Perusahaan Jasa Barber Shop Siklus Akuntansi

PERUSAHAAN JASA

Deskripsi Perusahaan Jasa Pada Barber Shop

Perusahaan jasa pada Barber Shop adalah suatu unit usaha yang kegiatannya memproduksi produk yang tidak berwujud (jasa) dengan tujuan untuk mendapatkan laba atau keuntungan. Perusahaan jasa pun memerlukan produk fisik atau yang berwujud untuk melakukan kegiatan usahanya. contoh: bank danamon, BCA, indosat tbk dll. 

Perusahaan Jasa Barber Shop Siklus Akuntansi

Jasa adalah kegiatan yang memberi manfaat. Kegiatan ini ditawarkan suatu pihak (penjual) ke pihak lain (pembeli) tanpa wujud dan tanpa menghasilkan kepemilikan. Proses produksi dari produk jasa bisa melibatkan suatu produk fisik, bisa juga tidak.

Ciri-ciri Perusahaan Jasa Pada Barber Shop.

1. Kegiatannya memberi pelayanan jasa kepada masyarakat.

2. Pendapatannya berasal dari hasil penjualan jasa kepada masyarakat.

3. Tidak terdapat perhitungan harga pokok penjualan.

SIKLUS AKUNTANSI PERUSAHAAN JASA BARBER SHOP

Perusahaan Jasa Barber Shop

Berikut ini adalah sudut pandang tentang Siklus Akuntansi Perusahaan Jasa yang terjadi pada Barber Shop yaitu sebagai berikut;

Perusahaan Jasa Barber Shop Siklus Akuntansi

Menyusun Siklus Akuntansi :

1. Jurnal Umum Pada Novalio Barber Shop

Jurnal Umum adalah sebuah jurnal yang dipakai untuk mencatat semua jenis bukti transaksi keuangan yang muncul dari semua transaksi keuangan suatu perusahaan dalam periode tertentu.

2. Buku Besar Pada Novalio Barber Shop

Buku Besar adalah buku utama dalam pencatatan transaksi keuangan yang mengonsolidasikan masukan dari semua jurnal akuntansi dan merupakan penggolongan rekening sejenis.

3. Neraca Saldo Pada Novalio Barber Shop

Neraca Saldo adalah Dalam akuntansi, neraca saldo atau trial balance adalah laporan pembukuan atau akuntansi yang mencantumkan saldo di setiap akun buku besar umum organisasi. Jika saldo pada neraca tidak seimbang, itu menandakan adanya kesalahan antara jurnal dan neraca saldo.

4. Jurnal Penyesuaian Pada Novalio Barber Shop

Jurnal penyesuaian adalah jurnal yang dibuat untuk mencatat perubahan saldo pada akun perusahaan sebagai penentu utama jumlah saldo yang sebenarnya di akhir periode. Selain menetapkan jumlah saldo akhir, jurnal penyesuaian juga berfungsi untuk membantu perhitungan pendapatan dan beban pada suatu periode.

5. Kertas Kerja Pada Novalio Barber Shop

Kertas kerja adalah catatan-catatan yang diselenggarakan auditor mengenai prosedur audir yang ditempuhnya, pengujian yang dilakukanya, informasi yang diperolehnya, dan kesimpulan yang dibuatnya berkenaan dengan pelaksanaan audit.

6. Laporan Keuangan Pada Novalio Barber Shop

laporan keuangan adalah laporan yang berisi pencatatan uang dan transaksi yang terjadi dalam bisnis, baik transaksi pembelian maupun penjualan dan transaksi lainnya yang memiliki nilai ekonomi dan moneter. Biasanya laporan ini dibuat dalam periode tertentu.

7. Jurnal Penutup Pada Novalio Barber Shop

Jurnal penutup merupakan salah satu bagian dari laporan keuangan yang akan disusun pada akhir periode pembukuan. Bagian dari laporan keuangan ini digunakan untuk menutup akun nominal untuk menyiapkan neraca akhir periode. Ada beberapa hal penting perlu dipahami dan diperhatikan saat menyusun jurnal penutup.

