Pengertian, Fungsi, Contoh dan Manfaat Jurnal Pembelian Usaha Dadang dan Jasa Bisnis UKM

 

Pengertian Jurnal Pembelian

Jurnal pembelian ( Purchase Journal )adalah jurnal khusus yang digunakan untuk mencatat semua transaksi pembelian barang dagang dan barang lainnya dengan syarat secara kredit, yaitu pembelian yang menimbulkan kewajiban atau utang kepada supplier. Pembelian secara tunai langsung dicatat di jurnal pengeluaran kas.

Fungsi Jurnal Pembelian

Jurnal pembelian merupakan jurnal yang dikhususkan untuk mencatat semua jenis pembelian, baik barang maupun bukan barang secara kredit. Jenis-jenis transaksi pembelian tersebut yakni pembelian barang dagang secara kredit dan pembelian perlengkapan, peralatan serta aktiva lain secara kredit.

Bagaimana cara mencatat transaksi pembelian dalam jurnal?

Jawaban. Penjelasan: Pembelian dicatat dengan mendebet pembelian dan mengkredit kas (jika tunai) atau utang dagang (jika kredit). Penjualan dicatat dengan mendebet kas (jika tunai) atau piutang dagang (jika kredit) dan mengkredit penjualan.
 

Bentuk Jurnal Pembelian

Pada Tanggal 04 Juli 20 Melakukan Pembelian barang dagang dengan Faktur nomor F05  dari Mawar Melati Seharga IDR 1.400.000 dengan Syarat n/30.
Pada Tanggal 08 Juli 20 Melakukan Pembelian perlengkapan toko dengan Faktur nomor N015 dari Toko Fizi seharga IDR 800.0000.
Pada Tanggal 12 Juli 20 Melakukan Pembelian barang dagang dengan Faktur nomor N25 dari Bambang Seharga IDR 2.200.000.
Pada Tanggal 16 Juli 20 Melakukan Pembelian perlengkapan toko dengan Faktur nomor C22 dari Toko Cahaya membeli peralatan seharga IDR 600.000 dan perlengkapan perlengkapan seharga IDR 400.000.
Pada Tanggal 20 Juli 20 Melakukan Pembelian barang dagang dengan Faktur nomor F45 dari Mawar Melati Seharga IDR 2.500.000.
Pada Tanggal 22 Juli 20 Melakukan Pembelian perlengkapan toko dengan Faktur Nomor 075 dari Toko Fizi seharga IDR 600.000.
Pada Tanggal 29 Juli 20 Melakukan Pembelian barang dagang dengan Faktur Nomor KC800 dari PT. Kemilau cahaya seharga IDR 3.000.000 dengan syarat 3/10, n/60
 
Keterangan :
Kolom Tanggal : Diisi sesuai tanggal terjadinya transaksi dilakukan.
Kolom No. Faktur : Diisi sesuai dengan faktur yang telah keluarkan oleh pemasok.
Kolom Pemasok : Diisi dengan nama pemasok.
Kolom Keterangan : Diisi sesuai dengan keterangan pembelian.
Kolom Ref : Diisi dengan nomor atau tanda (√) .
Kolom Debet : Diisi degan nilai pembelian.
Kolom Kredit : Diisi dengan total pembelian yg harus balance.
Kolom Hutang Dagang : Diisi dengan total nilai pembelian yang sesuai dan harus balance.
 
Keterangan :
Kolom Nomor : Diisi dengan nomor urut.
Kolom Tanggal : Diisi dengan tangal pembayaran.
Kolom Akun : Diisi dengan kode akun.
Kolom Nama Akun : Diisi dengan nama akun yang terkait.
Kolom Keterangan : Diisi dengan keterangan transaksi.
Kolom Debet : Diisi degan nilai yang telah dilakukan pembayaran.
Kolom Kredit : Diisi dengan total pembayaran yg harus balance.

Manfaat Jurnal Pembelian

Jurnal ini berfungsi untuk menyederhanakan pencatatan dan memudahkan pembukuan transaksi bervolume tinggi ke dalam buku besar. Jurnal pembelian juga mencatat transaksi secara harian sesuai dengan tanggal terjadinya transaksi.
 

Untuk mempermudah pembuatan Jurnal Pembelian, dan mendapatkan efisiensi pencatatan tanpa harus memasukkan beberapa akun jurnal berulang kali, Anda bisa mengandalkan Novalio . Demikianlah pembahasan tentang Pengertian, Fungsi, Contoh dan Manfaat Jurnal Pembelian. Semoga Artikel indi dapat membantu pembaca untuk lebih mengetahui informasi akuntansi secara detail dan juga bermanfaat.

 

Penulis : Rudi

Tags Artikel :

#Akuntansi Jasa

Artikel Terkait Lainnya

# Keuangan

# Bisnis

# Wirausaha

Akuntansi Smart Bisnis UKM dan Perusahaan

Akuntansi adalah merupakan kegiatan mencatat, meringkas, mengklarifikasi, mengolah, dan menyajikan data transaksi.

Baca Selengkapnya

Admin

# Bisnis

# Marketing

# Wirausaha

Strategi Smart Usaha Mencapai Keuntungan Sesuai Harapan

Persiapan strategi adalah dorongan agar bisnis Anda dapat mendapatkan hasil serta pendapatan yang lebih baik dari pada sebelumnya.

Baca Selengkapnya

Admin

# Keuangan

# Wirausaha

# Bisnis

Standar Akuntansi Keuangan di Indonesia

Fungsi Standar Akuntansi Keuangan adalah untuk keseragaman laporan keuangan untuk menyusun laporan keuangan serta auditor dan pembaca laporan.

Baca Selengkapnya

Admin

# Keuangan

# Bisnis

# Wirausaha

Mau Profit UKM ? Cara Smart Menghitung Profit UKM dan Perusahaan

Anda mungkin akan berpikir bahwa bisnis baik-baik saja dengan pendapatan yang terus mengalir setiap hari. Tetapi tanpa memperhitungkan faktor lain seperti biaya overhead, kartu kredit, tanggungan pinjaman, dll, maka profitabilitas tidak akan bisa diukur.

Baca Selengkapnya

Admin

# Keuangan

# Bisnis

Cara Smart Mendapat Keuntungan, Laba atau Profit untuk Bisnis UKM

Keuntungan adalah hasil penjualan suatu barang/jasa yang didapat melebihi modal. sehingga perusahaan dapat memperoleh laba.

Baca Selengkapnya

Admin

# Keuangan

# Bisnis

Cara Meningkatkan Keuntungan (Laba) dan Profit Perusahaan dalam Bisnis UKM

Profit selalu menjadi tolak ukur bagi pemilik usaha atau perusahaan apakah usaha atau perusahaan yang dijalankan mengalami kerugian atau malah sebaliknya. Untuk itu mengetahui rumus-rumus penghitungan profit memang sangat perlu.

Baca Selengkapnya

Admin