Akuntansi Perusahaan Dagang Semen

AKUNTANSI PERUSAHAAN

Akuntansi Perusahaan Dagang SemenPENGERTIAN AKUNTANSI

Akuntansi adalah sebagai prosesi mengidentifikasikan mengukur dan melaporkan informasi ekonomi pada perusahaan untuk memungkinkan adanya penilaian dan keputusan yang jelas dan tegas bagi pengguna informasi tersebut.

Definisi lain dari akuntansi adalah merupakan proses yang terdiri dari identifikasi, pengukuran, dan pelaporan informasi ekonomi di setiap perusahaan.

Tujuan utama akuntansi menurut Soemarso adalah menyajikan informasi ekonomi (economic information) dari satu kesatuan ekonomi (economic entity) kepada pihak-pihak yang berkepentingan. Kesatuan ekonomi adalah badan usaha (business enterprise). Informasi ekonomi dihasilkan oleh akuntansi yang berguna bagi pihak-pihak di dalam perusahaan maupun pihak di luar perusahaan.

Untuk menghasilkan informasi ekonomi akuntansi perusahaan yang menciptakan suatu metode pencatatan, penggolongan, analiss, dan pengendalian transaksi serta kegiatan-kegiatan keuangan, kemudian melaporkan hasilnya.

Kegiatan Akuntansi Meliputi:

1. Pengindentifikasian dan pengukuran data yang relefan dalam mengambil keputusan.

2. Proses data yang bersangkutan kepada pelapor informasi yang dihasilkan

3. Komunikasi informasi kepada pemai laporan

Pengertian Akuntansi Adalah Keuangan dan Biaya Menurut Para AhliSIKLUS AKUNTANSI

Pasa suatu periode kegiatan dengan mengumpulkan data transaksi dapat dibuat laporan keuangan dengan prses penutupan sehingga akan dapat melihat neraca saldo setelah penutupan. Neraca saldo setelah penutup menjadi nerasa awal periode berikutnya. 

Terdapat 10 Proses Siklus Akuntansi yaitu;

Sebelum melakukan Kegiatan dibawah terlebih dahulu yang akan dilakukan adalah menganalisis transaksi-transaksi pada perusahaan di dalam kegiatan Proses Siklus akuntansi ini.

01. Jurnal
02. Pemindahan Posting ke Buku Besar
03. Neraca Saldo
04. Jurnal Penyesuaian
05. Neraca Saldo Disesuaikan
06. Kertas Kerja (Work Sheet)
07. Laporan Keuangan
08. Jurnal Penutup
09. Neraca Saldo Setelah Penutup
10. Jurnal Pembalik

Prosesi ini terjadi dan berjalan dari satu periode ke priode selanjutnya. Kegiatan inilah yang disebut dengan Siklus Akuntansi. Berikuti ini adalah penjelasan setiap proses yang akan di persiapkan dalam pembahasan Pengertian Akuntansi.

 


Pengertian Akuntansi Adalah Keuangan dan Biaya Menurut Para Ahli01. PENGERTIAN JURNAL (JOURNAL)

Pengertian Jurnal (Journal) adalah sebagai media pencatatan transaksi harian perusahaan yang dicatat secara kronologis berdasarkan tanggal dan digunakan perusahaan pada umumnya untuk menggunakan dua kolom yaitu Debet dan Kredit dalam ilmu akuntansi.

Dalam Ilmu Akuntansi Jurnal (Journal) terbagi menjadi 2 yaitu:

1. JURNAL UMUM

Jurnal Umum yang dibuat sebagai media pencatatan transaksi yang tidak dicatat ke dalam jurnal khusus pada Akuntansi.

2. JURNAL KHUSUS

Jurnal yang dibuat Khusus dalam akuntansi sebagai media pencatatan transaksi terdiri dari:

» Jurnal Penjualan (Sales Journal)

Dalam Akuntansi Jurnal penjualan digunakan untuk mencatat seluruh transaksi penjualan barang dagang ke pelanggan secara Kredit.

