Cara Mudah Membuat Jurnal Umum Perusahaan Jasa UKM

Pengertian Jurnal Umum Perusahaan Jasa

Apa Yang Dimaksud Jurnal Umum Perusahaan Jasa? Secara definisi Jurnal Umum (General Ledger) merupakan alat pencatatan yang berbentuk dua kolom dan berfungsi untuk mencatat setiap transaksi yang mempengaruhi laporan keuangan Usaha Jasa.

Fungsi Jurnal Umum

Fungsi Jurnal Umum (General Ledger) adalah media untuk mencatat semua transaksi yang terjadi dalam proses akuntansi. Jurnal umum memuat tanggal, nama akun, nilai transaksi, sisi pencatatan transaksi (debet atau kredit), dan keterangan singkat tentang transaksi. Dalam perusahaan dagang, pengertian jurnal umum merupakan media/ buku yang digunakan untuk mencatat semua transaksi yang terjadi selama satu periode waktu tertentu tanpa adanya pembedaan jenis transkasi.

Tujuan Dibuatnya Jurnal Umum

Setelah memahami definisinya, tentunya kita juga harus mengerti apa tujuan dibuatnya Jurnal Umum (General Ledger) tersebut. Dengan adanya Jurnal Umum (General Ledger), maka kita dapat mengidentifikasi dan melakukan hal-hal yang berhubungan dengan transaksi keuangan, diantaranya:

  • Identifikasi terhadap transaksi yang terjadi
  • Penilaian terhadap transaksi
  • Pencatatan dampak ekonomi dari transaksi dalam perusahaan

Selain itu, membuat Jurnal Umum (General Ledger) juga bertujuan untuk mempermudah proses pemindahan dampak transaksi yang terjadi ke dalam sebuah akun sesuai transaksi.

Analisis Transaksi Jurnal Umum Perusahaan Jasa

Sebelum membuat Jurnal Umum (General Ledger) Perusahaan Jasa sebaiknya Kita Pahami Analisis Transaksi Yang Wajib Dipahami yaitu: 

Berikut Bentuk Contoh Transaksi dari Barber Shop Untuk Membuat Jurnal Umum Perusahaan Jasa.

Novalio mendirikan usaha pangkas Barber Shop. Berikut ini bentuk transaksi yang terjadi pada Barber Shop selama bulan April 2020 yaitu:

1. Novalio MENYETOR uang nya ke perusahaan sebesar IDR 100.000.000 sebagai modal awal.
2. Perusahaan MEMINJAM uang ke Bank sebesar IDR 40.000.000.
3. Novalio MEMBELI peralatan BarBer Shop seharga IDR 10.000.000.
4 Novalio MENGAMBIL uang kas untuk kepentingan pribadinya sebesar IDR 3.000.000.
5 Novalio MEMBAYAR gaji pegawai sebesar IDR 2.000.000.
6 Novalio MENERIMA pendapatan Barber Shop IDR 8.000.000.
 

Berikut ini adalah Bentuk Transaksi Pencatan Pada Jurnal Umum (General Ledger) Baber Shop Novalio seperti berikut;

Setiap Pencatatan Jurnal Umum (General Ledger) jika ketemu dengan DEBET pasti ada KREDIT

1. Novalio MENYETOR UANG nya ke perusahaan sebesar IDR 100.000.000 sebagai MODAL AWAL.
Keterangan:
Novalio Menyetor Uang berarti Kas bertambah maka diposisikan sebagai DEBET, sementara Modal Awal Novalio diposisikan sebagai KREDIT.
 
2. Perusahaan MEMINJAM UANG ke Bank sebesar IDR 40.000.000 maka muncul UTANG USAHA.
Keterangan:
Novalio Meminjam Uang berarti Kas bertambah maka diposisikan sebagai DEBET, sementara meminjam itu adalah Utang maka muncullah Utang Novalio diposisikan sebagai KREDIT.
 
3. Novalio MEMBELI PERALATAN Barber Shop seharga IDR 10.000.000 maka uang KAS dikeluarkan.
Keterangan:
Novalio Membeli Peralatan berarti Peralatan bertambah maka diposisikan sebagai DEBET, sementara uang yang digunakan untuk membeli peralatan adalah unang Kas, maka Kas diposisikan sebagai KREDIT.
 
