Smart Ide Kerja yaaa!!! Dirumah Aja Untuk UKM Karyawan Perusahaan

Halo sobat, Kalaupun belum memungkinkan untuk meninggkalkan pekerjaan kantoran, atau Anda sedang di rumahkan ? ada banyak ide alternatif seperti memulai bisnis dari rumah aja atau online di masa pandemi ini. Mungkin bisa menambah income (tambahan) untuk keseharian Anda. Berikut ada beberapa ide yang baik dan bagus di coba, yaitu :

1. Freelancer

Di dunia freelance, Anda bisa bekerja dari rumah dan menjadi BOS bagi diri Anda sendiri. Gunakan keahlian Anda untuk mendapatkan bisnis di bidang yang Anda inginkan:

2. Menulis

Pengertian Menulis adalah suatu kegiatan mengungkapkan gagasan, pikiran, pengalaman dan pengetahuan ke dalam bentuk catatan dengan menggunakan aksara, lambang atau simbol yang dibuat secara sistematis sehingga dapat dengan mudah dipahami oleh orang lain. Menulis merupakan salah satu kegiatan yang kompleks mencakup gerakan jari, tangan, lengan dan mata secara terintegrasi. 

Seperti aktivitas lainnya, menjadi seorang penulis juga mendatangkan manfaat. Berikut ini diantaranya :

1. Memberikan pengetahuan pada para pembacanya

2. Memperluas pengetahuan

3. Memperluas pertemanan

4. Memperkaya kosa kata

5. Melatih komunikasi

6. Menjadi sumber ide dan inspirasi

7. Memberikan penghasilan tambahan

Baca Selengkapnya Artikel Tentang Menulis...

3. SEO

Pengertian SEO adalah singkatan dari "search engine optimization" (pengoptimalan mesin telusur) atau "search engine optimizer". Penggunaan jasa SEO adalah keputusan besar yang dapat meningkatkan peringkat situs Anda dan menghemat waktu, tapi juga berisiko tinggi terhadap situs dan reputasi.

Manfaat Menjadi Search engine optimization (SEO) merupakan sebuah proses sistematis yang bertujuan untuk meningkatkan kunjungan traffic melalui mesin pencarian Google. Tujuan utama dari SEO adalah untuk menempatkan suatu website agar muncul di urutan pertama mesin pencari dengan menggunakan keyword tertentu.

Baca Selengkapnya Artikel Tentang SEO...

4. Transkripsi

Pengertian Transkripsi adalah Dalam genetika, transkripsi (bahasa Inggris: transcription) adalah pembuatan RNA terutama mRNA dengan menyalin sebagian berkas DNA oleh enzim RNA polimerase. Pengertian asli "transkripsi" adalah alih aksara atau penyalinan. Di sini, yang dimaksud adalah mengubah "teks" DNA menjadi RNA.

5. Desain

Pengertian Desain adalah Sebagai kata kerja, "desain" memiliki arti "proses untuk membuat dan menciptakan objek baru". Sebagai kata benda, "desain" digunakan untuk menyebut hasil akhir dari sebuah proses kreatif, baik itu berwujud sebuah rencana, proposal, atau berbentuk benda nyata.

Beberapa Manfaat Desain Grafis

    1. Mempermudah dalam proses menyajikan suatu pekerjaan dengan bentuk grafis.
    2. Memperkenalkan dunia desain grafis kepada masyarakat baik secara luas maupun umum.
    3. Menyampaikan Informasi dalam bentuk grafis.
    4. Sebagai sarana tempat mengungkapkan Ide atau Gagasan.
    5. Agar dapat memahami dengan mudah pesan pesan dalam bentuk grafis.
    6. Dapat menghasilkan uang.

Baca Selengkapnya Artikel Tentang Desain...

6. Ilustrasi

Pengertian Ilustrasi adalah hasil visualisasi dari suatu tulisan dengan teknik gambar, lukisan, fotografi, atau teknik seni rupa lainnya yang lebih menekankan hubungan subjek dengan tulisan yang dimaksud dari pada bentuk.

