Menyusun Laporan Keuangan Perusahaan Jasa Barber Shop

LAPORAN KEUANGAN

Menyusun Laporan Keuangan Perusahaan Jasa Barbershoop

Menyun Laporan Keuangan Perusahaan Jasa Barber Shop

Hello Sahabat NOVALIO

Di pembahasan sebelumnya kita sudah membahas tentang Jurnal Penutup Perusahaan Jasa Barber Shop. Pada kali ini kita akan membuat Laporan Kuangan Perusahaan Jasa pada Barber Shop. 

Apa yang dimaksud Laporan Keuangan? Laporan keuangan adalah catatan informasi keuangan suatu perusahaan pada suatu periode akuntansi yang dapat digunakan untuk menggambarkan kinerja perusahaan tersebut. Laporan keuangan adalah bagian dari proses pelaporan keuangan.

Setelah transakasi dicatat dan di rangkum, laporan kemudian disiapkan bagi para pengguna. Laporan akuntansi yang menyediakan informasi ini disebut Laporan Keuangan (financial Statements). Laporan keuangan utama bagi perusahaan perseorangan adalah laporan laba rugi, laporan perubahan modal atau ekuitas, laporan posisi keuangan, dan laporan arus kas. Urutan laporan yang biasanya disiapkan dan karakteristik data yang disajikan dalam setiap laporan. Yuk simak sampai tuntas angar anda tidak salah informasi untuk menyusun laporannya.

Seblum Menyusun Laporan Keuangan Barber Shop yang perlu kita siapkan adalah Kertas Kerja atau Neraca lajur (Work Sheet).

Kertas Kerja atau Neraca lajur (Work Sheet) adalah suatu daftar yang terbagi atas kolom-kolom neraca, ayat jurnal penyesuaian dan laporan keuangan yang dibuat untuk menyajikan semua data akuntansi yang diperlukan pada akhir periode akuntansi.

Menyusun Laporan Keuangan Perusahaan Jasa Barbershoop

4 Laporan Yang Perlu Dipersiapkan Untuk Menyusun Laporan Keuangan Babershop

1. Laporan Laba Rugi
2. Laporan Perubahan Modal
3. Neraca
4. Laporan Arus Kas

Untuk Menyusun Laporan Keuangan kita hanya membutuhkan alat bantu pada colom Laba/Rugi dan Neraca Kenapa dalam catatan pada Kertas Kerja (work sheet).  

Menyusun Laporan Keuangan Perusahaan Jasa Barbershoop
Alat Bantu Kertas Kerja (work sheet) dalam Colom Laba/Rugi dan Neraca Saldo Untuk Membuat Laporan Laba/Rugi, Laporan Perubahan Modal, Laporan Neraca, Laporan Arus Kas

1. Laporan Laba/Rugi

Laporan laba rugi adalah laporan finansial perusahaan yang dibuat oleh bidang keuangan tertentu. Isi dari laporan ini ialah data-data pendapatan sekaligus beban yang ditanggung oleh perusahaan. Untuk Membuat Laporan Laba/Rugi kita dapat melihat alat bantu diatas untuk membuat laporan laba Rugi. Pada colom Laba/Rugi diatas sebagai Debet adalah Akun Beban sebagai Kredit adalah Akun Pendapatan.

Fungsi Laporan Laba Rugi

Fungsi Laporan Laba Rugi adalah menunjukkan performance atau kinerja keuangan perusahaan. Seluruh pendapatan dan biaya atau beban disajikan dalam laporan ini. Informasi yang disajikan tersebut dapat juga digunakan untuk mengevaluasi kinerja perusahaan pada masa sebelumnya.

Unsur-unsur laporan laporan laba rugi biasanya terdiri dari :

1. Pendapatan dari penjualan
2. Dikurangi Beban pokok penjualan
3. Laba/rugi kotor
4. Dikurangi Beban usaha
5. Laba/rugi usaha
6. Ditambah atau dikurangi Penghasilan/beban lain
7. Laba/rugi sebelum pajak
8. Dikurangi Beban pajak
9. Laba/rugi bersih

 Berikut bentuk Laporan Laba/Rugi Novalio Barber Shop Periode April 2020:

Menyusun Laporan Keuangan Perusahaan Jasa Barbershoop

Menyusun:

Laba/Rugi = Total Pendapatn - Total Beban

Jika hasilnya (+) maka perusahaan mengalami LABA 

Jika hasilnya (-) maka perusahaan mengalami RUGI

Untuk pencatatan pada akun Pendapatan kita dapat lihat Alat Bantu Kertas Kerja (work sheet) dalam Colom Laba/Rugi dan Neraca Saldo terdapat 2 Pendapatan yaitu:

1. Pendapatan Jasa dengan nilai sebesar IDR 37.000.000,-

2. Pendapatan Bunga dengan nilai sebesar IDR 750.000,- 

3. Setelah itu kita jumlahkan Pendapatan maka akan ketemu jumlah Pendapatan sebesar IDR 37.750.000,-

Untuk pencatatan pada akun Beban kita dapat lihat alat bantu pada Alat Bantu Kertas Kerja (work sheet) dalam Colom Laba/Rugi dan Neraca Saldo terdapat 6 Beban yaitu:

1. Beban Sewa dengan nilai sebesar IDR 400.000,-

2. Beban Iklan dengan nilai sebesar IDR 1.000.000,-

3. Beban Gaji dengan nilai sebesar IDR 9.000.000,-

4. Beban Listrik dan Telepon dengan nilai sebesar IDR 3.000.000,-

5. Beban Perlengkapan dengan nilai sebesar IDR 6.000.000,-

6. Beban Penyusutan Peralatan dengan nilai sebesar IDR 4.000.000,-

7. Setelah itu kita jumlahkan Beban maka akan ketemu jumlah Laba sebesar IDR 23.400.000,-

Untuk Mencari Laba/Rugi Barber Shop pada perusahaan Jasa (Pendapatan - Beban = Laba) IDR 37.750.000 - IDR 23.400.000 = IDR 14.350.000,-

Hasil Laporan Laba/Rugi Periode April 2020 Novalio Barber Shop mendapatkan Laba sebesar IDR 14.350.000,-

Manfaat Membuat Laporan Laba Rugi

1. Mengevaluasi Kinerja Perusahaan
2. Memajukan dan Meningkatkan Hasil Perusahan
3. Dapat Melihat Risiko
4. Menjadi Tolak Ukur Bagi Perusahaan
5. Dapat Menganalisa Kemanjuan Perusahaan

2. Laporan Perubahan Modal

Laporan Perubahan modal merupakan jenis laporan keuangan yang berisi informasi mengenai modal yang dimiliki oleh suatu perusahaan serta berisi pula informasi atau hal-hal apa saja yang menyebabkan modal tersebut berubah, baik bertambah maupun berkurang sampai pada akhir periode akuntansi.

Fungsi Laporan Perubahan Modal (Ekuitas)

Fungsi laporan perubahan modal (Ekuitas) perusahaan atau bisnis adalah untuk menyedikan data yang berisi tentang kenaikan atau penurunan kekayaan perusahaan atau bisnis pada periode tertentu yang hasilnya dapat di lihat dari laporan ini.

Berikut bentuk Laporan Perubahan Modal Novalio Barber Shop Periode April 2020:

Menyusun Laporan Keuangan Perusahaan Jasa Barbershoop

Menyusun:

Jika Perusahaan mengalami LABA maka Modal Akhir = Modal Awal + LABA - PRIVE

Jika Perusahaan mengalami RUGI maka Modal Akhir = Modal Awal - RUGI - PRIVE

Untuk pembuatan Laporan Perubahan Modal kita dapat lihat Alat Bantu Kertas Kerja (work sheet) dalam Colom Laba/Rugi dan Neraca Saldo terdapat 2 Akun yang menjadi acuan yaitu:

1. Modal Awal dengan nilai sebesar IDR 100.000.000,-

2. Laba dengan nilai sebesar IDR 14.350.000,-

3. Untuk pembuatan Laporan Perubahan Modal Barber Shop pada Perusahaan Jasa (Modal Awal + Laba = Modal Akhir) IDR 100.000.000 + IDR 14.350.000 = IDR 114.350.000,- 

Hasil Laporan Perubahan Modal Periode April 2020 Novalio Barber Shop mendapatkan Modal Akhir sebesar IDR 14.350.000,-

Tujuan Laporan Perubahan Modal (Ekuitas)

Tujuan Laporan Perubahan Modal (Ekuitas) yaitu adalah suapaya dapat didokumentasikan aktivtas pembiayaan serta investasi pada perusahaan atau bisnis yang telah dihasilkan oleh perusahaan atau bisnis selama kurun waktu atau periode yang bersangkutan. bukan hanya itu laporan perubahan modal (ekuitas) juga dapat melengkapi perubahan modal kerja yang terjadi di perusahan atau bisnis dalam periode akuntansi yang terkait. 

