Strategi Menghadapi Persaingan Pada Bisnis UKM Dengan Memanfaatkan Data Analisis
Strategi dan Analisis persaingan merupakan riset strategis, secara khusus mengumpulkan dan menganalisis data tentang bisnis kompetitor. Dapat dikatakan, hal ini merupakan taktik esensial untuk mengetahui apa yang dilakukan oleh pesaing.
Analisis Industri ini memiliki Kekuatan yang Mempengaruhi Persaingan
» Salah satu cara untuk memahami persaingan adalah lewat analisis industri.
» Industri adalah suatu kelompok perusahaan permbuat produk yang mirip satu dengan yang lain dan dapat saling dipertukarkan.
Lima Kekuatan yang Mempengaruhi Persaingan dalam Suatu Industri
1» Pendatang Baru
Pendatang baru dapat membahayakan perusahaan-perusahaan yang telah ada, karena menghasilkan kapasitas produksi tambahan, dimana kapasitas tambahan ini akan menekan agar biaya bagi pembeli rendah, yang mengakibatkan turunnya penjualan dan laba bagi perusahaan yang ada dalam industri tersebut.
Keputusan menjadi pendatang baru seringkali disertai komitmen besar yang menyangkut sumberdaya.
Perlawanan yang lamban atau tidak efektif
» Membuka Harga serendah mungkin
Situasi yang lebih lazim dan kurang resikonya dimana kekuatan-kekuatan pasar tidak menghilangkan ketertarikan usaha masuk bisnis industri dimana tidak semua perusahaan menghadapi biaya masuk yang sangat besar. Jika suatu perusahaan dapat mengatasi hambatan masuk struktural ke dalam bisnis secara lebih murah dibandingkan dengan perusahaan pendatang lainnya, atau perusahaan tersebut daat mengharapkan perlawanan yang tidak keras, maka perusahaan tersebut dapat meraih laba diatas rata-rata dari masuknya kedalam bisnis.
» Kemampuan yang menonjol untuk mempengaruhi industri
Memasuki bisnis secara intern dapat menguntungkan meskipun ada kekuatan-kekuatan pasar jika perusahaan mempunyai kemampuan tertentu yang besar untuk mengubah keseimbangan struktural dan Industri sasaran.
» Pengaruh positif terhadap bisnis lama
Memasuki bisnis secara intern akan menguntung, meskipun kondisi-kondisi yang diuraikan diatas tidak ada, jika tindakan ini mempunyai dampak menguntungkan bagi bisnis lama perusahaan pendatang. Dampak yang terjadi melalui erbaikan hubungan dengan distributor.
» Konsep- Konsep Generik untuk memasuki pasar
Berbeda pada pendekatan yng lazim untuk memasuki suatu bisnis, yang didasrkan atas berbagai konsep guna mengatasi hambatan masuk secara lebih murah dari pada perusahaan lain, adalah sebagai berikut:
1. Menekan Biaya Produk
2. Memasuki pasar dengan harga rendah
3. Menawarkan produk yang Unggul
4. Menemukan celah
5. Memperkenalkan inivasi pemasaran
6. Menggunakan Distribusi boncengan
Pendatang baru sering terhambat dengan sumber-sumber utama untuk masuk dalam industri:
Skala ekonomi : Biaya produksi per unit menurun saat volume produksi meningkat per periode.
Konsep ini juga berlaku untuk penelitian dan pengembangan, administrasi umum, pemasaran dan fungsi bisnis lainnya.
Penting untuk disadari bahwa sampai batas-batas tertentu kekuatan-kekuatan pasar akan bekerja melawan keberhasilan perusahaan yang masuk. Bila prospek masuk bisnis adalah baik karena adanya ketidakseimbangan, pasar akan mengirikan isyarat yang sama kepada pihak lain, yang tentunya cenderung masuk juga. Dengan demikian keputusan untuk masuk harus memperhitungkan pula pertimbangan mengapa hanya perusahaan pendatang dan bukan perusahaan lain yang akan meraih manfaat ketidakseimbangan tersebut. Sering kali kemampuan untuk meramalkan hal ini tergantung pada keunggulan karena lebih dahulu mengenali adanya ketidakseimbangan.
2» Produk Pengganti
Barang substitusi adalah barang pemuas kebutuhan yang dapat menggantikan peran benda pemuas kebutuhan lainnya. Namun hal ini tidak menghilangkan nilai kegunaan dengan barang yang diganti. Contohnya detikers dapat memiliki pengganti barang dengan barang yang punya merk berbeda namun fungsi barangnya tetap sama.
» Sejauh mana suatu produk dianggap unik
» Diferensiasi produk dapat merupakan hasil dari atribut fisik produk atau komunikasi pemasaran yang efektif seperti:
Atribut fisik produk adalah kemasan yang paling baik
Komunikasi pemasaran yang efektif adalah iklan dengan endoser bintang ternama.
