Pengertian Akun Beban & Biaya Administrasi Umum Pada Bisnis UKM

Beban Dan Biaya Adminstrasi Umum

Beban Dan Biaya Administrasi Umum - Dalam laporan keuangan beban dan biaya administrasi umum adalah merupakan suatu kegiatan dalam akuntansi yang berfungsi mencatat suatu transaksi yang berbeda. Perbedaan dapat di lihat dari beban administrasi umum adalah penurunan ekonomi yang berkaitan dengan penyusutan nilai aktiva ataupun pengeluaran uang. Sedangkan biaya administrasi umum adalah sumber ekonomi yang harus memang dikeluarkan demi kegiatan langsung usaha yang sedang dijalankan.

Definisi Beban dan Biaya Administrasi Umum

Definisi - Beban dan Biaya

Beban dan Biaya - Dilihat dari pembahasan Beban dan Biaya banyak sekali yang salah mengartiakan apa itu beban administrasi? dan apa itu biaya adimistrasi? memang dalam keseharian keduanya memiliki persamaan tetapi dalam akuntansi itu cukup jauh berbeda karena beban itu dipakai untuk biaya yang tidak langsung sedangankan biaya itu menjadi biaya langsung dikeluarkan. Dalam pembahasan pengertian akun beban dan biaya administrasi artikel ini akan membahas supaya kita tidak salah mengartikan antara beban administrasi dan biaya administrasi. Simak Artikel ini sampai selesai agar Anda tidak salah mengartikannya. 

Beban - Adminstrasi Umum

Beban Administrasi Umum adalah sebagai jenis beban yang terkait dengan non-produksi dan penjualan. Seperti gaji, telepon, listrik, air, gas dan sebagainya. Sama seperti beban umum atau beban administrasi adalah beban tidak langsung dan tidak terkait dengan penjualan maupun produksi. Perusahaan mengeluarkannya untuk mendukung operasi harian bisnis. Untuk perusahaan manufaktur, beban administrasi biasanya bersifat tetap karena tidak tergantung pada volume penjualan ataupun volume produksi.

Biaya - Adminstrasi Umum

Biaya administrasi Umum adalah meliputi berbagai jenis biaya yang dikeluarkan untuk melaksanakan kegiatan usaha. Seperti, perlengkapan, peralatan, alat tulis kantor dan sebagainya. Sama seperti biaya umum atau biaya administrasi adalah biaya langsung dan terkait dengan penjualan maupun produksi. 

 

Definisi Beban dan Biaya Administrasi Umum

Menurut IAI Beban dan Biaya

Beban dan Biaya - Standar Akuntansi Keuangan Ikatan Akuntan Indonesia (IAI, 2007:13) menjelaskan bahwa;

Beban (expense) adalah penurunan manfaat ekonomi selama satu periode akuntansi dalam bentuk arus keluar atau berkurangnya aset atau terjadinya kewajiban yang mengakibatkan penurunan ekuitas yang tidak menyangkut pembagian kepada penanaman modal. Beban umum masuk kategori beban tetap karena perusahaan harus mengeluarkannya, terlepas dari volume produksi atau penjualan. Perusahaan harus membayar sewa kantor atau peralatan, bahkan ketika volume produksi turun drastis.

Biaya (Costs) umum adalah pengorbanan sumber ekonomi yang dikeluarkan untuk melaksanakan kegiatan usahayang diukur dalam satuan uang, yang telah terjadi ataupun akan terjadi untuk tujuan tertentu. Seperti, perlengkapan, peralatan, alat tulis kantor dan sebagainya.

 

Definisi Beban dan Biaya Administrasi Umum

Pengertian - Beban Administrasi Umum

Beban administrasi Umum adalah biaya overhead terkait dengan pengelolaan bisnis yang tidak secara langsung dikaitkan dengan penjualan, pemasaran, produksi atau pengiriman produk atau jasa. Contohnya seperti beban kantor, beban tenaga profesional, beban tenaga kerja non-langsung, dan depresiasi peralatan. Beberapa orang menganggap beban sebagai kewajiban atau pengorbanan yang sudah terjadi sebelumnya. Salah satu contoh dari beban yaitu bunga pinjaman. 

