Pengertian,Manfaat,Strategi Beserta Contoh Pemasaran Langsung

Pengertian 

Pemasaran langsung adalah salah satu metode atau cara pemasaran dimana penjual langsung mendatangi calon customer yang potential, Proses pemasaran ini biasa di kenal dengan nama direct selling.

Manfaat 

Pemasaran langsung dapat memberikan manfaat bagi perusahaan atau bisnis anda dikarenakan dengan mendatangi calon pelanggan / customer secara langsung ini akan meningkatkan penjualan dan tingkat conversion ratenya juga akan lebih tinggi dikarenakan team sales anda fokus ke potential customer.

Strategi

berikut beberapa strategi yang dapat anda terapkan untuk pemasaran langsung pada bisnis anda

Penawaran Menarik

Memberikan penawaran yang menarik dan sulit di tolak oleh calon customer anda, sebagai contoh anda bisa memberikan penawaran misal kalau produk anda tidak original maka uang customer akan anda ganti / refund 200 % maka customer tidak akan menolak tawaran ini karena anda berani memberkan jaminan atau garansi refund melebihi dengan uang yang di keluarkan

Komunikasi dengan calon customer 

Saya sering sekali menemui marketing atau petugas sales yang memiliki tata cara komunikasi yang buruk, misalnya customer tidak jadi beli telpon langsung di matikan tanpa ada kata-kata penutup, jika customer sudah membeli produknya, ketika customer tersebut membutuhkan bantuan team marketing atau sales maka sangat jarang yang mau membantu ini akan sangat berdampak buruk bagi reputasi anda sebagai petugas sales ataupun marketing

 

Tentukan Waktu Yang Tepat

perlu anda ingat bahwa calon customer anda adalah orang yang memiliki rutinitas sebagai team sales atau marketing yang baik anda harus bisa menentukan kapan saatnya menelpon calon customer potential ataupun kapan saatnya berkunjung langsung untuk memasarkan produk anda ke calon customer anda

Sebagai contoh misalnya calon customer anda adalah seseorang wirausaha yang memiliki Toko Harian maka kalau anda datang disaat jam-jam toko sibuk tentu tingkat convertion rate ataupun closing penjualan anda akan sangat rendah, dikarenakan pemilik Toko akan lebih fokus ke tokonya dibandingkan ke penawaran yang anda berikan 

Strategi Pemasaran Langung

saat ini banyak sekali strategi pemasaran langsung yang dapat anda terapkan pada bisnis anda antara lain adalah sbb : 

Menggunakan Social Media Online

Social Media merupakan strategi marketing yang berbiaya rendah dan juga sudah terbukti ampuh untuk anda menawarkan produk anda ke calon customer ada beberapa cara untuk memasarkan produk anda secara online berikut berbagai contohnya : 

Melalui Live di Facebook, Instagram

Melalui Beriklan Di Facebook Dan Instagram

 

menggunakan Email Marketing

Email marketing merupakan strategi online marketing yang sudah sangat lama namun tingkat keberhasilan pemasaran online melalui email marketing ini juga sangat tinggi terbukti di Indonesia sendiri banyak sekali para penggiat marketing menggunakan email marketing sebagai tools andalah untuk memasarkan produk mereka secara langsung ke calon customer.

 

Mengunjungi Langsung Calon Customer ( Direct Sellling ) 

ini merupakan cara yang paling traditional dari cara-cara diatas namun anda tidak boleh mengabaikan cara ini dikarenakan mengunjungi calon customer secara langsung merupakan salah satu strategi pemasaran yang sangat-sangat terbukti berhasil hingga saat ini , sebagai contoh banyak perusahaan yang masih menugaskan petugas salesnya untuk mengunjungi toko-toko customer ataupun calon customernya untuk menawarakan produk secara langsung.

Kesimpulan

Pemasaran langsung sangat wajib anda terapkan sebagai wirausaha dikarenakan banyaknya manfaat dan strategi yang dapat anda terapkan untuk melakukan pemasaran langsung sehingga dapat meningkatkan omset dari perusahaan anda.

Penulis : Adinata

Tags Artikel :

#Akuntansi Keuangan

#Jurnal Umum

#Jurnal Umum Perusahaan Jasa

Artikel Terkait Lainnya

# Keuangan

# Bisnis

# Wirausaha

Jenis Usaha Perseorangan Dalam Perusahaan Jasa Keuangan

Personal Finance Company atau biasa disebut dengan Perusahaan Jasa Keuangan Perseorangan yaitu perusahaan bergerak dalam bidang jasa keuangan yang menyalurkan pinjaman uang dalam jumlah yang relatif kecil kepada seseorang untuk memenuhi kebutuhan pribadi peminjam dengan bunga yang cukup tinggi.

Baca Selengkapnya

Admin

# Keuangan

# Bisnis

Pengertian dan Contoh Akun-akun Transaksi Penjualan Pada Bisnis UKM

Pengertian dan Contoh Akun-akun Transaksi Penjualan Pada Bisnis UKM yang digunakan  untuk mencatat potongan yang diberikan oleh penjual karena menerima pelunasan piutang dalam masa potongan.

Baca Selengkapnya

Admin

# Keuangan

# Bisnis

Contoh Jurnal Pendapatan Perusahaan Jasa & Dagang Dalam Bisnis UKM

Jurnal Pendapatan adalah transaksi yang digunakan untuk mencatat pendapatan yang sudah diterima di muka. Jurnal ini harus dicatat agar tidak mengganggu roda aktivitas perusahaan.

Baca Selengkapnya

Admin

# Keuangan

# Bisnis

# Wirausaha

Jenis dan Rumus Rasio Keuangan Pada Bisnis UKM

Rasio adalah ratio yaitu perbandingan antara dua hal yang saling berhubungan, biasanya dalam bentuk angka. umumnya rasio digunakan untuk mengukur peringkat atau posisi keuangan suatu perusahaan dan analisis untuk pemberian kredit.

Baca Selengkapnya

Admin

# Keuangan

# Bisnis

Cara Meningkatkan Keuntungan (Laba) dan Profit Perusahaan dalam Bisnis UKM

Profit selalu menjadi tolak ukur bagi pemilik usaha atau perusahaan apakah usaha atau perusahaan yang dijalankan mengalami kerugian atau malah sebaliknya. Untuk itu mengetahui rumus-rumus penghitungan profit memang sangat perlu.

Baca Selengkapnya

Admin

# Bisnis

# Wirausaha

Contoh UMKM dan UKM di Indonesia Beserta Perbedaannya

UKM (Usaha Kecil dan Menengah) jenis bisnis skala kecil pendapatan dibawah 500 Juta dan karyawanya kurang dari 30 orang. Sedangkan UMKM (Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah) jenis bisnis dilakukan oleh perorangan atau badan usaha.

Baca Selengkapnya

Admin