Marketing Pemasaran Produk adalah Sebagai Kunci Proses Promosi Strategi Bisnis UKM
Pengertian Marketing
Marketing adalah serangkaian kegiatan untuk memenuhi kebutuhan dan kepuasan konsumen, baik dengan cara memproduksi produk kemudian memberikan harga dan mempromosikannya kepada konsumen sehingga terjadilah penjualan. Marketer sering juga di sebut sebagai individu yang fokus pada bisnis pemasaran dan mereka berafiliasi dengan produsen. Tugas mereka adalah membantu produsen memasarkan produk mereka dengan cara pemasaran online dan offline.
Contoh Marketing Secara Umum
Contoh umum media marketing adalah yaitu:
» Iklan Televisi,
» Papan reklame di pinggir jalan,
» Iklan Majalah,
» Dll
Tetapi tidak semua bisnis memiliki kebutuhan dan memasarkan barang dan jasanya dengan cara yang sama.
Marketing Plan
Marketing plan merupakan dokumen operasional yang menguraikan berbagai strategi pemasaran. Tujuannya adalah untuk diterapkan dalam perusahaan, serta menghasilkan arahan yang dapat mencapai target. Marketing plan juga merincikan berbagai campaign dan promosi yang akan dilakukan selama periode tertentu.
Berikut ini beberapa langkah untuk menyusun rencana pemasaran (marketing plan) diantaranya yaitu :
1» Melakukan Analisis Situasi,
2» Menetapkan Tujuan dan Sasaran,
3» Menuliskan Semua Target Pemasaran Dalam Daftar,
4» Menyusun Strategi dan Program,
5» Menetapkan Anggaran Pemasaran,
6» Buat Rencana Tahunan.
Fungsi marketing menurut Philip Kotler (2002:559) adalah sebagai berikut:
» Mengumpulkan informasi mengenai pelanggan, pesaing, serta pelaku dan kekuatan lain yang ada saat ini maupun yang potensial dalam lingkungan pemasaran.
» Mengembangkan dan menyebarkan komunikasi persuasif untuk merangsang pembelian.
Konten Marketing Plant
Dalam strategi membuat content marketing yang bisa mendatangkan keuntungan bisnis, sebaiknya Anda membagi konten menjadi 3, yaitu konten yang berisi tentang pengenalan, konten branding, dan konten penjualan yang akan mendorong pelanggan untuk melakukan transaksi (pembelian).
Apa saja yang harus dilakukan oleh seorang marketing?
Jadi Marketing Andal Gak Gampang Loh, Kamu Harus Bisa Lakukan 10 Hal Ini
1» Mengenali pangsa pasar.
2» Kenali lebih dalam produk dan jasa yang dijual.
3» Memiliki kemampuan komunikasi yang baik.
4» Membangun jaringan atau koneksi.
5» Perhatikan penampilan.
6» Memahami kebutuhan konsumen.
7» Keluar dari zona nyaman.
8» Terus optimistis
9» Mengumpulkan testimoni
10» Selalu berusaha dan berdoa
Apa yang harus dilakukan wirausaha sebelum menyusun marketing plan?
Marketing plan merupakan dokumen operasional yang menguraikan berbagai strategi pemasaran. Tujuannya adalah untuk diterapkan dalam perusahaan, serta menghasilkan arahan yang dapat mencapai target. 10 tahap membuat marketing plan yaitu:
1» Tulis Model Bisnismu
2» Tentukan Target Pasar
3» Analisis Kemampuan Pesaing
4» Tentukan Tujuan dan Buat Strategi
5» Menyiapkan pusat kampanye
6» Lakukan Audit Pemasaran
7» Terapkan Anggaran
8» Membuat Tim
9» Lakukan
10» Evaluasi dan Ukurlah
Perbedaan Marketing dan Sales
“Marketing” dan “sales” memang merupakan dua hal yang berbeda, namun keduanya saling terkait. Marketing berperan sebagai think tank yang mendesain pengembangan produk dan strategi pemasarannya. Sales adalah tim pelaksana strategi promosi untuk meningkatkan penjualan produk.
