Pengertian Lengkap Tentang Laporan Untuk UKM

Pengertian Laporan

Apa Itu Laporan ? Sering disebutkan sehari-hari dalam dunia pekerjaan, apakah Anda tau pengertian, fungsi, manfaat dan definisi satu laporan ? di artikel ini akan menjelaskan secara rinci apa itu laporan tersebut.

Laporan adalah suatu bentuk penyampaian berita, keterangan, pemberitahuan ataupun pertanggungjawaban baik secara lisan maupun secara tertulis dari bawahan kepada pemengang kepentingan (atasan, pimpinan). Salah satu cara pelaksanaan komunikasi dari pihak yang satu kepada pihak yang lainnya.

Pengertian Laporan Menurut Para Ahli

  • Keraf
    Laporan adalah suatu cara komunikasi di mana penulis menyampaikan informasi kepada seseorang atau suatu badan karena tanggung jawab yang dibebankan kepadanya.
  • J.C. Denyern
    Laporan adalah suatu alat komunikasi tempat penulis membuat beberapa kesimpulan atau keadaan yang telah diselidiki.
  • Prof. Dr. Prajudi Atmosudirjo
    Laporan adalah setiap tulisan yang berisikan hasil pengolahan data dan informasi.

Fungsi Laporan

Adapun fungsi laporan sangat penting bagi perusahaan atau pengusaha, karena ini merupakan awal dari kronologi-kronologi yang berkaitan dengan pengeluaran perusahaan maupun rangkaian kegiatan perusahaan. Berikut beberapa fungsi laporan:

  • Untuk Menyampaikan Informasi
  • Untuk Pertanggung Jawaban
  • Untuk Evaluasi
  • Untuk Pengawasan
  • Untuk Bahan Pengambilan Keputusan

Ciri-Ciri Laporan

Selain itu, sebuah laporan juga memiliki cici-ciri spesifik yang membedakannya dengan dokumen lainnya. Berikut beberapa ciri-ciri laporan:

  • Ringkas yaitu : Penulisan laporan umumnya dilakukan dengan ringkas dan hanya kepada pokok-pokoknya saja. Laporan kemudian diringkas dan dikualifikasikan berdasarkan tema dan tugasnya.
  • Logis yaitu : Laporan juga bersifat logis, di mana segala keterangan yang dituliskan dapat ditelusuri oleh pimpinan dengan dasar yang masuk akal.
  • Lengkap yaitu : Sebuah laporan juga harus lengkap dan dirangkai sesempurna mungkin tanpa menghilangkan poin-poin penting.
  • Sistematis yaitu : Sebuah laporan juga harus memenusi unsur sistematis yang disusun secara rapi dan saline memiliki koherensi (keterkaitan).

Jenis-jenis Laporan, Manfaat, & Definisi

Jenis Laporan berdasarkan waktu

  • Laporan berkala adalah laporan yang dibuat secara periodik atau rutin dalam jangka waktu tertentu (laporan harian, mingguan, bulanan, atau tahunan).
  • Laporan insidental adalah laporan yang dibuat apabila diperlukan.

Jenis Laporan berdasarkan bentuk

  • Laporan berbentuk surat adalah laporan yang dibuat secara tertulis dalam bentuk surat, isinya antara satu sampai empat halaman.
  • Laporan berbentuk naskah adalah laporan disampaikan dalam bentuk naskah, baik naskah pendek maupun panjang.
  • Laporan berbentuk memo adalah laporan yang ditulis menggunakan memo. Umumnya isi laporan pendek.

Jenis Laporan berdasarkan penyampaian

  • Laporan lisan adalah laporan yang disampaikan secara langsung
  • Laporan tertulis adalah laporan yang dibuat dalam bentuk tulisan (rangkaian kalimat dan angka).
  • Laporan visual adalah laporan yang disampaikan melalui penglihatan atau media lainnya seperti presentasi.

Jenis Laporan berdasarkan sifat

  • Laporan biasa adalah laporan yang isinya bersifat biasa dan tidak rahasia, sehingga jika laporan terbaca orang lain tidak menimbulkan dampak negatif
  • Laporan penting adalah laporan yang isinya bersifat penting dan rahasia, sehingga hanya orang tertentu saja yang boleh mengetahuinya.