8. Jurnal Pembalik Pada Novalio Barber Shop

Jurnal Pembalik dibuat pada awal periode akuntansi sebelum dimulai proses akuntansi yang baru. Jurnal pembalik merupakan jurnal yang membalikkan transaksi yang telah dilakukan di jurnal penyesuaian (adjusting entries).

Setelah kita mengetahui Siklus Akuntansi Perusahaan Jasa dan pengertian masing-masing dari Siklus Akuntansi yang terjadi pada Barber Shop maka kita akan membuat sudut padang atau contoh dari Siklus Akuntasi Perusahaan Jasa.

CARA MEMBUAT ATAU MENYUSUN JURNAL UMUM

Cara membuat atau menyusun jurnal umum pada Novalio Barber Shop yang harus dipersiapkan adalah menyusun semua transaksi-transaksi yang terjadi pada Novalio Barber Shop priode tertentu seperti berikut:

1. Contoh Transaksi Jurnal Umum Pada Novalio Barber Shop

Berikut ini adalah bentuk transaksi pencatatan pada Jurnal Umum yang dilakukan pada Novalio Barber Shop.

1. Transaksi Barber Shop Pada tanggal 1 April 2020 

Novalio melakukan investasi untuk usaha Barber Shop sebesar IDR. 100.0000.000,-

2. Transaksi Barber Shop Pada tanggal 2 April 2020 

Novalio membeli peralatan Barber Shop senilai IDR. 40.000.000 dan perlengkapan IDR 6.000.000,-

3. Transaksi Barber Shop Pada tanggal 3 April 2020 

Novalio membeli perlengkapan Barber Shop seharga IDR 3.000.000,- dibayar secara tunai sebesar IDR 900.000,- dan sisanya akan dibayar secara kredit.

4. Transaksi Barber Shop Pada tanggal 4 April 2020 

Novalio membayar sewa gedung bulan April sebesar IDR 200.000,-

5. Transaksi Barber Shop Pada tanggal 5 April 2020

Novalio memasang iklan di Medsos dan membayar sebesar IDR. 1.000.000,-

6. Transaksi Barber Shop Pada tanggal 6 April 2020

Novalio menerima pendapatan jasa Barber Shop sebesar IDR 15.000.000,-

7. Transaksi Barber Shop Pada tanggal 7 April 2020 

Novalio membayar gaji karyawan sebesar IDR 6.000.000,-

8. Transaksi Barber Shop Pada tanggal 8 April 2020 

Novalio menerima pendapatan jasa Barber Shop sebesar IDR 16.000.000,- dari acara dinas sosial di panti asuhan sebesar IDR 6.000.000,- dibayar tunai dan sisanya akan dibayar pada tanggal 08 Mei 2020.

9. Transaksi Barber Shop Pada tanggal 20 April 2020 

Novalio membayar rekening listrik dan telpon sebesar IDR 3.000.000,-

2. Hasil Pencatatan Transaksi ke Jurnal Umum Pada Novalio Barber Shop.

catatan:
Total Penjumlahan transaksi Jurnal Umum Pada Novalio Barber Shop diposisikan pada akun Debet dan Kredit harus sama (Balance), jika penjumlahan total tidak sama berarti terjadi kesalahan pada pencatatan anda!!

Setelah selesai membuat Jurnal Umum pada Novalio Barber Shop selanjutnya yaitu memindahkan atau Menyusun Jurnal Umum ke Buku Besar Pada Novalio Barber Shop.

CARA MEMINDAHKAN ATAU MENYUSUN BUKU BESAR

Cara memindahkan atau menyusun transaksi ke Buku Besar pada Novalio Barber Shop seperti berikut:

1. Cara Menyusun Transaksi ke Buku Besar

1. Menyusun Transaksi Pada tanggal 1 April 2020 

Melakukan Pencatatan Pada Akun Kas diposisikan sebagai Debet sebesar 100.0000.000,- dengan keterangan Storan Awal maka Ref dicatat sebagai JU-1. Pada Akun Modal diposisikan sebagai Kreditsebesar IDR. 100.0000.000,- dengan keterangan Storan Awal maka Ref dicatat sebagai JU-1.