JOB DESKRIPSI / JOB DESCRIPTION SALES MARKETING :
Melakukan promosi produk dan penjualan atau layanan jasa dengan argumen yang kuat baik itu kepada pelanggan yang sudah terdata maupun pelanggan prospektif. Lakukan analisis biaya serta manfaat bagi konsumen aktif maupun potensial dalam memenuhi kebutuhan mereka.
Strategi Marketing dalam pemasaran adalah upaya untuk memasarkan serta mengenalkan suatu produk maupun jasa pada masyarakat. Tentu saja dengan menggunakan rencana dan taktik matang, dengan begitu, jumlah penjualan dapat meningkat. Berikut adalah strategi yang sering digunakan yaitu:
1» Kenalilah Pelanggan Anda. ‘Pelanggan adalah Raja’ Istilah tersebut memang benar, sang Raja sangat senang apabila dilayani dengan baik
2» Pilih Lokasi Yang Strategis
3» Menggunakan Internet Marketing
4» Lakukanlah Promosi
5» Menjalin Hubungan Dengan Pelanggan
Membangun Komunikasi Pemasaran yang Efektif
1» Buat pesan anda sesederhana mungkin
2» Fokuskan pada gaya hidup mereka
3» Tekankan pada nilai yang ditawarkan
4» Ceritakan pengalaman orang lain
5» Gunakan kalimat yang menyentuh emosi
6» Terus lakukan komunikasi
Berikut ini adalah beberapa fungsi marketing dalam perusahaan yang jarang Anda ketahui:
1» Fungsi Pertukaran
Dalam dunia marketing, konsumen dapat dengan bebas untuk memilih produk yang berasal dari perusahaan mana saja dengan menukarkannya dengan uang atau bisa menukarkan produk dengan produk yang digunakan sendiri ataupun yang akan dijual kembali.
2» Fungsi Distribusi Fisik
Fungsi distribusi produk dilakukan dengan cara memindahkan produk dengan cara mengangkut dan menyimpan produk. Produk yang dimiliki oleh produsen akan didistribusikan kepada konsumen baik melalui melalui darat, laut, atau udara. Dalam hal penyimpanan produk dilakukan agar produk terjaga pasokannya di pasar sehingga tidak terjadi kelangkaan saat dibutuhkan oleh konsumen.
3» Fungsi Perantara
Untuk bisa memberikan produk sampai kepada tangan konsumen, seorang seorang marketing lah yang nantinya akan menghubungkan dari pihak produsen kepada konsumen.
4» Fungsi Lain Dari Marketing
Fungsi lain dari marketing tidak hanya sebagai pertukaran, distribusi fisik, dan perantara, tetapi masih ada fungsi penting lainnya yang dimiliki oleh seorang marketing berdasarkan manajemen pemasaran, diantaranya adalah sebagai berikut ini:
» Marketing Sales. Tugas utama seorang marketing adalah menghasilkan sales atau penjualan dari produk yang dimiliki oleh perusahaan, sehingga perusahaan mendapatkan keuntungan dari setiap produk yang dijual.
» Marketing Promosi. Marketing memiliki tugas untuk mengenalkan sebuah produk kepada masyarakat luas agar produk yang dimiliki perusahaan bisa dikenal.
» Marketing Riset dan Pengembangan. Marketing memiliki tugas untuk mencari informasi dari sebuah produk yang dibutuhkan oleh konsumen atau melakukan pengembangan produk yang sudah ada mengenai kelebihan dan kekurangannya, kemudian melaporkannya semuanya kepada perusahaan agar segera dilakukan tindak lanjut.
