Cara Membuat Jurnal Transaksi Untuk Perusahaan Dagang Semen

Cara Membuat Jurnal

Definisi Jurnal Umum dan Jurnal Khusus

Peruasahaan Dagang SEMEN BETON ANGKASA adalah perusahaan dagang yang memiliki aktivitas jual beli semen yang akan melibatkan transaksi-transaksinya ke dalam JURNAL KAS KELUAR (JKK), JURNAL KAS MASUK (JKM), JURNAL PENJUALAN (JJ), JURNAL PEMBELIAN (JB), JURNAL UMU (JU). Semua transaksinya dapat digunakan untuk membuat jurnal umum dan jurnal khusus sesuai dengan periodenya.

Cara Membuat Jurnal Transaksi Untuk Perusahaan Dagang Semen

Sebelum Novalio masuk ke dalam materi novalio akan menjelaskan terlebih dahulu apa itu jurnal umum ? Jurnal umum adalah sebuah media pencatatan yang digunakan untuk menyimpan semua transaksi keuangan dalam bisnis pada periode tertentu. sedangkan apa itu jurnal Khusus ? Jurnal khusus adalah sebuah media pencatatan yang dikelompokkan secara khusus sesuai dengan kriteria jenis transaksinya pada bisnis.

I. Cara Membuat Persiapan Jurnal Perusahaan Dagang

Cara Membuat persiapan jurnal khusus ini Novalio akan menyertakan penyusunan buku besar pembantu, baik itu buku besar pembatu piutang maupun utang. Supaya mempermudah Novalio untuk mengontrol saldo dari piutang maupun utang di neraca saldo.

Apa saja persiapan untuk Membuat Jurnal ?

Persiapan untuk membuat Jurnal Khusus yaitu;

1. Daftar saldo piutang dagang

Cara Membuat Daftar Saldo Piutang Dagang

Cara membuat Daftar Saldo Piutang Dagang yaitu dengan cara menjumlah saldo hutang pelanggan terhadap pembelian barang atau produk dagangan yang disatukan menjadi satu akun agar mendapatkan nilai jumlah (Total) keseluaruhan pembelian barang atau produk dagang. Pengertian mudahnya yaitu jumlah (Total) hutang orang kepada Novalio atas pembelian barang atau produk dangang.

Cara Membuat Jurnal Transaksi Untuk Perusahaan Dagang Semen
Contoh Membuat Daftar Saldo Piutang Dagang pada perusahaan semen beton angkasa

2. Buku Besar Pembantu Piutang Dagang

Cara Membuat Buku Besar Pembantu Piutang

Cara Membuat Buku Besar Pembantu Piutang yaitu dengan cara menyusun data transaksi hutang pelanggan terhadap pembelian barang atau produk yang tercatat pada waktu atau tanggal kejadian.

Cara Membuat Jurnal Transaksi Untuk Perusahaan Dagang Semen
Contoh Membuat Buku Besar Pembantu Piutang pada perusahaan semen beton angkasa

3. Daftar saldo utang dagang

Cara membuat Daftar Saldo Utang Dagang

Cara Membuat Daftar Saldo Utang Dagang yaitu dengan cara menjumlah saldo hutang kepada pemasok (Supplayer) terhadap pembelian barang atau produk dagangan yang disatukan menjadi satu akun agar mendapatkan nilai jumlah (Total) keseluruhan pembelian barang atau produk dagang. Pengertian mudahnya yaitu jumlah (Total) hutang Novalio kepada Pemasok (supplayer) atas pembelian barang atau produk dangang.

Cara Membuat Jurnal Transaksi Untuk Perusahaan Dagang Semen
Contoh tabel membuat Daftar Saldo Utang Dagang pada perusahaan semen beton angkasa
 

4. Buku besar pembantu utang

Cara Membuat Buku Besar Pembantu Utang

Cara Membuat Buku Besar Pembatu Utang yaitu dengan cara menyusun data transaksi hutang kepada pemasok (Supplier) terhadap pembelian barang atau produk yang tercatat pada waktu atau tanggal kejadian.

Cara Membuat Jurnal Transaksi Untuk Perusahaan Dagang Semen
Cara Membuat Buku Besar Pembantu Utang pada perusahaan semen beton angkasa

Itulah alat bantu untuk mempersiapkan Membuat jurnal khusus yang akan Novalio bahas lebih rinci lagi agar Anda dapat lebih memahaminya dengan mudah. Berikut ini adalah contoh transaksi yang akan Novalio susun untuk melanjutkan pencatatan pada jurnal.


II. Langkah Untuk Membuat Saldo Piutang

Langkah Untuk Membuat Saldo Piutang Dagang ke Buku Besar yaitu dengan cara nilai saldo akun piutang yang terdapat di daftar piutang dagang SEMEN BETON ANGKASA dipindahkan ke buku besar pembantu piutang dan nilai saldo akun utang yang terdapat di daftar utang dagang SEMEN BETON ANGKASA dipindahkan ke buku besar pembantu utang sesuai dengan akun yang terkait serta nilai dan posisinya harus sesuai. seperti contoh berikut;

1. Langkah Untuk Pemindahan Saldo Piutang Dangang

Persiapan Menyusun Saldo Piutang Dagang

Terdapat dua toko pada daftar saldo piutang dagang disini dengan masing-masing kode akun dan nama akun akan di tampilkan ke dalam buku besar pembantu piutang.

PADA TOKO BERSINAR

Terdapat jumlah saldonya Rp 1jt, akan di pindahkan ke buku besar dengan catatan keterangan Saldo, Ref ditulis dengan NS (Neraca Saldo) dan pada posisi debet dicatat sebesar Rp 1jt sesuai dengan kolom nama pada TOKO BERSINAR, seperti gambar dibawah ini.