2. Menyusun Transaksi Pada tanggal 2 April 2020 

Melakukan Pencatatan Pada Akun Peralatan diposisikan sebagai Debet sebesar IDR 40.000.000,- dengan keterangan Membeli Peralatan maka Ref dicatat sebagai JU-1. Pada Akun Perlengkapan diposisikan sebagai Debet sebesar IDR 6.000.000,- dengan keterangan Membeli Perlengkapan maka Ref dicatat sebagai JU-1. Pada Akun Kas diposisikan sebagai Kreditsebesar 46.000.000,- dengan keterangan Membeli Peralatan dan Perlengkapan maka Ref dicatat sebagai JU-1.

3. Menyusun Transaksi Pada tanggal 3 April 2020 

Melakukan Pencatatan Pada Akun Perlengkapan diposisikan sebagai Debet sebesar IDR 3.000.000,- dengan keterangan Membeli Perlengkapan maka Ref dicatat sebagai JU-1. Pada AKun Kas diposisikan sebagai Kredit sebesar IDR 900.000,- dengan keterangan Membeli Perlengkapan maka Ref dicatat sebagai JU-1. Pada Akun Utang Usaha diposisikan sebagai Kredit sebesar IDR 2.100.000,- dengan keterangan Membeli Perlengkapan maka Ref dicatat sebagai JU-1.

4. Menyusun Transaksi Pada tanggal 4 April 2020 

Melakukan Pencatatan Pada Akun Beban Sewa diposisikan sebagai Debet sebesar IDR 200.000,- dengan keterangan Membayar Sewa maka Ref dicatat sebagai JU-1. Pada Akun Kas diposisikan sebagai Kredit sebesar IDR 200.000,- dengan keterangan Membayar Sewa maka Ref dicatat sebagai JU-1.

5. Menyusun Transaksi Pada tanggal 5 April 2020 

Melakukan Pencatatan Pada Akun Beban Iklan diposisikan sebagai Debet sebesar 1.000.000,- dengan keterangan Membayar Iklan maka Ref dicatat sebagai JU-1. Pada Akun Kas diposisikan sebagai Kredit sebesar IDR. 1.000.000,- dengan keterangan Membayar Iklan maka Ref dicatat sebagai JU-1.

6. Menyusun Transaksi Pada tanggal 6 April 2020 

Melakukan Pencatatan Pada Akun Kas diposisikan sebagai Debet sebesar IDR 15.000.000,- dengan keterangan Menerima Pendapatan maka Ref dicatat sebagai JU-1. Pada Akun Pendapatan Jasa diposisikan sebagai Kredit sebesar IDR 15.000.000,-dengan keterangan Menerima Pendapatan maka Ref dicatat sebagai JU-1.

7. Menyusun Transaksi Pada tanggal 7 April 2020 

Melakukan Pencatatan Pada Akun Beban Gaji diposisikan sebagai Debet sebesar IDR 6.000.000,- dengan keterangan Membayar Gajimaka Ref dicatat sebagai JU-1. Pada Akun Kas diposisikan sebagai Kredit sebesar IDR 6.000.000,- dengan keterangan Membayar Gaji maka Ref dicatat sebagai JU-1.

8. Menyusun Transaksi Pada tanggal 8 April 2020 

Melakukan Pencatatan Pada AKun Kas diposisikan sebagai Debet sebesar IDR 16.000.000,- dengan keterangan Menerima Pendapatanmaka Ref dicatat sebagai JU-1. Pada Akun Piutang usaha diposisikan sebagai Debet sebesar IDR 16.000.000,- dengan keterangan Menerima Pendapatan maka Ref dicatat sebagai JU-1. Pada Akun Pendapatan Usaha diposisikan sebagai Kredit sebesar IDR 22.000.000,- dengan keterangan Menerima Pendapatan maka Ref dicatat sebagai JU-1.