» Marketing Communication. Marketing memiliki tugas untuk membuat hubungan yang baik antara perusahaan dengan konsumen, perusahaan dengan masyarakat sekitar dan perusahaan kepada pihak yang terkait dalam bisnis.
» Semua strategi marketing tersebut memiliki berbagai keunggulan. Mulai dari hemat biaya, lebih efektif untuk membangun komunikasi dengan konsumen, hingga lebih mudah menjangkau banyak audiens dengan cepat.
Manfaat Marketing Plan
Membuat Marketing Plan secara terperinci adalah hal terpenting untuk bisnis. Pemasaran sama pentingnya dengan produk atau layanan. Berikut ini manfaat Marketing Plan:
1» Koordinasi kegiatan pemasaran dapat lebih baik dicapai
2» Dapat mengidentifikasi tingkat pengembangan perusahaan
3» Menjadi referensi untuk bagaimana bisnis perlu berubah
4» Bisa menjadi alat untuk menghindari konflik tentang cara perusahaan bergerak
5» Sebagai sumber informasi tentang cara membuat atau memperbarui kebijakan perusahaan
6» Menjadi referensi bagi manajer untuk bergerak dan bahkan berpikir lebih sistematis
7» Marketing Plan menawarkan manfaat tambahan untuk bisnis
8» Memberikan kejelasan tentang siapa target pasar Anda sehingga Anda dapat menemukan pelanggan dan pelanggan lebih mudah jika Anda tahu siapa mereka.
9» Membantu membuat pesan pemasaran yang memberikan hasil. Pemasaran adalah tentang mengetahui apa yang dapat dilakukan produk atau layanan Anda untuk menciptakan target pasar Anda. Pesan dapat dibuat langsung dengan pasar.
10» Menawarkan perhatian terkonsentrasi. E-mail, blog, media sosial, iklan, surat langsung, dll. Dengan cara ini, Anda memiliki banyak pilihan pemasaran yang tersedia dan Anda memerlukan rencana untuk menentukan tindakan komersial Anda.
Tujuan Marketing Plan
Banyak pengusaha membuat Marketing Plan dan karenanya tidak menggunakannya. Namun, Marketing Plan adalah peta jalan yang menyediakan panduan untuk mencapai tujuan bisnis perusahaan. Marketing Plan harus berfungsi sebagai referensi dan dievaluasi secara teratur.
Tujuannya marketing plan antara lain yaitu:
1» Mengetahui dan mereproduksi informasi tentang perubahan pasar dan persaingan
2» Membangun hubungan dan jaringan yang lebih luas dengan organisasi lain
3» Sebagai bentuk kustomisasi bisnis
4» Meningkatkan keuntungan Anda dengan bisnis yang efisien dan efektif.
Menyusun Strategi dan Program
Strategi dan program didasarkan pada tujuan yang telah ditetapkan sebelumnya. Strategi ini adalah tindakan jangka panjang dan dikembangkan sebagai rencana jangka panjang untuk mencapai tujuan organisasi. Dan untuk mendukung strategi ini, program jangka pendek atau tindakan jangka pendek dilakukan.
Jadi rencana pemasaran adalah bentuk perencanaan bisnis yang dilakukan dengan pemasaran untuk menentukan bagaimana perusahaan dapat menerapkan strategi pemasaran dalam praktik. Ini berarti bahwa perusahaan yang tidak bekerja dengan baik mengalami kesulitan bergerak ke arah perubahan pasar. Akibatnya, manfaat yang dicapai tidak optimal.
Demikianlah pembahasan artikel ini tentang Marketing Pemasaran Produk adalah Sebagai Kunci Proses Promosi Strategi Bisni UKM dalam perusahaan ataupun bisnis. Sedangkan Sales berperan sebagai Pelaksana Proses Pemasaran Produk Strategi dalam perusahaan ataupun bisnis. Semoga artikel ini dapat bermanfaat serta menambah pengetahuan kita tentang marketing. Terima Kasih. Novalio.id