» Jurnal Pembelian (Purchase Journal)

Dalam Akuntansi Jurnal pembelian digunakan untuk mencatat seluruh transaksi pembelian barang dagang dari supplier secara Kredit.

» Jurnal Penerimaan Kas (Cash receipts Journal)

Dalam Akuntansi Jurnal penerimaan kas digunakan untuk mencatat seluruh transaksi penerimaan kas baik dalam penerimaan kas langsung dari pelanggan maupun dalam transaksi penjualan secara tunai dan penerimaan kas dari hasil penagihan piutang akan di catat dalam jurnal kas.

» Jurnal Pengeluaran Kas (Cash Payment Journal)

Dalam Akuntansi Jurnal pengeluaran kas digunakan untuk mencatat seluruh transaksi pengeluaran kas seperti pembayaran langsung ke supplier dalam transaksi pembelian barang secara tunai, pelunasan utan, serta pembelian peralatan kantor, dan juga perlengkapan kantor secara tunai akan dicatat ke dalam buku jurnal pengeluaran kas.


Pengertian Akuntansi Adalah Keuangan dan Biaya Menurut Para Ahli02. PEMINDAHAAN (POSTING) KE BUKU BESAR

Posting adalah merupakan langkah-langkah untuk melakukan klasifikasi akun-akun pada akuntansi yang ada di jurnal ke buku besar.

Langkah-langkah untuk Melakukan Posting ke Buku Besar yaitu;

1. Dalam Akuntansi mengidentifikasikan nama-nama akun yang terkait dalam pemindahan jumlah pada kolom Debet atau Kredit pada akun di buku besar.

2. Dalam Akuntansi menuliskan kode akun pada kolom referensi ke dalam jurnal serta halaman jurnal pada kolom referensi akun di buku besar.

3. Dalam Akuntansi setelah pemindahan ke buku besar selesai, saldo masing-masing akun pada buku besar ditentukan maka nantinya akan terlihat di setiap akun di buku besar.


Pengertian Akuntansi Adalah Keuangan dan Biaya Menurut Para Ahli03. NERACA SALDO (TRIAL BALANCE)

Neraca saldo merupakan titik awal dari penyusunan laporan keuangan dari jumlah yang dicatat pada akuntansi.

Pengertian Neraca Saldo (Trial Balance) Dalam Ilmu Akuntansi

Pengertian Neraca Saldo (Trial Balance) adalah kumpulan akun yang tercatat pada akuntansi usaha atau perusaaah dalam periode tertentu berdasarkan saldo normal dalam penyusunan akaun Debet dan Kredit dimulai dari asset, liabilitas, ekuitas, pendapatan dan beban.

Manfaat Neraca Saldo (Trial Balance) Dalam Ilmu Akuntansi

Manfaat Neraca Saldo adalah untuk mendeteksi kesalahan dalam proses jurnal dan posting pada buku besar.


Pengertian Akuntansi Adalah Keuangan dan Biaya Menurut Para Ahli04. JURNAL PENYESUAIAN

Menurut Para Ahli Soemarso (2018:133) Jurnal penyesuaian dilakukan apabila:

1. Suatu transaksi telah terjadi namun belum dicatat oleh perusahaan.

2. Suatu transaksi telah dicatat dalam suatu akun tetapi saldonya perlu dikoreksi kembali untuk mencerminkan keadaan yang sebenarnya.

Soemarso juga menjelaskan dalam ilmu akuntansi ayat jurnal penyesuaian dibuat untuk mengoreksi perkiraan-perkiraan sehingga mencerminkan keadaan aktiva, kewajiban, biaya, pendapatan, dan modal yang sebenarnya.

Menurut Para Ahli Martani dkk (2016:81) menjelaskan, secara umum ilmu akuntansi ayat jurnal penyesuaian dilakukan terhadap dua kategori, yaitu:

1. Beban dibayar dimuka (prepaid expenses), Seluruh beban yang telah dibayar secara tunai namun masih belum dimanfaatkan dan dicatat sebagai aset.