Manfaat Ilustrasi sebagai hasil visualisasi dari suatu tulisan dengan teknik gambar, lukisan, fotografi, atau teknik seni rupa yang mempunyai tujuan atau peran dalam menyampaikan maksud-maksud tertentu untuk menerangkan suatu peristiwa.

7. Konsultasi

Pengertian Konsultansi adalah jasa layanan profesional yang membutuhkan keahlian tertentu diberbagai bidang keilmuan yang mengutamakan adanya olah pikir. Konsultan merupakan sebutan untuk orang yang menekuni bidang ini.

Manfaat Menggunakan Jasa Konsultan

    1. Konsultan mengetahui manajemen yang efektif yang dapat diterapkan kedalam Industri ataupun Organisasi, Konsultan adalah solusi yang tepat yang mencerminkan keadaan dan aspirasi Klien.
    2. Konsultan selalu fokus pada pekerjaan dan tidak terganggu oleh tugas-tugas lainnya.
    3. Konsultan memilki keahlian yang berasal dari industri dan sektor lainnya.
    4. Konsultan memberi keterampilan teknis tertentu yang tidak ada di kantor, seorang Konsultan dapat mentransfer keterampilan tersebut kepada staf di kantor.
    5. Konsultan memberi keterampilan manajemen yang setara dengan posisi seorang tenaga ahli.

Baca Selengkapnya Artikel Tentang Konsultasi...

8. Manajer Media Sosial

Apakah Anda memiliki bakat untuk mengelola media sosial? Sebagai manajer media sosial, Anda dapat menggunakan keahlian Anda untuk mengelola akun media sosial untuk perusahaan dan bahkan individu. Pemasaran influencer telah menjadi cara umum dan banyak influencer mengandalkan agensi pemasaran atau karyawan untuk membantu mereka menjalankan saluran sosial mereka.

Seperti aktivitas lainnya, manajer sosial media mempunyai tugas dan tanggung jawab yaitu :

    • Mengelola strategi pemasaran dan interaksi pelanggan melalui sosial media, seperti; Twitter, Facebook, YouTube, LINE, Linkedin, SnapChat, SlideShare dan lain lain.
    • Merancang strategi komunikasi melalui media sosial dan memantau seluruh aktifitas komunikasi dan percakapan yang terjadi seluruh aktifitas percakapan di platform-platform media sosial terkait.
    • Berkomunikasi secara profesional dan berinteraksi langsung dengan pelanggan melalui berbagai macam platform media sosial terkait
    • Merancang ide-ide kreatif untuk kampanye di media sosial dengan tujuan interaksi ataupun memperluas jangkauan percakapan untuk membangun brand awareness 
    • Melakukan studi analisis kompetitif perusahaan-perusahaan pesaing, termasuk menganalisis performa media sosial perusahaan lain

9. Petugas Entri Data

Banyak bisnis mencari juru tulis entri data untuk membantu mereka memasukkan informasi ke dalam sistem komputer dan spreadsheet mereka. Jika Anda memiliki komputer yang hebat dan keterampilan mengetik, ini mungkin bisnis yang cocok untuk Anda.

Seperti aktivitas lainnya, petugas entri data mempunyai tugas dan tanggung jawab yaitu :

    • Mempersiapkan dan menyortir dokumen sebelum datanya dimasukkan ke dalam komputer.
    • Memasukkan data ke dalam database milik perusahaan.
    • Memeriksa dan memastikan keakuratan data yang sudah dimasukkan ke dalam database.
    • Menyelesaikan perbedaan informasi dan data yang tidak lengkap.
    • Membuat data cadangan yang menjadi bagian dari rencana kontingensi.
    • Menanggapi permintaan informasi dari anggota yang berwenang.
    • Menguji sistem database baru dan pembaruan dari perangkat lunak.
    • Mengelola dokumen dan catatan dengan baik.
    • Menyiapkan laporan yang relevan sesuai dengan kebutuhan.
    • Menerima dan memproses invoice untuk pembayaran dan memperbarui rincian invoice.
    • Mengidentifikasi dan mengoreksi kesalahan saat memasukkan data menggunakan metode kontrol kualitas yang sesuai.