PADA TOKO MAJU JAYA

Terdapat jumlah saldonya Rp 2jt, akan di pindahkan ke buku besar dengan catatan keterangan saldo, Ref ditus dengan NS (Neraca Saldo) dan pada posisi debet dicatat sebesar Rp 2jt sesuai dengan kolom nama pada MAJU JAYA, seperti gambar dibawah ini.

Contoh Daftar Saldo Piutang Dagang

Cara Membuat Jurnal Transaksi Untuk Perusahaan Dagang Semen

Contoh tabel Daftar Saldo Piutang Dagang pada perusahaan semen beton angkasa

Catatan : Setiap Piutang itu saldonya akan tercatat pada posisi debet.


2. Langkah Untuk Pemindahan Transaksi Ke Buku Besar Pembantu Piutang

Persiapan Menyusun Buku Besar Pembantu Piutang dagang

Terdapat 3 CV pada daftar saldo Utang dagang disini dengan masing-masing kode akun dan nama akun akan di tampilkan ke dalam buku besar pembantu Utang.

Pada Akun 113.1 Toko Bersinar, tanggal 1 April 21 dengan keterangan sebagai Saldo, REF dicatat sebagai NS (Neraca Saldo) dan pada posisi debet dicatat sebesar Rp 1.000.000,-.

Pada Akun 113.2 Toko Maju Jaya, tanggal 1 April 21 dengan keterangan sebagai Saldo, REF dicatat sebagai NS (Neraca Saldo) dan pada posisi debet dicatat sebesar Rp 2.000.000,-.

Contoh Buku Besar Pembantu Piutang

Cara Membuat Jurnal Transaksi Untuk Perusahaan Dagang Semen

Contoh tabel buku besar pembantu piutang pada perusahaan semen beton angkasa

Catatan : Setiap Piutang itu saldonya akan tercatat pada posisi debet.


3. Langkah Untuk Pemindahan Saldo Utang Dangang

Persiapan Menyusun Saldo Piutang Utang

Terdapat 3 CV pada daftar saldo Utang dagang disini dengan masing-masing kode akun dan nama akun akan di tampilkan ke dalam buku besar pembantu Utang.

PADA CV SEMEN PADANG

Terdapat jumlah saldonya Rp 5.000.000,-, akan di pindahkan ke buku besar dengan catatan keterangan saldo, Ref ditulis dengan NS (Neraca Saldo) dan pada posisi kredit dicatat sebesar Rp 1.000.000,- sesuai dengan kolom nama pada CV SEMEN PADANG, seperti gambar dibawah ini.

PADA CV TIGA RODA

Terdapat jumlah saldonya Rp 3.000.000,-, akan di pindahkan ke buku besar dengan catatan keterangan saldo, Ref ditus dengan NS (Neraca Saldo) dan pada posisi kredit dicatat sebesar Rp 2.000.000,- sesuai dengan kolom nama pada CV TIGA RODA, seperti gambar dibawah ini.

PADA CV KARYA BERSAMA

Terdapat jumlah saldonya Rp 2.000.000,-, akan di pindahkan ke buku besar dengan catatan keterangan saldo, Ref ditus dengan NS (Neraca Saldo) dan pada posisi kredit dicatat sebesar Rp 2jt sesuai dengan kolom nama pada CV KARYA BERSAMA, seperti gambar dibawah ini.

Contoh Daftar Saldo Utang Dagang

Cara Membuat Jurnal Transaksi Untuk Perusahaan Dagang Semen

Contoh daftar saldo utang dagang pada perusahaan semen beton angkasa

Catatan : Setiap Utang itu saldonya akan tercatat pada posisi Kredit.


4. Langkah Untuk Pemindahan Transaksi Ke Buku Besar Utang Piutang

Persiapan Menyusun Buku Besar Pembantu Utang dagang

Untuk memindahkan daftar saldo utang dangang ke buku besar pembantu utang, hanya menyalin kembali data yang ada di Daftar Saldo Utang Dagang diatas. Sebagai keterangan seperti beriukut ini:

Pada Akun 211.1 CV SEMEN PADANG, tanggal 1 April 21 dengan keterangan sebagai Saldo, REF dicatat sebagai NS (Neraca Saldo) dan pada posisi kredit dicatat sebesar Rp 5.000.000,-.

Pada Akun 211.2 CV TIGA RODA, tanggal 1 April 21 dengan keterangan sebagai Saldo, REF dicatat sebagai NS (Neraca Saldo) dan pada posisi debet kredit sebesar
Rp 3.000.000,-.

Pada Akun 211.3 CV KARYA BERSAMA, tanggal 1 April 21 dengan keterangan sebagai Saldo, REF dicatat sebagai NS (Neraca Saldo) dan pada posisi kredit dicatat sebesar Rp 2.000.000,-.

Contoh Buku Besar Pembantu Utang

Cara Membuat Jurnal Transaksi Untuk Perusahaan Dagang Semen

Contoh tabel buku besar pembantu utang pada perusahaan semen beton angkasa

Itulah Langkah-langkah Untuk Pemindahan Saldo Piutang ke Buku Besar Pembantu Piutang dan Pemindahaan Saldo Utang ke Buku Besar Pembantu Utang dangang pada perusahaan SEMEN BETON ANGKASA.

Setelah selesai memindahkan Saldo Piutang dan Saldo Utang, maka Novalio lanjutkan dengan Cara Membuat Jurnal Khusus Perusahaan SEMEN BETON ANGKASA.