2. Pendapatan diterima dimuka (unearned revenues), Seluruh pendapatan yang telah diterima secara tunai namun jasa atau barang belum diberikan dan dicatat sebagai liabilitas.


Pengertian Akuntansi Adalah Keuangan dan Biaya Menurut Para Ahli05. NERACA SALDO DISESUAIKAN

Pada neraca saldo yang telah disesuaikan memberikan informasi saldo akun yang telah disesuaikan. Pada setiap jumlah kolom tersebut dihitung dengan menggabungkan jumlah neraca saldo ditambah atau dikurangi dengan penyesuaian. Neraca saldo disesuaikan disusun setelah proses porstingan jurnal penyesuaian ke buku besar selesai dan saldo akun baru bisa ditetapkan pada akuntansi.


Pengertian Akuntansi Adalah Keuangan dan Biaya Menurut Para Ahli

06. KERTAS KERJA (WORK SHEET)

Kertas Kerja atau Neraca lajur (Work Sheet) adalah suatu daftar yang terbagi atas kolom-kolom neraca sisa, ayat jurnal penyesuaian dan laporan keuangan yang dibuat untuk menyajikan semua data akuntansi yang diperlukan pada akhir periode akuntansi.

1. Tujuan Kertas Kerja atau Neraca Lajur (Work Sheet) Dalam Ilmu Akuntansi

Kertas Kerja atau Neraca lajur (Work Sheet) adalah suatu daftar yang menjadikan Neraca Saldo, Penyesuaian, Neraca Saldo Disesuaikan, serta Pengelompokkan Neraca dan Laba Rugi yang kemudian akan memudahkan dalam proses selanjutnya yaitu laporan keuangan dan bukan merupakan tujuan akhir dari Akuntansi.

2. Manfaat Kertas Kerja atau Neraca Lajur (Work Sheet) Dalam Ilmu Akuntansi

√ Sebagai data pendukung utama atas laporan pemerisaan akuntansi perusahaan.

√ Sebagai alat untuk control dan mengorganisasikan semua data ke tahap pemeriksaan oleh perusahaan.

√ Menguatkankesimpulan auditor dan kompetensi auditor perusahaan.

√ Sebagai bukti data bahwa pemeriksaan yang dilakukan sesuai dengan norma pemeriksaan yang ditentukan oleh perusahaan.

√ Sebagai pedoman dalam melacak data dan transaksi dalam pemeriksaan yang akan datang pada periode tertentu.

Baca Juga : Contoh Kertas Kerja (Work Sheet)


Pengertian Akuntansi Adalah Keuangan dan Biaya Menurut Para Ahli07. LAPORAN KEUANGAN

Laporan keuangan adalah dokumen perusahaan yang menyediakan informasi akuntansi untuk membantu orang membuat keputusan bisnis berdasaran informasi tersebut. Laporan keuangan ini juga menjelaskan kinerja perusahaan dalam setiap kegiatan Akuntansi perusahaan di satu periode. Informasi tentang kinerja diperlukan untuk perubahan nilai sumber daya ekonomi yang dikendalikan pada masa yang akan datang serta digunakan untuk memprediksi kemampuan ekonomi akuntansi perusahaan untuk menghasilkan kas dari sumber daya yang dimiliki.

Menurut PSAK No. 1 tentang penyajian laporan keuangan menyatakan bahwa laporan keuangan terdiri dari:

1. Laporan Posisi Keuangan (Neraca),

Laporan keuangan sering disebut potret perusahaan karena laporan keuangan menggambarkan posisi keuangan (aset, liabilitas, ekuitas) pada akhir suatu periode dalam akuntansi.

2. Laporan Laba Rugi Komprehensif,

Laporan laba rugi komprehensif adalah laporan akuntansi yang menunjukkan kinerja operasional perusahaan selama satu periode.

3. Laporan Perubahan Ekuitas,

Laporan perubahan ekuitas berisi informasi akuntansi mengenai hal-hal yang mempengaruhi perubahan ekuitas.

