Pembayaran Online – Pengertian dan Contoh E Wallet Pada Bisnis UKM

Pembayaran Online – Pengertian dan Contoh E Wallet Pada Bisnis UKM

Ewallet adalah suatu layanan yang bersifat elektronik dengan fungsi menyimpan data dan juga instrumen dari pembayaran diantaranya yaitu sebagai alat pembayaran melalui kartu serta uang elektronik, menampung dana serta bisa digunakan untuk melakukan pembayaran. Ewallet ini juga bisa berbentuk program ataupun software bahkan aplikasi layanan jasa untuk menyimpan uang secara digital dan juga melakukan transaksi online untuk tiap penggunanya.

Jika dilihat saat ini ewallet mulai berkembang secara pesat dan telah banyak startup Indonesia yang mengembangkannya. Termasuk ewallet bank Indonesia. Menanggapi hal ini bahkan pemerintah sudah menerbitkan aturan terkait dengan legalitas transaksi serta penggunaan uang elektronik supaya pengguna aman dalam proses transaksi. Hal ini juga tentu sebagai proses untuk adaptasi teknologi di zaman digital seperti saat ini.

E-Wallet yang Banyak Dipakai di Indonesia

Ada beberapa aplikasi e-wallet atau dompet digital yang cukup populer di Indonesia diantaranya seperti Ovo, Dana, ShopeePay, GoPay, Link Aja .

Ada beberapa kelebihan saat menggunakan ewallet ini diantaranya adalah bisa terhindar dari uang palsu, transaksi menjadi lebih cepat serta terhindar dari penyebaran virus atau bakteri seperti di masa sekarang ini.

Di mana aktivitas disarankan untuk dilakukan dari rumah saja. Untuk mengetahui lebih jelas mengenai produk ewallet yang ada di Indonesia, informasinya sebagai berikut:

1. Ovo 

OVO adalah aplikasi dompet digital atau e-Wallet terbaik di indonesia berikutnya yang merupakan sistem pembayaran aplikasi seluler yang sangat menyenangkan untuk melakukan berbagai transaksi pembayaran online lewat genggaman Anda. Ovo menjadi salah satu e-wallet yang banyak digunakan di Indonesia. Meskipun ewallet Ovo sempat Mengalami penurunan pengguna dari tahun 2019. Namun hal tersebut tidak berlangsung lama karena di tahun 2019 atau tahun kemudian kembali berhasil menduduki peringkat ke-2 untuk kategori e-wallet yang banyak digunakan oleh orang Indonesia.

Ovo sendiri tidak jika hanya dapat digunakan untuk melakukan transaksi online tetapi juga bisa melakukan transaksi secara offline atau langsung ke toko. Sudah banyak merchant yang bermitra atau bekerja sama dengan pihak Ovo sehingga banyak kemudahan yang bisa dirasakan ketika menggunakannya. Apabila sudah di-upgrade ke versi yang premium, Ovo bisa digunakan untuk melakukan transfer bank. Ovo juga bisa digunakan untuk membeli paket dan pulsa atau membayar PDAM listrik dan masih banyak lagi transaksi lainnya yang bisa dilakukan lewat Ovo.

Dengan ribuan pedagang OVO di seluruh Indonesia dalam berbagai kategori mulai dari F&B, Mode, Kecantikan, Hiburan, Transportasi, Perjalanan, dan banyak lagi, ditambah kemitraan eksklusif dengan banyak merek besar, OVO terus memperluas merchant mereka dan poin top up.

Dengan mengunduh OVO melalui smartphone Anda, Anda dapat melakukan berbagai hal kemudahan seperti :

» Pergi kemana saja tanpa uang tunai saat Anda melakukan transaksi di ribuan Merchant OVO. Ini bebas dompet, bebas khawatir, dan tidak repot, seperti misalnya, Anda tidak perlu lagi menunggu untuk mendapatkan kembalian Anda kembali
» Mengumpulkan dan membayar dengan Poin OVO (1 Poin OVO = Rp 1)
» Dapatkan promo dan penawaran luar biasa eksklusif untuk pengguna OVO
» Tingkatkan ke OVO Premier untuk memungkinkan Peer to Peer & Transfer Bank + untuk meningkatkan saldo OVO Tunai maksimum Anda menjadi Rp 10.000.000
» Isi ulang OVO Cash Anda melalui ATM, m-Banking, Internet Banking, Kartu Debit atau melalui Merchant terpilih.
» Bayar atau isi ulang tagihan Listrik, Telepon, Internet dan bayar tagihan premi Asuransi Terbaik Anda
» Donasi untuk amal dan membantu orang lain yang membutuhkan
» Mulai Berinvestasi