III. Cara Membuat Jurnal Perusahaan Dagang 

Untuk membuat jurnal perusahaan dagang pada SEMEN BETON ANGKASA memerlukan data transaksi-transaksi jual beli yang terjadi pada perusahaan tersebut, yang akan Novalio buat jurnya khusus dan jurnal umumnya. Jenis-jenis jurnal yang akan dipersiapka untum membuat Jurnal Perusahaan Dagang ini adalah yaitu;

1. JURNAL KAS KELUAR (JKK) adalah pencatatan pada transaksi pengeluaran kas
2. JURNAL KAS MASUK (JKM) adalah pencatatan pada transaksi penerimaan kas
3. JURNAL PENJUALAN (JJ) adalah pencatatan pada transaksi yang barang telah terjual
4. JURNAL PEMBELIAN (JB) adalah pencatatan pada transaksi yang barang telah dibeli
5. JURNAL UMUM (JU) adalah pengelompokan pencatatan pada transaksi 

Lembar Kegiatan

Menyususn Transaksi 15 Transaksi Untuk dikelompokkan ke dalam Jurnal Khusus dan Jurnal Umum

1. Tanggal 1 April; membeli semen pada CV SEMEN PADANG seharga Rp 20.000.000,- dan membayar Biaya Angkutnya sebesar Rp 1.000.000,-

Pada transaksi diatas karena tidak ada keterangan pembayaran secara tunai atau kredit, tidak ada fakturnya, tidak ada syaratnya pembeliannya, tidak ada syarat penjualannya jadi di anggap pembayaran pada transaksi ini adalah Pembayaran Secara Tunai maka transaksi ini masuk pada JURNAL KAS KELUAR (JKK).

A. Pemindahan Catatan Transaksi ke Jurnal Kas Keluar

Pada tanggal 1 April 2021 dengan keterangan sebagai CV SEMEN PADANG, maka DEBIT pada PEMBELIAN sebesar Rp 20.000.000,- ,  dan membayar Biaya Angkut maka DEBET pada SERBA SERBI - AKUN dicatat sebagai Biaya Angkut dengan jumlah Rp 1.000.000,-. Sehingga KREDIT pada KAS yang dikeluarkan menjadi Rp 21.000.000,-.

Contoh Jurnal Kas Keluar

Cara Membuat Jurnal Transaksi Untuk Perusahaan Dagang Semen

Contoh pemindahan transaksi ke jurnal kas keluar pada perusahaan semen beton angkasa


2. Tanggal 3 April; mengembalikan barang yang dibeli dari CV SEMEN PADANG karena tidak sesuai pesanan seharga Rp 1.000.000,-

Pada transaksi diatas CV SEMEN PADANG mengembalikan barang yang dibeli maka kita cek dulu pembelian sebelumnya, CV SEMEN PADANG membeli tunai atau kredit, karena setiap pengembalian itu akan berbeda.

A. Pemindahan Catatan Transaksi ke Jurnal Kas Masuk

Pada tanggal 3 April 2021 dengan keterangan sebagai  CV SEMEN PADANG, maka DEBIT pada KAS sebesar Rp 1.000.000,-, dan mengembalikan barang maka KREDIT pada SERBA SERBI - AKUN dicatat sebagai RETUR PEMBELIAN dengan Jumlah Rp 1.000.000,-.

Contoh Jurnal Kas Masuk

Cara Membuat Jurnal Transaksi Untuk Perusahaan Dagang Semen

Contoh pemindahan transaksi ke jurnal kas masuk pada perusahaan semen beton angkasa


3. Tanggal 5 April; membeli semen pada CV TIGA RODA seharag Rp 50.000.000 dengan syarat 5/10, n/30

Pada transaksi diatas membeli semen mendapatkan syarat pembelian, berarti transaksi ini sudah jelas masuk ke JURNAL PEMBELIAN (JB).

A. Pemindahan Catatan Transaksi ke Jurnal Pembelian

Pada tanggal 5 April 2021 dengan keterangan CV TIGA RODA, maka SYARAT PEMBAYARAN dapat dicatat 5/10, n/30, maka DEBIT pada PEMBELIAN sebesar Rp 50.000.000,- dan pembelian secara kredit maka KREDIT pada UTANG DAGANG sebesar Rp 50.000.000,- 

Karena Transaksi ini melibatkan akun UTANG DANGANG maka pemindahan data ke Buku Besar Pembantu Utang Dagang perlu dilakukan seperti berikut;

Contoh Jurnal Pembelian SEMEN BETON ANGKASA

Cara Membuat Jurnal Transaksi Untuk Perusahaan Dagang Semen

Contoh jurnal pembelian cv tiga roda pada perusahaan semen beton angkasa

B. Pemindahaan Catatan Transaksi dari Jurnal Pembelian Ke Buku Besar Pembantu Utang

CV TIGA RODA Pada Akun 211.2 Tanggal 5 April 21 dengan keterangan Pembelian Kredit, REF dicatat sebagai JB (Neraca Saldo) tercatat pada posisi sebagai KREDIT sebesar Rp 50.000.000,- dan Saldo Akun tercatat sebagai KREDIT sebesar Rp 53.000.000,-.

Contoh Jurnal Pembelian ke Buku Besar Pembantu Utang

Cara Membuat Jurnal Transaksi Untuk Perusahaan Dagang Semen

Contoh jurnal pembelian ke buku besar pembantu utang pada perusahaan semen beton angkasa

C. Hasil Akhir Catatan Buku Besar Pembantu Utang Ke Jurnal Pembelian

REF dicatat sebagai 211.2 Menandakan bahwa Utang dagang CV TIGA RODA telah di catat ke dalam Buku Besar Pembantu Utang.

Contoh Buku Besar Pembantu Utang Ke Jurnal Pembelian

Cara Membuat Jurnal Transaksi Untuk Perusahaan Dagang Semen

Contoh pemindahan buku besar pembantu utang ke jurnal pembelian pada perusahaan semen beton angkasa


4. Tanggal 7 April; mengembalikan barang yang dibeli dari CV TIGA RODA karena tidak sesuai dengan pesanan seharga Rp 500.000.

