Sistem Pembayaran Pada Kegiatan Perusahaan

PEMBAYARAN

Jenis Pembayaran Pada Kamus Bisnis Dan Bank Untuk UKM

DEFINISI PEMBAYARAN

Pembayaran adalah sistem yang mencakup seperangkat aturan, lembaga, dan mekanisme yang dipakai untuk melaksanakan pemindahan dana, guna memenuhi suatu kewajiban yang timbul dari suatu kegiatan ekonomi.

Masih banyak orang yang belum tahu tentang pengertian sistem pembayaran meskipun, sistem pembayaran telah berkembang sangat pesat di Indonesia. Ada beragam model sistem pembayaran yang muncul untuk memudahkan proses transaksi antar pihak.

Keberadaan sistem pembayaran membawa perubahan yang besar dalam kehidupan masyarakat. Metode pembayaran konvensional tidak lagi digunakan dan orang-orang lebih memilih untuk mengunakan pembayaran digital sebagai metode pembayaran masa kini.

Dengan keberagaman tersebut, setiap orang perlu mengetahui pengertian sistem pembayaran agar memudahkan mereka dalam memahami sistem pembayaran yang sedang berkembang di Indonesia.

Dalam mengawasi dan menjaga kelancaran sistem pembayaran di Indonesia, ada 4 prinsip yang dituangkan dalam undang-undang dan dilaksanakan BI seperti:

Kelancaran Pembayaran Dengan 4 Aturan dari BI yaitu:

1. Keamanan Pembayaran

2. Kesetaraan Akses

3. Perlindungan Konsumen

4. Efisiensi


Jenis Pembayaran Pada Kamus Bisnis Dan Bank Untuk UKM

1. Keamanan Pembayaran

Segala resiko yang ada dalam sebuah sistem pembayaran seperti, kredit, likuiditas, fraud harus dikelola dengan sangat baik oleh si penyelenggara dalam sebuah sistem pembayaran.


Jenis Pembayaran Pada Kamus Bisnis Dan Bank Untuk UKM

2. Kesetaraan Akses

BI tidak menyetujui segala macam praktek monopoli pada penyelenggaraan dalam sebuah sistem yang bisa menghambat pelaku ekonomi lainnya untuk ikut masuk dan menyelenggarakan sistem pembayaran.


Jenis Pembayaran Pada Kamus Bisnis Dan Bank Untuk UKM

3. Perlindungan Konsumen

BI harus dapat memberikan jaminan terhadap aspek-aspek di perlindungan konsumen yakni jaminan adanya kepastian hokum kepada konsumen dan pembuat jasa dalam divisi perlindungan konsumen. Konsumen dan penyedia jasa dapat mengajukan pengaduan kepada BI jika mengalami hal-hal yang merugikan.


Jenis Pembayaran Pada Kamus Bisnis Dan Bank Untuk UKM

4. Efisiensi

BI harus menjamin penyelenggaraan sistem pembayaran bisa berjalan secara efisien, dapat digunakan secara luas dan banyak orang dan biaya yang ditanggung oleh masyarakat menjadi lebih murah.

itulah ketentuan BI untuk menjaga kelancaran pembayaran pada transaksi dan juga privacy user untuk mengamankan data-data yang harus menjadi perlindungan konsumen.


Pembayaran merupakan salah satu cara untuk memenuhi suatu kewajiban tertentu dengan mengeluarkan uang baik secara tunai maupun melalui penyerahan harta dalam bentuk jasa.

21 Contoh Sistem Pembayaran Pada Kegiatan Perusahaan

1. PEMBAYARAN

Jenis Pembayaran Pada Kamus Bisnis Dan Bank Untuk UKM

Pembayaran adalah kewajiban yang harus dibayar sesuai dengan harga atau nilai dari suatu kesepakatan dan biasanya disebut tunggakan, jika tidak dibayar sampai dengan batas akhir atau tanggal jatuh tempo (due date) berakhir. Ada beberapa jenis pembayaran dan anda dapat baca di sini.

2. SISTEM PEMBAYARAN BERSYARAT

Jenis Pembayaran Pada Kamus Bisnis Dan Bank Untuk UKM

Pembayaran Bersyarat adalah payment under reserve yaitu persetujuan penerima surat kredit berdokumen atas hak bank untuk menagih kembali uang yang telah dibayarkan kepada penerima apabila pihak pembuka surat kredit berdokumen menolak pembayaran.

