleh model yang lebih baru
» Ada yang tidak beres dengan produk ini sehingga mengalami kesulitan dalam penjualannya
» Perusahaan mengalami masalah keuangan yang gawat
» Harga akan turun lebih jauh lagi apabila harus menunggu lebih lama
» Mutu produk ini oleh perusahaan diturunkan

Faktor–Faktor Lainnya Untuk Pemberian Potongan Harga (Discount)

» Untuk mengikat pembeli
» Menguntungkan beberapa langganan
» Memberikan nilai ekonomis pada masyarakat
» Merubah pola pemberian
» Memancing pembeli untuk membeli dalam kuantitas besar

Perbedaan Potongan Penjualan dan Potongan Pembelian ?

Akun potongan penjualan adalah akun yang digunakan untuk mencatat potongan yang diberikan oleh penjual karena menerima pelunasan piutang dalam masa potongan.
Akun potongan pembelian adalah akun yang digunakan untuk mencatat potongan yang diterima pembeli karena melunasi utang dalam masa potongan. Diskon pembelian tidak bisa diprediksi, karena baru diketahui saat transaksi sedang dan akan dilaksanakan, berbeda dengan diskon penjualan yang memang telah diinformasikan secara luas sebelumnya.

Dalam menyusun Harga Perkiraan Sendiri (HPS), sudah harus memperhitungkan Diskon Penjualan karena merupakan hak dari negara. Diskon penjualan tidak bisa disembunyikan apalagi dialihkan menjadi keuntungan pihak-pihak tertentu.

Tujuan Pemberian Potongan Harga (Discount) Kepada Pelanggan

Perusahaan dagang memberikan potongan penjualan kepada konsumennya. Jika konsumennya melakukan pelunasan piutang dalam masa potongan yang telah ditentukan oleh pedagang, hal ini bertujuan agar tetap memperoleh keuntungan dan volume penjualan akan naik.

Diskon Masuk ke akun apa?

Jadi, kalo kamu ngasih diskon ke pembeli, itu masuk di akun potongan tunai. Tapi, kalo kamu yang dapat diskon dari penjual, berarti masuknya ke akun potongan pembelian.

Pencatatan Diskon Ketika transaksi Penjualan tunai disertai discon akun yang terlibat adalah Akun Kas diposisikan sebagai Debet, sedangkan Akun Potongan Pembelian diposisikan sebagai Debet, Maka Akun  Penjualan diposisikan sebagai Kredit.

Ketika transaksi Pembelian tunai disertai discon akun yang terlibat adalah Akun Pembelian diposisikan sebagai Debet sedangkan Akun Kas diposisikan sebagai Kredit dan pada Akun Potongan Pembelian (discon) diposisikan sebagai Kredit.
 

Apa perbedaan potongan dagang dan potongan tunai?

Diskon perdagangan diberikan kepada pembeli ketika mereka membeli atau membeli barang sesuai kebijakan diskon. Diskon tunai, di sisi lain, hanya diperbolehkan ketika pelanggan melakukan pembayaran terutama jika ada kredit yang terlibat.
 
Demikianlah pembahasan tentang Pengertian Akun Potongan Penjualan Pada Bisnis UKM. Terima Kasih telah berkunjung, semoga apa yang anda simak di artikel ini dapat menambah wawasan dan juga pengetahuan yang lebih bermanfaat. 🙏"Terima Kasih"🙏

Baca Juga Contoh Transaksi Potongan Penjualan »

Baca Juga Kelompok Akun Khusus Pada Perusahaan Dagang Bisnis UKM »

Penulis : Rudi

Tags Artikel :

#Akuntansi Jasa

#Akuntansi Keuangan

#Akuntansi Management

#Analisis Biaya

#Jurnal

#Jurnal Umum

Artikel Terkait Lainnya

# Wirausaha

# Bisnis

# Keuangan

Cara Stock Opname Persediaan Degan Mudah

Stock opname adalah salah satu bentuk kegiatan perhitungan persediaan stok barang di gudang sebelum dijual dan juga dapat merapikan persediaan barang digudang.

Baca Selengkapnya

Admin

# Wirausaha

# Bisnis

Semangat Baru Untuk Meningkatkan Inovasi Wirausaha, Perusahan & Bisnis UKM

Salah satu tujuan utama dari inovasi adalah melakukan atau menciptakan sesuatu yang berbeda dari para kompetitor di bidang sama.

Baca Selengkapnya

Admin

# Keuangan

# Bisnis

# Wirausaha

Akuntansi Smart Bisnis UKM dan Perusahaan

Akuntansi adalah merupakan kegiatan mencatat, meringkas, mengklarifikasi, mengolah, dan menyajikan data transaksi.

Baca Selengkapnya

Admin

# Bisnis

# Marketing

# Wirausaha

Strategi Smart Usaha Mencapai Keuntungan Sesuai Harapan

Persiapan strategi adalah dorongan agar bisnis Anda dapat mendapatkan hasil serta pendapatan yang lebih baik dari pada sebelumnya.

Baca Selengkapnya

Admin

# Keuangan

# Wirausaha

# Bisnis

Standar Akuntansi Keuangan di Indonesia

Fungsi Standar Akuntansi Keuangan adalah untuk keseragaman laporan keuangan untuk menyusun laporan keuangan serta auditor dan pembaca laporan.

Baca Selengkapnya

Admin

# Keuangan

# Bisnis

# Wirausaha

Mau Profit UKM ? Cara Smart Menghitung Profit UKM dan Perusahaan

Anda mungkin akan berpikir bahwa bisnis baik-baik saja dengan pendapatan yang terus mengalir setiap hari. Tetapi tanpa memperhitungkan faktor lain seperti biaya overhead, kartu kredit, tanggungan pinjaman, dll, maka profitabilitas tidak akan bisa diukur.

Baca Selengkapnya

Admin