Pada Transaksi diatas CV TIGA RODA mengembalikan barang yang dibeli maka kita cek dulu pembelian sebelumnya. CV TIGA RODA membelinya secara tunai atau kredit. CV TIGA RODA membeli secara kredit berarti mengembalikan barang, maka transaksi ini masuk ke JURNAL UMU (JJ).

A. Pemindahan Catatan Transaksi ke Jurnal Umum

Pada tanggal 7 April 21 dengan keterangan Utang Dagang, tercatat sebagai DEBET sebesar Rp 500.000,- sebagai pembanding dengan keterangan Retur Pembelian tercatat sebagai KREDIT sebesar Rp 500.000,- dengan catatan sebagai CV TIGA RODA.

Contoh Jurnal Umum

Cara Membuat Jurnal Transaksi Untuk Perusahaan Dagang Semen

Contoh pemindahan transaksi ke jurnal umum pada cv tiga roda perusahaan semen beton angkasa

B. Pemindahaan Catatan Transaksi dari Jurnal Umum Ke Buku Besar Pembantu Utang

CV TIGA RODA Pada tanggal 7 April 21 dengan keterangan Retur Pembelian, REF dicatat sebagai JURNAL UMU (JJ) tercatat pada posisi sebagai DEBET sebesar Rp 500.000,- dan SALDO pada KREDIT tercatat sebesar Rp 52.500.000,-

Contoh Jurnal Umum ke Buku Besar Pembantu Utang

Cara Membuat Jurnal Transaksi Untuk Perusahaan Dagang Semen

Contoh pemindahaan jurnal umum ke buku besar pembantu utang perusahaan semen beton angkasa

Catatan : Karena terdapat Retur Pembelian Nilai Saldo Kredit Menjadi  Kredit Rp 3jt + Kredit Rp 50jt - Debet Rp 500rb = Rp 52.500.000,- 

C. Hasil Akhir Catatan Buku Besar Pembantu Utang Ke Jurnal Pembelian

REF dicatat sebagai 113.3 Menandakan bahwa Utang dagang CV TIGA RODA telah di catat ke dalam Buku Besar Pembantu Utang.

Contoh Buku Besar Pembantu Utang Ke Jurnal Pembelian

Cara Membuat Jurnal Transaksi Untuk Perusahaan Dagang SemenContoh pemindahan buku besar pembantu utang ke jurnal pembelian pada perusahaan semen beton angkasa


5. Tanggal 9 April; melunasi utang pada CV TIGA Roda yang terjadi pada Tanggal 5 April 2021

Melunasi Utang pada CV TIGA RODA berarti sudah jelas mengeluarkan uang maka transaksi ini masuk ke JURNAL KAS KELUAR (JKK).

Catatan : Jika Melunasi Utang yang harus di ingat selalu adalah Pertama Ada Retur apa tidak? Kedua Dapat Potongan apa tidak?

A. Pemindahan Catatan Transaksi ke Jurnal Kas Keluar

Pada tanggal 9 April 21 dengan keterangan CV TIGA RODA, tercatat sebagai DEBET pada UTANG DAGANG sebesar Rp 49.500.000,- Pelunasan tercatat pada KREDIT pada KAS sebesar Rp 47.025.000,- dan Potongan PEMBELIAN sebesar Rp 2.475.000,-

Contoh Jurnal Kas Keluar

Cara Membuat Jurnal Transaksi Untuk Perusahaan Dagang Semen

Contoh pemindahan transaksi ke jurnal kas keluar pada perusahaan semen beton angkasa

B. Pemindahaan Catatan Transaksi dari Jurnal Kas Keluar ke Buku Besar Pembantu Utang

Pada tanggal 9 April 21 dengan keterangan Pelunasan, REF dicatat sebagai JURNAL KAS KELUAR (JKK) tercatat pada posisi sebagai DEBET sebesar Rp 49.500.000,- dan Saldo Akun tercatat sebagai KREDIT sebesar Rp 3.000.000,-.

Contoh Jurnal Kas Keluar ke Buku Besar Pembantu Utang

Cara Membuat Jurnal Transaksi Untuk Perusahaan Dagang Semen

Contoh jurnal kas keluar ke buku besar pembantu utang pada perusahaan semen beton angkasa

Catatan : Karena terdapat Pelunasan Pembelian Nilai Saldo Kredit Menjadi  Kredit Rp 3jt + Kredit Rp 50jt - Debet Rp 500rb - Debet Rp 49.500jt = Rp 3.000.000,- 

C. Hasil Akhir Catatan Buku Besar Pembantu Utang Ke Jurnal Kas Keluar

REF dicatat sebagai 211.2 Menandakan bahwa Utang dagang CV TIGA RODA telah di catat ke dalam Buku Besar Pembantu Utang

Contoh Buku Besar Pembantu Utang ke Jurnal Kas Keluar

Cara Membuat Jurnal Transaksi Untuk Perusahaan Dagang Semen

contoh buku besar pembantu utang ke jurnal kas keluar pada perusahaan semen beton angkasa


6. Tanggal 11 April; melunasi utang pada CV KARYA BERSAMA yang terjadi pada bulan lalu

Melunasi utang pada CV KARYA BERSAMA sudah jelas mengeluarkan uang maka transaksi ini masuk ke JURNAL KAS KELUAR (JKK).

A. Pemindahan Catatan Transaksi ke Jurnal Kas Keluar

Pada tanggal 11 April 21 dengan keterangan sebagai CV KARYA BERSAMA, tercatat sebagai DEBET pada UTANG DANGANG sebesar Rp 2.000.000,- dan KREDIT pada KAS sebesar Rp 2.000.000,-.

