Perusahaan Ekspedisi: Definisi Manfaat dan Tips Pengiriman Barang

Definisi Perusahaan Ekspedisi

Di masa modern seperti saat ini, jasa pengiriman semakin banyak dibutuhkan, terutama karena maraknya belanja online. Belanja online sendiri memungkinkan seorang klien melakukan pemesanan barang, entah dari dalam ataupun luar negeri dan pihak ekspedisi akan berperan sebagai pengantar produk pesanan.
 
Ekspedisi secara umum artinya adalah kegiatan berupa perjalanan untuk mencapai sebuah tujuan lokasi yang telah ditentukan.
 
Di dalam dunia ekspedisi gudang memiliki peran penting agar barang yang diterima oleh perusahaan jasa pengiriman bisa didata dengan baik. Selain itu, gudang juga memiliki fungsi sebagai tempat penyimpanan dan pengiriman barang yang sudah diterima. Tidak hanya memiliki dua fungsi itu, gudang juga memiliki fungsi sebagai Terminal Konsolidasi.

Pengertian Perusahaan Ekspedisi

Perusahaan Ekspedisi adalah perusahaan yang bergerak di jasa mengangkut atau mengirim surat, barang dan sebagainya yang bergerak dibidang pengiriman, baik melalui jalur udara, jalur darat, jalur air dan memberikan pelayanan terbaik untuk pelanggan.
Menurut Kamus Bisnis dan Bank Perusahaan Ekspedisi adalah forwarding agent yaitu perusahaan yang memberikan jasa dalam pengumpulan, pengurusan, pergudangan, dan penyerahan barang. 
 
Admin Ekspedisi adalah seseorang yang memiliki tugas untuk menyiapkan dokumentasi pengiriman dan melakukan pengembangan hubungan baik dengan para agen pengiriman (transportasi atau pengangkut), terlibat dalam pengadaan dan pemrosesan pesanan. Mereka juga ikut serta melakukan interaksi dengan pelanggan sehubungan dengan jadwal bagian dan pengiriman yang mempertahankan basis data klien.

Tugas dan Tanggung Jawab Admin Ekspedisi

Adapun beberapa tugas dan tanggung jawab menjadi seorang Admin Ekspedisi adalah sebagai berikut:
1. Mengambil data penerimaan barang kedalam sistem ERP
2. Melakukan tugas administratif seperti membuat dokumen pendistribusian/collection/ filling
3. Mengkompilasi laporan ketidaksesuaian dan mengekspresikan penutupan dari perbedaan produk
4. Memperbaharui dan mengkompilasi laporan bulanan terkait dengan bagian logistik
5. Melakukan pemeliharaan dan pembaharuan catatan persediaan dan lokasi barang
6. Menjawab panggilan masuk dan pengambilan pesan
7. Mengirimkan kode tagihan dan melakukan cek permintaan
8. Membuat log data yang berkaitan dengan bagian administrasi logistik ke dalam sistem pengiriman
9. Menyiapkan dokumentasi pengiriman dan menjaga hubungan baik dengan para agen pengiriman (transportasi atau pengangkut)
10. Ikut terlibat dalam proses pengadaan dan pemrosesan pesanan
11. Ikut berinteraksi dengan para pelanggan sehubungan dengan jadwal bagian dan pengiriman yang mempertahankan basis data klien
12. Mempertahankan faktur database kinerja vendor
13. Menyiapkan catatan pengiriman yang nantinya akan diberikan ke agen lapangan untuk memastikan pengiriman dan korespondensi yang tepat waktu
14. Ikut berinteraksi dengan para pemasok eksternal yang terkait dengan pengiriman sample untuk rekan departemen organisasi saat sedang mengambil cuti atau tidak hadir
15. Ikut mengembangkan dan melakukan pemeliharaan hubungan dengan departemen teknik untuk pergerakan barang atau barang perbaikan
16. Melakukan interaksi dengan pemasok eksternal dan internal sehubungan dengan penyampaian catatan umum bersamaan dengan tugas kantor
17. Ikut berpartisipasi dalam kegiatan administrasi yaitu mencatat penjualan internal dan prosedur
18. Menerima dan memastikan kualitas dan kuantitas barang sudah sesuai
19. Melacak dan memperlancar proses pembelian barang
20. Membuat dan melakukan pemeliharaan kontrak dengan vendor dan pelanggan untuk memastikan pengiriman barang secara tepat waktu
21. Melakukan interaksi dengan para penyedia layanan logistik pihak ketiga
22. Melakukan audit biaya dan mendokumentasikan audit
23. Memastikan keakuratan semua persediaan barang
24. Menjaga komunikasi dengan para staff gudang untuk memastikan tatanan kerja yang dilakukan sudah benar
25. Melakukan peninjauan ulang tagihan, faktur dan pesanan pembelian
26. Memastikan semua pembayaran telah diproses tepat waktu
27. Membantu pelanggan dengan cara menanggapi semua pertanyaan mereka
28. Memperbaharui informasi pengiriman dalam database
29. Mengatur file secara manual dan elektronik
30. Memantau dan memfasilitasi perintah perbaikan
31. Melakukan koordinasi pengiriman untuk item yang diperbaiki atau dikembalikan
32.Memastikan gudang memiliki ruangan yang cukup untuk pengiriman masuk
33. Memastikan semua item telah diberikan tag atau nomer dengan benar 34. Bertanggung jawab dalam pembuangan barang yang dirasa tidak berguna atau telah dalam keadaan rusak
34. Menerapkan prosedur keselamatan dalam menggunakan kendaraan transportasi atau pengangkutan pengiriman
35. Melakukan rekonsiliasi penerimaan pengiriman.

