Pengertian Akun Retur Pembelian Pada Bisnis UKM

Pengertian Akun Retur Pembelian Pada Bisnis UKM

DEFINISI

Dalam pembahasan kali ini, Novalio akan menjelaskan secara lengkap mengenai Retur Pembelian. Yuk… sobat Novalio Simak artikel sebagai berikut.
Transaksi retur pembelian terjadi jika perusahaan atau usaha dagang membeli barang. Dalam proses jual beli barang itu akan ada retur atau pengembalian barang kepada pihak penjual karena tidak sesuainya pesanan maupun karena barang yang diperjualbelikan rusak. Retur dilakukan ketika proses jual beli sudah selesai. 

PENGERTIAN

Retur pembelian adalah kondisi dimana penjual mengembalikan barang kepada pihak supplier lantaran tidak sesuai dengan spesifikasi yang diinginkan. Singkatnya, retur itu terjadi antara pihak supplier dengan penjual atau penjual dan pembeli. Pengembalian barang ini di konfirmasi penerimaan barang dari penjual, yang telah dikembalikan terhadap pembeli karena barang rusak atau tidak sesuai dengan keinginan sang pembeli tersebut. Sebelum kita melanjutkan pembahasan alangkah baiknya anda harus paham dan mengerti”apa itu Retur?
 
Apa Itu Retur?
Retur adalah proses jual beli barang dalam suatu perdagangan wholesale, akan mengenal yang namanya retur atau pengembalian barang kepada pihak penjual yang dapat disebabkan oleh tidak sesuainya pesanan barang ataupun barang tersebut rusak. Retur akan terjadi jika proses jual beli telah selesai.
 
Retur pembelian termasuk akun apa?
Akun Nominal adalah akunakun yang terdapat dalam Laporan Rugi laba yaitu akun Pendapatan dan Beban. Retur pembelian dan Retur Penjualan itu termasuk kedalam kelompok akun pendapatan. Itu berarti, Retur pembelian dan Retur Penjualan termasuk kedalam akun nominal.

Perbedaan Retur Pembelian dan Retur Penjualan

Retur pembelian adalah kondisi dimana penjual mengembalikan barang kepada pihak supplier lantaran tidak sesuai dengan spesifikasi yang diinginkan. pengembalian barang dari pihak pembeli kepada pihak penjual sebab barang yang sudah dikirim tidak sama dengan spesifikasi yang sudah dijelaskan. Selain itu, dapat juga terjadi karena barang rusak. Dengan retur pembelian, maka akan ada pengurangan utang pihak penjual atau pemilik barang.
Retur penjualan adalah kondisi dimana pembeli ingin mengembalikan barang kepada pihak penjual. Bagai mana sobat Novalio apakah anda sudah tau perbedaannya? Tentunya sudah jelas yah sob.!!!😁
 
Dalam Retur terdapat 2 proses langkah pembelian secara kredit dan tunai. Berikut ini adalah penjelasan tentang retur pembelian secara kredit dan retur pembelian secara tunai yaitu sebagai berikut; 

Retur Pembelian secara Tunai

Retur pembelian tunai adalah barang yang dikembalikan kepada pihak penjual yang sudah dibeli secara tunai dengan perjanjian barang dapat diretur maupun dikembalikan yang diikuti dengan pengembalian pembayaran.

Retur Pembelian secara Kredit

Retur pembelian kredit adalah barang yang dikembalikan pada penjual untuk transaksi yang belum lunas atau dibayar secara kredit. Apabila retur pembelian dilakukan, maka akan otomatis dilakukan pengurangan utang pembelian pada penjual atau pemilik barang.

Retur pembelian masuk ke akun apa?

Dengan adanya retur pembelian, utang pihak pembeli kepada pihak penjual akan menjadi berkurang. Akun retur pembelian dicatat pada bagian kredit dalam jurnal keuangan, sedangkan utang dagang dicatat pada bagian debit.

Apa tujuan dari retur pembelian?

Tujuan pembuatan akun retur pembelian dan retur penjualan pada perusahaan dagang yaitu agar dapat diketahui jumlah barang dan nilai barang yang dikembalikan oleh pembeli ke penjual.

Retur pembelian merupakan pengembalian barang dari pihak pembeli kepada pihak penjual karena barang yang telah dikirim tidak sesuai dengan spesifikasi yang telah ditetapkan ataupun barang yang dikirim rusak.

Baca Juga Contoh Transaksi Retur Barang »

Baca Juga Kelompok Akun Khusus Pada Perusahaan Dagang Bisnis UKM Â»

You might also like