Contoh Jurnal Kas Keluar 

Cara Membuat Jurnal Transaksi Untuk Perusahaan Dagang Semen

Contoh jurnal kas keluar cv karya bersama pada perusahaan semen beton angkasa

B. Pemindahaan Catatan Transaksi dari Jurnal Kas Keluar ke Buku Besar Pembantu Utang

Pada tanggal 11 April 21 dengan keterangan Pelunasan, REF dicatat sebagai JURNAL KAS KELUAR (JKK) tercatat pada posisi sebagai DEBET sebesar Rp 2.000.000,- dan Saldo Akun tercatat sebagai KREDIT sebesar 0,-.

Contoh Jurnal Kas Keluar ke Buku Besar Pembantu Utang

Cara Membuat Jurnal Transaksi Untuk Perusahaan Dagang Semen

Contoh jurnal kas keluar ke buku besar pembantu utang pada perusahaan semen beton angkasa

Catatan : Karena terdapat Pelunasan Pembelian maka Nilai Saldo Kredit Menjadi Kredit Rp 2jt - Debet Rp 2jt = O,-

C. Hasil Akhir Catatan Buku Besar Pembantu Utang Ke Jurnal Kas Keluar

REF dicatat sebagai 211.3 Menandakan bahwa Utang dagang CV KARYA BERSAMA telah di catat ke dalam Buku Besar Pembantu Utang.

Contoh Buku Besar Pembantu Utang ke Jurnal Kas Keluar

Cara Membuat Jurnal Transaksi Untuk Perusahaan Dagang Semen

Contoh kas keluar pada cv karya bersama pada perusahaan semen beton angkasa


7. Tanggal 13 April; Tuan Boby, Pemilik SEMEN BETON ANGKASA mengambil uang untuk kepentingan pribadinya sebesar Rp 200.000

Pemilik mengambil uang berarti kasnya keluar maka transaksi ini masuk ke JURNAL KAS KELUAR (JKK).

A. Pemindahan Catatan Transaksi ke Jurnal Kas Keluar

Pada tanggal 13 April 21 dengan keterangan TUAN BOBY, tercatat pada posisi DEBET pada SERBA SERBI dengan AKUN sebagai Prive jumlahnya sebesar Rp 200.000,- dan KREDIT pada KAS dicatat sebesar Rp 200.000,-.

Contoh Jurnal Kas Keluar

Cara Membuat Jurnal Transaksi Untuk Perusahaan Dagang Semen

Contoh jurnal kas keluar pada tuan boby perusahaan semen beton angkasa


8. Tanggal 15 April; Tuan Hasan, Pemilik SEMEN BETON ANGKASA mengambil semen di toko untuk keperluannya sendiri seharga Rp 500.000

Pemilik mengambil barang dagangan berarti transaksi ini masuk ke kategori JURNAL UMU (JJ).

A. Pemindahan Catatan Transaksi ke Jurnal Umum

Pada tanggal 15 April 21 dengan keterangan sebagai Prive, tercatat pada posisi DEBET sebesar Rp 500.000,- dan Penjualan tercatat pada posisi KREDIT sebesar Rp 500.000,-.

Contoh Jurnal Umum

Cara Membuat Jurnal Transaksi Untuk Perusahaan Dagang Semen

Contoh pemindahaan transaksi ke jurnal umum pada prive perusahaan semen beton angkasa


9. Tanggal 17 April; Menjual barang dagangan seharga Rp 15.000.000 kepada Pak Selamet

Menjual barang dagangan kepada Pak Selamet, tidak ada keterangannya secara tunai atau kredit maka transaksi ini dianggap menjual secara tunai. Menjual secara tunai berarti dapat uang maka transaksi ini masuk ke JURNAL KAS MASUK (JKM).

A. Pemindahan Catatan Transaksi ke Jurnal Kas Masuk

Pada tanggal 17 April 21 dengan keterangan sebagai SELAMET, tercatat sebagai DEBET pada KAS sebesar Rp. 15.000.000,- dan KREDIT pada PENJUALAN sebesar Rp. 15.000.000,-.

Contoh Jurnal Kas Masuk

Cara Membuat Jurnal Transaksi Untuk Perusahaan Dagang Semen

Contoh pemindahaan transaksi ke jurnal kas masuk perusahaan semen beton angkasa


10. Tanggal 19 April; menerima kembali barang yang sudah di jual kepada Pak Selamet seharga 500.000

Menerima kembali barang yang sudah dijual dari Pak Selamet, Pak Selamet membeli secara tunai maka transaksi ini masuk ke JURNAL KAS KELUAR (JKK).

A. Pemindahan Catatan Transaksi ke Jurnal Kas Keluar

Pada tanggal 19 April 21 dengan keterangan sebagai Pak Selamet, tercatat DEBET pada SERBA SERBI dengan AKUN sebagai Retur Penjualan JUMLAH nya sebesar Rp 500.000,- dan KREDIT pada KAS dicatat sebesar Rp 500.000,-.

Contoh Jurnal Kas Keluar

Contoh pemindahaan transaksi ke jurnal kas keluar pada perusahaan semen beton angkasa


11. Tanggal 21 April; Menjual barang dagangan seharga Rp 25.000.000 kepada Pak Dito dengan syarat 2/10, n/30

Menjual barang dagangan kepada Pak Dito dengan syarat 2/10, n/30 berarti sudah jelas transaksi ini adalah penjualan maka transaksi ini masuk ke JURNAL PENJUALAN (JJ).