Cara Kerja Ekspedisi

Setelah kita mengetahui apa itu ekspedisi, kita akan lebih mudah memahami bagaimana cara kerja ekspedisi.

Cara Kerja Ekspedisi, dalam hal ini yang kami maksud adalah pengiriman barang dalam skala besar, yaitu sebagai berikut:

1. Barang/Produk yang akan dikirimkan

Ini adalah yang pertama dalam cara kerja perusahaan ekspedisi, karena tanpa adanya barang yang akan dikirim perusahaan tidak akan bisa berjalan. Tetapi tentunya barang yang akan dikirim harus sesuai yang sudah menjadi peraturan perusahaan dan tidak termasuk dalam barang yang melanggar hukum.

2. Packing atau pengemasan barang

Untuk menjamin keselamatan barang yang dikirim tanpa ada kerusakan, maka metode atau jenis pengemasan barang akan sangat mempengaruhi terhadap barang yang akan dikirim. Namun ada beberapa barang yang akan menjadi perhatian khusus adalah jenis barang pecah belah, barang berbentuk cairan atau makanan yang mudah membusuk, karena pada kasus tertentu ada beberapa perusahaan tidak mau menerima barang tersebut jika tidak di kemas dalam keadaan yang baik.

3. Administrasi Dokumen

Dokumen disini yang dimaksud adalah pengurusan surat-surat administrasi dari bea cukai ataupun dari pihak terkait lainnya. Disinilah biasanya perusahaan jasa ekspedisi akan mengurus semua kebutuhan administrasi dokumen yang diperlukan.

Barang yang Bisa Dikirimkan

Hampir segala jenis barang bisa dikirimkan melalui jasa ekspedisi, namun berikut adalah barang yang bisa dikirim melalui Himeji Express : barang pindahan, perabotan rumah, elektronik, motor, mobil, sepeda, mesin, barang cairan, dll.

Tips Untuk Melakukan Sebuah Pengiriman

1. Cari Tahu Syarat Dan Ketentuan Penyedia Jasa Ekspedisi Yang Akan Kamu Gunakan

Kenali perusahaan ekspedisi tersebut dengan detail sebelum kamu memutuskan untuk menggunakan jasanya. Kamu juga dapat bertanya pada pelanggan sebelumnya apakah memuaskan atau tidak.