3. SISTEM PEMBAYARAN BERTAHAP

Jenis Pembayaran Pada Kamus Bisnis Dan Bank Untuk UKM

Pembayaran Bertahap adalah progress payments yaitu sebagian pembayaran yang dilakukan oleh bank untuk menyelesaikan tahapan pada kredit konstruksi yang disesuaikan dengan perkembangan penyelesaian proyek yang dibiayai.

4. SISTEM PEMBAYARAN DI MUKA

Jenis Pembayaran Pada Kamus Bisnis Dan Bank Untuk UKM

Pembayaran Di Muka adalah prepayment yaitu,umum : pembayaran suatu kewajiban utang pokok dan bunga sebelum tanggal jatuh tempo; perakunan : pengeluaran saat ini untuk suatu manfaat yang akan diterima pada masa datang; pengeluaran ini dicatat sebagai biaya dibayar di muka pada rupa-rupa aktiva yang kemudian akan dilakukan amortisasi pada saat manfaat tersebut dinikmati, misalnya biaya sewa bayar di muka; perbankan : pembayaran sebagian atau seluruh pinjaman oleh debitur sebelum tanggal jatuh tempo; pembayaran kembali yang lebih awal dapat dipengaruhi oleh faktor ekonomi, seperti penurunan suku bunga yang cukup tajam yang menyebabkan debitur dapat melakukan pembiayaan ulang dengan suku bunga yang lebih rendah, juga perubahan-perubahan pada jumlah anggota keluarga debitur, relokasi tempat usaha, penjualan rumah debitur, atau kematian debitur; kredit komersial dan kredit angsuran juga dilunasi lebih awal jika debitur mendapat fasilitas pembiayaan ulang.

5. SISTEM PEMBAYARAN DI MUKA STANDAR

Jenis Pembayaran Pada Kamus Bisnis Dan Bank Untuk UKM

Pembayaran Di Muka Standar adalah standard prepayment yaitu bentuk atau pola pembayaran di muka dalam surat berharga yang dijamin dengan hipotek berdasarkan jumlah pembayaran di muka yang telah disepakati setiap bulan terhadap saldo pokok pinjaman atau baki debet hipotek yang belum terbayar; bunga yang tertunggak (tunggakan bunga) setiap bulan diberlakukan sebagai pinjaman hipotek baru.

6. SISTEM PEMBAYARAN DITUNDA

Jenis Pembayaran Pada Kamus Bisnis Dan Bank Untuk UKMPembayaran Ditunda adalah deferred payment yaitu surat kredit yang menyatakan bahwa pembayaran kepada eksportir akan dilaksanakan beberapa waktu setelah dokumen lengkap diserahkan kepada bank.

7. SISTEM PEMBAYARAN KEMBALI

Jenis Pembayaran Pada Kamus Bisnis Dan Bank Untuk UKM

Pembayaran Kembali adalah reimbursemen yaitu pembayaran atau penggantian nilai dan jumlah yang telah dibayar atau sesuatu yang telah diserahkan lebih dahulu berdasarkan syarat yang ditentukan; pembayaran oleh perusahaan asuransi sejumlah nilai telah dibayar oleh tertanggung untuk kemudian diganti dengan jumlah yang diperjanjikan.

8. SISTEM PEMBAYARAN KONSTAN

Jenis Pembayaran Pada Kamus Bisnis Dan Bank Untuk UKMPembayaran Konstan adalah constant payment yaitu pembayaran secara berkala dengan jumlah yang mencakup bunga dan pokoknya; setiap pinjaman dengan saldo pokok menurun apabila suatu angsuran pembayaran melebihi jumlah yang ditetapkan sehingga kelebihan tersebut dialokasikan untuk mengurangi pokok pinjaman, misalnya pinjaman kredit pemilikan rumah (KPR) dengan jumlah tetap.