4. Laporan Arus Kas,

Laporan arus kas memperlihatkan akuntansi yang sumber dari arus kas masuk dan arus kas keluar perusahaan yang terpusat pada tiga aktivitas utama perusahaan yaitu operasional, investasi dan pendanaan.

5. Catatan atas Laporan Keuangan,

Catatan atas laporan keuangan Akuntansi yang merupakan pengungkapan, baik bersifat keuangan maupun non-keuangan dari akun-akun yang dilaporkan atau peristiwa yang dapat mempengaruhi posisi dan kinerja keuangan perusahaan.

Tujuan Laporan Keuangan

Tujuan laporan keuangan adalah menyediakan informasi akuntansi yang akurat pada posisi keuangan yang menyangkut dalam kinerja serta perubahan posisi keuangan yang bermanfaat bagi pemakai laporan dalam pengambilan keputusan usaha atau perusahaan.

Pihak yang Berkepentingan Terhadap Laporan Keuangan yaitu:

1. INVESTOR

Laporan keuangan berguna bagi investor untuk menilai perusahaan dan kemampuan perusahaan membayar deviden di masa mendatang. Investor dapat memutuskan untuk membeli dan menjual saham perusahaan.

2. KARYAWAN

Laporan keuangan berguna bagi karyawan untuk menilai kemampuan perusahaan memberikan balas jasa, manfaat pensiun, dan kesempatan kerja.

3. PEMBERI JAMINAN

Laporan keuangan berguna bagi pemberi jaminan untuk menilai kemampuan perusahaan membayar utang dan bunga yang akan mempengaruhi keputusan pemberi jaminan dalam memberi keputusan.

4. PEMASOK DAN KreditUR LAIN

Laporan keuangan berguna bagi pemberi jaminan untuk menilai kemampuan perusahaan membayar liabilitasnya pada saat jatuh tempo.

5. PELANGGAN

Laporan keuangan berguna bagi pelanggan untuk menilai kemampuan perusahaan menjaga kelangsungan hidupnya.

6. PEMERINTAH

Laporan keuangan berguna bagi Pemerintah untuk menilai kemampuan perusahaan dalam mengalokasikan sumber dayanya.

7. MASYARAKAT

Laporan keuangan berguna bagi Masyarakat untuk menilai tren dan kemakmuran perusahaan.

Baca Juga : Contoh Laporan Keuangan


Pengertian Akuntansi Adalah Keuangan atau Biaya Menurut Para Ahli08. JURNAL PENUTUP

Jurnal penutup dibuat untuk menutup akun yang tercatat dalam laporan laba rugi konprehensif karena dalam ilmu akuntansi akun ini hanya menampung jumlah dalam satu periode dan tidak dipindahkan ke peridode berikutnya yang menjelaskan bahwa ayat jurnal penutup merupakan proses pemindahan saldo akun pendapatan, beban, dan pernarikan pemilik ke akun modal.

Baca Juga : Contoh Jurnal Penutup


Pengertian Akuntansi Adalah Keuangan atau Biaya Menurut Para Ahli

09. NERACA SALDO SESUDAH PENUTUP

Neraca saldo sesudah penutup dibuat setelah semua akun jurnal ditutup, dalam ilmu akuntansi nilai yang terdapat pada neraca saldo setelah penutupan hanya akun riil. Seluruh daftar saldonya dapat digunakan pada periode yang akan datang ataupun periode selanjutnya.

Baca Juga : Contoh Jurnal Penutup


Pengertian Akuntansi Adalah Keuangan atau Biaya Menurut Para Ahli10. JURNAL PEMBALIK

Jurnal pembalik dibuat pada awal periode selanjutnya dan secara khusus diterapkan dalam ilmu akuntansi untuk menentukan dua jenis ayat jurnal penyesuaian, yaitu beban yang harus dibayar dan pendapatan yang masih diterima.