2. Pakai Perlindungan Ekstra

Jika kamu akan mengirimkan sebuah benda elektronik maka akan membutuhkan sebuah perlindungan yang ekstra supaya lebih aman ketika nanti dalam pengiriman sehingga barang tersebut tidak akan rusak.

3. Asuransikan Barang Yang Akan Kamu Kirim Tersebut

Informasikan merek, detail barang dan nilai harganya beserta mengenai produk tersebut. Akan lebih baik jika kamu tidak membungkus dengan rapat lebih dahulu barang yang memang akan kamu asuransikan tersebut. Karena nantinya pada beberapa perusahaan ekspedisi akan melihat langsung tersebut sampai ke dalaman kotak yang akan digunakan.

Macam-Macam Jasa Pengiriman Barang dan Layanan Produknya yang ada di Indonesia

Berikut ini layanan jasa pengiriman yang bisa dinikmati oleh masyarakat Indonesia untuk melakukan pengiriman paket, pengiriman barang, hingga pengiriman Cargo sistem LTL.

1. JNE Express

Berdiri 28 tahun yang lalu, JNE salah satu macam pengiriman barang yang melayani kiriman dokumen maupun paket dengan 1,500 titik pelayanan di dalam negeri. JNE juga menggunakan berbagai moda logistik untuk dapat memenuhi kebutuhan pelanggan.

Layanan Produk JNE Meliputi

1. Super Speed (SS)

Dengan Super Speed, pelanggan dapat memastikan waktu sampainya pengiriman dengan mengutamakan kecepatan. Estimasi pengiriman yang ditawarkan yaitu tidak lebih dari 24 jam. Produk ini juga berani mengembalikan ongkos kirim jika tidak sesuai perjanjian.

2. YES (Yakin Esok Sampai)

Dengan YES, JNE memberikan layanan dengan memastikan paket sampai di tujuan keesokan harinya, termasuk untuk hari libur nasional dan juga hari Minggu. Syaratnya hanya penyampaian paket tidak boleh lebih dari jam 12.00 siang.

3. REG (Reguler)

Perkiraan waktu penyampaian antara 1-7 hari kerja tergantung pada tujuan pengiriman, dan layanan ini membuka jangkauan JNE ke seluruh wilayah Indonesia.

4. OKE (Ongkos Kirim Ekonomis)

Apabila pengiriman dengan waktu yang sangat cepat tidak terlalu dibutuhkan, OKE dapat memberikan ongkos kirim yang lebih bersahabat. Sama seperti REG, OKE dapat menjangkau seluruh wilayah Indonesia. Dengan menggunakan produk ini pengiriman akan bertarif lebih murah dibandingkan pengiriman reguler dan juga express.

5. JNE Trucking (JTR)

Untuk pelanggan yang ingin mengirimkan barang yang besar atau berat, JTR dapat memberikan jawaban yang lebih ekonomis dan praktis. Pastikan barang besar kamu aman untuk dikirimkan melalui jasa ekspedisi. 

Informasi lebih lanjut untuk J&T dapat diakses di tautan berikut ini: JNE Express 

2. J&T Express

Dengan 100 gateway centers, 4,000 titik operasi, 30,000 tenaga kerja dan ribuan armada yang mendukung, J&T merupakan macam pengiriman barang memiliki layanan pengiriman barang yang menghubungkan antar pulau di Indonesia. J&T juga memiliki customer service 24 jam, dan proses klaim yang cepat.

Produk yang Ditawarkan J&T

1. Regular / EZ

Produk Regular/ EZ dimana waktu yang dibutuhkan untuk mencapai tujuan dapat mencapai 2-3 hari tergantung dari tujuan pengiriman. Produk ini juga meng-cover semua tujuan pengiriman loh, tak terkecuali daerah terkecil sekalipun

2. J&T ECO

Produk ini menawarkan pengiriman antar pulau mulai dari pulau Jawa hingga ke pulau Sumatera, Kalimantan, Sulawesi dan kepulauan Bali. Dengan estimasi pengiriman 5-15 hari, produk ini membantu pengiriman antar pulau dengan cara yang mudah

3. J&T Super

J&T Super merupakan salah satu layanan tercepat yang dimiliki oleh J&T, pengirimannya mencakup beberapa daerah di Jabodetabek. Jika kamu beruntung dan melakukan drop barang sebelum jam 10 AM di kantor cabang, maka barang juga akan sampai pada tujuan di hari itu juga.