Kebutuhan Modal
Modal diperlukan tidak hanya untuk biaya manufaktur, tetapi juga penelitian dan pengembangan pasar, periklananm penjualan dan servis di lapangan, dll.
Modal besar diperlukan dalam industri industri-industri farmasi, komputer mainframe, kimia, dll.
Biaya Peralihan Pada Pembelian Untuk Perubahan Produk
Biaya yang dirasakan oleh pelanggan untuk beralih ke produk pesaing yang baru mungkn menghadirkan hambatan yang sulit diatasi sehingga mencegah pendatang baru.
Saluran Distribusi
Jika saluran distribus sudah penuh, maka biaya untuk masuk market pasar akan mahal, atau tidak terseda.
Pendatang baru harus menciptakan dan mendirikan saluran distribusi yang baru untuk pemasaran.
Kebijakan Pemerintah
Kebijakan pemerintah sering menghambat masuknya pendatang baru
Kebijakan pemerintah umumnya terjadi dalam industri Noasional masing-masing negara.
Contohnya masyarakat RRC sebagai investor asing banyak industri untuk bergabung dengan mitra lokal dalam investasinya.
Keunggulan Biaya Yang Tidak Tergantung Pada Skala Ekonomi
Akses bahan baku
Lokasi yang menguntungkan
Subsidi oleh pemerintah
Ancaman Produk Pengganti
Ketersediaan produk pengganti memberi batas pada harga yang ditentukan oleh pemimpin pasar
Harga yang tinggi dapat memicu pembeli beralih ke produk pengganti
3» Tawar Menawar Pemasok
Beberapa faktor mempengaruhi daya tawar pemasok :
Pemasok akan mempunyai keunggulan bila mereka besar dan jumlahnya relatif sedikit
Kalau produk atau jasa pemasok merupakan masukan penting bagi perusahaan industri, atau terdiferensiasi
Bisnis pemasok tidak terancam oleh produk alternatif
Kemauan dalam kemampuan pemasok untuk dan mengembangkan produk dan merek mereka sediri.
4» Tawar Menawar Pembeli
Beberapa faktor yang mempengaruhi daya tawar pembeli yaitu:
Membeli dalam jumlah besar sehingga perusahaan pemasok tergantung pada bisnis pembeli agar tetap dapat bertahan.
Ketika produknya dipandang sebagai komoditi (produk standar dan tidak terdiferensiasi).
5» Rivalitas antar Pesaing
Persaingan harga, pertempuran iklan, penetapan posisi produk dan usaha melakukan diferensiasi.
Beberapa faktor yang dapat menciptakan persaingan yang ketat:
Industri sudah memasuki fase dewasa
Perusahaan dengan kepentingan strategi yang tinggi untuk meraih sukses.
Kurangnya diferensiasi produk
Strategi Bersaing Generik
Strategi generik merupakan salah satu strategi yang sering digunakan oleh perusahaan untuk bersaing dalam industri sejenis maupun berbeda jenis. Generic strategy atau strategi generik ini juga sering mengejar keunggulan kompetitif di seluruh ruang lingkup pasar yang dipilihnyaStrategi bersaing generik bertujuan untuk menciptakan posisi yang menguntungkan dan kekuatan pada persaingan industri.
Tujuan Analisis pesaing
Manfaat Persaingan Usaha
Manfaat Analisis Pesaingan Usaha Menghadirkan motivasi tinggi bagi pelaku bisnis diantara lain yaitu:
Dengan melakukan analisis pasar, diharapkan dapat meningkatkan omzet penjualan dan keuntungan perusahaan. Secara lebih jauh lagi, analisis pasar perlu dilakukan untuk menemukan peluang bisnis dan potensi yang bisa dimanfaatkan.
Agar Anda lebih mengenali siapa pesaing Anda
Analisis Kompetitor
Kesimpulan
Dalam memasuki bisnis baru ada beberapa cara yang dapat ditempuh yaitu melalui pengembangan intern, akusisi dan secara bertahap. Ketiga hal ini tentu mempunyai karakteristik yang berbeda. Oleh karena itu cara mana yang akan ditempuh dapat dilihat baik dari segi biaya atau besarnya investasi, kondisi industri, kemampuan perusahaan, kondisi persaingan dan sebagainya. Selanjutnya perlu dikaji terlebih dahulu mana yang akan dipilih sehingga perusaan nantinya dapat lebih berkembang pada industri yang ingin dimasuki.
Demikianlah artikel tentang Strategi & Analisis Persaingan dalam bisnis, semoga artikel ini dapat bermanfaat dan juga menambah wawasan kita untuk lebih mengetahui strategi yang harus kita lakukan untuk mendapatkan apa yang di inginkan. Sekian dan “Terima Kasih“.