9. SISTEM PEMBAYARAN MINIMUM

Jenis Pembayaran Pada Kamus Bisnis Dan Bank Untuk UKMPembayaran Minimum adalah minimum payment yaitu pembayaran terendah/minimum yang dapat dilakukan seorang pemegang kartu kredit guna mengurangi saldo terutang sesuai dengan persyaratan dalam perjanjian pemegang kartu kredit; umumnya, bank penyelenggara kartu kredit mensyaratkan pembayaran minimum sebesar persentase atau jumlah tertentu dan saldo yang terutang.

10. SISTEM PEMBAYARAN PENYELESAIAN

Jenis Pembayaran Pada Kamus Bisnis Dan Bank Untuk UKMPembayaran Penyelesaian adalah payment for [[honor] yaitu [[penyelesaian]] pembayaran atas cek atau wesel yang telah dibuatkan berita penolakannya oleh notaris; penyelesaian pembayaran ini dilengkapi dengan akta notarial dalam rangka mengembalikan nama baik pihak tertarik; lihat berita penolakan.

11. SISTEM PEMBAYARAN RUTIN

Jenis Pembayaran Pada Kamus Bisnis Dan Bank Untuk UKMPembayaran Rutin adalah recurring payment yaitu pembayaran uang dalam jumlah yang sama secara rutin dalam jangka waktu yang telah ditetapkan, misalnya pembayaran angsuran pinjaman KPR. premi asuransidana bantuan kepada pihak-pihak tertentu, seperti pembayaran jamsostek (Jaminan sosial tenaga kerja (baca : pekerja) atau uang pensiun.

12. SISTEM PEMBAYARAN TUNAI

Jenis Pembayaran Pada Kamus Bisnis Dan Bank Untuk UKM

Pembayaran Tunai adalah cash payments; cash disbursements yaitu pembayaran yang dilakukan pada saat transaksi terjadi. Baca juga tentang kas.

13. SISTEM DOKUMEN PEMBAYARAN

Jenis Pembayaran Pada Kamus Bisnis Dan Bank Untuk UKM

Dokumen Pembayaran adalah payment document yaitu dokumen atau formulir bank sebagai sarana bank untuk melakukan transfer dana dari satu pihak kepada pihak lain.

14. SISTEM HAK ISTIMEWA PEMBAYARAN

Jenis Pembayaran Pada Kamus Bisnis Dan Bank Untuk UKMHak Istimewa Pembayaran adalah skip-payment privelege yaitu klausul dalam akad kredit konsumsi yang memberikan pilihan kepada debitur untuk tidak membayar angsurannya sesuai dengan jadwal, tetapi debitur wajib memberitahukannya terlebih dahulu kepada pihak kreditur.

15. SISTEM JANGKA WAKTU PEMBAYARAN

Jenis Pembayaran Pada Kamus Bisnis Dan Bank Untuk UKMJangka Waktu Pembayaran adalah tenggang waktu suatu wesel yang dihitung sejak tanggal wesel diterbitkan hingga jatuh tempo pembayarannya; istilah ini berarti waktu yang diberikan oleh bea cukai untuk jangka waktu B/E pada perdagangan antara dua negara, yang berkisar antara dua minggu hingga dua bulan atau lebih; saat ini berarti periode saat bill ditarik (usance tenor).

16. SISTEM JATUH TEMPO PEMBAYARAN

Jenis Pembayaran Pada Kamus Bisnis Dan Bank Untuk UKMJatuh Tempo Pembayaran adalah payment due date yaitu tanggal yang ditetapkan sebagai batas akhir pembayaran atau transaksi; pembayaran atau yang terjadi pada tanggal tersebut secara langsung / otomatis tercatat pada pusat pengolahan data sehingga posisi atau gambaran rekening nasabah pada tanggal tersebut telah menunjukkan posisi paling akhir (up to date).

17. SISTEM LAYANAN PEMBAYARAN

Jenis Pembayaran Pada Kamus Bisnis Dan Bank Untuk UKMLayanan Pembayaran adalah payment service yaitu bentuk layanan yang melaksanakan pesan atau perintah untuk melakukan pembayaran (baca : perintah bayar dari seorang nasabah kepada nasabah lain.