2. Dana

DANA adalah e-Wallet atau dompet digital terbaik Indonesia yang dapat diandalkan kapan saja dan di mana saja. Dana juga menjadi salah satu ewallet di Indonesia yang banyak digunakan. Ewallet dana dirilis pada tahun 2018 namun telah mampu memikat banyak pengguna sehingga berdasarkan beberapa informasi menduduki posisi ketiga sebagai ewallet yang banyak digunakan di Indonesia. Dana sendiri merupakan ewallet yang hadir karena adanya kerjasama oleh emtek group dan ant Financial. Selain itu ewallet dana turut bisa digunakan untuk transaksi di aplikasi  merchant Bukalapak. Melalui dana juga banyak transaksi lainnya yang bisa dilakukan sehingga mempermudah pembayaran ataupun transfer yang dilakukan kepada orang lain.

Dengan aplikasi pembayaran all-in-one yang tangguh, Anda dapat dengan aman melakukan pembayaran tanpa uang tunai dan tanpa kartu untuk kebutuhan sehari-hari seperti pembelian offline, pengisian ponsel, dan pembayaran tagihan. Berbagai fitur DANA memberi Anda kenyamanan transaksi yang lebih cepat dan lebih praktis melalui genggaman Anda.

» DANA Protection – Uang Kembali Dijamin : Memberdayakan Anda dengan sistem keamanan berlapis-lapis yang membuat semua transaksi DANA aman dan terlindungi.
» Pindai Kode QR untuk Membayar : Nikmati pembayaran cepat dan mudah di kasir hanya dengan memindai Kode QR DANA Anda.
» Kirim & Terima Uang Dengan Mudah : Transfer ke orang lain tanpa biaya tambahan dengan menggunakan nomor ponsel mereka dan terima uang dalam sekejap hanya dengan memindai kode DANA QR Anda.
» Pembayaran Tagihan Bebas Kerepotan : Hemat lebih banyak untuk isi ulang ponsel dan bayar semua tagihan Anda termasuk listrik, air, BPJS, dan cicilan!
» Gunakan DANA Balance atau Kartu Bank? : Mudah melakukan pembayaran dengan Saldo DANA Anda atau kartu Debit / Kredit disimpan dengan aman di aplikasi DANA.
» DANA Surprize : Dapatkan cashback & diskon ekstra! Dengan setiap transaksi setidaknya Rp20k, Anda akan menerima token untuk bermain DANA Surprize & memenangkan voucher menakjubkan.

3. ShopeePay

ShopeePay adalah fitur layanan uang elektronik yang dapat digunakan sebagai metode pembayaran online di aplikasi Shopee, offline di Merchant ShopeePay, dan menyimpan pengembalian dana yang dapat digunakan untuk membayar pesanan Anda berikutnya. Shopeepay juga menjadi salah satu ewallet yang banyak digunakan di Indonesia terutama belakangan ini. Penggunaan uang elektronik ataupun pembayaran digital memang menjadi solusi yang dianggap baik di masa seperti sekarang ini.

Ewallet shopeepay ini diluncurkan SeaMoney dan sudah mendapatkan lisensi dari Bank Indonesia per bulan Agustus 2018 dan telah resmi rilis pada November 2018. Dengan shopeepay banyak transaksi secara online yang bisa dilakukan termasuk pembayaran di aplikasi shopee ketika berbelanja. Para pengguna yang tentunya sering berbelanja ataupun menjalankan bisnis lewat shopee bisa merasakan banyak kemudahan dengan adanya shopeepay ini.

Banyaknya Keuntungan Menggunakan ShopeePay

Voucher ShopeePay
Dapatkan penawaran Voucher Cashback hingga 30% untuk digunakan di Merchant favoritmu.
Cashback Setiap Hari
Belanja di aplikasi Shopee atau Merchant favoritmu pakai ShopeePay dan dapatkan Cashback Koin Shopee.
Cashback Setiap Hari
Belanja di aplikasi Shopee atau Merchant favoritmu pakai ShopeePay dan dapatkan Cashback Koin Shopee.
Gratis Ongkir Lebih Banyak
Belanja pakai ShopeePay dan dapatkan Voucher Cashback serta Gratis Ongkir!

4. Gopay

Ewallet gopay juga merupakan salah satu yang banyak digunakan di Indonesia. Ewallet ini bisa ditemukan dalam aplikasi gojek dan bisa digunakan untuk melakukan pembayaran dalam aplikasi gojek itu sendiri. Bahkan Gopay juga menjadi salah satu ewallet yang cukup populer di Indonesia. Gopay bisa digunakan untuk melakukan pembayaran layanan seperti go-ride gocar go-send dan lain-lainnya. Gopay juga bisa digunakan untuk transfer antar bank sehingga tidak perlu lagi ke ATM ataupun bank terdekat untuk bisa melakukan transfer sejumlah dana kepada seseorang yang ingin dituju. 

