Pembayaran Online adalah Kelebih dan Kekuranga Aplikasi E-Payment Terpecaya di Indonesia

PEMBAYARAN ONLINE

Pembayaran Online adalah Kelebih dan Kekuranga Aplikasi E-Payment Terpecaya di Indonesia

Apa itu pembayaran online?

Apa Itu Online Payment? Online payment mengacu pada sistem pembayaran yang dilakukan secara online dengan melibatkan penggunaan jaringan komputer, internet, dan layanan keuangan digital. Sistem pembayaran ini sering juga disebut e-payment atau pembayaran elektronik.

Metode pembayaran online adalah cara pelanggan untuk membayar barang dan jasa. Dengan maraknya marketplace dan transaksi online, metode pembayaran di Indonesia kini sudah sangat bervariasi.

Bagi pemilik usaha atau bisnis, memilih metode pembayaran sangat penting. Terutama, yang sesuai dengan kebutuhan bisnis dan pelanggan. Nah, apa saja metode pembayaran yang ada sekarang? Berikut rinciannya menurut NOVALIO.ID 

Metode Pembayaran

Terdapat beberap metode pembayaran dengan menggunakan bank ataupun aplikasi yang sudah terjamin untuk pengiriman dan penerimaan uang secara elektronik. Tentu hal ini pun tidak asing lagi bagi kita yang tidak punya atm pun bisa mentrasfer melalui indomaret dan alfamart.

Pembayaran Online adalah Kelebih dan Kekuranga Aplikasi E-Payment Terpecaya di Indonesia
Metode pembayaran yang mungkin paling banyak digunakan adalah franser bank dari atm ataupun dari aplikasi. Termasuk virtual account yang sudah terintegrasi dengan e-commerce.

1. Transfer Bank

Secara sederhana transfer adalah suatu kegiatan jasa bank untuk memindahkan sejumlah dana tertentu sesuai dengan perintah si pemberi amanat yang ditujukan untuk keuntungan seseorang yang ditunjuk sebagai penerima transfer.

Kelebihan

1. Metode yang paling banyak diterapkan di e-commerce

2. Mudah dilakukan. Kita hanya perlu mentransfer ke rekening bank tujuan

3. Semua orang dapat melakukan transfer meskipun orang tersebut tidak memiliki akun bank

4.Dengan mesin ATM ini memungkinkan kita untuk melakukan transfer uang kapan saja tanpa terikat waktu, karena mesin ini beroperasi 24 jam sehari dan 7 hari seminggu

5. Metode ini sudah umum di Indonesia

Kekurangan

1. Alur pengerjaan cukup panjang

2. Memerlukan konfirmasi baik kepada pembeli ataupun penjual

3. Sering terjadi kesalahpahaman antara pembeli dan penjual

4. Memerlukan biaya tambahan untuk administrasi untuk BANK tertentu

5. Bila transfer ke BANK yang berbeda diberikan tambahan biaya administrasi

Baca Juga Pembayaran Online Transfer Bank »

Pembayaran Online adalah Kelebih dan Kekuranga Aplikasi E-Payment Terpecaya di IndonesiaPembayaran kartu kredit saat ini biasanya aman, karena sudah dibekali fraud guard, dynamic 3DS, hingga sistem seperti On-Us Routing.

2. Kartu Kredit

Kartu kredit merupakan salah satu metode pembayaran yang populer untuk bertransaksi. Baik transaksi offline maupun online, kartu kredit memberikan akses pembayaran secara real time. Terlebih lagi, kartu kredit adalah opsi pembayaran online yang didukung oleh banyak sektor bisnis. Berbagai bank dan merchant juga kerap mengeluarkan banyak promosi untuk pembayaran dengan kartu kredit.

Kelebihan

Proses pembayaran secara real time dan mudah. Kamu hanya perlu mengisi informasi pembayaran dengan data yang tertera di kartu kredit. Kartu kredit juga dapat digunakan sebagai metode pembayaran di luar negeri sehingga kamu nggak perlu sering melakukan tarik tunai. Pembayaran tagihan kartu kredit juga dapat kamu lakukan dalam jangka waktu yang berbeda dengan waktu penggunaan.

Kekurangan

Sistem pembayaran ini rentan terkena carding dan berbagai masalah keamanan cyber lainnya. Oleh karena itu, kamu wajib mengetahui keamanan dan validitas suatu website atau situs e-commerce sebelum kamu melakukan pembayaran.

Sistem pembayaran online kini kian diminati oleh masyarakat. Bagi kamu yang gemar belanja online, tentu saja sudah nggak asing lagi dengan sistem pembayaran ini. Semakin berkembangnya bisnis online, transaksi secara offline terus tergerus dengan kehadiran sistem pembayaran online.

Baca Juga Pembayaran Online Kartu Kredit »

 

Pembayaran Online adalah Kelebih dan Kekuranga Aplikasi E-Payment Terpecaya di IndonesiaInternet banking adalah layanan melakukan transaksi perbankan melalui jaringan internet.