3. Laporan Neraca

Neraca adalah bagian dari sebuah laporan keuangan yang mencatat informasi mengenai aset, kewajiban pembayaran pada pihak-pihak yang terkait dalam operasional perusahaan, dan modal pada waktu tertentu.

Fungsi Neraca

Neraca saldo akan menampilkan seluruh saldo-saldo dari setiap akun yang telah disesuaikan dengan transaksi perusahan yang terjadi pada setiap periodenya. Neraca saldo memiliki peran yang cukup berpengaruh ketika melakukan penyusunan laporan keuangan. Fungsi neraca saldo juga perlu diketahui agar lebih memahami apa itu neraca saldo. Dibawah ini akan dijelaskan apa saja fungsi neraca saldo.

1. Persiapan Laporan Keuangan - Fungsi dari neraca saldo disini adalah sebagai bahan untuk penyusunan laporan keuangan. Neraca saldo dibuat sebelum melakukan penyusunan sebuah laporan keuangan perusahaan.
2. Pencatatan - Neraca saldo sebagai tempat pencatatan atas informasi keuangan perusahaan. Seperti dalam ilmu akuntansi, pencatatan merupakan salah satu proses dalam pembukuan.
3. Koreksi Agar Tidak Terjadi Kesalahan - Dari neraca saldo, semua saldo akun pada akhir periode akan tertera bersama dengan akun-akun yang harus dilaporkan pada laporan keuangan.
4. Monitoring Perusahaan - Neraca saldo dapat menjadi alat untuk memonitoring perusahaan. Setiap akun yang tercatat pada neraca saldo akan terlihat jumlah saldo dari masing-masing akun tersebut. Maka dari itu, dapat dilakukan monitoring apakah akun-akun tersebut benar sesuai dengan kondisi perusahaan.

Neraca saldo tidak memberikan bukti lengkap atas keakuratan buku besar. Neraca saldo hanya menunjukkan kesamaan jumlah sisi debit dan sisi kredit.

Berikut bentuk Laporan Neraca Novalio Barber Shop Periode April 2020:

Menyusun Laporan Keuangan Perusahaan Jasa Barbershoop

Menyusun:

Untuk pembuatan Laporan Neraca kita dapat lihat Alat Bantu Kertas Kerja (work sheet) dalam Colom Laba/Rugi dan Neraca Saldo terdapat 2 kelompok yang menjadi acuan yaitu:

1. AKTIVA
Aktiva adalah segala kekayaan yang dimiliki suatu badan usaha. Kekayaan tersebut dapat berupa hak atau benda yang dimiliki dan telah diperoleh perusahaan dari kegiatan atau transaksi di masa lalu. Akun yang terlibat dalam kelompok Aktiva ini yaitu:
111. Kas dengan nilai sebesar IDR 63.900.000,-
112. Piutang Usaha dengan nilai sebesar IDR 16.000.000,-
113. Perlengkapan dengan nilai sebesar IDR 3.000.000,-
114. Perlengkapan dengan nilai sebesar IDR 750.000,-
211. Peralatan dengan nilai sebesar IDR 40.000.000,-
212. Akm Penyusutan Peralatan dengan nilai sebesar  - (IDR 4.000.000),- (Minus)
Untuk mendapatkan hasil akhir Aktiva maka semua akun yang terlibat dengan nilai tersebut ditambahkan sehingga jumlah Aktiva dengan nilai sebesar IDR 119.650.000,-
 
2. PASIVA
Pasiva adalah istilah dalam akuntansi yang menunjukkan posisi modal dan utang yang dimiliki perusahaan ketika menjalankan usahanya. Akun yang terlibat dalam kelompok Pasifa yaitu:
211. Utang Usaha dengan nilai sebesar IDR 2.100.000,-
212. Utang Gaji dengan nilai sebesar IDR 3.000.000,-
213. Utang Sewa dengan nilai sebesar IDR 200.000,-
411. Modal Akhir dengan nilai sebesar IDR 114.350.000,-
Untuk mendapatkan hasil akhir Pasiva maka semua akun yang terlibat dengan nilai tersebut ditambahkan sehingga jumlah Pasiva dengan nilai sebesar IDR 119.650.000,-
 
Hasil Laporan Neraca Periode April 2020 Novalio Barber Shop mendapatkan Jumlah Aktiva dan Pasiva sebesar IDR 119.650.000,- Jumlah Aktiva dan Pasiva ini harus sama dan seimbang. Jika mendapatkan Perbedaan maka ada kesalahan pada penjumlahan atau nilai Aktiva dan Pasiva yang Anda buat.