Dengan GoPay Anda bisa melakukan pembayaran untuk pulsa dan data, bayar tagihan seperti BPJS, PLN, Wifi, cicilan Kredit, indihome, PDAM, TV Berbayar, pembayaran toko online bahkan toko offline dan masih banyak lagi. Anda akan mendapatkan banyak keuntungan menggunakan e-Wallet karena banyak sekali promo bahkan diskon sampai 50%.

Terakhir namun tidak kalah pentingnya, bayar semuanya tanpa repot dengan GoPay. Ini sederhana dan sangat cepat! Belum lagi Anda dapat mentransfer saldo GoPay Anda ke teman-teman Anda, dan juga menarik saldo ke bank Anda. Yang harus Anda lakukan adalah memverifikasi GoPay Anda dan mendaftarkan rekening bank Anda.

5. LinkAja

Linkaja adalah e-Wallet dompet digital terbaik indonesia lainnya yang merupakan layanan teknologi keuangan yang diterbitkan oleh PT Fintek Karya Nusantara (“Finarya”) dan ini merupakan produk milik bank terbesar indonesia yaitu Mandiri, yang menawarkan cara mudah dan aman untuk membayar kebutuhan sehari-hari Anda. Aplikasi ini mencakup berbagai jenis transaksi non tunai, mulai dari membayar biaya transportasi, membeli makanan & minuman, mengisi pulsa / data, membayar tagihan, dan banyak lagi!

Berikut ini adalah spesifikasi layanan dari LinkAja:

» QR Code : Pembayaran Pedagang Lebih Cepat & Mudah menggunakan Kode QR dengan memindai QR Code yang disediakan di merchant LinkAja.
» Stiker NFC : Memungkinkan Anda melakukan transaksi menggunakan LinkAja NFC Sticker di lebih dari 50.000 pedagang dari berbagai kategori mitra dagang, seperti Transportasi, Hiburan, Makanan & Minuman, Kecantikan, dan banyak lagi!
» Token : Pembayaran menggunakan kode Token di merchant LinkAja.
» Transfer Uang Lebih Mudah : Nikmati kemudahan mengirim uang / saldo ke pengguna LinkAja lain melalui nomor telepon. Anda juga dapat mengirim uang ke rekening bank.
» Isi Pulsa & Data dari Semua Operator : Temukan berbagai pilihan paket pulsa dan data dari semua operator dengan harga terbaik; pulsa & data mulai dari Rp 1.000!
» Bayar semua tagihan Anda : Dengan mudah membayar semua tagihan Anda dari membayar listrik, air, tagihan gas, dan jauh lebih aman melalui aplikasi
» Beli Voucher Game : Beli voucher untuk permainan online dan seluler favorit Anda dengan harga terbaik, hanya di aplikasi LinkAja.
» Menyumbang : Melalui aplikasi LinkAja, Anda dapat menyumbang kapan saja dan di mana saja ke beberapa lembaga amal
» Berbagai promo dan penawaran menarik! : Jadilah yang pertama untuk mendapatkan informasi tentang promo terbaru melalui aplikasi LinkAja!
» Lokasi Pedagang Terdekat : Sekarang Anda dapat menemukan pedagang baru di sekitar Anda dengan fitur terdekat di aplikasi LinkAja.
» Tautkan Kartu Debit : Pindahkan dompet fisik Anda dengan mudah ke LinkAja untuk pengalaman #Cashless yang lebih baik.
» Bayar untuk Transportasi : Berkeliaran di kota dengan mudah tanpa harus khawatir tentang uang tunai!
» Top Up Kartu Uang Elektronik : Dengan menggunakan satu aplikasi, kini Anda dapat mengisi kartu uang elektronik Anda dengan mulus
» Beli Paket Roaming : Jelajahi dunia dan tetap terhubung dengan paket roaming!
» Beli Asuransi : Pilih dari berbagai jenis asuransi untuk perlindungan ekstra di mana saja, kapan saja
» Bayar Pajak Kendaraan : Tidak perlu datang langsung dan membayar di konter – dengan mudah membayar dari aplikasi!

Demikianlah pembahasan tentang Pembayaran Online Ewallet Pada Bisnis UKM. Terima Kasih telah berkunjung, semoga apa yang anda simak di artikel ini dapat menambah wawasan dan juga pengetahuan yang lebih bermanfaat. 🙏”Terima Kasih“🙏

You might also like