Informasi lebih lanjut untuk J&T dapat diakses di tautan berikut ini: J&T Express 

3. TIKI Express

Telah beroperasi di Indonesia sejak 1970, TIKI sekarang adalah salah satu perusahaan jasa logistik yang sudah cukup lama. Tiki memiliki jangkauan ke berbagai penjuru di Indonesia dengan 450 kantor cabang dan ribuan gerai untuk memudahkan pengiriman barang untuk pelanggan. Beberapa tipe pengiriman barang yang ditawarkan oleh TIKI antara lain:

Produk yang Ditawarkan TIKI

1. ECO (Economy Service)

Sama seperti layanan lainnya, layanan TIKI ECO merupakan paket super hemat yang memberikan kesempatan untuk pelanggan untuk dapat mengirimkan barang dengan ongkos yang lebih bersahabat ke kota-kota di Indonesia

2. REG (Regular Service)

Regular atau REG merupakan layanan kirim Tiki dengan estimasi pengiriman 3-4 hari tiba di tempat tujuan. Layanan ini merupakan layanan yang sering dipakai oleh masyarakat. Selain tidak terlalu lama sampai, harganya juga sesuai dengan estimasi waktunya.

3. TDS (Two Day Service)

Untuk pelanggan yang membutuhkan pengiriman lebih cepat, TIKI menyediakan layanan TDS (Two Days Service) yang hanya memerlukan waktu 2 hari untuk sampai ke titik tujuan

4. ONS (Over Night Service)

Untuk pelayanan satu hari sampai Tiki menyediakan produk ONS, atau pengiriman esok sampai pada tujuan. Estimasi waktu tiba sesuai dengan barang di drop pada kantor cabang. Jika barang di drop pada jam 14.00 pm berarti keesokan harinya barang akan sampai pada 13.00 – 14.00 pm.

5. HDS (Holiday Delivery Service)

Apabila pengiriman berpotensi terjadi pada hari besar atau hari libur, TIKI juga menyediakan jasa yang memastikan barang tetap dapat dikirimkan dengan HDS

6. SDS (Same Day Service)

Untuk yang sangat membutuhkan kecepatan, SDS dapat membantu untuk pengiriman yang sampai di hari yang sama setelah barang dikirimkan. Lebih baik pengiriman dilakukan sebelum jam 15.00 agar pelayanannya maksimal oleh produk ini.

7. TRC (Trucking Service)

Apabila pelanggan membutuhkan jasa pengiriman yang berat atau besar melebihi 10 kg, maka TRC dari TIKI dapat membantu dengan melakukan pengiriman melalui trucking.

TIKI juga memiliki jasa penjemputan online (JEMPOL) yang dapat memudahkan pengiriman barang secara gratis.

Untuk melihat detail pengiriman melalui TIKI dapat dilihat dari tautan berikut: TIKI Express 

4. WAHANA Express

Dengan pengalaman di Indonesia lebih dari 20 tahun, Wahana fokus untuk memberikan jasa pengiriman barang yang memiliki biaya rendah. Dengan 3,500 mitra agen, 2,500 karyawan Wahana, dan 35 kantor cabang yang tersebar di Indonesia, Wahana memastikan harga kompetitifnya memberikan jaringan yang luas kepada pelanggan.

Selain itu, Wahana juga memiliki berbagai layanan yang bisa dipilih. Layanan Wahana antara lain adalah:

1. Domestik Express

Wahana memberikan layanan pengiriman ke seluruh Indonesia dengan memastikan harga yang jauh lebih ekonomis dibanding jasa pengiriman lainnya. Untuk produknya sendiri, wahana hanya terfokus kepada satu tujuan yaitu pelayanan pengiriman transaksi e commerce (Domestik Express).