Pengertian - Biaya Administrasi Umum

Biaya Administrasi Umum adalah biaya yang dibebarkan secara berkala kepada pemegang rekening pada suatu bank, misalnya biaya administrasi rekening koran, iuran tahunan kartu kredit; nasabah mungkin tidak dikenai biaya tersebut jika dapat memelihara saldo minimum tertentu.

Definisi Beban dan Biaya Administrasi Umum

Fungsi - Beban Administrasi Umum

Beban Administrasi Umum - Berfungsi sebagai beban yang memiliki hubungan dengan perencanaan dan kebijakan dari sebuah perusahaan. Beban administrasi umum diterapkan dengan baik, maka perusahaan bisa mendapatkan hasil yang maksimal dari kemampuan para karyawannya.

Fungsi - Biaya Administrasi Umum

Biaya Administrasi Umum - Berfungsi sebagai biaya-biaya yang mengokoordinasikan kegiatan produksi dan pemasaran produk. Biaya ini juga bisa disebut sebagai biaya non-produksi utama yang dilaporkan atau ditampilkan dalam laporan laba-rugi.

Jenis - Beban dan Biaya administasi Umum

Definisi Beban dan Biaya Administrasi Umum

Beban & Biaya administasi Umum - Digunakan untuk menampung keseluruhan beban dan biaya operasi kantor guna perencanaan dan pengendalian secara umum dan efisien. Berikut ini adalah beberapa Jenis Beban Administrasi dan Umum yang dikeluarkan oleh perusahaan yaitu;

Jenis Beban Administrasi Umum

01. Gaji staf administrasi
02. Gaji manajer dan direktur
03. Beban sewa (kantor, kendaraan, dsb)
04. Beban urusan hukum
05. Beban korespondensi
06. Beban telepon kantor administrasi
07. Beban listrik kantor administrasi
08. Beban bunga kredit
09. Beban alat tulis dan cetak kantor administrasi
10. Beban depresiasi gedung kantor administrasi
11. Beban depresiasi kendaraan
12. Macam-macam beban administrasi dan umum

Jenis Biaya Administrasi Umum

01. Biaya Variabel
02. Biaya Tetap
03. Biaya Semi Variabel
04. Biaya Tidak Langsung
05. Biaya Langsung
06. Biaya Operasi
07. Biaya Perawatan
08. Biaya Investasi
09. Biaya Total

Contoh Beban Perusahaan

Beban sewa di amortisasi setiap akhir bulan memakai accrual basis method dalam laporan laba rugi perusahaan sebelum memulai tahun pelaporan keuangan yang baru, management telah menyusun anggaran pada periode berikut. Anggaran yang dibuat berdasarkan data pencapaian beban pada periode sebelumnya.

Beban Ditanggung Perusahaan

Beban ditanggung dalam perusahaan adalah beban yang telah dikeluarkan dan mempunyai manfaat lebih dari satu tahun yaitu;

1. Beban rehabilitasi gedung sewa, diamortisasi sesuai dengan masa manfaatnya.

2. Beban pengurusan legal hak atas tanah, diamortisasi sepanjang umur hak atas tanah tersebut. Merupakan hak guna bangunan yang mempunyai masa manfaat selama 20
tahun.

3. Biaya RUF (Revolving Underwriter Facility ) adalah seluruh biaya yang berkaitan dengan fasilitas pinjaman sindikasi.


Definisi Beban dan Biaya Administrasi Umum

Menurut Kamus Bisnis dan Bank Pengertian Lain Yang Berhubungan Dengan "BEBAN"

1. BEBAN DITANGGUHKAN

Beban Ditangguhkan adalah deferred charges yaitu pengeluaran yang belum merupakan biaya dalam tahun buku yang sedang berjalan, tetapi masih tercatat sebagai harta.

2. BEBAN TAMBAHAN

 Beban Tambahan adalah assessment yaitu perhitungan tambahan yang dibebankan pada wajib pajak untuk memenuhi perhitungan beban pajak yang seharusnya dalam bentuk penilaian kembali atas harta wajib pajak untuk menutup kerugian perhitungan pajak; bagi pemegang polis asuransi bersama, beban tambahan dimaksudkan untuk menutup kerugian.

3. BEBAN TETAP

Beban Tetap adalah fixed charges yaitu kewajiban yang harus dibayar pada saat tanggal jatuh tempo tidak bergantung kepada ada atau tidak adanya kegiatan usaha.