18. SISTEM NERACA PEMBAYARAN

Jenis Pembayaran Pada Kamus Bisnis Dan Bank Untuk UKM

Neraca Pembayaran adalah balance of payment yaitu pencatatan secara sistematis semua transaksi ekonomi antara penduduk suatu negara dan penduduk negara lain yang menimbulkan pembayaran antarnegara dalam jangka waktu tertentu, biasanya satu tahun; suatu neraca pembayaran dikatakan surplus apabila terdapat kelebihan dana dan perdagangan dan investasi dibandingkan dengan kewajiban-kewajiban yang dibayarkan kepada negara lain; akibatnya, terjadi suatu apresiasi nilai mata uang negara tersebut terhadap nilai mata uang negara lain; sebaliknya, neraca pembayaran dikatakan defisit apabila terdapat kelebihan impor terhadap ekspor, suatu ketergantungan terhadap investor asing, dan terjadi penilaian terlalu tinggi terhadap mata uang negara tersebut (ovetvalued) negara yang mengalami neraca pembayaran defisit wajib menutupi defisit/kekurangan itu dengan mengekspor (eksportir) emas atau cadangan mata uang kuat (hardcurrency reserves), misalnya dollar AS, yang diterima sebagai alat pembayaran utang luar negeri.

19. SISTEM PAGU PEMBAYARAN

Jenis Pembayaran Pada Kamus Bisnis Dan Bank Untuk UKM

Pagu Pembayaran adalah payment caps yaitu persyaratan pinjaman yang telah ditetapkan batas atas pembayaran berkalanya sebesar persentase tertentu; misalnya, ARM (adjustable rate mortgage) batas-atasnya sebesar 7,5%; jika pembayaran berkala ditetapkan sebesar Rp 100.000,00, pembayaran maksimum pada periode penyesuaian pertama adalah sebesar Rp107.500,00 [Rp l00.000,00 + (Rp 100.000,00 x 7,5%)] selanjutnya pembayaran maksimum pada periode penyesuaian kedua adalah sebesar Rp115.560,00 [Rp107.500,00 + (Rp107.500,00 x 7,5%)]; dengan demikian, apabila terjadi kenaikan tingkat bunga pada pinjaman yang tingkat bunganya mengambang (floating rate), pembayaran atas pinjaman tersebut maksimum sebesar batas atas yang telah ditetapkan.

20. SISTEM PENUNDAAN PEMBAYARAN

Jenis Pembayaran Pada Kamus Bisnis Dan Bank Untuk UKMPenundaan Pembayaran adalah suspension of payment yaitu penanguhan pembayaran atas utang-utang debitur yang sudah boleh ditagih untuk menghindari kepailitan; penangguhan itu terjadi atas permintaan debitur dengan persetujuan pengadilan dan di bawah pengawasan orang-orang yang diangkat oleh hakim.

21. SISTEM RISIKO SISTEM PEMBAYARAN

Jenis Pembayaran Pada Kamus Bisnis Dan Bank Untuk UKM

Risiko Sistem Pembayaran adalah payment system risk yaitu risiko yang dapat terjadi sebagai akibat kegagalan satu bank besar untuk menepati kesanggupan pembayaran dalam jumlah besar yang kemudian mengakibatkan kegagalan serupa bagi bank lainnya.

 


Jenis Pembayaran Pada Kamus Bisnis Dan Bank Untuk UKM

22. SISTEM PEMBAYARAN

Sistem Pembayaran adalah payment system yaitu sistem yang meliputi orang, mesin, prosedur, yang terdapat dalam suatu kegiatan untuk melakukan transfer dana untuk pembayaran yang dilakukan oleh satu pihak kepada pihak lain.

Jenis Pembayaran Pada Kamus Bisnis Dan Bank Untuk UKM

23. PEMBAYARAN SURPLUS 

Surplus Pembayaran adalah payment surplus yaitu keadaan transaksi perdagangan ke luar negeri suatu negara yang menggambarkan nilai ekspor lebih besar daripada nilai impor dalam perdagangan luar negeri dan transaksi perdagangan luar negeri suatu negara; lihat neraca pembayaran surplus.

Jenis Pembayaran Pada Kamus Bisnis Dan Bank Untuk UKM

24. TANGGAL PEMBAYARAN

Tanggal Pembayaran adalah pay date yaitu tanggal yang ditetapkan sebagai jadwal waktu penarikan dana; dalam transaksi perbankan dikenal dengan istilah p-date.