Lihat langsung opsi produk Wahana di tautan berikut ini: WAHANA Express

5. POS Indonesia

Pos Indonesia memiliki jumlah kantor cabang dan titik operasi yang sangat besar, saat ini dengan lebih dari 58,700 titik, memberikan jaringan yang sangat luas untuk pengiriman hingga ke pelosok Indonesia. Pengiriman melalui Pos Indonesia juga telah berkembang dengan beberapa produk yang disediakan, hingga dapat mengikuti berbagai kebutuhan konsumen.

Produk yang Ditawarka Pos Indonesia

1. Kurir Reguler

Untuk pengiriman standar dengan maksimum waktu pengiriman 14 hari, Pos Indonesia memberikan jaringan terluas untuk masyarakat Indonesi

2. Pos Express

Layanan premium ini mengirimkan barang konsumen dalam waktu 1 hari ke seluruh kota propinsi Indonesia

3. Pos Kilat Khusus

Untuk pengiriman yang aman dan cepat, produk ini memiliki waktu kirim maksimum 2-7 hari yang juga memiliki jangkauan ke seluruh wilayah Indonesia

4. Pos Jumbo Ekonomi

Untuk barang dengan berat 3-30 Kg, produk ini akan cocok untuk kebutuhan pengiriman konsumen dengan maksimum waktu pengiriman 14 hari ke seluruh penjuru Indonesia

5. Q9 Sameday Service

Ditujukan untuk pebisnis online, Pos Indonesia memberikan jasa pengiriman 9 jam dengan maksimum waktu pengiriman jam 16:00 waktu setempat untuk dalam kota di pulau Jawa dan Ibu kota Propinsi di luar Jawa

6. QComm

Dengan fasilitas booking online, QComm memudahkan pebisnis online untuk memastikan bahwa barang akan diterima pelanggannya tepat waktu. Layanan QComm dapat diakses di kota-kota di pulau Jawa dengan berat maksimum paket dibawah 5 Kg.

Untuk melihat lebih banyak tentang Pos Indonesia, buka tautan berikut ini: POS INDONESIA 

6. SICEPAT

Terbilang cukup baru, Sicepat adalah jasa ekspedisi yang mengantarkan barang melalui transportasi darat dan udara yang berdiri tahun 2004. Namun sayangnya area jasa Sicepat belum melingkupi seluruh Indonesia, melainkan baru daerah Jabodetabek dan kota-kota besar saja.

Produk Layanan SiCepat

1. Regular

Untuk layanan Reguler ini, Sicepat memberikan estimasi waktu pengiriman 15 jam sampai dengan tarif yang cukup bersahabat untuk wilayah Jabodetabek dan Bandung

2. BEST (Besok Sampai Tujuan)

Layanan ini berlaku untuk kota-kota besar di seluruh Indonesia dengan waktu pengiriman 1 hari sampai di tujuan

3. Cargo

Pengiriman yang lebih banyak atau besar dengan berat minimum paket 5 Kg, layanan ini akan membantu konsumen untuk bisa menghemat hingga 30% untuk waktu estimasi pengiriman 1-3 hari di seluruh kota besar di Indonesia

Layanan Sicepat lainnya dapat dilihat di SICEPAT Express 

7. LION PARCEL

Berdiri sejak 14 Februari 2013, Lion Parcel dibantu dengan jaringan infrastruktur Lion Group menyediakan layanan kiriman domestik dan internasional. Dengan 3,500 mitra di seluruh penjuru Indonesia, Lion Parcel memberikan beberapa pilihan layanan pengiriman.

Produk Lion Parcel

1. RegPack

Reg pack merupakan layanan paket reguler yang diberikan lion parcel. Pengiriman ini dilakukan ke seluruh Indonesia dan pengiriman ini sampai dalam waktu 2-3 hari.

