Perusahaan Multinasional adalah Definisi Multinational Company

DEFINISI

Di Era perkembangan zaman yang semakin moderen ini, perusahaan Multinasional pun sudah melirik negara-negara maju untuk berinvestasi atau membangun anak dan cabang perusahaan dalam segala hal dengan berbagai caraya.

Perusahaan Multinasional (Multinational Company) yaitu perusahaan Induk (besar) yang mempunyai anak perusahaan di berbagai negara . Perusahaan multinasional ini juga dapat mendorong aktivitas ekspor dan impor. Selain itu, Perusahaan Multinasional (Multinational Company) dapat dilihat dari negara-negara maju yang memiliki teknologi, ilmu pengetahuan, dan perekonomian yang jauh lebih maju, stabil, modern, dan terus berkembang melalui industri-industri mereka yang sebagian besar mendominasi di dunia internasional.

PENGERTIAN

Perusahaan Multinasional adalah perusahaan besar yang mempunyai anak atau cabang perusahaan di berbagai negara termasuk di negara-negara maju yang memiliki teknologi, ilmu pengetahuan, dan perekonomian yang jauh lebih maju, stabil, modern, dan terus berkembang melalui industri-industri mereka yang sebagian besar mendominasi di dunia internasional.

Perusahaan Multinasional Menurut Kamus Bisnis dan Bank adalah multinational corporation yaitu perusahaan raksasa yang mempunyai kegiatan usaha, produksi, dan jarigan pemasaran di dua negara atau lebih.

Perusahaan Multinasional Menurut Wikipedia Perusahaan Multinasional atau PMN adalah perusahaan yang ber-usaha di banyak negara; perusahaan ini biasanya sangat besar. Perusahaan seperti ini memiliki kantor-kantor, pabrik atau kantor cabang di banyak negara. Mereka biasanya memiliki sebuah kantor pusat di mana mereka mengkoordinasi manajemen global.

JENIS-JENIS

Berikut ini adalah jenis-jenis perushaan multinasional yaitu;

1. Multinational Internationally Owned Enterprise (MOE)

Perusahaan memfokuskan kepemilikan usaha dari satu induk perusahaan, kemudian menyebar ke berbagai cabang produksi, perdagangan atau aktivitas bisnisnya di negara lain. Selain itu, kegiatan bisnis ini diawasi oleh lebih dari satu negara.

2. Multinational (Financial) Controlled Enterprise (MCE)

Perusahaan ini mengedepankan permodalan atau pembiayaan dalam menjalankan usahanya. Kegiatan bisnis ini diawasi oleh lebih dari satu negara.

3. Multinational Producing Enterprise (MPE)

Bentuk lainnya adalah multinational corporation yang berfokus pada bidang produksi. Kegiatan bisnisnya mempunyai dan mengontrol berbagai fasilitas produksi pada lebih dari satu negara. Biasanya memiliki subkontraktor untuk kegiatan produksi.

4. Multinational Trade Enterprise (MTE)

Multinational corporation yang satu ini memiliki fokus pada bidang perdagangan. Aktivitas bisnisnya adalah menjual barang yang perusahaan produksi di dalam negeri secara langsung kepada orang atau badan usaha di negara lain.

CIRI-CIRI

Berikut ini adalah ciri-ciri perusahaan multinasional yaitu;

1. Mempunyai Anak Perusahaan atau Cabang di Luar Negeri

Perusahaan ini membuka cabang di luar negeri sehingga produk yang perusahaan pasarkan menyesuaikan target market di negara tersebut agar produk tersebut bisa konsumen terima dengan baik.

2. Visi dan Misi Yang Mendunia

Perusahaan memiliki cabang perusahaan di berbagai negara. Ini menandakan bisnis yang beroperasi mempunyai visi dan misi global.

3. Memiliki Teknologi Canggih

Selanjutnya, untuk mengawasi perusahaan mitra / cabang yang ada di berbagai negara, maka perusahaan induk menciptakan teknologi canggih.

4. Kontrol Terhadap Modal

Modal menjadi faktor penting dalam perusahaan untuk bisa berkembang dan bertahan di tengah persaingan bisnis. Perusahaan ini mempunyai kontrol terhadap modal, baik di perusahaan induk maupun cabang. 