9. Menyusun Transaksi Pada tanggal 20 April 2020 

Melakukan Pencatatan Pada Akun Beban listrik dan Telp diposisikan sebagai Debet sebesar IDR 3.000.000,- dengan keterangan Membayar Listrik dan Telpmaka Ref dicatat sebagai JU-1. Pada Akun Kas diposisikan sebagai Kredit sebesar IDR 3.000.000,- dengan keterangan Membayar Listrik dan Telp maka Ref dicatat sebagai JU-1. 

2. Hasil Pemindahan Transaksi ke Buku Besar Pada Novalio Barber Shop.

catatan:
Pada Colom Ref (referensi) = JU-1 - Berisikan Posting Buku Besar terhadap transaksi yang telah di Jurnal.

Setelah selesai memindahkan atau Menyusun Buku Besar Pada Novalio Barber Shop selanjutnya yang dilakukan adalah Memindahkan atau Posting Buku Besar ke Jurnal Umum untuk mengisi Referensi pada Jurnal Umum.

CARA MEMPOSTING BUKU BESAR KE JURNAL UMUM

Cara Posting dan menyusun pencatatan Buku Besar ke Jurnal Umum pada Novalio Barber Shop seperti berikut:

1. Posting Buku Besar Ke Jurnal Umum

1. Posting Buku Besar Pada tanggal 1 April 2020 

REF dicatat sebagai 111 Menandakan bahwa Kas pada Barber Shop dengan Storan awal telah terposting ke Jurnal Umum.

REF dicatat sebagai 311 Menandakan bawah Modal pada Barber Shop dengan Storan awal telah terposting ke Jurnal Umum.

2. Posting Buku Besar Pada tanggal 2 April 2020 

REF dicatat sebagai 121 Menandakan bahwa Peralatan pada Barber Shop dengan Membeli Peralatan dan Perlengkapan telah terposting ke Jurnal Umum. 

REF dicatat sebagai 113 Menandakan bahwa Perlengkapan pada Barber Shop dengan Membeli Peralatan dan Perlengkapan telah terposting ke Jurnal Umum. 

REF dicatat sebagai 111 Menandakan bahwa Kas pada Barber Shop dengan Membeli Peralatan dan Perlengkapan telah terposting ke Jurnal Umum. 

3. Posting Buku Besar Pada tanggal 3 April 2020 

REF dicatat sebagai 113 Menandakan bahwa Perlengkapan pada Barber Shop dengan Membeli Perlengkapan telah terposting ke Jurnal Umum. 

REF dicatat sebagai 111 Menandakan bahwa Kas pada Barber Shop dengan Membeli Perlengkapan  telah terposting ke Jurnal Umum. 

REF dicatat sebagai 211 Menandakan bahwa Utang Usaha pada Barber Shop dengan Membeli Perlengkapan  telah terposting ke Jurnal Umum. 

4. Posting Buku Besar Pada tanggal 4 April 2020 

REF dicatat sebagai 511 Menandakan bahwa Beban Sewa pada Barber Shop dengan Membayar Sewa Gedung telah terposting ke Jurnal Umum. 

REF dicatat sebagai 111 Menandakan bahwa Kas pada Barber Shop dengan Membayar Sewa Gedung telah terposting ke Jurnal Umum. 

5. Posting Buku Besar Pada tanggal 5 April 2020

REF dicatat sebagai 512 Menandakan bahwa Beban Iklan pada Barber Shop dengan Membayar Iklan telah terposting ke Jurnal Umum. 

REF dicatat sebagai 11 Menandakan bahwa Kas pada Barber Shop dengan Membayar Iklan telah terposting ke Jurnal Umum.

6. Posting Buku Besar Pada tanggal 6 April 2020

REF dicatat sebagai 111 Menandakan bahwa Kas pada Barber Shop dengan Menerima Pendapatan Jasa telah terposting ke Jurnal Umum.