2. OnePack

Produk OnePack merupakan layanan produk kirim barang besok sampai atau 1 hari pengiriman. Layanan ini juga memberikan garansi uang kembali jika barang tidak sampai tepat waktu.

3. LandPack

Pengiriman melalui jalur darat atau via trucking. Jenis pengiriman ini lebih ekonomis dengan estimasi pengiriman bisa 4-6 hari sampai pada tujuan.

Pelajari Lion Parcel lebih lanjut melalui tautan berikut ini: Lion Parcel Official Website

8. NINJA Express

Ninja Express merupakan perusahaan yang memulai operasinya di Singapura pada tahun 2014 (Ninja Van). Kini perusahaan tersebut memiliki jaringan yang tersebar di negara-negara di Asia Tenggara. Keunggulan jasa pengiriman ini ialah membekali penggunanya dengan menggunakan aplikasi untuk melakukan pengiriman.

Produk Ninja Express

Ninja Reguler dengan pengiriman 1-3 hari tergantung dari jarak pengiriman

Ninja Next Day yang memastikan pengiriman sampai di esok hari

Selain itu, Ninja Express juga memiliki beberapa paket untuk memudahkan pengiriman dalam jumlah lebih banyak dengan kecepatan pengiriman standar (Ninja Reguler) dan berbagai pilihan kerja sama lainnya.

Informasi lebih lanjut dapat dilihat di NINJA Express 

9. ANTERAJA

Untuk memudahkan pelanggan dalam pengiriman barang ke kota-kota besar di Indonesia, Anteraja mengedepankan nilai SATRIA (Sigap, Aman, Terpercaya, Ramah, Integritas, dan Amanah) untuk memastikan pengiriman yang terjamin untuk konsumen.

Produk Anteraja

1. Next Day

Sebagai produk jasa pengiriman dengan waktu pengiriman 1 hari saja, Anteraja memberikan harga sebesar Rp 13,000/kg untuk produk ini di wilayah Jabodetabek

2. Regular

Sedikit lebih lama dari Next Day, pengiriman Regular Anteraja memberikan jasa pengiriman dengan waktu 1-2 hari sampai di daerah Jabodetabek dengan harga Rp 10,000/kg

3. Same day

Same day service juga ditawarkan oleh jasa pengiriman Anteraja. dengan produk ini kamu dapat mengirimkan barang dengan harga mulai dari Rp 13.500 dan barang kiriman sampai pada hari itu juga.

Informasi lebih lanjut dapat dilihat di ANTERAJA Express 

10. KARGO TECH

Kargo Tech adalah sebuah layanan pengiriman jasa logistik yang via trucking untuk jenis pengiriman besar yang berpengalaman di Indonesia. Dengan menggunakan jasa layanan Kargo tech sendiri, kamu dapat memilih jenis truk sesuai dengan kapasitas muatan yang ingin kamu gunakan untuk pengiriman. Untuk layanan produknya, Kargo sendiri masih fokus terhadap pengiriman pulau jawa dengan muatan sedang dan juga besar. Namun, jika kamu butuh mobil pick up untuk pindahan, dan juga truk untuk antar barang di Jakarta dan di pulau Jawa, kamu hanya perlu download aplikasi Kargo Shipper dan mulai pesan barang melalui aplikasi tersebut, sangat fleksibel bukan?

Berikut tadi adalah macam pengiriman barang yang bisa kamu gunakan sesuai dengan kebutuhanmu. Dengan mengetahui jasa pengiriman serta produk yang ditawarkan oleh jasa pengiriman tersebut, tentu akan lebih mudah dalam melakukan pengiriman.

Informasi yang paling penting dalam pengiriman barang adalah data penerima dan data engirim barang tercantum atas nama, alamat, kode pos, dan nomor telepon, kemudian tanggal pengiriman, dan yang terakhir adalah tanda tangan pengirim dan petugas.

