Pengertian dan Contoh Akun-akun Transaksi Potongan Pembelian Pada Bisnis UKM

DEFINISI

Dalam pembahasan kali ini, Novalio akan menjelaskan secara terperinci mengenai Akun Potongan Pembelian. Yuk… sobat Novalio Simak artikel sebagai berikut.
Diskon penjualan adalah diskon yang telah ditetapkan sebelumnya. Diskon pembelian adalah diskon yang diberikan pada saat atau setelah terjadi transaksi dan biasanya muncul saat terjadi tawar menawar harga dengan alasan kedekatan personal, volume pembelian, atau jenis/kualitas barang. Potongan pembelian ialah akun yang berfungsi untuk mencatat potongan pada saat diberikan oleh penjual barang dagangan. Potongan pembelian dan syarat untuk memperoleh potongan pembelian besarnya akan ditentukan oleh penjual.

PENGERTIAN

Pengertian Potongan (discount), yaitu potongan harga yang diberikan penjual kepada pembeli. Penjual akan memberikan potongan harga kepada pembeli karena beberapa alasan sebagai berikut :

1. Membeli barang secara tunai dalam partai besar (jumlah yang banyak).
2. Melunasi hutang sebelum jatuh tempo atau lebih cepat dari waktu yang ditentukan dalam syarat pembayaran (term of credit).

Bagi pembeli, potongan harga tersebut potongan pembelian (purchase discount), sehingga jumlah yang dikeluarkan untuk membayar harga pembelian barang menjadi berkurang. Potongan pembelian yang diterima pembeli akan dicatat disebelah kredit pada akun potongan pembelian

Apakah potongan pembelian sama dengan potongan penjualan?
Potongan pembelian adalah akun yang merekap atau mencatat potongan harga pada saat terjadinya proses penjual barang dagangan. Potongan pembelian dan potongan penjualan yaitu potongan harga yang diberikan oleh penjual kepada pembeli dalam sebuah transaksi jual beli. Pengertian Potongan (discount),
Singkat kata pengertian potongan pembelian itu adalah potongan harga yang diberikan penjual kepada pembeli.
 

Menurut Kamus Bisnis dan Bank 9 Istilah Pengertian Lain yang berhubungan dengan "potongan pembelian"

1. POTONGAN BUNGA

Potongan Bunga adalah pendapatan bunga yang tidak jadi diterima atau yang dikembalikan kepada debitur apabila debitur mengembalikan kredit sebelum jatuh waktu; lihat rabat (rebate). 2. POTONGAN DAGANG

Potongan Dagang adalah trade discount yaitu pengurangan atas harga yang tercantum dalam daftar hanga. 3. POTONGAN PEMBAYARAN OBLIGASI

Potongan Pembayaran Obligasi adalah discount on bond yaitu potongan pembayaran yang disebabkan harga kurs dan meterial serta provisi lebih rendah daripada nilai nominal obligasi; dengan adanya diskon obligasi, perusahaan yang membeli obligasi akan memperoleh laba. 4. POTONGAN TUNAI

Potongan Tunai adalah cash discount yaitu potongan harga untuk merangsang pembayaran tunai atau pembayaran sebelum waktu yang ditetapkan. 5. BIAYA MARGINAL

Biaya Marginal adalah marginal cost yaitu peningkatan atau penurunan total biaya suatu perusahaan akibat penambahan atau pengurangan satu unit keluaran; penentuan biaya marginal sangat penting dalam menentukan jumlah; biasanya, biaya marginal menurun sejalan dengan meningkatnya volume produksi sesuai dengan skala ekonomi, termasuk faktor potongan harga / diskon biaya material, tenaga kerja / pekerja terlatih, dan penggunaan mesin yang lebih efisien. 6. BUKTI PEMBAYARAN CEK

Bukti Pembayaran Cek adalah voucher check yaitu cek dengan lampiran aplikasi yang menyatakan alasan pembayarannya; pihak yang mengesahkan cek mendepositokan cek tersebut dan menyimpan potongannya sebagai bukti pembayaran; dalam penjualan secara kredit, jumlah yang tertera pada potongan cek menunjukkan jumlah uang yang dibukukan untuk mengkredit buku besar piutang penjual dan buku besar utang pembeli. 7. BUKU BESAR UTANG

Buku Besar Utang adalah liability ledger yaitu pusat data bank tentang utang yang masih harus dibayar oleh debitur dan potongan bagi semua peminjam, dilakukan oleh bagian kredit pada suatu bank; buku besar utang ini dapat terdiri atas buku besar pembantu bagi sistem komputerisasi akuntansi bank atau dalam sistem yang belum otomasi, posisi pinjaman setiap nasabah dicatat dalam setiap kartu debitur; jumlah seluruh posisi pinjaman tersebut merupakan bagian terbesar aktiva produktif bank. 8. DISKONTO

Diskonto adalah bank discount yaitu potongan (diskon) yang diperhitungkan bank (biasanya dalam persen) atas suatu surat berharga karena pembayaran sebelum jatuh tempo. 9. HARGA DASAR

Harga Dasar adalah base price yaitu harga yang digunakan sebagai dasar untuk menghitung harga barang yang diperjualbelikan; harga barang ini dapat ditambah dengan biaya angkut, jasa, pengemasan, atau dikurangi potongan harga atau diskon.