5. Sistem Manajemen dan Distribusi global

Perusahaan multinasional mempunyai sistem dan distribusi global karena target market mereka ada di berbagai negara secara profesional. Selain itu, memiliki sistem modal ventura, lisensi dan franchise atau waralaba dengan sistem manajemen di berbagai negara.

CONTOH

Berikut ini adalah Nama Perusahaan Multinasional (Dunia);

Acer Inc. ⇒ Adidas ⇒ Allianz ⇒ AOL ⇒ Apple Computer ⇒ ASUS ⇒ AT&T ⇒ BMW ⇒ Boehringer Ingelheim ⇒ Bombardier ⇒ British Petroleum ⇒ Chevron Corporation ⇒ Coca-Cola ⇒ Dell ⇒ Enron ⇒ Exxon ⇒ Fiat ⇒ Fonterra ⇒ Freeport ⇒ General Electric ⇒ General Motors ⇒ Google ⇒ Grup Volkswagen ⇒ Halliburton ⇒ Hearst CorporationHeckler & Koch ⇒ Honda ⇒ HSBC ⇒ Hutchison Whampoa Limited ⇒ Hyundai ⇒ Hewlett - Packard ⇒ IBM ⇒ Intel Corporation ⇒ Jardine Matheson ⇒ KFC ⇒ Kyocera ⇒ LG Electronics ⇒ McDonald's ⇒ Mercedes Benz ⇒ Microsoft ⇒ Monsanto ⇒ Nestlé ⇒ Newmont Mining Corporation ⇒ Nike, Inc. ⇒ NintendoNissan ⇒ NokiaNTTNortel NetworksOpelOrixParmalat ⇒ Pepsi ⇒ PetrobrasPhilipsPrentice Hall ⇒ Prudential plc ⇒ PumaShell3M ⇒ SamsungSchlumbergerSonySteyr MannlicherSwire Group ⇒ The Walt Disney Company ⇒ Toshiba ⇒ Total S.A. ⇒ Toyota ⇒ Wal-Mart Stores, Inc. ⇒ Yahoo! .

Berikut ini adalah Nama Perusahaan Multinasional Yang Berdiri di Indonesia;

1. Semen Indonesia

Perusahaan multinasional di Indonesia, yang pertama datang dari Perusahaan BUMN  Semen Indonesia berhasil mengakuisisi perusahaan asing di luar negeri dan berhasil memasuki pasar Asia Tenggara dan Asia Selatan.

Lokasi pabrik Semen Indonesia ada di negara Vietnam. Nama Semen Indonesia di Vietnam adalah Thang Long Cement Company. Selain memiliki pabrik di luar negeri, semen Indonesia juga mengekspor produknya ke beberapa negara antara lain: Singapura, Malaysia, Korea, Vietnam, Taiwan, Hongkong, Kamboja, Bangladesh, Yaman, Norfolk USA, Australia, Canary Island, Mauritius, Nigeria, Mozambik, Gambia, Benin dan Madagaskar.

2. Garuda Indonesia

Garuda Food merupakan perusahaan berstatus multinasional di Indonesia merupakan produsen makanan dan minuman yang produknya sering Anda konsumsi. Garuda Food sudah berhasil melakukan ekspansi ke negara lain bahkan berhasil mengakuisisi perusahaan gula Fuhua Jinjiang Yonghe.

3. GoJek

Gojek merupakan sebuah perusahaan startup Indonesia yang mampu melebarkan sayapnya keluar negeri.Perusahaan gojek melebarkan sayapnya ke negara Vietnam, Singapura dan Thailand yang disesuaikan dengan kebijakan masing-masing di tiap negaranya.

4. Indofood

Perusahaan multinasilnal di Indonesia berikutnya yaitu Indofood. Indofood mampu mengikat konsumen dari berbagai negara, ingga Indofood memiliki cabang di luar negeri seperti Nigeria, Mesir dan sebagainya.

Dengan berbagai kemasan yang berbeda di tiap negara membuat Indomie makin digemari oleh para konsumen.

Kemasan disesuaikan dengan bahasa di tiap negara.