Pengertian Akuntansi adalah Keuangan dan Biaya Menurut Pada Ahli

PERSAMAAN DASAR AKUNTANSI

Persamaan dasar akun akuntansi menjelaskan bahwa persamaan dasar akuntansi ini atau bisa disebut dengan Accounting Equation adalah alat dasar akuntansi dengan persamaan ini dapat mengukur daya perusahaan (Aktiva) dan kalim atas sumber daya tersebut sebagai (kewajiban+ekuitas pemilik).

Aset = Liabilitas + Ekuitas

Aktiva adalah sumber daya ekonomi yang diharapkan perusahaan dapat memberikan manfaat di masa depan.

Pengertian Aset

Aset adalah segala sesuatu yang dimiliki individu atau badan yang memiliki potensi manfaat ekonomi di masa depan.

Menurut PSAK 1 (revisi 2018) Aset terbagi 2 yaitu:

1. Aset Lancar,

Menurut PSAK 1 (revisi 2018) Penyajian laporan keuangan, entitas mengklasifikasikan aset sebagai aset lancar, jika:

» Aset diharapkan dapat direalisasikan, terjual atau digunakan dalam siklus operasi normal;

» Aset yang dimiliki dengan tujuan untuk diperdagangkan;

» Aset yang diharapkan akan terealisasi dalam jangka waktu dua belas bulan setelah periode pelaporan; atau

» Berupa kas atau setara kas, kecuali yang dibatasi pertukaran atau penggunaannya untuk menyelesaikan liabilitas sekurang-kurangnya dua belas bulan setelah periode pelaporan.

2. Aset Tidak Lancer

Aset tidak lancar adalah aset yang tidak memenuhi defenisi aset lancar. Aset tidak lancar diantaranya;

 » Investasi Jangka Panjang

Investasi dalam bentuk Obligasi dan saham, atau investasi dalam bentuk dana yang disisihkan untuk tujuan tertentu.

 » Aset Tetap

Aset tetap adalah aset yang digunakan dalam kegiatan operasional perusahaan, misalnya tanah, bangunan, kendaraan, mesin, peralatan.

 » Aset Tak Berwujud

Aset tak berwujud merupakan aset tanpa wujud fisik yang bukan berbentuk instrumen keuangan, misalnya hak paten, hak cipta dan goodwill.

Pengertian Liabilitas

Liabilitas adalah kewajiban seseorang atau perusahaan yang wajib dan harus dibayar berdasarkan periode tertentu yang bisanya didasarkan atas nilai uang.

Berdasarkan PSAK no. 1 Liabilitas terbagi 2 yaitu;

1. Liabilitas Jangka Pendek

Berdasarkan PSAK no. 1 Entitas mengklasifikasikan liabilitas sebagai liabilitas jangka pendek jika:

» Liabilitas diharapkan aka selesai dalam siklus operasi normal

» Liabilitas yang dimiliki untuk tujuan diperdagangkan (misalnya instrumen derivatif)

» Liabilitas tersebut jatuh tempo untuk dislsaikan dalam jangka waktu dua blas bulan setelah pelaporan; atau

» Entitas tidak memiliki hak tanpa syarat untuk menunda penyelesaian liabilitas selama sekurang-kurangnya dua belas bulan setelah periode pelaporan.

2. Liabilitas Jangka Panjang

Kewajiban yang harus dibayar oleh perusahaan, yang jatuh temponya lebih dari dua belas bulan. Liabilitas jangka panjang biasanya berasal dari pembiayaan (penerbitan obligasi), kegiatan operasional perusahaan (kewajiban pensiun, pajak tangguhan) dan kewajiban yang bergantung pada terjadi atau tidaknya suatu peristiwa di masa depan.

Pengertian Ekuitas

Ekuitas adalah Hak pemilik terhadap asset perusahaan setelah dikurangi kewajiban (Liabilitas) dalam neraca atau sebagai modal (kekayaan) entitas bisnis yang dihitung dengan jumlah asset dikurangi dengan liabilitas pada akuntansi.