4. Novalio MENGAMBIL UANG kas untuk kepentingan pribadinya sebesar IDR 3.000.000 maka uang KAS dikeluarkan.
Keterangan:
Novalio Mengambil Uang kas, karena Novalio ini adalah Pemilik maka kita sebut sebagai PRIVE, Prive diposisikan sebagai DEBET, sementara uang yang diambil oleh Novalio adalah Kas, Maka Kas diposisikan sebagai KREDIT.  
 
5. Novalio MEMBAYAR GAJI pegawai sebesar IDR 2.000.000 maka uang KAS dikeluarkan.
Novalio Membayar Gaji Pegawai berarti muncul Beban Gaji diposisikan sebagai DEBET, sementara uang untuk membayar gaji diambil dari Kas maka Kas diposisikan sebagai KREDIT.
 
6. Novalio MENERIMA pendapatan Barber Shop IDR 8.000.000 maka Pendapatan Barber Shop.
Novalio menerima pendapatan Barber Shop maka pendapatan itu masuk ke Kas. Jadi Kas diposisikan sebagai DEBET, sedangkan Menerima Pendapatan diposisikan sebagai KREDIT.

Bentuk Jurnal Umum Novalio Barber Shop Periode April 2020

Manfaat Jurnal

Mendapatkan informasi seputar pertambahan atau pengurangan suatu perkiraan. Mengetahui jumlah yang akan dicatat pada satu atau lebih perkiraan. Mengetahui jumlah yang akan didebit atau kredit karena semuanya harus seimbang.

Demikian Gaes pembahasan kita tentang Jurnal Umum (General Ledger). Terima kasih buat kalian yang telah menyimak artikel ini sampai selesai. Semoga apa yang Anda ketahui setelah melihat dan membaca artikel ini dapat berguna dan saya Do'akan Anda sukses dalam pembelajaran hari ini.
Untuk mempermudah melakukan Kegitan Perusahaan Jasa, dan mendapatkan efisiensi pencatatan tanpa harus memasukkan beberapa pencatatan barang dan transakasi berulang kali, Anda bisa mengandalkan Novalio.
 
Baca Juga Artikel lainnya tentang:
 

 

 

 

 

Penulis : Adinata

Tags Artikel :

#Akuntansi Jasa

Artikel Terkait Lainnya

# Keuangan

# Bisnis

# Wirausaha

Akuntansi Smart Bisnis UKM dan Perusahaan

Akuntansi adalah merupakan kegiatan mencatat, meringkas, mengklarifikasi, mengolah, dan menyajikan data transaksi.

Baca Selengkapnya

Admin

# Bisnis

# Marketing

# Wirausaha

Strategi Smart Usaha Mencapai Keuntungan Sesuai Harapan

Persiapan strategi adalah dorongan agar bisnis Anda dapat mendapatkan hasil serta pendapatan yang lebih baik dari pada sebelumnya.

Baca Selengkapnya

Admin

# Keuangan

# Wirausaha

# Bisnis

Standar Akuntansi Keuangan di Indonesia

Fungsi Standar Akuntansi Keuangan adalah untuk keseragaman laporan keuangan untuk menyusun laporan keuangan serta auditor dan pembaca laporan.

Baca Selengkapnya

Admin

# Keuangan

# Bisnis

# Wirausaha

Mau Profit UKM ? Cara Smart Menghitung Profit UKM dan Perusahaan

Anda mungkin akan berpikir bahwa bisnis baik-baik saja dengan pendapatan yang terus mengalir setiap hari. Tetapi tanpa memperhitungkan faktor lain seperti biaya overhead, kartu kredit, tanggungan pinjaman, dll, maka profitabilitas tidak akan bisa diukur.

Baca Selengkapnya

Admin

# Keuangan

# Bisnis

Cara Smart Mendapat Keuntungan, Laba atau Profit untuk Bisnis UKM

Keuntungan adalah hasil penjualan suatu barang/jasa yang didapat melebihi modal. sehingga perusahaan dapat memperoleh laba.

Baca Selengkapnya

Admin

# Keuangan

# Bisnis

Cara Meningkatkan Keuntungan (Laba) dan Profit Perusahaan dalam Bisnis UKM

Profit selalu menjadi tolak ukur bagi pemilik usaha atau perusahaan apakah usaha atau perusahaan yang dijalankan mengalami kerugian atau malah sebaliknya. Untuk itu mengetahui rumus-rumus penghitungan profit memang sangat perlu.

Baca Selengkapnya

Admin