Selain beberapa tanggung jawab seperti di atas, data entry adalah profesi yang memiliki beberapa tugas lain tergantung dari kebijakan perusahaan.

9. Virtual Assistant (VA)

Ada sejumlah besar, bisnis kecil di luar sana yang terlalu kecil untuk pegawai administrasi penuh waktu tetapi memiliki terlalu banyak pekerjaan untuk tim internal mereka. Asisten virtual melakukan peluang dan akhir ini untuk membantu bisnis berjalan lebih efisien saat berkembang. Asisten virtual dapat membantu dengan sejumlah hal, termasuk posting media sosial, entri data, menulis deskripsi produk, mengatur pertemuan atau panggilan telepon, mengatur file, dan melakukan penelitian.

Asisten virtual (VA) adalah orang yang dapat memberikan dukungan kepada bisnis lain dari jarak jauh.

Jika Anda ingin memulai bisnis sebagai Virtual Assistant (VA) berikut ini caranya :

    • Fokus pada penawaran kamu
    • Atur bisnis dengan cara yang benar
    • Buat situs web dan kehadiran media sosial
    • Temukan teman di group
    • Buat klien senang dan minta feedback

10. E-commerce

Dengan munculnya e-commerce dan betapa mudahnya terhubung dengan pembeli online, ada peluang besar untuk memasarkan dan menjual barang di web. Apakah Anda memilih untuk membuat produk Anda sendiri, bekerja dengan dealer, grosir untuk mendapatkan inventaris, atau melalui jalur dropshipping, Anda dapat membangun bisnis yang sukses dari pemasaran yang hebat. Secara umum, pengertian E-commerce (perdagangan elektronik) adalah kegiatan jual beli barang/jasa atau transmisi dana/data melalui jaringan elektronik, terutama internet.

Perkembangan E-Commerce sangat bermanfaat secara makro khusunya bagi perekonomian masyarakat, Berikut Manfaat  bagi masyarakat

    • Merubah perilaku Sosial berbasis media, menjadi Sosial berbasis Bisnis
    • Meningkatkan Bank Saving Account sebagai alat pembayaran online
    • Memeperluas pangsa pasar Produk UMKM ke tingkat Nasional dan Internasional
    • Meningkatnya Pertumbuhan Jasa Pengiriman
    • Kaum Millenial berpeluang menjadi pebisnis muda
    • Secara Nasional meningkatkan PDB
    • Penerimaan Pajak UMKM meningkat
    • Kecerdasan masyarakat atas tekhnology baru semakin meningkat
    • Nilai Tukar Rupiah Meningkat
    • Aktifitas perdagangan di masyarakat semakin meningkat
    • Banyak bermunculan UMKM baru
    • Menekan Inflasi akibat banyaknya penawaran produk
    • eluang Masyarakat berbisnis tanpa modal semakin besar
    • Menunjang Aktifitas Pemasaran Produk UMKM yang lebih praktis
    • Produk Lokal semakin diminati masyarakat
    • Meningkatkan Pendapatan dan Kesejahteraan Masyarakat

 

11. Editor Audio atau Video

Semakin banyak orang mendengarkan podcast dan menonton video di media sosial. Untuk alasan ini, merek beralih ke konten audio dan visual untuk terhubung dengan konsumen. Masalahnya adalah banyak yang tidak punya waktu untuk berinvestasi dalam produksi konten ini, atau mereka tidak memiliki keterampilan untuk melakukannya. Editor audio dan video diminati dalam hal menghasilkan konten berkualitas untuk audiens yang lapar.

Defenisi
Editing adalah proses menggerakan dan menata video shot/hasil rekaman gambar menjadi suatu rekaman gambar yang baru dan enak untuk dilihat.

1. menata, menambahkan atau memindahkan klip video atau klip audio
2. menerapkan colour correction, filter dan peningkatan yang lain
3. membuat transisi antara klip

12. Artis Sulih Suara

Berbicara tentang podcast dan video, banyak pembuat konten mengakui nilai dan tingkat profesionalisme yang dapat dibawa oleh bakat suara yang hebat ke sebuah proyek. Ada pertunjukan di luar sana untuk intro / outro podcast, narasi untuk video penjelas, atau bahkan pekerjaan suara untuk buku audio.