Itulah informasi seputar akuntansi yang berfunsi untuk mengetahui jumlah yang akan dicatat pada satu atau lebih perkiraan, dan dapat mengetahui jumlah yang akan di Debet atau di Kredit karena semua akun-akun yang terlibat  harus seimbang dalam Akuntansi. Pembahasan selanjutnya adalah Contoh Analisis Transaksi Beserta Menyusun Juranl pada Perusahaan.

Demikianlah pembahasan singkat mengenai apa yang dimaksud dengan Akuntansi Perusahaan Dagang Semen. Informasi di atas merupakan sebagian kecil dari kegiatan Akuntansi yang sebenarnya. Semoga bermanfaat bagi kita semua dan dapat meningkatkan minat Anda untuk jauh lebih produktif.

Pembahasan Selanjutnya👉Contoh Analisis Transaksi Beserta Menyusun Jurnal

Terima Kasih telah berkunjung, semoga apa yang anda simak di artikel ini dapat menambah wawasan dan juga pengetahuan yang lebih bermanfaat.

🙏"Terima Kasih"🙏

Penulis : Rudi

Tags Artikel :

#Akuntansi Jasa

#Akuntansi Dagang

#Akuntansi Management

#Analisis

#Analisis Transaksi

#Analisis Biaya

#Jurnal Umum

#Akuntansi Keuangan

#Transaksi

#Jurnal

#Jurnal Khusus

#Jurnal Kas Keluar

#Jurnal Kas Masuk

#Jurnal Penjualan

#Jurnal Pembelian

#Buku Besar

#Neraca Saldo

#Neraca Saldo Penutup

#Jurnal Penyesuaian

#Kertas Kerja

#Neraca Lajur

#Work Sheet

#Laporan Keuangan

#Laporan Laba Rugi

#Laporan Perubahan Ekuitas

#Laporan Posisi Keuangan

#Laporan Neraca

#Laporan Arus Kas

#Jurnal Penutup

#Jurnal Pembalik

#Accounting

#Perorangan

#Perusahaan

#Perusahaan Jasa

#UKM dan UMKM

#Biaya

#Beban

#Aktiva

#Pasiva

Artikel Terkait Lainnya

# Wirausaha

# Bisnis

# Keuangan

Cara Stock Opname Persediaan Degan Mudah

Stock opname adalah salah satu bentuk kegiatan perhitungan persediaan stok barang di gudang sebelum dijual dan juga dapat merapikan persediaan barang digudang.

Baca Selengkapnya

Admin

# Wirausaha

# Bisnis

Semangat Baru Untuk Meningkatkan Inovasi Wirausaha, Perusahan & Bisnis UKM

Salah satu tujuan utama dari inovasi adalah melakukan atau menciptakan sesuatu yang berbeda dari para kompetitor di bidang sama.

Baca Selengkapnya

Admin

# Keuangan

# Bisnis

# Wirausaha

Akuntansi Smart Bisnis UKM dan Perusahaan

Akuntansi adalah merupakan kegiatan mencatat, meringkas, mengklarifikasi, mengolah, dan menyajikan data transaksi.

Baca Selengkapnya

Admin

# Bisnis

# Wirausaha

Strategi Smart Bisnis Usaha UKM dan Perusahaan

Strategi Bisnis adalah suatu cara yang digunakan perusahaan untuk menghadapi persaingan di dalam dunia bisnisT bertujuan untuk, analisa, integrasi, dan implementasi.

Baca Selengkapnya

Admin

# Marketing

# Wirausaha

# Bisnis

Membangun Team Work Bisnis UKM dan Perusahaan Yang Solid

Team Work adalah kemampuan individu dalam melakukan kerjasama dengan baik untuk mencapai tujuan bersama di dalam tim yang saling percaya dan mendukung serta bertanggung jawab.

Baca Selengkapnya

Admin

# Wirausaha

Membangun Motivasi Diri Untuk Bisnis UKM dan Perusahaan

Motivasi adalah sesuatu alasan yang mendorong seseorang untuk melakukan, menyelesaikan, menghentikan suatu aktivitas guna mencapai tujuan tertentu yang diinginkan dari motivasi tersebut.

Baca Selengkapnya

Admin