Manfaat Jasa Ekspedisi

Mungkin ada beberapa orang yang masih bertanya apa saja manfaat bila kita menggunakan jasa ekspedisi? Perlu kita ketahui jasa ekspedisi sangatlah banyak manfaatnya termasuk bagi pengusaha online yang ingin mengirim barang dalam jumlah besar. Oleh karena itu, anda bisa memanfaatkan jasa ekspedisi, karena akan sangat membantu dalam proses pengiriman, mulai dari proses packing dan pengiriman.

1. Menghemat waktu

Pengiriman barang yang dilakukan oleh diri sendiri, biasanya akan memakan banyak waktu karena harus packing barang terlebih dahulu. Namun, dengan menggunakan jasa ekspedisi anda hanya perlu memanggil jasa ekspedisi atau datang ke layanannya untuk meminta mengirimkan barang anda. Perlu diingat, dalam proses packing dan pengiriman akan dilakukan oleh pihak ekspedisi. Oleh karena itu, akan menghemat waktu sekali.

2. Pengiriman cepat kilat

Dengan menggunakan jasa ekspedisi proses pengiriman barang jauh lebih cepat untuk sampai ke tempat tujuan.

3. Pengiriman dalam jumlah besar

Anda bisa mengirim barang dalam jumlah tertentu sesuai dengan kebutuhan.

4. Pengiriman disertai asuransi

Jasa ekspedisi disetai asuransi bertujuan agar terhindar suatu masalah contohnya apabila barang dalam keadaan rusak selama proses pengiriman maka pihak jasa ekspedisi akan bertanggung jawab atas kerusakan barang tersebut. Maka dari itu anda tidak perlu khawatir untuk menggunakan jasa ekspedisi.

5. Mudah dilakukan

Jasa ekspedisi bisa digunakan oleh siapa saja yang membutuhkan dan mudah sekali untuk menggunakannya. Anda dapat langsung memanggil atau datang langsung ke tempat layanan jasa ekspedisi.

5 Manfaat Jasa Pengiriman Barang

Banyak perusahaan yang akan mengganti rugi jika barang hilang maupun rusak.,Dan inilah yang memberikan manfaat bagi masyarakat hingga jauh lebih aman untuk pelanggan. 

1. Pengiriman dokumen penting

Seperti yang kita tahu bahwa jasa pengiriman barang bukan hanya untuk belanja online saja. Bagi yang memiliki kebutuhan untuk pengiriman dokumen, maka jasa ini bisa sangat membantu.

Dengan demikian, maka bisa lebih menghemat waktu dan tenaga. Daripada mengirimkan sendiri dokumen yang ada, maka akan memakan waktu lebih sedikit jika memakai jasa ini.

Untuk lebih cepat sampai, maka bisa memakai jasa pengiriman yang kantor cabangnya sudah tersebar di seluruh Indonesia.

2. Pengiriman secara kilat

Jika ingin mengirim barang secara kilat, kini tak perlu susah mencari kurir. Dengan memakai jasa pengiriman barang, maka akan bisa membantu dalam mengantarkan baik barang maupun dokumen secara kilat.

Pilihlah perusahaan pengiriman yang menyediakan layanan yang dibutuhkan. Karena beberapa perusahaan menawarkan layanan yang berbeda. Misalnya JNEJ&T dan TIKI, mereka mampu memberikan jaminan pengiriman satu hari sampai dengan layanan khusus mereka.

Klik disini untuk mengetahui kekurangan dan kelebihan setiap jasa ekspedisi pengiriman barang di Indonesia.

3. Pengiriman barang berharga

Ingin lebih aman mengirimkan barang? Maka jasa kurir pengiriman barang adalah jawaban yang tepat. Jadi bukan hanya dokumen maupun belanjaan online saja yang bisa dikirim lewat jasa pengiriman barang ini.

Jika ingin mengirim barang berharga seperti emas maupun alat elektronik, jasa ini bisa dipercaya. Banyak yang memberikan garansi barang rusak maupun hilang, maka cermatlah dalam memilih perusahaan jasa ini.

4. Kepercayaan terjamin dengan sistem garansi

Salah satu manfaat adanya jasa pengiriman barang adalah adanya garansi. Banyak perusahaan yang akan mengganti rugi jika barang hilang maupun rusak.