Manfaat Laporan Neraca

Laporan neraca adalah arsip yang harus terus diperbaharui. Pasalnya, dokumen ini bermanfaat untuk mengetahui kondisi finansial perusahaan. Jika tidak ada laporan neraca, bisa dipastikan, pencatatan keuangan tidak rapi. Bahkan, untung, rugi, debet dan kredit tidak bisa ditentukan dengan pasti.

Berikut ini beberapa manfaat penulisan laporan neraca yang lebih lengkap, yaitu:

1. Sebagai alat menganalisis finansial, jika dalam pelaksanaan terdapat perubahan
2. Untuk melakukan analisis likuiditas, supaya perusahaan memiliki gambaran kewajibannya terkait aset likuid.
3. Bisa digunakan sebagai sarana membaca kemampuan perusahaan untuk melunasi hutang jangka pendek.

Jika dilihat dari manfaat di atas, tentu laporan neraca harus ada pada perusahaan. Bahkan pengerjaannya harus diberikan kepada tenaga yang memang ahli dan jujur.

4. Laporan Arus Kas

Laporan Arus Kas adalah sebagai laporan keuangan yang melaporkan penerimaan kas, perubahan kas bersih, dan pembayaran kas yang berasal dari tiga kegiatan, yaitu kegiatan operasi, investasi, dan kegiatan pendanaan dalam kurun waktu satu periode. 

Manfaat Laporan Arus Kas

1. Informasi arus kas berguna sebagai indikator jumlah arus kas pada masa yang akan datang, serta berguna untuk menilai kecermatan atas taksiran arus kas yang telah dibuat sebelumnya.
2. Laporan arus kas juga menjadi alat pertanggung jawaban arus kas masuk dan arus kas keluar selama periode pelaporan.
3. Apabila dikaitkan dengan laporan keuangan lainnya, laporan arus kas memberikan informasi yang bermanfaat bagi pengguna laporan dalam mengevaluasi perubahan kekayaan bersih/ekuitas dana suatu entitas pelaporan dan struktur keuangan pemerintah (termasuk likuiditas dan solvabilitas).

Alat Bantu untuk mempermudah membuat Laporan Arus Kas kita membutuhkan Buku Besar Pada Akun Kas dan Jurnal Umum pada Periode April 2020 yaitu:

Menyusun Laporan Keuangan Perusahaan Jasa Barbershoop

Alat Bantu Untuk Mempermudah Membuat Laporan Arus Kas

Berikut bentuk Laporan Arus Kas Novalio Barber Shop Periode April 2020:

Menyusun Laporan Keuangan Perusahaan Jasa Barbershoop

Menyusun:

Untuk pembuatan Laporan Arus Kas kita dapat lihat alat bantu pada Buku Besar Pada Akun Kas terdapat 3 kelompok yang menjadi acuan yaitu:

1. AKTIVITAS OPERASI

 Aktivitas Operasi (operating) adalah aktivitas penghasil utama pendapatan Bank (principal revenue-producing activities) dan aktivitas lain yang bukan merupakan aktivitas investasi dan pendanaan. Berikut bentuk Transaksi pencatatan pada Aktivitas Operasi yaitu:

Pata Buku Besar Tanggal 2-Apr-20 Membeli Perlengkapan dengan nilai sebesar IDR (6.000.000)

Dari mana datangnya IDR (6.000.000) ?

sementara dari Buku Besar IDR 46.000.000,-
Kita Lihat transaksi Jurnal Umum Pada tanggal 2-Apr-20. 

Menyusun Laporan Keuangan Perusahaan Jasa Barbershoop

Terlihat pada Transaksi ini pada tanggal ini nilai di Buku Besar IDR 46.000.000,- adalah nilai gabungan transaksi Kas. Berarti nilai yang kita gunakan dalam pencatatan Aktivitas Operasi adalah IDR (6.000.000) karena merupakan transakasi Membeli Perlengkapan.

