Marketing Pemasaran Produk adalah Sebagai Kunci Proses Promosi Strategi Bisnis UKM

Pengertian Marketing

Marketing adalah serangkaian kegiatan untuk memenuhi kebutuhan dan kepuasan konsumen, baik dengan cara memproduksi produk kemudian memberikan harga dan mempromosikannya kepada konsumen sehingga terjadilah penjualan. Marketer sering juga di sebut sebagai individu yang fokus pada bisnis pemasaran dan mereka berafiliasi dengan produsen. Tugas mereka adalah membantu produsen memasarkan produk mereka dengan cara pemasaran online dan offline.

Contoh Marketing Secara Umum

Contoh umum media marketing adalah yaitu:

» Iklan Televisi,

» Papan reklame di pinggir jalan,

» Iklan Majalah,

» Dll

Tetapi tidak semua bisnis memiliki kebutuhan dan memasarkan barang dan jasanya dengan cara yang sama.

Marketing Plan

      Marketing plan merupakan dokumen operasional yang menguraikan berbagai strategi pemasaran. Tujuannya adalah untuk diterapkan dalam perusahaan, serta menghasilkan arahan yang dapat mencapai target. Marketing plan juga merincikan berbagai campaign dan promosi yang akan dilakukan selama periode tertentu.

Berikut ini beberapa langkah untuk menyusun rencana pemasaran (marketing plan) diantaranya yaitu :

      1» Melakukan Analisis Situasi,

      2» Menetapkan Tujuan dan Sasaran,

      3» Menuliskan Semua Target Pemasaran Dalam Daftar,

      4» Menyusun Strategi dan Program,

      5» Menetapkan Anggaran Pemasaran,

      6» Buat Rencana Tahunan.

Fungsi marketing menurut Philip Kotler (2002:559) adalah sebagai berikut:

» Mengumpulkan informasi mengenai pelanggan, pesaing, serta pelaku dan kekuatan lain yang ada saat ini maupun yang potensial dalam lingkungan pemasaran.

» Mengembangkan dan menyebarkan komunikasi persuasif untuk merangsang pembelian.

Konten Marketing Plant

      Dalam strategi membuat content marketing yang bisa mendatangkan keuntungan bisnis, sebaiknya Anda membagi konten menjadi 3, yaitu konten yang berisi tentang pengenalan, konten branding, dan konten penjualan yang akan mendorong pelanggan untuk melakukan transaksi (pembelian).

Apa saja yang harus dilakukan oleh seorang marketing?


Jadi Marketing Andal Gak Gampang Loh, Kamu Harus Bisa Lakukan 10 Hal Ini

      1» Mengenali pangsa pasar.

      2» Kenali lebih dalam produk dan jasa yang dijual.

      3» Memiliki kemampuan komunikasi yang baik.

      4» Membangun jaringan atau koneksi.

      5» Perhatikan penampilan.

      6» Memahami kebutuhan konsumen.

      7» Keluar dari zona nyaman.

      8» Terus optimistis

      9» Mengumpulkan testimoni

      10» Selalu berusaha dan berdoa

Apa yang harus dilakukan wirausaha sebelum menyusun marketing plan?

      Marketing plan merupakan dokumen operasional yang menguraikan berbagai strategi pemasaran. Tujuannya adalah untuk diterapkan dalam perusahaan, serta menghasilkan arahan yang dapat mencapai target. 10 tahap membuat marketing plan yaitu:

      1» Tulis Model Bisnismu

      2» Tentukan Target Pasar

      3» Analisis Kemampuan Pesaing

      4» Tentukan Tujuan dan Buat Strategi

      5» Menyiapkan pusat kampanye

      6» Lakukan Audit Pemasaran

      7» Terapkan Anggaran

      8» Membuat Tim

      9» Lakukan

      10» Evaluasi dan Ukurlah

Perbedaan Marketing dan Sales

      “Marketing” dan “sales” memang merupakan dua hal yang berbeda, namun keduanya saling terkait. Marketing berperan sebagai think tank yang mendesain pengembangan produk dan strategi pemasarannya. Sales adalah tim pelaksana strategi promosi untuk meningkatkan penjualan produk.

JOB DESKRIPSI / JOB DESCRIPTION SALES MARKETING :

      Melakukan promosi produk dan penjualan atau layanan jasa dengan argumen yang kuat baik itu kepada pelanggan yang sudah terdata maupun pelanggan prospektif. Lakukan analisis biaya serta manfaat bagi konsumen aktif maupun potensial dalam memenuhi kebutuhan mereka.