3. E-Banking

Pihak bank turut mengeluarkan inovasi baru seiring dengan berkembangnya zaman dengan mengembangkan sistem electronic banking, yaitu suatu sistem yang memungkinkan para nasabah dapat melakukan berbagai transaksi perbankan melalui jaringan internet. Kini dua produk e-banking yang sangat diminati masyarakat adalah internet banking dan mobile banking. 

Kelebihan

E-banking merupakan sistem pembayaran yang praktis dan dapat diakses dengan gratis. Kamu hanya cukup mendaftar ke bank untuk membuka akses e-banking. Selain sebagai sistem pembayaran, kamu juga dapat mengakses transaksi perbankan lainnya seperti pengecekan saldo, membuka rekening tabungan baru, dan lainnya.

Kekurangan

Dibutuhkan sinyal koneksi internet yang kuat untuk mendapatkan akses e-banking. Hal ini dikarenakan setiap transaksi berbasis online sehingga membutuhkan jaringan internet. Kegiatan transaksi akan terhambat bila kamu sedang berada di daerah yang nggak memiliki sinyal internet yang kuat.

Baca Juga Pembayaran Online E-Banking »

Pembayaran Online adalah Kelebih dan Kekuranga Aplikasi E-Payment Terpecaya di IndonesiaPembayaran lewat e-Wallet termasuk yang paling populer saat ini. Antara lain Ovo, Dana, Link Aja, hingga Shopee Pay dan Gopay.

4. E-Wallet

Saat ini kamu tentunya sudah familiar dengan keberadaan dompet digital atau e-walletE-wallet menggantikan fungsi dompet fisik yang kamu miliki. Dengan e-wallet, kamu dapat menyimpan uang elektronik dan juga melakukan berbagai transaksi seperti pembayaran tagihan, pembayaran e-commerce, isi pulsa, atau transfer uang.

Selain itu, berbagai platform e-wallet seperti OVO, Gopay, Dana, Link Aja, dan lainnya kerap mengeluarkan berbagai promo menarik seperti cashback, diskon, dan voucher. Bahkan, platform e-commerce seperti Shopee turut mengeluarkan e-wallet bernama ShopeePay yang dapat digunakan ketika bertransaksi di laman e-commerce mereka.

Untuk menggunakan e-wallet, kamu perlu melakukan top up saldo. Top up dapat dilakukan di ATM dan aplikasi perbankan lainnya. Setiap top up, kamu akan dikenai biaya admin. Biar nggak boros, kamu dapat melakukan top up saldo e-wallet di OY! secara praktis dan cepat tanpa dipungut biaya admin lho.

Kelebihan

E-wallet hanya membutuhkan satu aplikasi sehingga sangat praktis. Kamu nggak perlu lagi membawa dompet fisik. Cukup dengan melakukan top up saldo e-wallet milikmu, kamu dapat menggunakannya untuk melakukan berbagai pembayaran dengan cepat.

Kekurangan

Layanan e-wallet ini masih terbatas. Kamu hanya dapat menggunakan e-wallet sebagai sistem pembayaran hanya jika e-wallet tersebut telah bekerja sama dengan merchant. Ada pun limit harian untuk melakukan top up saldo. Jika kamu harus melakukan pembayaran dalam jumlah besar, e-wallet dirasa kurang cocok untuk digunakan sebagai metode pembayaran.

Sistem pembayaran ini memberikan kemudahan dalam bertransaksi. Selain cepat, transaksi terasa lebih praktis dan diproses secara langsung. Kamu nggak perlu lagi membawa uang tunai atau pergi ke ATM untuk melakukan pembayaran. Semuanya dapat kamu lakukan hanya dari rumah.

Baca Juga Pembayaran Online Ewallet »

Pembayaran Online adalah Kelebih dan Kekuranga Aplikasi E-Payment Terpecaya di Indonesia
Metode pembayaran Virtual Account juga memberikan kemudahan dalam pembayaran online. Akun ini  bersifat virtual dan menggunakan nomor pelanggan dari bank.

5. Virtual Account

Virtual Account memiliki kode unik yang menjadikan alat identifikasi untuk suatu transaksi. Kamu cukup membayar sesuai jumlah yang tertera pada Virtual Account dan pembayaranmu akan diproses secara langsung.

Kelebihan

Setiap pembayaran yang masuk ke Virtual Account akan terdeteksi dan diverifikasi secara otomatis oleh sistem. Kamu nggak perlu lagi melakukan konfirmasi manual kepada merchant sehingga proses pembayaran sangat praktis dan cepat.

Kekurangan

Bila kamu salah memasukkan nomor Virtual Account, akan membutuhkan waktu lama untuk uangmu kembali. Kamu dapat mengajukan refund pada pihak terkait, namun proses refund akan cukup memakan waktu karena uang yang telah terkirim berada di rekening yang bersifat virtual. Pastikan kembali nomor Virtual Account sebelum melakukan pembayaran.

