Pengertian Potongan Pembelian Pada Bisnis UKM

Pengertian Potongan Pembelian Pada Bisnis UKM

POTONGAN PEMBELIAN

Dalam sebuah perusahaan tentu saja banyak aktifitas yang dilakukan. Tak hanya terkait produksi dan penjualan, perusahaan juga melakukan kegiatan pembelian. Kegiatan pembelian dalam perusahaan juga tidak terlepas dari sistem akuntansi yang mengatur segala pembelian dari perusahaan. Untuk memberikan pemahaman lebih lanjut. Berikut ini akan dijelaskan terlebih dahulu mengenai pengertian Potongan Pembelian dalam perusahaan.

DEFINISI Potongan Pembelian

Pengertian Potongan Pembelian ialah akun yang berfungsi untuk mencatat setiap transaksi yang terjadi pada saat “pembelian barang dagangan secara kredit. Pembelian barang dagang memiliki 2 peran yaitu pembelian secara tunai dan secara kredit. Pembelian tunai adalah pembelian yang dibayar secara langsung tanpa syarat dengan uang sendiri ataupun uang perusahaan, sedangkan pembelian secara kredit adalah pembelian yang mendapat fasilitas pembayaran lebih dari satu bulan atau lebih tergantung kesepakatan kedua belah pihak.

PENGERTIAN Potongan Pembelian

Pengertian pembelian Dalam Suatu Perusahaan adalah mendapatkan bahan baku, bahan penolong dan seluruh kebutuhan perusahaan secara kredit maupun tunai dengan memilih pemasok yang paling terbaik dan menguntungkan bagi perusahaan. Sedangkan Sistem Akuntansi Pembelian adalah sistem yang digunakan oleh perusahaan untuk melaksanakan pengelolaan bahan baku, bahan penolong, bahan keperluan kantor dan aktiva tetap yang dibutuhkan dalam kegiatan perusahaan secara keseluruhan.

Pengertian Potongan Pembelian adalah mendapatkan potongan harga dengan syarat tertentu yang diberi oleh penjual kepada pembeli dengan fasilitas pembayaran lebih dari satu kali yang biasa disebut sebagai pembayaran secara kredit. potongan pembelian ini sangat menguntungkan dan juga diuntungkan diantara dua belah pihak yang memberikan potongan dan yang menerima potongan pembelian.

Biasanya penjual memberikan potongan pembelian ini kepada pembeli dalam jumlah yang besar atau menjaga langanan terhadap customer yang membeli. Potongan pembelian ini sangat efektif dilakukan oleh penjual untuk menjaga pelangan membeli produk atau bahan baku dll. Fungsi dari potongan pembelian ini yaitu sebagai berikut. 

FUNGSI Potongan Pembelian

Fungsi pembelian bertanggung jawab untuk memperoleh informasi mengenai harga barang, menentukan pemasok yang dipilih dalam pengadaan barang dan mengeluarkan order pembelian kepada pemasok yang terpilih. Fungsi ini juga bertanggung jawab menerima barang dari transaksi retur penjualan.

Fungsi potongan pembelian adalah memberikan informasi mengenai harga dengan syarat pembayaran ditentukan oleh pihak penjual kepada pembeli, dengan pembayaran secara kredit yang bertujuan untuk memberikan potongan harga kepada pembeli karena order barang lebih banyak dari batas umum maka sudah masuk dalam kategori mendapkan potongan yang telah ditentukan.

Fungsi Yang Terkait Dalam Sistem Pembelian

1. Fungsi Gudang
Dalam sistem akuntansi pembelian, fungsi gudang bertanggung jawab untuk mengajukan permintaan pembelian sesuai dengan posisi persediaan yang ada di gudang dan untuk menyimpan barang yang telah diterima oleh fungsi penerimaan.

2. Fungsi Pembelian
Fungsi pembelian bertanggung jawab untuk memperoleh informasi mengenai harga barang, menentukan pemasok yang dipilih dalam pengadaan barang dan mengeluarkan order pembelian barang.

3. Fungsi Penerimaan
Dalam sistem akuntansi pembelian, fungsi ini bertanggung jawab untuk melakukan pemeriksaan terhadap jenis, mutu, dan kuantitas barang yang diterima dari pemasok guna menentukan dapat atau tidaknya barang tersebut diterima oleh perusahaan.

4. Fungsi Akuntansi
Fungsi akuntansi yang terkait dalam transaksi pembelian adalah fungsi pencatat utang yang bertanggung jawab untuk mencatat transaksi pembelian ke dalam register bukti kas keluar dan untuk menyelenggarakan arsip dokumen sumber yang berfungsi sebagai catatan utang, atau menyelenggarakan kartu utang sebagai buku pembantu utang serta fungsi pencatat persediaan yang bertanggung jawab untuk mencatat harga pokok persediaan barang yang dibeli ke dalam kartu persediaan.

Apa itu alur transaksi pembelian?
Alur transaksi pembelian adalah proses perjalanan pembayaran dari awal persetujuan antara penjual dan pembeli hingga penyelesaian pembayaran itu sendiri.