      Strategi Marketing dalam pemasaran adalah upaya untuk memasarkan serta mengenalkan suatu produk maupun jasa pada masyarakat. Tentu saja dengan menggunakan rencana dan taktik matang, dengan begitu, jumlah penjualan dapat meningkat. Berikut adalah strategi yang sering digunakan yaitu:

1» Kenalilah Pelanggan Anda. 'Pelanggan adalah Raja' Istilah tersebut memang benar, sang Raja sangat senang apabila dilayani dengan baik

2» Pilih Lokasi Yang Strategis

3» Menggunakan Internet Marketing

4» Lakukanlah Promosi

5» Menjalin Hubungan Dengan Pelanggan

      Membangun Komunikasi Pemasaran yang Efektif

      1» Buat pesan anda sesederhana mungkin

      2» Fokuskan pada gaya hidup mereka

      3» Tekankan pada nilai yang ditawarkan

      4» Ceritakan pengalaman orang lain

      5» Gunakan kalimat yang menyentuh emosi

      6» Terus lakukan komunikasi

Berikut ini adalah beberapa fungsi marketing dalam perusahaan yang jarang Anda ketahui:

1» Fungsi Pertukaran

Dalam dunia marketing, konsumen dapat dengan bebas untuk memilih produk yang berasal dari perusahaan mana saja dengan menukarkannya dengan uang atau bisa menukarkan produk dengan produk yang digunakan sendiri ataupun yang akan dijual kembali.

2» Fungsi Distribusi Fisik

Fungsi distribusi produk dilakukan dengan cara memindahkan produk  dengan cara mengangkut dan menyimpan produk. Produk yang dimiliki oleh produsen akan didistribusikan kepada konsumen baik melalui melalui darat, laut, atau udara. Dalam hal penyimpanan produk dilakukan agar produk terjaga pasokannya di pasar sehingga tidak terjadi kelangkaan saat dibutuhkan oleh konsumen.

3» Fungsi Perantara

Untuk bisa memberikan produk sampai kepada tangan konsumen, seorang seorang marketing lah yang nantinya akan menghubungkan dari pihak produsen kepada konsumen.

      4» Fungsi Lain Dari Marketing

Fungsi lain dari marketing tidak hanya sebagai pertukaran, distribusi fisik, dan perantara, tetapi masih ada fungsi penting lainnya yang dimiliki oleh seorang marketing berdasarkan manajemen pemasaran, diantaranya adalah sebagai berikut ini:

» Marketing Sales. Tugas utama seorang marketing adalah menghasilkan sales atau penjualan dari produk yang dimiliki oleh perusahaan, sehingga perusahaan mendapatkan keuntungan dari setiap produk yang dijual.

» Marketing Promosi. Marketing memiliki tugas untuk mengenalkan sebuah produk kepada masyarakat luas agar produk yang dimiliki perusahaan bisa dikenal.

» Marketing Riset dan Pengembangan. Marketing memiliki tugas untuk mencari informasi dari sebuah produk yang dibutuhkan oleh konsumen atau melakukan pengembangan produk yang sudah ada mengenai kelebihan dan kekurangannya, kemudian melaporkannya semuanya kepada perusahaan agar segera dilakukan tindak lanjut.

» Marketing Communication. Marketing memiliki tugas untuk membuat hubungan yang baik antara perusahaan dengan konsumen, perusahaan dengan masyarakat sekitar dan perusahaan kepada pihak yang terkait dalam bisnis.

» Semua strategi marketing tersebut memiliki berbagai keunggulan. Mulai dari hemat biaya, lebih efektif untuk membangun komunikasi dengan konsumen, hingga lebih mudah menjangkau banyak audiens dengan cepat.

Manfaat Marketing Plan

Membuat Marketing Plan secara terperinci adalah hal terpenting untuk bisnis. Pemasaran sama pentingnya dengan produk atau layanan. Berikut ini manfaat Marketing Plan:

Koordinasi kegiatan pemasaran dapat lebih baik dicapai

Dapat mengidentifikasi tingkat pengembangan perusahaan

Menjadi referensi untuk bagaimana bisnis perlu berubah

Bisa menjadi alat untuk menghindari konflik tentang cara perusahaan bergerak

Sebagai sumber informasi tentang cara membuat atau memperbarui kebijakan perusahaan

Menjadi referensi bagi manajer untuk bergerak dan bahkan berpikir lebih sistematis

Marketing Plan menawarkan manfaat tambahan untuk bisnis

Memberikan kejelasan tentang siapa target pasar Anda sehingga Anda dapat menemukan pelanggan dan pelanggan lebih mudah jika Anda tahu siapa mereka.