Pada Buku Besar
1. Tanggal 3-Apr-20 Membeli Perlengkapan dengan nilai sebesar IDR (900.000)
2. Tanggal 4-Apr-20 Membayar Sewa dengan nilai sebesar IDR (200.000)
3. Tanggal 5-Apr-20 Membayar Iklan dengan nilai sebesar IDR (1.000.000)
4. Tanggal 6-Apr-20 Menerima Pendapatan dengan nilai sebesar IDR 15.000.000
5. Tanggal 7-Apr-20 Membayar Gaji dengan nilai sebesar IDR (6.000.000)
6. Tanggal 8-Apr-20 Menerima Pendapatan dengan nilai sebesar IDR 6.000.000 
7. Tanggal 9-Apr-20 Membayar Listrik dengan nilai sebesar IDR (3.000.000)

Karena Membeli dan membayar itu sifatnya mengurangi maka kita tulis disni dengan tanda kurung () dalam arti Minus, sedangkan Menerima itu sifatnya bertambah maka kita pencatatan nilainya Plus +.

Untuk mendapatkan hasil akhir Aktivitas Operasi, Dikarenakan Transaksi ini hanya ada satu kali transaksi maka jumlah Aktivitas Operasi dengan nilai sebesar IDR 3.900.000,-

2. AKTIVITAS INVESTASI

Aktivitas Investasi (investing) adalah perolehan dan pelepasan aset jangka panjang serta investasi lain yang tidak termasuk setara kas. 4. Aktivitas pendanaan (financing) adalah aktivitas yang mengakibatkan perubahan dalam jumlah serta komposisi modal dan pinjaman Bank. Berikut bentuk Transaksi pencatatan pada Aktivitas Investasi yaitu:

Pada Buku Besar tanggal 2-Apr-20 Membeli Peralatan  dengan nilai sebesar IDR (40.000.000)

Dari mana datangnya IDR (40.000.000) ?

sementara dari Buku Besar IDR 46.000.000,-
Kita Lihat transaksi Jurnal Umum Pada tanggal 2-Apr-20. 

Menyusun Laporan Keuangan Perusahaan Jasa Barbershoop

Terlihat pada Transaksi ini pada tanggal ini nilai di Buku Besar IDR 46.000.000,- adalah nilai gabungan transaksi Kas. Berarti nilai yang kita gunakan dalam pencatatan Aktivitas Operasi adalah IDR (40.000.000) karena merupakan transakasi Membeli Peralatan.

Dikarenakan transaksi hanya terjadi satu kali jadi, Untuk mendapatkan hasil akhir Aktivitas Investasi maka transaksi yang terlibat ini adalah jumlahnya yang di akui sebagai Aktivitas Investasi adalah sebesar IDR (40.000.000),-

3. AKTIVITAS PENDANAAN

Aktivitas Pendanaan adalah Aktivitas penerimaan kas yang perlu dibayar kembali dan/atau pengeluaran kas yang akan diterima kembali yang mengakibatkan perubahan dalam jumlah dan komposisi utang dan piutang jangka panjang. Berikut bentuk Transaksi pencatatan pada Aktivitas Pendanaan yaitu:

Pada Buku Besar tanggal 1-Apr-20 Setoran Modal Awal  dengan nilai sebesar IDR 100.000.000,-

Dikarenakan transaksi hanya terjadi satu kali jadi, Untuk mendapatkan hasil akhir Aktivitas Pendanaan maka transaksi yang terlibat ini adalah jumlahnya yang di akui sebagai Aktivitas Investasi adalah sebesar IDR 100.000.000,-

Sehingga total Laporan Arus Kas pada Novalio Barber Shop adalah 
AKTIVITAS OPERASI - AKTIVITAS INVESTASI - AKTIVITAS PENDANAAN = ARUS KAS
IDR 3.900.000 - IDR (40.000.000) - IDR 100.000.000 = IDR 63.900.000

Hasil Akhir Laporan Arus Kas Periode April 2020 Novalio Barber Shop mendapatkan Jumlah Penurunan Kas sebesar IDR 63.900.000 Jumlah Arus Kas ini harus sama nilainya dengan hasil Akhir Buku Besar pada Akun Kas sebesar IDR 63.900.000. Jika mendapatkan Perbedaan maka ada kesalahan pada penjumlahan atau nilai transaksi yang Anda Buat.