Kelebihan dan Kekurangan Perusahaan Multinasional

Walaupun perusahaan multinasional memang besar, namun perusahaan multinasional juga mempunyai kelebihan dan kekurangan yaitu sebagai berikut;

1. Kelebihan Perusahaan Multinasional

Keuntungan adanya mata uang asing dengan adanya investasi dalam sektor ekspor.
Mengurangi kegiatan persyaratan valuta asing untuk aktivitas impor di dalam sektor industri.
Mendorong proses setiap sektor lini
Mendukung pembangunan dalam negeri
Mampu meningkatkan pendapatan masyarakat
Mampu membantu memenuhi kebutuhan masyarakat dalam negeri

2. Kekurangan Perusahaan Multinasional

∴ Bisa Mematikan Perusahaan Lokal

Perusahaan multinasional pada suatu negara bisa membunuh perusahaan lokal yang tengah berkembang di negara terkait. Karena kekuatan dana besar ataupun modal perusahaan multinasional, mereka bisa memonopoli suatu sektor.

∴ Ekspor Keuntungan

Perusahaan multinasional bisa mengembalikan keuntungan pada pemilik modal yang berada di negara asal mereka. Untuk itu, keuntungan pada negara tuan rumah yang ditunjukan sebagai tempat untuk marketing mereka cenderung sangat kecil.

∴ Dampak Terhadap Budaya dan Sosial

Kelemahan lain yang dimiliki oleh perusahaan multinasional adalah bahwa banyak perusahaan asing yang mampu merusak citra budaya dan sosial pada negara tuan rumah. Termasuk perusahaan yang mampu merubah gaya pakaian hingga makanan khas masyarakat disekitarnya.

∴ Kualitas Kesehatan dan Keselamatan Pekerja yang Rendah

Perusahaan multinasional di berbagai negara sering diyakini mengantongi peraturan regulasi yang tidak terlalu ketat, sehingga kurang memperhatikan keselamatan dan juga kesehatan pekerja mereka, seperti keamanan penambang yang rendah.

∴ Dapat Menyebabkan Kerusakan Lingkungan

Perusahaan multinasional yang ingin memproduksi secara efisien dan dengan biaya yang lebih rendah. Mereka cukup sering melakukan hal ini dengan cara yang tidak menghargai lingkungan sekitarnya. Mereka seringkali membuang limbah tanpa melakukan proses terlebih dahulu.

∴ Pekerja yang Disediakan Berketerampilan Rendah

Pekerjaan yang ditawarkan oleh perusahaan multinasional untuk para pekerja lokal ini cenderung rendah, dan juga merupakan pekerjaan yang sederhana dan tidak terampil, sehingga pekerja lokal ini cenderung akan memiliki pendapatan yang rendah. Sementara itu, karyawan asing dari luar negeri sering kali diberikan posisi pada tingkat yang lebih tinggi dan berkualitas.

Pemanfaatan SDM yang tidak terampil ini akan sangat bermanfaat untuk perusahaan multinasional, namun akan sangat berbahaya untuk para pekerja dan juga masyarakat sekitarnya.

Apa pengaruh perusahaan multinasional di Indonesia?

Pengaruh perusahaan multinasional pada Investasi yang dilakukan di dalam negeri biasanya akan membantu memberikan sumber devisa dan pendapatan berupa pajak bagi negara. Keuntungan dari produksi perusahaan multinasional ini juga akan dikenai pajak dan menjadi sumber pendapatan pemerintah daerah maupun pusat.

TUJUAN

Tujuan Membangun Perusahaan Multinasional

Untuk Memperluas Usahanya

Untuk memperluas usahanya dalam mencari bahan baku melalui negara-negara lain yang dianggap memiliki tingkat Sumber Daya Alam (SDA) tinggi;

Untuk Mencari Pasar Baru

Untuk mencari pasar baru yang memiliki tingkat konsumsivitas tinggi karena minimnya teknologi;

Untuk Meminimalkan Biaya

Untuk meminimalkan biaya pengeluaran dalam memproduksi maupun gaji buruh melalui Sumber Daya Manusia (SDM) di negara tujuan, sehingga mereka (perusahaan multinasional) dapat memperoleh keuntungan yang sebesar-besarnya.

Sifat dari Perusahaan Multinasional adalah melakukan penanaman modal langsung di negara-negara asing dengan pendirian anak atau cabang perusahaan atau pengambil-alihan sebuah perusahaan asing di mana sasaran penanaman modal tersebut adalah pengawasan manajemen terhadap suatu unit produksi di suatu negara asing. Perusahaan Multinasional ditandai dengan adanya perusahaan induk dan cabang perusahaan di berbagai negara dengan satu penampung bersama sumber-sumber manajemen, keuangan dan teknik.