Membantu membuat pesan pemasaran yang memberikan hasil. Pemasaran adalah tentang mengetahui apa yang dapat dilakukan produk atau layanan Anda untuk menciptakan target pasar Anda. Pesan dapat dibuat langsung dengan pasar.

10» Menawarkan perhatian terkonsentrasi. E-mail, blog, media sosial, iklan, surat langsung, dll. Dengan cara ini, Anda memiliki banyak pilihan pemasaran yang tersedia dan Anda memerlukan rencana untuk menentukan tindakan komersial Anda.

Tujuan Marketing Plan

Banyak pengusaha membuat Marketing Plan dan karenanya tidak menggunakannya. Namun, Marketing Plan adalah peta jalan yang menyediakan panduan untuk mencapai tujuan bisnis perusahaan. Marketing Plan harus berfungsi sebagai referensi dan dievaluasi secara teratur.

Tujuannya marketing plan antara lain yaitu:

Mengetahui dan mereproduksi informasi tentang perubahan pasar dan persaingan

Membangun hubungan dan jaringan yang lebih luas dengan organisasi lain

Sebagai bentuk kustomisasi bisnis

Meningkatkan keuntungan Anda dengan bisnis yang efisien dan efektif.

Menyusun Strategi dan Program

      Strategi dan program didasarkan pada tujuan yang telah ditetapkan sebelumnya. Strategi ini adalah tindakan jangka panjang dan dikembangkan sebagai rencana jangka panjang untuk mencapai tujuan organisasi. Dan untuk mendukung strategi ini, program jangka pendek atau tindakan jangka pendek dilakukan.

      Jadi rencana pemasaran adalah bentuk perencanaan bisnis yang dilakukan dengan pemasaran untuk menentukan bagaimana perusahaan dapat menerapkan strategi pemasaran dalam praktik. Ini berarti bahwa perusahaan yang tidak bekerja dengan baik mengalami kesulitan bergerak ke arah perubahan pasar. Akibatnya, manfaat yang dicapai tidak optimal.

      Demikianlah pembahasan artikel ini tentang Marketing Pemasaran Produk adalah Sebagai Kunci Proses Promosi Strategi Bisni UKM dalam perusahaan ataupun bisnis. Sedangkan Sales berperan sebagai Pelaksana Proses Pemasaran Produk Strategi dalam perusahaan ataupun bisnis. Semoga artikel ini dapat bermanfaat serta menambah pengetahuan kita tentang marketing. Terima Kasih. Novalio.id

Penulis : Adinata

Tags Artikel :

#Akuntansi Dagang

#Akuntansi Jasa

#Akuntansi Keuangan

#Analisis Biaya

#Jurnal Umum

Artikel Terkait Lainnya

# Wirausaha

# Bisnis

# Keuangan

Cara Stock Opname Persediaan Degan Mudah

Stock opname adalah salah satu bentuk kegiatan perhitungan persediaan stok barang di gudang sebelum dijual dan juga dapat merapikan persediaan barang digudang.

Baca Selengkapnya

Admin

# Wirausaha

# Bisnis

Semangat Baru Untuk Meningkatkan Inovasi Wirausaha, Perusahan & Bisnis UKM

Salah satu tujuan utama dari inovasi adalah melakukan atau menciptakan sesuatu yang berbeda dari para kompetitor di bidang sama.

Baca Selengkapnya

Admin

# Keuangan

# Bisnis

# Wirausaha

Akuntansi Smart Bisnis UKM dan Perusahaan

Akuntansi adalah merupakan kegiatan mencatat, meringkas, mengklarifikasi, mengolah, dan menyajikan data transaksi.

Baca Selengkapnya

Admin

# Bisnis

# Wirausaha

Strategi Smart Bisnis Usaha UKM dan Perusahaan

Strategi Bisnis adalah suatu cara yang digunakan perusahaan untuk menghadapi persaingan di dalam dunia bisnisT bertujuan untuk, analisa, integrasi, dan implementasi.

Baca Selengkapnya

Admin

# Marketing

# Wirausaha

# Bisnis

Membangun Team Work Bisnis UKM dan Perusahaan Yang Solid

Team Work adalah kemampuan individu dalam melakukan kerjasama dengan baik untuk mencapai tujuan bersama di dalam tim yang saling percaya dan mendukung serta bertanggung jawab.

Baca Selengkapnya

Admin

# Wirausaha

Membangun Motivasi Diri Untuk Bisnis UKM dan Perusahaan

Motivasi adalah sesuatu alasan yang mendorong seseorang untuk melakukan, menyelesaikan, menghentikan suatu aktivitas guna mencapai tujuan tertentu yang diinginkan dari motivasi tersebut.

Baca Selengkapnya

Admin