Baca Juga Pembayaran Online Virtual Account »

Pembayaran Online adalah Kelebih dan Kekuranga Aplikasi E-Payment Terpecaya di IndonesiaPembayaran ewallet dan aplikasi bank yang terintegrasi dengan jaringan QR nasional (Gopay, Ovo,Dana, BCA, Shopeepay).

6. QR Code

Metode pembayaran Virtual Account juga memberikan kemudahan dalam pembayaran online. Akun ini  bersifat virtual dan menggunakan nomor pelanggan dari bank. Virtual Account memiliki kode unik yang menjadikan alat identifikasi untuk suatu transaksi. Kamu cukup membayar sesuai jumlah yang tertera pada Virtual Account dan pembayaranmu akan diproses secara langsung.

Kelebihan

Setiap pembayaran yang masuk ke Virtual Account akan terdeteksi dan diverifikasi secara otomatis oleh sistem. Kamu nggak perlu lagi melakukan konfirmasi manual kepada merchant sehingga proses pembayaran sangat praktis dan cepat.

Kekurangan

Bila kamu salah memasukkan nomor Virtual Account, akan membutuhkan waktu lama untuk uangmu kembali. Kamu dapat mengajukan refund pada pihak terkait, namun proses refund akan cukup memakan waktu karena uang yang telah terkirim berada di rekening yang bersifat virtual. Pastikan kembali nomor Virtual Account sebelum melakukan pembayaran.

Dengan makin bergesernya tren bisnis ke arah digital, metode pembayaran yang dilakukan juga ikut berganti menuju tren cashless dimana masyarakat bertransaksi menggunakan layanan digital. Dari uraian di atas ini, kamu dapat menentukan mana sistem pembayaran online terbaik untukmu. Kamu juga harus senantiasa jeli dan berhati-hati ketika melakukan transaksi, baik di dunia nyata atau dunia maya.

Baca Juga Pembayaran Online QR Code »

Demikianlah pembahasan tentang Pembayaran Online adalah Kelebih dan Kekuranga Aplikasi E-Payment Terpecaya di Indonesia. Terima Kasih telah berkunjung, semoga apa yang anda simak di artikel ini dapat menambah wawasan dan juga pengetahuan yang lebih bermanfaat. 

Baca Juga Sistem Pembayaran »

🙏"Terima Kasih"🙏

Pembayaran Online adalah Kelebih dan Kekuranga Aplikasi E-Payment Terpecaya di Indonesia

Penulis : Rudi

Tags Artikel :

#Analisis Transaksi

#Analisis Biaya

#Transaksi

#Analisis

#Perorangan

#Perusahaan

#Biaya

#Beban

Artikel Terkait Lainnya

# Wirausaha

# Bisnis

# Keuangan

Cara Stock Opname Persediaan Degan Mudah

Stock opname adalah salah satu bentuk kegiatan perhitungan persediaan stok barang di gudang sebelum dijual dan juga dapat merapikan persediaan barang digudang.

Baca Selengkapnya

Admin

# Keuangan

# Bisnis

# Wirausaha

Akuntansi Smart Bisnis UKM dan Perusahaan

Akuntansi adalah merupakan kegiatan mencatat, meringkas, mengklarifikasi, mengolah, dan menyajikan data transaksi.

Baca Selengkapnya

Admin

# Keuangan

# Wirausaha

# Bisnis

Standar Akuntansi Keuangan di Indonesia

Fungsi Standar Akuntansi Keuangan adalah untuk keseragaman laporan keuangan untuk menyusun laporan keuangan serta auditor dan pembaca laporan.

Baca Selengkapnya

Admin

# Wirausaha

# Bisnis

Smart Ide Kerja yaaa!!! Dirumah Aja Untuk UKM Karyawan Perusahaan

Setiap ada keinginan di lanjutkan dengan tindakan serta di esekusi pasti ada jalan untuk menghasilkan income. Semangat Dear

Baca Selengkapnya

Admin

# Keuangan

# Bisnis

Cara Meningkatkan Keuntungan (Laba) dan Profit Perusahaan dalam Bisnis UKM

Profit selalu menjadi tolak ukur bagi pemilik usaha atau perusahaan apakah usaha atau perusahaan yang dijalankan mengalami kerugian atau malah sebaliknya. Untuk itu mengetahui rumus-rumus penghitungan profit memang sangat perlu.

Baca Selengkapnya

Admin

# Keuangan

# Wirausaha

# Akuntansi

Cara Menyusun Neraca Saldo Perusahaan

Cara menyusun neraca saldo perusahan yaitu dengan cara mengelompokkan saldo setiap akun-akun suapaya mendapatkan informas berguna untuk laporan keuangan.

Baca Selengkapnya

Admin