Dalam hal ini melalui integrasi vertikal dan sentralisasi pengambilan keputusan, perusahaan induk berusaha mengekalkan kedudukan monopolinya dalam hal teknologi, modal yang siap pakai dan seterusnya, kemudian motivasi bagi penanaman modal langsung dan bagi pemilikan anak-anak perusahaan asing serta cabang-cabang di pihak lainnya, terutama adalah penguasaan pasar dan penguasaan manajemen.

KESIMPULAN

Sudah dapat dipastikan bahwa sebagian besar aktor non-state ini di dalam dunia internasional berasal dari negara-negara maju, dan tujuan operasional mereka adalah negara-negara berkembang. Hal ini dapat dilihat dari negara-negara maju yang memiliki teknologi, ilmu pengetahuan, dan perekonomian yang jauh lebih maju, stabil, modern, dan terus berkembang melalui industri-industri mereka yang sebagian besar mendominasi di dunia internasional. Di samping itu, fakta lain mengatakan bahwa negara-negara maju di dunia internasional berperan sebagai produsen hampir di segala aspek, dan negara-negara berkembang hanya mampu berperan sebagai konsumen dalam berbagai aspek.

Lebih banyak Anda MEMBACA , Lebih banyak hal yang Anda KETAHUI,Lebih banyak hal yang Anda PELAJARI, Lebih banyak Informasi yang ada DAPATI.

Demikian uraian singkat mengenai apa yang dimaksud dengan Definisi Perusahan Multinasional Lengkap Dengan Pengertian, Jenis-jenis, Ciri-ciri, Contoh, Kelebihan dan Kekurangan dan Tujuan Membangun Perusahaan Multinasional. Informasi di atas hanya secuil dari kegiatan Perusahaan Multinasional yang sebenarnya. Semoga bermanfaat dan meningkatkan minat Anda untuk jadi lebih produktif.

Terima Kasih telah berkunjung, semoga apa yang anda simak di artikel ini dapat menambah wawasan dan juga pengetahuan yang lebih bermanfaat. 🙏"Terima Kasih"🙏

Penulis : Rudi

Tags Artikel :

#Perorangan

#Perusahaan

#Perusahaan Jasa

#Perusahaan Dagang

#UKM dan UMKM

Artikel Terkait Lainnya

# Wirausaha

# Bisnis

# Keuangan

Cara Stock Opname Persediaan Degan Mudah

Stock opname adalah salah satu bentuk kegiatan perhitungan persediaan stok barang di gudang sebelum dijual dan juga dapat merapikan persediaan barang digudang.

Baca Selengkapnya

Admin

# Keuangan

# Bisnis

# Wirausaha

Akuntansi Smart Bisnis UKM dan Perusahaan

Akuntansi adalah merupakan kegiatan mencatat, meringkas, mengklarifikasi, mengolah, dan menyajikan data transaksi.

Baca Selengkapnya

Admin

# Keuangan

# Wirausaha

# Bisnis

Standar Akuntansi Keuangan di Indonesia

Fungsi Standar Akuntansi Keuangan adalah untuk keseragaman laporan keuangan untuk menyusun laporan keuangan serta auditor dan pembaca laporan.

Baca Selengkapnya

Admin

# Wirausaha

# Bisnis

Smart Ide Kerja yaaa!!! Dirumah Aja Untuk UKM Karyawan Perusahaan

Setiap ada keinginan di lanjutkan dengan tindakan serta di esekusi pasti ada jalan untuk menghasilkan income. Semangat Dear

Baca Selengkapnya

Admin

# Keuangan

# Wirausaha

# Akuntansi

Cara Menyusun Neraca Saldo Perusahaan

Cara menyusun neraca saldo perusahan yaitu dengan cara mengelompokkan saldo setiap akun-akun suapaya mendapatkan informas berguna untuk laporan keuangan.

Baca Selengkapnya

Admin

# Keuangan

# Bisnis

# Wirausaha

Daftar Kode Akun Perusahaan Dagang Untuk UKM

Kode Akun (Perkiraan) adalah tanda untuk menampung transaksi yang dicatat pada jurnal. Semua kode akun akan menjadikan suatu tanda untuk menentukan akun apa yang terkait dengan kode akun (Perkiraan) tersebut.

Baca Selengkapnya

Admin