4. PENUTUPAN BEBAN TETAP

Penutupan Beban Tetap adalah fixed-charge coverage yaitu rasio keuntungan yang diperhitungkan sebelum pembayaran bunga dan pajak penghasilan atau pendapatan dibandingkan dengan bunga surat berharga serta kewajiban jangka panjang lainnya; hal itu memberikan indikasi jumlah pembebanan bunga yang diperhitungkan perusahaan sebagai dasar pembayaran pajak di muka.

5. RASIO BEBAN TETAP TERHADAP PENJUALAN

Rasio Beban Tetap Terhadap Penjualan adalah period costs to sales ratio yaitu perbandingan antara beban tetap dan penjualan untuk menilai pengaruh beban terhadap rasio laba modal.


Definisi Beban dan Biaya Administrasi Umum

Menurut Kamus Bisnis dan Bank Pengertian Lain Yang Berhubungan Dengan "BIAYA"

1. BIAYA BUKAN BIAYA BUNGA

Biaya Bukan Biaya Bunga adalah noninterest expense yaitu biaya operasional tetap bank yang dapat diperhitungkan dengan pendapatan dari pinjaman, denda keterlambatan, iuran tahunan dan biaya atas fasilitas kredit atau pemberian jasa di luar kredit, misalnya biaya gaji, biaya peralatan, biaya sewa gedung dan perlengkapannya, pajak, dan biaya lain termasuk cadangan penghapusan kredit macet.

2. BIAYA BUNGA BAYAR DI MUKA

Biaya Bunga Bayar Di Muka adalah prepaid interest expense yaitu beban bunga yang sebenamya belum menjadi kewajiban yang harus dibayar oleh perusahaan pada periode yang bersangkutan, tetapi telah dibayarkan lebih dulu.

3.BIAYA DANA

Biaya Dana adalah cost of funds yaitu biaya yang harus dibayar oleh suatu lembaga keuangan atau bank atas penggunaan uang yang sumbernya dari pihak lain (nasabah dan/atau bank); biaya dana dalam suatu bank merupakan dasar penetapan suku bunga kredit setelah memperhitungkan keuntungan atau laba yang diharapkan termasuk biaya administrasi dan biaya-biaya lain.

4. BIAYA DIBAYAR DI MUKA

Biaya Dibayar Di Muka adalah prepaid expenses yaitu pengeluaran yang dibayarkan untuk keperluan dalam tahun buku mendatang, seperti pembayaran sewa, royalti, dan premi asuransi; pengeluaran tersebut belum merupakan biaya dalam tahun buku berjalan.

5. BIAYA GABUNG

Biaya Gabung adalah joint cost yaitu biaya yang dikeluarkan untuk memproduksi dua atau lebih produk yang berlainan sehingga akan terdapat beberapa macam produk dari suatu proses produksi yang sama dengan menggunakan bahan baku yang sama pula.

6. BIAYA IKAT JANJI

Biaya Ikat Janji adalah commitment fee yaitu biaya yang akan dibebankan kepada debitur sehubungan dengan kesanggupan kreditur untuk meminjamkan sejumlah uang dengan suku bunga dan dalam waktu yang disepakati; sin. biaya komitmen.

7. BIAYA KOMITMEN

Biaya Komitmen adalah commitment fee yaitu biaya ikat janji.

8. BIAYA KREDIT

Biaya Kredit adalah charge account bonking yaitu fasilitas kredit kepada konsumen untuk dapat melakukan pembelian saat ini tanpa harus membayar uang tunai; pembayaran kredit tersebut dapat dilakukan dalam jangka waktu tertentu (misalnya tiga puluh hari) atau secara angsuran.

9. BIAYA MARGINAL

Biaya Marginal adalah marginal cost yaitu peningkatan atau penurunan total biaya suatu perusahaan akibat penambahan atau pengurangan satu unit keluaran; penentuan biaya marginal sangat penting dalam menentukan jumlah; biasanya, biaya marginal menurun sejalan dengan meningkatnya volume produksi sesuai dengan skala ekonomi, termasuk faktor potongan harga / diskon biaya material, tenaga kerja / pekerja terlatih, dan penggunaan mesin yang lebih efisien.

Beban umum dan administrasi termasuk beban apa?

