Pengertian Akun Retur Penjualan Pada Bisnis UKM

DEFINISI

Retur penjualan adalah penerimaan barang oleh pihak penjual yang dikembalikan dari pihak pembeli. Pengembalian ini biasanya terjadi jika barang yang dikirim pihak penjual tidak sesuai dengan apa yang diinginkan pembeli atau mengalami kerusakan. 

Retur penjualan menyebabkan piutang atau tagihan dari pihak penjual kepada pihak pembeli berkurang. Saat mencatat retur penjualan pada jurnal keuangan, isi kolom debit dengan akun retur penjualan sedangkan piutang dagang dicatatkan pada sisi kredit. Untuk mengurangi angka pengembalian barang, maka perusahaan (pihak penjual) harus lebih memperhatikan jenis dan spesifikasi barang yang akan dikirimkan.

Dalam transaksi jual beli, retur penjualan dan retur pembelian merupakan hal yang biasa terjadi. Berdasarkan UU No.8 Tahun 1999 Tentang Perlindungan Konsumen, jika ternyata sejak awal ada kesengajaan pengiriman dari penjual untuk mengirimkan barang yang rusak atau barang yang salah maka penjual dapat terkena sanksi hukum.

PENGERTIAN

Retur akan terjadi jika proses jual beli telah selesai - Retur Penjualan adalah pengembalian barang kepada pihak penjual yang dapat disebabkan oleh tidak sesuainya pesanan barang ataupun barang tersebut rusak dalam proses jual beli barang dalam suatu perdagangan wholesale.

Retur penjualan merupakan penerimaan barang oleh pihak penjual dari pihak pembeli dengan alasan barang tidak sesuai dengan apa yang diinginkan pembeli ataupun barang yang dikirim mengalami kerusakan. Dengan adanya retur penjualan, menyebabkan tagihan atau piutang dari pihak penjual kepada pihak pembeli menjadi berkurang. Pencatatan transaksi retur penjualan dalam jurnal dicatat pada akun retur penjualan di debet dan akun piutang dagang di kredit.

Retur penjualan dibagi menjadi 3 jenis yaitu:

» Retur penjualan yang mengurangi piutang pembeli

» Retur penjualan yang mengembalikan pembayaran kepada pembeli

» Retur penjualan yang mengganti barang yang rusak dari pihak pembeli dengan barang yang baru kepada pihak pembeli kembali. Biasa disebut juga klaim.

Untuk menghindari terjadinya retur maka sangat penting bagi penjual untuk lebih teliti dalam memperhatikan jenis dan spesifikasi barang yang akan dikirimkan kepada pembeli, apakah sudah sesuai dengan pesanan yang diinginkan oleh pembeli atau belum. Dengan demikian, kesempatan penjual untuk mendapatkan untung akan jauh lebih besar dibandingkan jika terdapat retur pembelian.

FUNGSI

Retur Penjualan berfungsi untuk mencatat pengembalian item/barang dari pelanggan/konsumen,
Daftar Retur Penjualan juga digunakan untuk menampilkan, menambah, mengubah dan menghapus transaksi retur.


Cara Mengatasi Retur Barang Yang Berulang-ulang

Adapun cara mengatasi retur barang yang berulang-ulang, berikut ini adalah cara mengatasinya;

» Untuk menghindari pengembalian, sangat penting bagi penjual dalam mempertimbangkan jenis dan spesifikasi barang yang akan dikirim ke pembeli, terlepas dari apakah mereka sesuai dengan pesanan yang diminta dengan pembeli atau tidak.

» Agar hal ini tidak terjadi secara berulang-ulang, sebaiknya penjual memahami terlebih dahulu bentuk dan karakter dari barang yang akan dijual. Mereka harus paham spesifikasi barang tersebut agar ketika sampai, pihak pembeli tidak merasa kecewa.

» Untuk barang yang pecah belah dan beresiko hancur, ada baiknya menggunakan bubble wrap ataupun packing kayu. Dengan begitu, tidak akan lagi ada komplain dari pelanggan atas kerusakan yang terjadi.

Proses Retur yang Mudah

Bagi kamu yang berjualan di marketplace, proses retur akan lebih mudah dilakukan apabila menggunakan platform Novalio.id. Sebab, semua barang retur yang ada di berbagai marketplace bisa diselesaikan lebih cepat lewat Novalio.id.

Tak hanya masalah retur, platform Novalio.id bisa menyederhanakan semua aktivitas bisnis kamu hanya dalam satu dashboard.

Demikianlah pembahasan tentang Pengertian Akun Retur Penjualan Pada Bisnis UKM. Terima Kasih telah berkunjung, semoga apa yang anda simak di artikel ini dapat menambah wawasan dan juga pengetahuan yang lebih bermanfaat. 🙏"Terima Kasih"🙏

Baca Juga Cara Menghitung Harga Pokok Penjualan (HPP) »

Baca Juga Cara Menghitung Pertumbuhan Penjualan »

Baca Juga Cara Mencapai Target Penjualan »

Baca Juga Contoh Transaksi Penjualan »

Baca Juga Kelompok Akun Khusus Pada Perusahaan Dagang Bisnis UKM »

Penulis : Rudi

Tags Artikel :

#Akuntansi Jasa

Artikel Terkait Lainnya

# Keuangan

# Bisnis

# Wirausaha

Akuntansi Smart Bisnis UKM dan Perusahaan

Akuntansi adalah merupakan kegiatan mencatat, meringkas, mengklarifikasi, mengolah, dan menyajikan data transaksi.

Baca Selengkapnya

Admin

# Bisnis

# Marketing

# Wirausaha

Strategi Smart Usaha Mencapai Keuntungan Sesuai Harapan

Persiapan strategi adalah dorongan agar bisnis Anda dapat mendapatkan hasil serta pendapatan yang lebih baik dari pada sebelumnya.

Baca Selengkapnya

Admin

# Keuangan

# Wirausaha

# Bisnis

Standar Akuntansi Keuangan di Indonesia

Fungsi Standar Akuntansi Keuangan adalah untuk keseragaman laporan keuangan untuk menyusun laporan keuangan serta auditor dan pembaca laporan.

Baca Selengkapnya

Admin

# Keuangan

# Bisnis

# Wirausaha

Mau Profit UKM ? Cara Smart Menghitung Profit UKM dan Perusahaan

Anda mungkin akan berpikir bahwa bisnis baik-baik saja dengan pendapatan yang terus mengalir setiap hari. Tetapi tanpa memperhitungkan faktor lain seperti biaya overhead, kartu kredit, tanggungan pinjaman, dll, maka profitabilitas tidak akan bisa diukur.

Baca Selengkapnya

Admin

# Keuangan

# Bisnis

Cara Smart Mendapat Keuntungan, Laba atau Profit untuk Bisnis UKM

Keuntungan adalah hasil penjualan suatu barang/jasa yang didapat melebihi modal. sehingga perusahaan dapat memperoleh laba.

Baca Selengkapnya

Admin

# Keuangan

# Bisnis

Cara Meningkatkan Keuntungan (Laba) dan Profit Perusahaan dalam Bisnis UKM

Profit selalu menjadi tolak ukur bagi pemilik usaha atau perusahaan apakah usaha atau perusahaan yang dijalankan mengalami kerugian atau malah sebaliknya. Untuk itu mengetahui rumus-rumus penghitungan profit memang sangat perlu.

Baca Selengkapnya

Admin