Jenis Laporan berdasarkan isinya

  • Laporan informatif adalah laporan yang isinya hanya berisi informasi saja
  • Laporan rekomendasi adalah laporan yang isinya bersifat penilaian sekilas tanpa adanya pembahasan lebih lanjut
  • Laporan analisa adalah laporan yang isinya berupa hasil analisa secara mendalam
  • Laporan kelayakan adalah laporan yang isinya berisi tentang hasil penentuan kelayakan atau pemilihan mana yang terbaik
  • Laporan pertanggungjawaban adalah laporan yang berisi pertanggungjawaban tugas seseorang atau kelompok kepada atasan yang memberi tugas tersebut.

Tujuan Laporan

Tujuan laporan ini antarain meliputi kegiatan sehari-hari dalam dunia pekerjaan yaitu:

  • Melihat jelas masalah
  • Memberikan maklumat dan fakta
  • Mencadangkan penyelesaian
  • Mencadangkan tindakan yang perlu dilakukan
  • Membuat kesimpulan
  • Menilai sesuatu penyelidikan atau aktiviti
  • Membuat rekod sesuatu peristiwa
  • Menganalisis aktiviti perniagaan
  • Mensintesis sesuatu pelan tindakan
  • Menghuraikan sesuatu peristiwa, prosedur, tindakan dll.

Laporan boleh berbentuk pendek atau panjang dalam format informal atau formal sesuai dengan kebutuhan anda.

kesimpulan

Ada begitu banyak jenis Laporan dalam kegiatan pekerjaan di dunia ini. Intinya dari Laporan adalah Media informasi secara tertulis atau vidoe dengan penyampaian berita, keterangan, pemberitahuan ataupun pertanggungjawaban baik secara lisan maupun secara tertulis dari bawahan kepada pemengang kepentingan (atasan, pimpinan). Salah satu cara pelaksanaan komunikasi dari pihak yang satu kepada pihak yang lainnya.


Baca Artikel Lain yang Terkait

Penulis : Rudi

Tags Artikel :

#Akuntansi Jasa

#Akuntansi Dagang

Artikel Terkait Lainnya

# Keuangan

# Bisnis

# Wirausaha

Akuntansi Smart Bisnis UKM dan Perusahaan

Akuntansi adalah merupakan kegiatan mencatat, meringkas, mengklarifikasi, mengolah, dan menyajikan data transaksi.

Baca Selengkapnya

Admin

# Bisnis

# Marketing

# Wirausaha

Strategi Smart Usaha Mencapai Keuntungan Sesuai Harapan

Persiapan strategi adalah dorongan agar bisnis Anda dapat mendapatkan hasil serta pendapatan yang lebih baik dari pada sebelumnya.

Baca Selengkapnya

Admin

# Keuangan

# Wirausaha

# Bisnis

Standar Akuntansi Keuangan di Indonesia

Fungsi Standar Akuntansi Keuangan adalah untuk keseragaman laporan keuangan untuk menyusun laporan keuangan serta auditor dan pembaca laporan.

Baca Selengkapnya

Admin

# Wirausaha

# Bisnis

Semangat Baru Untuk Meningkatkan Inovasi Wirausaha, Perusahan & Bisnis UKM

Salah satu tujuan utama dari inovasi adalah melakukan atau menciptakan sesuatu yang berbeda dari para kompetitor di bidang sama.

Baca Selengkapnya

Admin

# Bisnis

# Wirausaha

Strategi Smart Bisnis Usaha UKM dan Perusahaan

Strategi Bisnis adalah suatu cara yang digunakan perusahaan untuk menghadapi persaingan di dalam dunia bisnisT bertujuan untuk, analisa, integrasi, dan implementasi.

Baca Selengkapnya

Admin

# Marketing

# Wirausaha

# Bisnis

Membangun Team Work Bisnis UKM dan Perusahaan Yang Solid

Team Work adalah kemampuan individu dalam melakukan kerjasama dengan baik untuk mencapai tujuan bersama di dalam tim yang saling percaya dan mendukung serta bertanggung jawab.

Baca Selengkapnya

Admin