13. Pengasuh Hewan Peliharaan

Apakah Anda menyukai hewan peliharaan? Pertimbangkan untuk menjadi pengasuh hewan peliharaan. Saat pemilik hewan peliharaan sedang pergi berlibur, bawalah hewan peliharaannya ke rumah Anda atau kunjungi rumahnya.

 

14. Host Penyewaan Rumah.

Pernahkan Anda menggunakan layanan house sharing dari pada hotel? Anda bisa mencari nafkah tambahan dengan menyewakan kamar, apartemen atau rumah untuk wisatawan. Anda dapat dengan mudah mendaftarkan listing Anda ke berbagai platform.

Kesimpulan

Ide ini dapat dicoba untuk menambah pendapatan Anda dirumah saat covid hadir di kehidupan kita semua. Setiap ada keinginan di lanjutkan dengan tindakan  pasti ada jalan untuk menghasilkan. Semoga Ide – ide bisnis ini dapat menambah pendapatan dirumah aja.

Penulis : Rudi

Tags Artikel :

#Perorangan

#Perusahaan

Artikel Terkait Lainnya

# Keuangan

# Bisnis

# Wirausaha

Menyusun Kertas Kerja Beserta Work Sheet Untuk Memudahkan Membuat Laporan Perusahaan

Kertas kerja adalah catatan yang diselenggarakan auditor mengenai prosedur audir yang ditempuhnya, pengujian yang dilakukanya, informasi yang diperolehnya.

Baca Selengkapnya

Admin

# Bisnis

# Wirausaha

# Keuangan

Perusahaan Negara: Pengertian, Ciri-ciri, Contoh, Jenis dan Tujuan

Perusahaan negara (PN) atau Badan Usaha Milik Negara (BUMN) merupakan salah satu pelaku kegiatan ekonomi yang penting di dalam perekonomian nasional, yang bersama-sama dengan pelaku ekonomi lain yaitu swasta (besar-kecil, domestik-asing) dan koperasi, merupakan pengejawantahan dari bentuk bangun demokrasi ekonomi yang akan terus kita kembangkan secara bertahap dan berkelanjutan.

Baca Selengkapnya

Admin

# Keuangan

# Bisnis

# Wirausaha

Afiliasi adalah Definisi, Pengertian, Contoh, Manfaat dalam Bisnis

Perusahaan Afiliasi (Affiliated Company) yaitu perusahaan yang secara efektif dikendalikan oleh perusahaan lain, atau tergabung dengan perusahaan atau beberapa perusahaan lain karena kepentingan atau pemilikan atau pengurus yang sama.

Baca Selengkapnya

Admin

# Keuangan

# Bisnis

# Wirausaha

Jurnal Penerimaan Kas Perusahaan Jasa Dan Dagang

Jurnal Penerimaan Kas dalam akutansi yaitu sebagai alat bantu pencatatan dalam transaksi penerimaan uang dari penjualan tunai maupun penerimaan piutang.

Baca Selengkapnya

Admin

# Bisnis

# Wirausaha

Perusahaan Ekspedisi: Definisi Manfaat dan Tips Pengiriman Barang

Perusahaan Ekspedisi adalah perusahaan yang bergerak di jasa mengangkut atau mengirim surat, barang dan sebagainya yang bergerak dibidang pengiriman, baik melalui jalur udara, jalur darat, jalur air dan memberikan pelayanan terbaik untuk pelanggan.

Baca Selengkapnya

Admin

# Bisnis

# Wirausaha

# Keuangan

# Marketing

Grup Perusahaan Adalah Definisi, Pengertian, Contoh, Jenis dan Tujuan

Perusahaan Grup adalah merupakan salah satu kesatuan ekonomis yang tersusun dari perusahaan-perusahaan berbadan hukum mandiri yang dipandang sebagai induk dan anak perusahaan yang memiliki sebagian atau seluruh saham pada satu atau beberapa perusahaan lain untuk mengendalikan serta turut  mengendalikan perusahaan-perusahaan tersebut.

Baca Selengkapnya

Admin