A. Pemindahan Catatan Transaksi ke Jurnal Penjualan

Pada tanggal 21 April 21 dengan keterangan sebagai TOKO ARAHAP, terdapat SYARAT PEMBAYARAN dengan catatan 2/10, n/30, tercatat PIUTANG DAGANG pada PENJUALAN sebesar Rp 25.000.000,-.

Contoh Jurnal Penjualan

Cara Membuat Jurnal Transaksi Untuk Perusahaan Dagang Semen

Contoh jurnal penjualan perusahaan semen beton angkasa

B. Pemindahaan Catatan Transaksi dari Jurnal Penjualan ke Buku Besar Pembantu Piutang

Pada tanggal 21 April 21 dengan keterangan sebagai Saldo, REF dicatat sebagai JURNAL PENJUALAN (JJ), tercatat pada posisi DEBET sebesar Rp 25.000.000,- dan SALDO pada DEBET sebesar Rp 25.000.000,-.

Contoh Jurnal Penjualan ke Buku Besar Pembantu Piutang

Cara Membuat Jurnal Transaksi Untuk Perusahaan Dagang Semen

Contoh jurnal penjualan ke buku besar pembantu piutang perusahaan semen beton angkasa

C. Hasil Akhir Catatan Buku Besar Pembantu Piutang Ke Jurnal Penjualan

REF dicatat sebagai 113.3 Menandakan bahwa Piutang dagang TOKO ARAHAP telah di catat ke dalam Buku Besar Pembantu Piutang.

Contoh Buku Besar Pembantu Piutang ke Jurnal Penjualan

Cara Membuat Jurnal Transaksi Untuk Perusahaan Dagang Semen

Contoh buku besar pembantu piutang ke jurnal penjualan perusahaan semen beton angkasa


12. Tanggal 23 April; menerima kembali barang yang sudah di jual kepada Pak Dito seharga 300.000

A. Pemindahan Catatan Transaksi ke Jurnal Umum

Pada tanggal 23 April 21 dengan keterangan sebagai Retur Penjualan, tercatat pada DEBET sebesar Rp 300.000, dan Piutang dangang tercatat pada KREDIT sebesar Rp 300.000,-

Contoh Jurnal Umum

Cara Membuat Jurnal Transaksi Untuk Perusahaan Dagang Semen

Contoh Jurnal Umum perusahaan semen beton angkasa

B. Pemindahaan Catatan Transaksi dari Jurnal Umum ke Buku Besar Pembantu Piutang

Pada tanggal 23 April 21 dengan keterangan sebagai Retur Penjualan, tercatat pada posisi KREDIT sebesar Rp 300.000,- dan SALDO pada DEBET sebesar Rp 24.700.000,-

Contoh Jurnal Umum ke Buku Besar Pembantu Piutang

Cara Membuat Jurnal Transaksi Untuk Perusahaan Dagang Semen

Contoh jurnal umum ke buku besar pembantu piutang perusahaan semen beton angkasa

C. Hasil Akhir Catatan Buku Besar Pembantu Piutang Ke Jurnal Umum

REF dicatat sebagai 113.3 Menandakan bahwa Piutang dagang TOKO ARAHAP telah di catat ke dalam Buku Besar Pembantu Piutang.

Contoh Buku Besar Pembantu Piutang ke Jurnal Umum

Cara Membuat Jurnal Transaksi Untuk Perusahaan Dagang Semen

Contoh pemindahan transaksi ke dalam jurnal umum perusahaan semen beton angkasa


13. Tanggal 25 April; menerima pelunasan dari Pak Dito yang terjadi pada tanggal 21 April 2021

Menerima pelunasan dari Pak Dito berarti mendapatkan uang maka transaksi ini masuk ke JURNAL KAS MASUK (JKM).

A. Pemindahan Catatan Transaksi ke Jurnal Kas Masuk

Pada tanggal 25 April 21 dengan keterangan sebagai PAK DITO, tercatat sebagai DEBET pada KAS sebesar Rp 24.206.000,-, POT PENJUALAN tercatat sebesar Rp 494.000,- dan tercatat pada posisi KREDIT pada PIUTANG DAGANG sebesar Rp 24.700.000,-.

Contoh Jurnal Kas Masuk

Cara Membuat Jurnal Transaksi Untuk Perusahaan Dagang Semen

Contoh pemindahan transaksi ke dalam jurnal kas masuk perusahaan semen beton angkasa

B. Pemindahaan Catatan Transaksi dari Jurnal Kas Masuk ke Buku Besar Pembantu Piutang

Pada tanggal 25 April 21 dengan keterangan Pelunasan, REF sebagai JURNAL KAS MASUK (JKM), tercatat sebagai KREDIT sebesar Rp 24.700.000,-, dan SALDO pada DEBET sebesar Rp 0,-.

Contoh Jurnal Kas Masuk ke Buku Besar Pembantu Piutang

Cara Membuat Jurnal Transaksi Untuk Perusahaan Dagang Semen

Contoh pemindahan transaksi ke dalam buku besar pembantu piutang perusahaan semen beton angkasa

C. Hasil Akhir Catatan Buku Besar Pembantu Piutang Ke Jurnal Kas Masuk

REF dicatat sebagai 113.3 Menandakan bahwa Piutang dagang PAK DITO telah di catat ke dalam Buku Besar Pembantu Piutang.

Contoh Buku Besar Pembantu Piutang ke Jurnal Kas Masuk

Cara Membuat Jurnal Transaksi Untuk Perusahaan Dagang Semen

Contoh pemindahan transaksi ke dalam jurnal kas masuk perusahaan semen beton angkasa


14 Tanggal 27 April; menerima pelunasan dari Maju Jaya yang terjadi pada bulan sebelumnya.

Menerima pelunasan dari Toko Maju Jaya berarti mendapatkan uang maka transaksi ini masuk ke  JURNAL KAS MASUK (JKM).