Kesimpulan

Mengapa Arus Kas lebih penting dari pada Laba Akuntansi?

Dalam contoh ini, arus kas lebih penting karena menjaga bisnis tetap berjalan sambil tetap mempertahankan laba. Bergantian, bisnis mungkin melihat peningkatan pendapatan dan arus kas, tetapi ada sejumlah besar hutang, sehingga bisnis tidak menghasilkan keuntungan. Dalam hal ini, keuntungan lebih penting.

Demikian sahabat NOVALIO pembahasan kita tentang Menyusun Laporan Keuangan Dengan Contoh Membuat Financial Statements Perusahaan Jasa Barbershoop. Terima kasih buat kalian yang telah menyimak artikel ini sampai selesai. Semoga apa yang Anda ketahui setelah melihat dan membaca artikel ini dapat berguna dan bermanfaat.
 
Lebih banyak Anda MEMBACA , Lebih banyak hal yang Anda KETAHUI,Lebih banyak hal yang Anda PELAJARI, Lebih banyak Informasi yang ada DAPATI.
Informasi di atas hanya secuil dari kegiatan Membuat Laporan Keuangan yang sebenarnya. Semoga bermanfaat dan meningkatkan minat Anda untuk jadi lebih produktif.

๐Ÿ™"Terima Kasih"๐Ÿ™

Pokok Pembahasan๐Ÿ‘‰Siklus Akutansi Barber Shop๐Ÿ‘ˆ

Materi Sebelumnya Jurnal Penutup Barber Shop๐Ÿ‘ˆ

Baca Juga๐Ÿ‘‰Siklus Akuntansi Perusahaan Dagang

 

Menyusun Laporan Keuangan Perusahaan Jasa Barbershoop

 

Penulis : Rudi

Tags Artikel :

#Akuntansi Jasa

#Akuntansi Dagang

#Akuntansi Keuangan

#Akuntansi Management

#Analisis Transaksi

#Analisis Biaya

#Jurnal Umum

#Jurnal Umum Perusahaan Jasa

#Kertas Kerja

#Neraca Lajur

#Work Sheet

#Laporan Keuangan

#Laporan Laba Rugi

#Laporan Neraca

#Laporan Arus Kas

#Jurnal Penutup

Artikel Terkait Lainnya

# Wirausaha

# Bisnis

# Keuangan

Cara Stock Opname Persediaan Degan Mudah

Stock opname adalah salah satu bentuk kegiatan perhitungan persediaan stok barang di gudang sebelum dijual dan juga dapat merapikan persediaan barang digudang.

Baca Selengkapnya

Admin

# Wirausaha

# Bisnis

Semangat Baru Untuk Meningkatkan Inovasi Wirausaha, Perusahan & Bisnis UKM

Salah satu tujuan utama dari inovasi adalah melakukan atau menciptakan sesuatu yang berbeda dari para kompetitor di bidang sama.

Baca Selengkapnya

Admin

# Keuangan

# Bisnis

# Wirausaha

Akuntansi Smart Bisnis UKM dan Perusahaan

Akuntansi adalah merupakan kegiatan mencatat, meringkas, mengklarifikasi, mengolah, dan menyajikan data transaksi.

Baca Selengkapnya

Admin

# Bisnis

# Wirausaha

Strategi Smart Bisnis Usaha UKM dan Perusahaan

Strategi Bisnis adalah suatu cara yang digunakan perusahaan untuk menghadapi persaingan di dalam dunia bisnisT bertujuan untuk, analisa, integrasi, dan implementasi.

Baca Selengkapnya

Admin

# Marketing

# Wirausaha

# Bisnis

Membangun Team Work Bisnis UKM dan Perusahaan Yang Solid

Team Work adalah kemampuan individu dalam melakukan kerjasama dengan baik untuk mencapai tujuan bersama di dalam tim yang saling percaya dan mendukung serta bertanggung jawab.

Baca Selengkapnya

Admin

# Wirausaha

Membangun Motivasi Diri Untuk Bisnis UKM dan Perusahaan

Motivasi adalah sesuatu alasan yang mendorong seseorang untuk melakukan, menyelesaikan, menghentikan suatu aktivitas guna mencapai tujuan tertentu yang diinginkan dari motivasi tersebut.

Baca Selengkapnya

Admin