Definisi Beban dan Biaya Administrasi Umum

Beban administrasi dan umum, merupakan beban yang bersifat umum dalam perusahaan. Misalnya beban gaji dan upah. Beban lain-lain, merupakan beban yang tidak dapat dihubungkan secara langsung dengan kegiatan utama perusahaan. Misalnya, beban bunga.

Apa itu biaya administrasi umum dalam perusahaan manufaktur?

Definisi Beban dan Biaya Administrasi Umum

Biaya administrasi umum sendiri merupakan biaya-biaya yang mengoordinasikan kegiatan-kegiatan produksi dan pemasaran produk. Biaya ini juga bisa disebut sebagai biaya non-produksi utama yang dilaporkan atau ditampilkan dalam laporan laba-rugi.

Kesimpulan

Beban administrasi merupakan penurunan nilai ekonomi yang berupa pengeluaran atau penyusutan nilai aktiva. Beban diletakkan pada laporan untung dan rugi. Itu artinya, beban adalah biaya yang sudah terpakai dan tidak bermanfaat untuk masa depan. Sedangkan Biaya merupakan pengorbanan atau pengeluaran yang dilakukan oleh suatu perusahaan atau perorangan yang bertujuan untuk memperoleh manfaat lebih dari aktivitas yang dilakukan tersebut. 

Demikianlah pembahasan tentang Pengertian Akun Beban & Biaya Administrasi Umum Pada Bisnis UKM. Terima Kasih telah berkunjung, semoga apa yang anda simak di artikel ini dapat menambah wawasan dan juga pengetahuan yang lebih bermanfaat. 🙏"Terima Kasih"🙏

Baca Juga: Pengertian Akun Beban Angkut Penjualan

Baca Juga: Pengertian Akun Beban Angkut Pembelian 

 

 

Penulis : Rudi

Tags Artikel :

#Akuntansi Jasa

#Akuntansi Dagang

#Akuntansi Management

#Analisis Transaksi

#Analisis Biaya

#Jurnal Umum

#Jurnal Umum Perusahaan Jasa

#Jurnal Umum Perusahaan Dagang

#Akuntansi Keuangan

#Akuntansi Usaha Jasa

#Akuntansi Usaha Dagang

#Transaksi

#Analisis

Artikel Terkait Lainnya

# Wirausaha

# Bisnis

# Keuangan

Cara Stock Opname Persediaan Degan Mudah

Stock opname adalah salah satu bentuk kegiatan perhitungan persediaan stok barang di gudang sebelum dijual dan juga dapat merapikan persediaan barang digudang.

Baca Selengkapnya

Admin

# Wirausaha

# Bisnis

Semangat Baru Untuk Meningkatkan Inovasi Wirausaha, Perusahan & Bisnis UKM

Salah satu tujuan utama dari inovasi adalah melakukan atau menciptakan sesuatu yang berbeda dari para kompetitor di bidang sama.

Baca Selengkapnya

Admin

# Keuangan

# Bisnis

# Wirausaha

Akuntansi Smart Bisnis UKM dan Perusahaan

Akuntansi adalah merupakan kegiatan mencatat, meringkas, mengklarifikasi, mengolah, dan menyajikan data transaksi.

Baca Selengkapnya

Admin

# Bisnis

# Wirausaha

Strategi Smart Bisnis Usaha UKM dan Perusahaan

Strategi Bisnis adalah suatu cara yang digunakan perusahaan untuk menghadapi persaingan di dalam dunia bisnisT bertujuan untuk, analisa, integrasi, dan implementasi.

Baca Selengkapnya

Admin

# Marketing

# Wirausaha

# Bisnis

Membangun Team Work Bisnis UKM dan Perusahaan Yang Solid

Team Work adalah kemampuan individu dalam melakukan kerjasama dengan baik untuk mencapai tujuan bersama di dalam tim yang saling percaya dan mendukung serta bertanggung jawab.

Baca Selengkapnya

Admin

# Wirausaha

Membangun Motivasi Diri Untuk Bisnis UKM dan Perusahaan

Motivasi adalah sesuatu alasan yang mendorong seseorang untuk melakukan, menyelesaikan, menghentikan suatu aktivitas guna mencapai tujuan tertentu yang diinginkan dari motivasi tersebut.

Baca Selengkapnya

Admin