A. Pemindahan Catatan Transaksi ke Jurnal Kas Masuk

Pada tanggal 27 April 21 dengan keterangan sebagai TOKO MAJU JAYA, tercatat DEBET pada KAS sebesar Rp 2.000.000,-, tercatat KREDIT pada PIUTANG DAGANG sebesar Rp 2.000.000,-.

Contoh Jurnal Kas Masuk

Cara Membuat Jurnal Transaksi Untuk Perusahaan Dagang Semen

Contoh pemindahan transaksi ke dalam jurnal kas masuk perusahaan semen beton angkasa

B. Pemindahaan Catatan Transaksi dari Jurnal Kas Masuk ke Buku Besar Pembantu Piutang

Pada tanggal 27 April 21 dengan keterangan Pelunasan, REF sebagai JURNAL KAS MASUK (JKM), tercatat sebagai KREDIT sebesar Rp 2.000.000,-, dan SALDO pada DEBET sebesar Rp 0,-.

Contoh Jurnal Kas Masuk ke Buku Besar Pembantu Piutang

Cara Membuat Jurnal Transaksi Untuk Perusahaan Dagang Semen

Contoh pemindahan transaksi ke dalam jurnal kas keluar perusahaan semen beton angkasa

C. Hasil Akhir Catatan Buku Besar Pembantu Piutang Ke Jurnal Kas Masuk

REF dicatat sebagai 113.3 Menandakan bahwa Piutang dagang TOKO MAJU JAYA telah di catat ke dalam Buku Besar Pembantu Piutang.

Contoh Buku Besar Pembantu Piutang ke Jurnal Kas Masuk

Cara Membuat Jurnal Transaksi Untuk Perusahaan Dagang Semen

Contoh pemindahan transaksi ke dalam jurnal kas keluar perusahaan semen beton angkasa


15. Tanggal 29 April; membayar beban gaji karyawan sebesar Rp 2.000.000

Membayar beban gaji berarti mengeluarkan uang maka transaksi ini masuk ke JURNAL KAS KELUAR (JKK).

A. Pemindahan Catatan Transaksi ke Jurnal Kas Keluar

Pada tanggal 29 April 21 tercatat DEBET pada SERBA SERBI sebagai AKUN Beban Gaji sejumlah Rp 2.000.000,-, dan tercatat KREDIT pada KAS sebesar Rp 2.000.000,-.

Contoh Jurnal Kas Keluar

Cara Membuat Jurnal Transaksi Untuk Perusahaan Dagang Semen

Contoh pemindahan transaksi ke dalam jurnal kas keluar perusahaan semen beton angkasa


Pencatatan semua transaksi-transaksi ini secara spesifik berdasarkan jenis-jenis yang sesuai kebutuhan usaha atau perusahaan dalam pencatatan serta pengelompokan transaksi, inilah yang disebut dengan JURNAL . Inilah hasil dari 15 Transaksi yang telah masuk kedalam Jurnal Khusus dan jurnal umum perusahaan dagang SEMEN BETON ANGKASA yaitu;

Menyusun Jurnal Khusus dan Jurnal Umum

Menyusun Jurnal Khusus dan Jurnal Umum ini berdasarkan jenis-jenis transaksi yang telah disesuaikan pada lembaran kegiatan diatas. Menyusun Jurnal Khusus dan Jurnal Umum bertujuan untuk melihat hasil pencatatan dalam transaksi-transaksi yang telah terjadi pada perusahaan SEMEN BETON ANGKASA agar semua transaksi secara spesifik dapat tersusun ke dalam kelompok-kelompok jurnal khusus dan Jurnal Umum. Berikut ini ada contoh Pengelompokan transaksi ke dalam Jurnal Khusu dan Jurnal Umum yaitu;

Pengelompokan Transaksi ke Dalam Jurnal Khusu

1. JURNAL KAS KELUAR (JKK)

Berikut ini adalah hasil pengelompokan pencatatan transaksi-transaksi ke dalam Jurnal Kas Keluar pada perusahaan SEMEN BETON ANGKASA.

 

Cara Membuat Jurnal Transaksi Untuk Perusahaan Dagang Semen

Contoh hasil pengelompokan jurnal kas keluar pada transaksi perusahaan transaksi perusahaan semen beton angkasa

2. JURNAL KAS MASUK (JKM)

Berikut ini adalah hasil pengelompokan pencatatan transaksi-transaksi ke dalam Jurnal Kas Masuk pada perusahaan SEMEN BETON ANGKASA.

Cara Membuat Jurnal Transaksi Untuk Perusahaan Dagang Semen

Contoh hasil pengelompokan jurnal kas masuk pada transaksi perusahaan transaksi perusahaan semen beton angkasa

3. JURNAL PENJUALAN (JJ)

Berikut ini adalah hasil pengelompokan pencatatan transaksi-transaksi ke dalam Jurnal Penjualan pada perusahaan SEMEN BETON ANGKASA.

Cara Membuat Jurnal Transaksi Untuk Perusahaan Dagang Semen

Contoh hasil pengelompokan jurnal penjualan pada transaksi perusahaan transaksi perusahaan semen beton angkasa

4. JURNAL PEMBELIAN (JB)

Berikut ini adalah hasil pengelompokan pencatatan transaksi-transaksi ke dalam Jurnal Pembelian pada perusahaan SEMEN BETON ANGKASA.

Cara Membuat Jurnal Transaksi Untuk Perusahaan Dagang Semen

Contoh hasil pengelompokan jurnal pembelian pada transaksi perusahaan transaksi perusahaan semen beton angkasa

Pengelompokan Transaksi ke Dalam Jurnal Umum

1. JURNAL UMU (JU) 

Berikut ini adalah hasil pengelompokan pencatatan transaksi-transaksi ke dalam Jurnal Umum pada perusahaan SEMEN BETON ANGKASA.