REF dicatat sebagai 411 Menandakan bahwa Pendapatan Jasa pada Barber Shop dengan Menerima Pendapatan Jasa telah terposting ke Jurnal Umum.

7. Posting Buku Besar Pada tanggal 7 April 2020

REF dicatat sebagai 513 Menandakan bahwa Beban Gaji pada Barber Shop dengan Membayar Gaji telah terposting ke Jurnal Umum.

REF dicatat sebagai 111 Menandakan bahwa Kas pada Barber Shop dengan Membayar Gaji telah terposting ke Jurnal Umum.

8. Posting Buku Besar Pada tanggal 8 April 2020

REF dicatat sebagai 111 Menandakan bahwa Kas pada Barber Shop dengan Menerima Pendapatan Jasa telah terposting ke Jurnal Umum.

REF dicatat sebagai 112 Menandakan bahwa Piutang pada Usaha Barber Shop dengan Menerima Pendapatan Jasa telah terposting ke Jurnal Umum.

REF dicatat sebagai 411 Menandakan bahwa Pendapatan Jasa pada Barber Shop dengan Menerima Pendapatan Jasa telah terposting ke Jurnal Umum.

9. Posting Buku Besar Pada tanggal 20 April 2020

REF dicatat sebagai 514 Menandakan bahwa Beban Listrik dan Telepon pada Barber Shop dengan Membayar Listrik dan Telepon telah terposting ke Jurnal Umum. 

REF dicatat sebagai 111 Menandakan bahwa Kas pada Barber Shop dengan Membayar Listrik dan Telepon telah terposting ke Jurnal Umum.

2. Hasil Posting Buku Besar ke Jurnal Umumu Pada Novalio Barber Shop.

catatan:
Pada Colom Ref (referensi) = Berisikan Kode Akun sesuai transaksi pada Buku Besar Diatas.
Jadi setiap melakukan Jurnal harus segera di posting
Setelah selesai Posting Buku Besar ke Jurnal Umum, Kita lanjutkan pembahasan Menyusun Neraca Saldo Pada Barber Shop.

Cara Membuat Neraca Saldo Pada Barber Shop

Cara membuat Neracara Saldo pada Barber Shop Periode April 2020 dengan menyusun Neraca Saldo pada Barber Shop hanya melihat angka saldo terakhir yang ada pada Saldo Buku Besar sesuai dengan posisinya.

1. Cara Menyusun Neraca Saldo Pada Barber Shop

01. Pencatatan Pada No Akun 111

Dengan Akun Kas dicatat sebagai Debet sebesar IDR 63.900.000,- sesuai dengan Saldo yang terahir pada Buku Besar Barber Shop

02. Pencatatan Pada No Akun 112

Dengan Akun Piutang Usaha dicatat sebagai Debet sebesar IDR 16.000.000,- sesuai dengan Saldo yang terahir pada Buku Besar Barber Shop

03. Pencatatan Pada No AKun 113

Dengan Akun Perlengkapan dicatat sebagai Debet sebesar IDR 9.000.000,- sesuai dengan Saldo yang terahir pada Buku Besar Barber Shop

04. Pencatatan Pada No AKun 121 

Dengan Akun Peralatan dicatat sebagai Debet sebesar IDR 40.000.000,- sesuai dengan Saldo yang terahir pada Buku Besar Barber Shop

05. Pencatatan Pada No AKun 211 

Dengan Akun Utang Usaha dicatat sebagai Kredit sebesar IDR 2.100.000,- sesuai dengan Saldo yang terahir pada Buku Besar Barber Shop

06. Pencatatan Pada No AKun 311 

Dengan Akun Modal dicatat sebagai Kredit sebesar IDR 100.000.000,- sesuai dengan Saldo yang terahir pada Buku Besar Barber Shop

07. Pencatatan Pada No AKun 411 

Dengan Akun Pendapatan Jasa dicatat sebagai Kredit sebesar IDR 37.000.000,- sesuai dengan Saldo yang terahir pada Buku Besar Barber Shop