Tugas dan Tanggung Jawab Pembelian


Pada dasarnya peran pembelian adalah untuk menyediakan barang dan jasa yang dibutuhkan oleh perusahaan pada waktu, harga dan kualitas yang tepat. (Assauri; 1998) menjabarkan tanggung jawab bagian pembelian sebagai berikut:
 
1. Pelaksanaan
Bertanggung jawab atas pelaksanaan
Pembelian bahan-bahan agar rencana operasi dapat dipenuhi dan pembelian bahan-bahan tersebut pada tingkat harga dimana perusahaan akan mampu bersaing dalam memasarkan produknya.
 
2. Kegiatan Usaha
Bertanggung jawab atas usaha-usaha untuk dapat mengikuti perkembangan bahan-bahan baru yang dapat meguntungkan dalam proses produksi, perkembangan dalam desain, harga dan faktor-faktor lain yang dapat mempengaruhi produk perusahaan, harga serta desainnya.
 
3. Investasi
Bertanggung jawab untuk menurunkan investasi atau meningkatkan perputaran bahan, yaitu dengan penentuan skedul arus bahan ke dalam pabrik dalam jumlah yang cukup untuk memenuhi kebutuhan produksi. 
 
4. Penelitian
Bertanggung jawab atas kegiatan penelitian dengan menyelidiki data-data dan perkembangan pasar, perbedaaan sumber-sumber penawaran (supply) dan memeriksa pabrik suplier untuk mengetahui kapasitas dan kemampuannya dalam memenuhi.

Apa tujuan dari transaksi pembelian?

Tujuan Pembelian bertanggung jawab untuk memperoleh informasi mengenai harga barang, menentukan pemasok yang dipilih dalam pengadaan barang dan mengeluarkan order pembelian kepada pemasok yang terpilih. Tujuan ini juga bertanggung jawab menerima barang dari transaksi retur penjualan.

Kesimpulan 

Pembelian mengacu pada bisnis atau organisasi yang berusaha memperoleh barang atau jasa untuk mencapai tujuannya. Meskipun ada beberapa organisasi yang berusaha menetapkan standar dalam proses pembelian, proses dapat sangat bervariasi antara organisasi. Biasanya kata "pembelian" tidak digunakan secara bergantian dengan kata "pengadaan", karena pengadaan biasanya mencakup pengiriman, kualitas pemasok, dan transportasi dan logistik selain pembelian.
Demikianlah pembahasan tentang Pengertian Akun Pembelian Pada Bisnis UKM. Terima Kasih telah berkunjung, semoga apa yang anda simak di artikel ini dapat menambah wawasan dan juga pengetahuan tentang akuntansi sebagai akun pembelian. "Semoga bermanfaat"
 
 

Penulis : Rudi

Tags Artikel :

#Akuntansi Jasa

#Akuntansi Dagang

#Akuntansi Keuangan

#Akuntansi Usaha Dagang

#Akuntansi Management

#Transaksi

#Analisis

#Analisis Transaksi

#Analisis Biaya

#Accounting

#Perorangan

#Perusahaan

#Perusahaan Jasa

#Perusahaan Dagang

#Menyusun atau Membuat

#UKM dan UMKM

Artikel Terkait Lainnya

# Wirausaha

# Bisnis

# Keuangan

Cara Stock Opname Persediaan Degan Mudah

Stock opname adalah salah satu bentuk kegiatan perhitungan persediaan stok barang di gudang sebelum dijual dan juga dapat merapikan persediaan barang digudang.

Baca Selengkapnya

Admin

# Wirausaha

# Bisnis

Semangat Baru Untuk Meningkatkan Inovasi Wirausaha, Perusahan & Bisnis UKM

Salah satu tujuan utama dari inovasi adalah melakukan atau menciptakan sesuatu yang berbeda dari para kompetitor di bidang sama.

Baca Selengkapnya

Admin

# Keuangan

# Bisnis

# Wirausaha

Akuntansi Smart Bisnis UKM dan Perusahaan

Akuntansi adalah merupakan kegiatan mencatat, meringkas, mengklarifikasi, mengolah, dan menyajikan data transaksi.

Baca Selengkapnya

Admin

# Bisnis

# Wirausaha

Strategi Smart Bisnis Usaha UKM dan Perusahaan

Strategi Bisnis adalah suatu cara yang digunakan perusahaan untuk menghadapi persaingan di dalam dunia bisnisT bertujuan untuk, analisa, integrasi, dan implementasi.

Baca Selengkapnya

Admin

# Marketing

# Wirausaha

# Bisnis

Membangun Team Work Bisnis UKM dan Perusahaan Yang Solid

Team Work adalah kemampuan individu dalam melakukan kerjasama dengan baik untuk mencapai tujuan bersama di dalam tim yang saling percaya dan mendukung serta bertanggung jawab.

Baca Selengkapnya

Admin

# Wirausaha

Membangun Motivasi Diri Untuk Bisnis UKM dan Perusahaan

Motivasi adalah sesuatu alasan yang mendorong seseorang untuk melakukan, menyelesaikan, menghentikan suatu aktivitas guna mencapai tujuan tertentu yang diinginkan dari motivasi tersebut.

Baca Selengkapnya

Admin