25. BUKTI PEMBAYARAN CEK

Bukti Pembayaran Cek adalah voucher check yaitu cek dengan lampiran aplikasi yang menyatakan alasan pembayarannya; pihak yang mengesahkan cek mendepositokan cek tersebut dan menyimpan potongannya sebagai bukti pembayaran; dalam penjualan secara kredit, jumlah yang tertera pada potongan cek menunjukkan jumlah uang yang dibukukan untuk mengkredit buku besar piutang penjual dan buku besar utang pembeli.

Jenis Pembayaran Pada Kamus Bisnis Dan Bank Untuk UKM

26. DANA PEMBAYARAN UTANG

Dana Pembayaran Utang adalah sinking fund yaitu umum: uang yang dikumpulkan dalam suatu rekening khusus untuk membayar utang sesuai dengan jadwal yang telah ditentukan; beberapa persyaratan dana pembayaran utang harus dipenuhi dengan penebusan sejumlah tertentu instrumen yang telah diterbitkan selama satu tahun tertentu; hipotek berjaminan surat berharga (mortgage backed securities): ketentuan dalam panggilan surat penjanjian (indenture calling) selama jadwal amortisasi dari hipotek yang dijamin dengan obligasi atau surat utang subjek untuk kegiatan yang dibayar di muka, misalnya obligasi amortisasi terkendali (controlled amortization bond) sin. dana pelunasan.

Jenis Pembayaran Pada Kamus Bisnis Dan Bank Untuk UKM

Baca Juga: Kamus Bisnis dan Bank Pengertian Lain yang berhubungan dengan "PEMBAYARAN" Yang Harus Diketahui Oleh Pelaku Usaha dan Perusahaan yang sering dilakukan di dalam Pembanyaran.

Demikianlah pembahasan tentang Pembayaran Online QR Code Pada Bisnis UKM. Terima Kasih telah berkunjung, semoga apa yang anda simak di artikel ini dapat menambah wawasan dan juga pengetahuan yang lebih bermanfaat.

🙏"Terima Kasih"🙏

Baca Juga Alat Pembayaran Online »
Jenis Pembayaran Pada Kamus Bisnis Dan Bank Untuk UKM

Penulis : Rudi

Tags Artikel :

#Akuntansi Jasa

#Akuntansi Dagang

Artikel Terkait Lainnya

# Keuangan

# Bisnis

# Wirausaha

Akuntansi Smart Bisnis UKM dan Perusahaan

Akuntansi adalah merupakan kegiatan mencatat, meringkas, mengklarifikasi, mengolah, dan menyajikan data transaksi.

Baca Selengkapnya

Admin

# Bisnis

# Marketing

# Wirausaha

Strategi Smart Usaha Mencapai Keuntungan Sesuai Harapan

Persiapan strategi adalah dorongan agar bisnis Anda dapat mendapatkan hasil serta pendapatan yang lebih baik dari pada sebelumnya.

Baca Selengkapnya

Admin

# Keuangan

# Wirausaha

# Bisnis

Standar Akuntansi Keuangan di Indonesia

Fungsi Standar Akuntansi Keuangan adalah untuk keseragaman laporan keuangan untuk menyusun laporan keuangan serta auditor dan pembaca laporan.

Baca Selengkapnya

Admin

# Wirausaha

# Bisnis

Semangat Baru Untuk Meningkatkan Inovasi Wirausaha, Perusahan & Bisnis UKM

Salah satu tujuan utama dari inovasi adalah melakukan atau menciptakan sesuatu yang berbeda dari para kompetitor di bidang sama.

Baca Selengkapnya

Admin

# Bisnis

# Wirausaha

Strategi Smart Bisnis Usaha UKM dan Perusahaan

Strategi Bisnis adalah suatu cara yang digunakan perusahaan untuk menghadapi persaingan di dalam dunia bisnisT bertujuan untuk, analisa, integrasi, dan implementasi.

Baca Selengkapnya

Admin

# Marketing

# Wirausaha

# Bisnis

Membangun Team Work Bisnis UKM dan Perusahaan Yang Solid

Team Work adalah kemampuan individu dalam melakukan kerjasama dengan baik untuk mencapai tujuan bersama di dalam tim yang saling percaya dan mendukung serta bertanggung jawab.

Baca Selengkapnya

Admin