Cara Membuat Jurnal Transaksi Untuk Perusahaan Dagang Semen

Contoh hasil pengelompokan jurnal umum pada transaksi perusahaan semen beton angkasa

Apabila terdapat nomor faktur pada pembelian atau penjualan silahkan dimasukkan saja yah!!

Informasi seputar pertambahan atau pengurangan suatu perkiraan yang berfunsi untuk mengetahui jumlah yang akan dicatat pada satu atau lebih perkiraan, dan dapat mengetahui jumlah yang akan didebit atau kredit karena semua akun-akun yang terlibat  harus seimbang dalam akutansi.

Cara Membuat Jurnal Transaksi Untuk Perusahaan Dagang Semen

Demikianlah pembahasan singkat mengenai apa yang dimaksud dengan Cara Membuat atau Menyusun Transaksi ke Dalam Jurnal (Journal). Informasi di atas merupakan sebagian kecil dari kegiatan Akuntansi yang sebenarnya. Semoga bermanfaat bagi kita semua dan dapat meningkatkan minat Anda untuk jauh lebih produktif. Pembahasan selanjutnya yaitu Posting ke Buku Besar Utama

Terima Kasih telah berkunjung, semoga apa yang anda simak di artikel ini dapat menambah wawasan dan juga pengetahuan yang lebih bermanfaat.

Pokok Pembahasan 👉Akuntansi Perusahaan Semen👈

Materi Sebelumnya Contoh Analisis Transaksi👈

Pembahasan Selanjutnya👉Posting ke Buku Besar Utama

Cara Membuat Jurnal atau Menyusun Transaksi ke Dalam Jurnal (Journal)

Penulis : Adinata

Tags Artikel :

#Akuntansi Dagang

#Akuntansi Keuangan

#Analisis Biaya

#Jurnal Umum

#Jurnal Umum Perusahaan Jasa

#Jurnal Umum Perusahaan Dagang

#Akuntansi Usaha Dagang

#Akuntansi Management

#Transaksi

#Analisis

#Analisis Transaksi

#Jurnal

#Jurnal Khusus

#Jurnal Khusus Perusahaan Dagang

#Jurnal Kas Keluar

#Jurnal Kas Masuk

#Jurnal Penjualan

#Jurnal Pembelian

#Buku Besar

#Buku Besar Pembantu Piutang

#Buku Besar Pembantu Utang

#Neraca Saldo

#Neraca Saldo Perusahaan Dagang

#Neraca Saldo Sebelum Disesuaikan

#Neraca Saldo Setelah Penyesuaian

#Neraca Saldo Penutup

#Jurnal Penyesuaian

#Jurnal Penyesuaian Perusahaan Jasa

#Jurnal Penyesuaian Perusahaan Dagang

#Kertas Kerja

#Kertas Kerja Perusahaan Dagang

#Neraca Lajur

#Neraca Lajur Perusahaan Jasa

#Neraca Lajur Perusahaan Dagang

#Work Sheet

#Work Sheet Perusahaan Dagang

#Laporan Keuangan

#Laporan Laba Rugi

#Laporan Perubahan Ekuitas

#Laporan Posisi Keuangan

#Laporan Neraca

#Laporan Arus Kas

#Jurnal Penutup

#Jurnal Penutup Perusahaan Dagang

#Jurnal Pembalik

#Accounting

#Perorangan

#Perusahaan

#Perusahaan Dagang

#Menyusun atau Membuat

#UKM dan UMKM

#Laporan Perusahaan Dagang

#Biaya

#Beban

#Aktiva

#Pasiva

Artikel Terkait Lainnya

# Wirausaha

# Bisnis

# Keuangan

Cara Stock Opname Persediaan Degan Mudah

Stock opname adalah salah satu bentuk kegiatan perhitungan persediaan stok barang di gudang sebelum dijual dan juga dapat merapikan persediaan barang digudang.

Baca Selengkapnya

Admin

# Wirausaha

# Bisnis

Semangat Baru Untuk Meningkatkan Inovasi Wirausaha, Perusahan & Bisnis UKM

Salah satu tujuan utama dari inovasi adalah melakukan atau menciptakan sesuatu yang berbeda dari para kompetitor di bidang sama.

Baca Selengkapnya

Admin

# Keuangan

# Bisnis

# Wirausaha

Akuntansi Smart Bisnis UKM dan Perusahaan

Akuntansi adalah merupakan kegiatan mencatat, meringkas, mengklarifikasi, mengolah, dan menyajikan data transaksi.

Baca Selengkapnya

Admin

# Bisnis

# Wirausaha

Strategi Smart Bisnis Usaha UKM dan Perusahaan

Strategi Bisnis adalah suatu cara yang digunakan perusahaan untuk menghadapi persaingan di dalam dunia bisnisT bertujuan untuk, analisa, integrasi, dan implementasi.

Baca Selengkapnya

Admin

# Marketing

# Wirausaha

# Bisnis

Membangun Team Work Bisnis UKM dan Perusahaan Yang Solid

Team Work adalah kemampuan individu dalam melakukan kerjasama dengan baik untuk mencapai tujuan bersama di dalam tim yang saling percaya dan mendukung serta bertanggung jawab.

Baca Selengkapnya

Admin

# Wirausaha

Membangun Motivasi Diri Untuk Bisnis UKM dan Perusahaan

Motivasi adalah sesuatu alasan yang mendorong seseorang untuk melakukan, menyelesaikan, menghentikan suatu aktivitas guna mencapai tujuan tertentu yang diinginkan dari motivasi tersebut.

Baca Selengkapnya

Admin