08. Pencatatan Pada No AKun 511 

Dengan Akun Beban Sewa dicatat sebagai Debet sebesar IDR 200.000,- sesuai dengan Saldo yang terahir pada Buku Besar Barber Shop

09. Pencatatan Pada No AKun 512 

Dengan Akun Beban Iklan dicatat sebagai Debet sebesar IDR 1.000.000,-sesuai dengan Saldo yang terahir pada Buku Besar Barber Shop

10. Pencatatan Pada No AKun 513 

Dengan Akun Beban Gaji dicatat sebagai Debet sebesar IDR 6.000.000,-sesuai dengan Saldo yang terahir pada Buku Besar Barber Shop

11. Pencatatan Pada No AKun 514 

Dengan Akun Beban Listrik dan Telp dicatat sebagai Debet sebesar IDR 3.000.000,- sesuai dengan Saldo yang terahir pada Buku Besar Barber Shop

2. Hasil Pemindahaan Catatan dari Buku Besar Ke Neraca Saldo

catatan:
Total Penjumlahan Neraca Saldo pada akun Debet dan Kredit harus sama, jika total penjumlahan tidak sama berarti terjadi kesalahan pada Buku Besar anda!!
Setelah selesai menyusun Neraca Saldo, Kita lanjutkan pembahasan tentang Menyusun Jurnal Penyesuaian.

Penulis : Rudi

Tags Artikel :

#Akuntansi Jasa

#Analisis Transaksi

#Analisis Biaya

#Jurnal Umum

#Jurnal Umum Perusahaan Jasa

#Akuntansi Keuangan

#Akuntansi Usaha Jasa

#Akuntansi Management

#Transaksi

#Analisis

#Jurnal

#Jurnal Khusus

#Jurnal Khusus Perusahaan Jasa

#Jurnal Kas Keluar

#Jurnal Kas Masuk

#Jurnal Penjualan

#Jurnal Pembelian

#Buku Besar

Artikel Terkait Lainnya

# Wirausaha

# Bisnis

# Keuangan

Cara Stock Opname Persediaan Degan Mudah

Stock opname adalah salah satu bentuk kegiatan perhitungan persediaan stok barang di gudang sebelum dijual dan juga dapat merapikan persediaan barang digudang.

Baca Selengkapnya

Admin

# Wirausaha

# Bisnis

Semangat Baru Untuk Meningkatkan Inovasi Wirausaha, Perusahan & Bisnis UKM

Salah satu tujuan utama dari inovasi adalah melakukan atau menciptakan sesuatu yang berbeda dari para kompetitor di bidang sama.

Baca Selengkapnya

Admin

# Keuangan

# Bisnis

# Wirausaha

Akuntansi Smart Bisnis UKM dan Perusahaan

Akuntansi adalah merupakan kegiatan mencatat, meringkas, mengklarifikasi, mengolah, dan menyajikan data transaksi.

Baca Selengkapnya

Admin

# Bisnis

# Marketing

# Wirausaha

Strategi Smart Usaha Mencapai Keuntungan Sesuai Harapan

Persiapan strategi adalah dorongan agar bisnis Anda dapat mendapatkan hasil serta pendapatan yang lebih baik dari pada sebelumnya.

Baca Selengkapnya

Admin

# Keuangan

# Wirausaha

# Bisnis

Standar Akuntansi Keuangan di Indonesia

Fungsi Standar Akuntansi Keuangan adalah untuk keseragaman laporan keuangan untuk menyusun laporan keuangan serta auditor dan pembaca laporan.

Baca Selengkapnya

Admin

# Keuangan

# Bisnis

# Wirausaha

Mau Profit UKM ? Cara Smart Menghitung Profit UKM dan Perusahaan

Anda mungkin akan berpikir bahwa bisnis baik-baik saja dengan pendapatan yang terus mengalir setiap hari. Tetapi tanpa memperhitungkan faktor lain seperti biaya overhead, kartu kredit, tanggungan pinjaman, dll, maka profitabilitas tidak akan bisa diukur.

Baca Selengkapnya

Admin