Jenis-Jenis Potongan Harga

Dalam dunia bisnis usaha, terdapat berbagai macam potongan penjualan atau potongan harga yang digunakan oleh perusahaan untuk menarik minat pelanggan dan merangsang adanya pembelian dan pembayaran dengan segera. 

» Potongan harga tunai
Adalah pengurangan harga untuk pembeli yang segera membayar tagihannya.

» Potongan Kuantitas
Adalah pengurangan harga untuk pembeli yang membeli dalam jumlah besar (harga group)

» Potongan Harga Fungsional
Disebut juga sebagai potogan harga perdagangan, ditawarkan oleh produsen kepada para anggota saluran perdagangan jika mereka melakukan fungsi-fungsi tertentu.

» Potongan Harga Musiman
Pengurangan harga untuk pembeli yang membeli barang di luar musim.

» Potongan Harga
Adalah pengurangan dari daftar harga.

Faktor–Faktor Pemberian Potongan Harga (Discount)

Discount diberikan dengan tujuan tertentu baik hal tersebut menguntungkan bagi perusahaan maupun konsumen. Ada beberapa pendapat yang mengatakan mengapa discount diberikan dan faktor-faktor yang menyebabkan supermarket dan departement store memberikan discount kepada konsumen.

» Barang akan segera digantikan oleh model yang lebih baru
» Ada yang tidak beres dengan produk ini sehingga mengalami kesulitan dalam penjualannya
» Perusahaan mengalami masalah keuangan yang gawat
» Harga akan turun lebih jauh lagi apabila harus menunggu lebih lama
» Mutu produk ini oleh perusahaan diturunkan

Faktor–Faktor Lainnya Untuk Pemberian Potongan Harga (Discount)

» Untuk mengikat pembeli
» Menguntungkan beberapa langganan
» Memberikan nilai ekonomis pada masyarakat
» Merubah pola pemberian
» Memancing pembeli untuk membeli dalam kuantitas besar

Perbedaan Potongan Pembelian dan Potongan Penjualan?

Akun potongan pembelian adalah akun yang digunakan untuk mencatat potongan yang diterima pembeli karena melunasi utang dalam masa potongan. Akun potongan penjualan adalah akun yang digunakan untuk mencatat potongan yang diberikan oleh penjual karena menerima pelunasan piutang dalam masa potongan.

Tujuan Pemberian Potongan Harga (Discount) Kepada Pelanggan

Perusahaan dagang memberikan potongan harga pembelian kepada konsumennya jika konsumennya membeli barang dalam jumlah tertentu yang telah ditentukan oleh pedagang, hal ini bertujuan agar pedang tetap memperoleh keuntungan dan volume penjualan akan naik.

Baca Juga Contoh Transaksi Potongan Pembelian »

Baca Juga Kelompok Akun Khusus Pada Perusahaan Dagang Bisnis UKM »

Penulis : Rudi

Tags Artikel :

#Akuntansi Jasa

#Akuntansi Dagang

#Akuntansi Keuangan

#Akuntansi Management

#Analisis Transaksi

#Analisis Biaya

#Jurnal Umum

Artikel Terkait Lainnya

# Wirausaha

# Bisnis

# Keuangan

Cara Stock Opname Persediaan Degan Mudah

Stock opname adalah salah satu bentuk kegiatan perhitungan persediaan stok barang di gudang sebelum dijual dan juga dapat merapikan persediaan barang digudang.

Baca Selengkapnya

Admin

# Wirausaha

# Bisnis

Semangat Baru Untuk Meningkatkan Inovasi Wirausaha, Perusahan & Bisnis UKM

Salah satu tujuan utama dari inovasi adalah melakukan atau menciptakan sesuatu yang berbeda dari para kompetitor di bidang sama.

Baca Selengkapnya

Admin

# Keuangan

# Bisnis

# Wirausaha

Akuntansi Smart Bisnis UKM dan Perusahaan

Akuntansi adalah merupakan kegiatan mencatat, meringkas, mengklarifikasi, mengolah, dan menyajikan data transaksi.

Baca Selengkapnya

Admin

# Bisnis

# Wirausaha

Strategi Smart Bisnis Usaha UKM dan Perusahaan

Strategi Bisnis adalah suatu cara yang digunakan perusahaan untuk menghadapi persaingan di dalam dunia bisnisT bertujuan untuk, analisa, integrasi, dan implementasi.

Baca Selengkapnya

Admin

# Marketing

# Wirausaha

# Bisnis

Membangun Team Work Bisnis UKM dan Perusahaan Yang Solid

Team Work adalah kemampuan individu dalam melakukan kerjasama dengan baik untuk mencapai tujuan bersama di dalam tim yang saling percaya dan mendukung serta bertanggung jawab.

Baca Selengkapnya

Admin

# Wirausaha

Membangun Motivasi Diri Untuk Bisnis UKM dan Perusahaan

Motivasi adalah sesuatu alasan yang mendorong seseorang untuk melakukan, menyelesaikan, menghentikan suatu aktivitas guna mencapai tujuan tertentu yang diinginkan dari motivasi tersebut.

Baca Selengkapnya

Admin