Dan inilah yang memberikan manfaat bagi masyarakat hingga jauh lebih aman. Barang hilang maupun tak sampai bukan lagi masalah, karena hak-hak kita akan terlindungi dengan kesepakatan awal yang berlaku.

5. Ekspor impor dari luar negeri makin mudah

Untuk mengurus ekspor impor bukanlah perkara yang mudah. Maka banyak yang memakai jasa pengiriman barang untuk membantu. Yang paling direkomendasikan ialah memilih perusahaan yang sudah berpengalaman dengan tenaga yang professional serta kantor cabang yang mudah ditemui.

Beberapa perusahaan pengiriman yang sudah mampu melayani urusan di atas ada banyak sekali. Misalnya saja JNE, TIKI, Pos Indonesia, serta Wahana. Meskipun demikian, ada lebih banyak perusahaan yang melayani urusan expor impor. Tentunya dengan layanan yang bervariasi dan kemudahan-kemudahan yang dibutuhkan oleh konsumen.

Demikian uraian singkat mengenai apa yang dimaksud dengan Definisi Perusahaan Ekspedisi Lengkap Dengan Pengertian, Tugas, Cara Kerja, Macam-Macam, Tips, Manfaat Jasa & Manfaat Pengiriman. Informasi di atas hanya secuil dari kegiatan Perusahaan Ekspedisi yang sebenarnya. Semoga bermanfaat dan meningkatkan minat Anda untuk jadi lebih produktif.

Terima Kasih telah berkunjung, semoga apa yang anda simak di artikel ini dapat menambah wawasan dan juga pengetahuan yang lebih bermanfaat. 🙏"Terima Kasih"🙏

 

 

Penulis : Adinata

Tags Artikel :

#Akuntansi Dagang

#Perorangan

#Perusahaan

#Perusahaan Jasa

#Perusahaan Dagang

#UKM dan UMKM

Artikel Terkait Lainnya

# Wirausaha

# Bisnis

# Keuangan

Cara Stock Opname Persediaan Degan Mudah

Stock opname adalah salah satu bentuk kegiatan perhitungan persediaan stok barang di gudang sebelum dijual dan juga dapat merapikan persediaan barang digudang.

Baca Selengkapnya

Admin

# Wirausaha

# Bisnis

Semangat Baru Untuk Meningkatkan Inovasi Wirausaha, Perusahan & Bisnis UKM

Salah satu tujuan utama dari inovasi adalah melakukan atau menciptakan sesuatu yang berbeda dari para kompetitor di bidang sama.

Baca Selengkapnya

Admin

# Keuangan

# Bisnis

# Wirausaha

Akuntansi Smart Bisnis UKM dan Perusahaan

Akuntansi adalah merupakan kegiatan mencatat, meringkas, mengklarifikasi, mengolah, dan menyajikan data transaksi.

Baca Selengkapnya

Admin

# Bisnis

# Wirausaha

Strategi Smart Bisnis Usaha UKM dan Perusahaan

Strategi Bisnis adalah suatu cara yang digunakan perusahaan untuk menghadapi persaingan di dalam dunia bisnisT bertujuan untuk, analisa, integrasi, dan implementasi.

Baca Selengkapnya

Admin

# Marketing

# Wirausaha

# Bisnis

Membangun Team Work Bisnis UKM dan Perusahaan Yang Solid

Team Work adalah kemampuan individu dalam melakukan kerjasama dengan baik untuk mencapai tujuan bersama di dalam tim yang saling percaya dan mendukung serta bertanggung jawab.

Baca Selengkapnya

Admin

# Wirausaha

Membangun Motivasi Diri Untuk Bisnis UKM dan Perusahaan

Motivasi adalah sesuatu alasan yang mendorong seseorang untuk melakukan, menyelesaikan, menghentikan suatu aktivitas guna mencapai tujuan tertentu yang diinginkan dari motivasi tersebut.

Baca Selengkapnya

Admin